Keselamatan dan Keamanan Kerja di Perusahaan

Keselamatan dan Keamanan Kerja di Perusahaan

Keselamatan dan keamanan kerja di perusahaan menjadi tanggung jawab semua orang yang bekerja di dalam perusahaan. Keselamatan dan keamanan kerja harus selalu dijaga dan dipelihara. Dalam hal ini terdapat beberpa hal yang berkaitan dengan upaya peningkatan keselamatan dan keamanan keja di perusahaan, antara lain yaitu:

1)      Perencanaan yang baik oleh pimpinan. Pimpinan perusahaan harus mampu mengkombinasikan produk maksimum dan biaya minimum dengan tepat sehingga proses produksi berjalan dengan efektif. Selain itu keselamatan dan keamanan kerja selama proses produksi harus mendapatkan perhatian khusus dan tidak boleh diabaikan.

2)      Penerapan cara-cara kerja yang aman dan semat oleh para pekerja. Kebiasaan kerja yang baik dan benar harus ditanamankan di dalam diri para pekerja. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan program pelatihan kerja yang tepat, sehingga para pekerja tidak menglami kesulitan pada saat bekrja.

3)      Tata rumah tangga yang baik. Tata rumah tangga yang baik akan membatu usaha peningkatan keselamatan dan keamanan kerja.

4)      Pemasangan papan pengaman atau pelindung pada mesin-mesin yang berbahaya.

Keselamatan dan Keamanan Kerja di Perusahaan
Perlu diketahui bahwa kondisi tempat kerja yang tenang dan aman akan mempengaruhi aspek psikologis para pekerja dalam hal ini para pekerja akan merasa aman dalam melaksanakan pekerjaannya. Secara umum, prosedur keamanan dan keselamatan kerja yang ada di perusahaan antara lain sebagai berikut:

1)      Peranan Pimpinan Perusahaan
Pimpinan perusahaan memegang peranan yang besar dalam usaha menciptakan keselamtan dan keamanan kerja. Seseorang pemimpin harus mampu untuk membentuk pandangan mengenai pentingnya keselamatan dan keamanan kerja dalam diri para pekerja. Selain itu seorang pemimpin tidak boleh memperhatikan sikap ragu-ragu tentang perhatian dan keterlibatannya dalam usaha menciptakan kondisi kerja yang aman dan selamat kepada para pekerja.

2)      Peranan Pimpinan Regu atau Kelompok
Seorang pemimpin perusahaan tidak bekerja sendirian. Pimpinan regu atau kelompok juga memegang peranan yang besar dalam mendukung usaha menciptakan lingkungan kerja yang selamat dan aman. Pimpinan regu atau kelompok merupakan wakil perusahaan yang bertanggung jawab untuk memimpin kelompok kerjanya agar dapat melaksanakan kerja dengan baik.

Seorang pemimpin regu atau kelompok harus mampu memberikan contoh yang baik tentang pelaksanaan kerja yang aman dan selamat. Pimpinan regu dalam hal ini juga bertanggung jawab untuk mengawasi para pekerja dalam bekerja untuk memastikan bahwa para pekerja melaksanakan kerja dengan baik dan sesuai dengan prosedur. Cara kerja yang benar dan sesuai dengan prosedur akan membentuk lingkungan kerja yang aman dan selamat.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 25.9.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...