Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan

Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan - Jangan remehkan usaha kecil-kecilan, karena bisa jadi suatu saat usaha tersebut akan bernilai miliaran suatu saat nanti. Mungkin itu bisa menjadi salah satu nasehat untuk Anda yang masih meremehkan usaha kecil-kecilan atau untuk Anda yang masih ragu untuk memulai usaha kecil-kecilan.

Mungkin Anda merasakan sendiri bahwa kebutuhan hidup semakin hari semakin bertambah, entah itu dari faktor Anda sendiri yang memang memerlukan lebih banyak barang-barang pemuas kebutuhan atau dari faktor eskternal seperti kenaikan biaya hidup akibat dari naiknya berbagai harga barang.

Tak pelak hal ini menjadi masalah tersendiri, apa lagi jika Anda cuma memiliki penghasilan yang pas-pasan, tentu penghasilan dan kebutuhan hidup akan berbanding terbalik. Maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencari penghasilan lain.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan sehari-hari, bisa itu dengan menambah jam kerja (lembur) Anda diperusahaan atau bisa juga dengan menjalankan usaha sampingan. Namun menjalankan usaha bukannya tanpa ada kendala, banyak kendala yang mungkin akan ditemui, salah satunya adalah kendala modal.

Dengan penghasilan yang pas-pasan tentu modal usaha akan menjadi kendala yang cukup besar. Berbeda cerita jika Anda memiliki penghasilan yang besar, tentu Anda akan leluasa menjalankan usaha tanpa memikirkan modal usaha yang dibutuhkan.

Oleh kerena itu, dengan penghasilan yang pas-pasan Anda perlu cermat dalam memilih usaha yang selain bermodal kecil tetapi juga menjanjikan. Dalam hal ini ada beberapa usaha yang selain bermodal kecil tetapi juga menjanjikan yang bisa Anda jalankan. Berikut beberapa usaha kecil-kecilan yang menjanjikan dan menguntungkan :


Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan


1.   Usaha Kecil-Kecilan Makanan Ringan

Usaha kecil-kecilan yang menjanjikan yang pertama adalah usaha makanan ringan (snack). Usaha ini selain bermodal kecil juga menjanjikan karena peminatnya yang sangat banyak. Semua orang pasti menyukai makanan ringan, selain enak harganya juga relatif mudah dan mudah didapatkan. Makanan ringan sering dijadikan sebagai camilan dikala senggang, saat sedang menonton film, maupun pada saat berkumpul dengan teman atau keluarga.

Dengan modal yang relatif kecil dan dengan potensinya yang sangat menjanjikan, banyak orang yang sudah sukses menjalankan usaha ini, bahkan ada yang bisa menghasilkan ratusan juta rupiah perbulannya hanya dengan berjualan makanan ringan.

Makanan ringan sendiri ada banyak jenisnya, seperti misalnya keripik singkong, keripik tempe, keripik kentang, makaroni, molring, dan sebagainya. Anda tinggal memilih jenis makanan ringan yang dirasa menjanjikan dan cocok menurut Anda. Atau Anda juga bisa memilih Makanan Ringan Khas Daerah sebagai alternatifnya. Dalam hal ini lihatlah konsumen yang ada tuju kira-kira mereka akan menyukai makanan ringan seperti apa atau Anda bisa menanyakan langsung pada mereka, itu lebih baik. Setelah mengetahuinya, Anda bisa langsung membuka usaha Anda.

Sementara itu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini diantaranya adalah rasa, kualitas, dan harga. Anda harus bisa minimal memiliki ketiga keunggulan tersebut dalam produk makanan ringan Anda, karena ketiga faktor tersebut biasanya menjadi faktor penentu konsumen akan membeli atau tidak makanan ringan yang ditawarkan.

Baca Juga : 36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya


2.   Usaha Kecil-Kecilan Konter Pulsa dan Paket Internet

Di era digital seperti sekarang ini, pulsa dan paket internet menjadi kebutuhan yang sangat penting karena tanpanya gadget semahal apapun tidak akan berfungsi secara penuh. Ditambah lagi pertukaran informasi sekarang ini hampir semuanya melalui digital dalam arti membutuhkan pulsa dan internet agar bisa berjalan. Selain itu sekarang ini hampir setiap orang memiliki handphone, sehingga Anda bisa bayangkan betapa menjanjikannya usaha ini.

Selain itu usaha ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil, bahkan dengan modal ratusan ribu rupiah pun Anda bisa memulai usaha ini. Cobalah dengan menjual pulsa ke orang-orang disekitar Anda sambil menawarkan paket internet. Jika penjualan Anda menjanjikan maka Anda bisa mulai membuka gerai konter Anda sendiri. Apalagi jika Anda memiliki banyak teman dan tinggal dipemukiman padat penduduk pasti potensi keuntungannya akan jauh menjanjikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini diantaranya yaitu operator pulsa, harga, dan kecepatan transaksi. Dalam hal ini Anda harus memilih operator pulsa yang terpercaya, memberikan harga yang murah untuk dijual lagi, dan kecepatan transaksi yang cepat sehingga konsumen tidak akan kesal menunggu karena pulsa yang ia beli tidak kunjung masuk.


3.   Usaha Kecil-Kecilan Cuci Motor

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini didukung dengan peningkatan kesejahteraan penduduk dan murahnya kredit kendaraan bermotor sehingga semua orang bisa dengan mudah mendapatkannya.

Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor diiringi dengan meningkatnya kebutuhan perawatan atas kendaraan tersebut, seperti kebutuhan akan suku cadang, kebutuhan bengkel, kebutuhan bahan bakar, dan kebutuhan tempat pencucian kendaraan. Sehingga ini menjadi peluang tersendiri bagi Anda yang berminat berbisnis dibidang tersebut.

Katakanlah Anda berminat menjalankan bisnis cuci motor, Anda bisa bayangkan betapa besar potensi dari usaha ini. Modal usaha yang reletif kecil, ditompang dengan jumlah kendaraan yang banyak dan terus meningkat, ini adalah kombinasi yang sangat menjanjikan.

Tidak perlu memulai dengan modal yang besar, Anda cukup membersiapkan peralatan seperti pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Dengan peralatan tersebut Anda bisa memulai usaha ini di rumah Anda. Apalagi jika rumah Anda berada dipinggir jalan dan perumahan yang cukup padat, maka potensinya akan lebih menjanjikan.


4.   Usaha Kecil-Kecilan Jasa Laundry

Disadari atau tidak banyak orang yang tidak punya waktu untuk mengurusi pekerjaan rumah dan menginginkan kepraktisan dalam hidup karena terlalu sibuk bekerja. Mereka tidak memiliki waktu untuk sekedar memcuci pakaiannya. Oleh karena itu hal ini dimanfaatkan oleh orang yang jeli melihat peluang dengan membuka jasa laundry.

Usaha laundry merupakan usaha yang berkembang dengan pesat beberapa tahun belakangan ini. Usaha ini banyak berjamur terutama di tempat-tempat padat penduduk, seperti perumahan, perhotelan, kost-kostan dan sebagainya. Karena memang usaha ini memanglah sangat menjanjikan.

Jika Anda berada dikawasan-kawasan tersebut, maka usaha ini sangat potensial untuk Anda jalankan. Selain menjanjikan, usaha ini juga membutuhkan modal yang relatif terjangkau, rata-rata membutuhkan modal sekitar Rp. 6 juta rupiah. Rp. 6 juta rupiah ini untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, timbangan, deterjen, pewangi, setrika, pelastik dan sebagainya. Agar modalnya menjadi lebih kecil, Anda bisa mengatur peralatan-peralatan yang dibutuhkan ini sedemikian rupa sehingga memperoleh harga keseluruhan yang lebih murah.

Baca Juga : Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula


5.   Usaha Kecil-Kecilan Warung Nasi

Kebutuhan akan makanan merupakan kebutuhan primer yang sifatnya tidak bisa ditangguhkan. Setiap orang sebelum memehui kebutuhan lain, pasti akan berusaha untuk memehui kebutuhan ini bagaimanapun caranya. Oleh karena itu banyak orang yang rela banting tulang untuk memehui kebutuhan makanan untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Maka dengan alasan inilah usaha ini akan selalu menjanjikan, baik itu dalam level usaha sekala besar maupun usaha kecil.

Dalam hal ini mungkin Anda berpikir bahwa orang lain akan memenuhi kebutuhan ini dengan caranya sendiri seperti berbelanja sembako lalu membuat makanannya sendiri di rumah. Hal ini memang masuk akal tapi perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa melakukan itu, entah itu karena keterbatasan kemampuan, biaya, maupun waktu. Sehingga orang lebih memilih membeli makanan pokok yang sudah matang ke warung nasi yang lebih praktis dan menghemat waktu.

Biasanya orang yang membutuhkan warung nasi ini adalah mereka yang sedang dalam perjalanan, anak kost, karyawan yang tidak membawa bekal di rumah, ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu untuk membuat sarapan, dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki tempat yang strategis yang dekat dengan kostan, penginapan, perumahan, tempat kerja, dan tempat strategis lainnya mungkin usaha ini akan sangat menjanjikan untuk Anda jalankan. Tinggal bagaimana Anda berusaha untuk membuat makanan yang enak dan tempat usaha yang bersih, karena kedua faktor tersebut bisanya akan sangat berpengaruh terhadap bisnis ini. Tidak usah memaksakan untuk memuai usaha ini dengan modal yang besar, cukup dengan modal yang kira-kira Anda mampu untuk memuai usaha warung nasi ini.

Baca Juga : Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan


6.   Usaha Kecil-Kecilan Toko Sembako

Toko sembako merupakan jenis usaha yang tidak akan pernah mati, karena toko sembako adalah bagian dari proses pemenuhan kebutuhan manusia saat ini. Hampir semua barang kehidupan sehari-hari ada di toko sembako, mulai dari beras, minyak, gula, dan kebutuhan lainnya. Tidak heran toko sembako menjadi salah satu bisnis yang akan selalu dibutuhkan dimanapun mereka berada.

Karena toko sembako menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, maka ruang lingkup marketnya menjadi sangat luas sehingga akan meningkatkan potensi keuntungan yang didapatkan. Semakin lengkap barang yang disediakan oleh toko sembako, maka semakin bagus potensi keuntungannya. Apalagi jika ditunjang dengan penempatan toko yang strategis yang dekat dengan pemukiman penduduk.

Menjalankan usaha toko sembako sebenarnya tidak mesti dimulai dengan modal yang besar, dalam arti Anda bisa mengatur besaran modal yang ingin Anda keluarkan dengan cara hanya membeli barang-barang yang paling dibutuhkan oleh konsumen Anda sehingga besaran modal dapat Anda kendalikan.

Selain itu, beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memulai usaha sembako ini diantaranya yaitu posisi toko, dimana semakin dekat dengan pemukiman penduduk maka akan semakin bagus. Lalu kelengkapan barang, seperti yang sudah disinggung di atas bahwa semakin lengkap barang yang dijual di toko sembako Anda maka ruang lingkup marketnya akan semakin besar dan itu akan menguntungkan Anda.

Dan yang terakhir adalah harga, usahakan barang-barang yang dijual di toko sembako Anda memiliki harga yang bersaing dalam arti jika Anda tidak bisa menjualnya dengan harga murah maka usahakan agar harganya sama dengan harga jual di toko sembako lain. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan cara mencari supplayer barang dari produsennya langsung sehingga barang-barang yang Anda dapatkan akan jauh lebih murah.


7.   Usaha Kecil-Kecilan Minuman Kekinian

Anda pasti juga menyadari bahwa akhir-akhir ini usaha minuman kekinian semakin menjamur diberbagai kota dan diberbagai tempat, hal ini bukan tanpa alasan mengingat memang potensi usaha ini sangat besar. Dengan berbagai varian minuman yang beragam mulai dari yang berbahan dasar jus, coklat, kopi, susu, sirup, buah-buahan dan sebagainya, ditambah dengan market yang luas dan populernya minuman kekinian ini maka pantaslah jika usaha ini sangat menjanjikan.

Selain keunggulan tersebut, usaha ini juga relatif tidak membutuhkan modal yang besar sehingga siapapun bisa mulai menjalankan bisnis ini tanpa terkendala modal. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini adalah pemilihan jenis minuman yang akan dijual. Karena sebagian besar konsumen usaha ini biasanya adalah anak muda, maka pilihlah jenis minuman yang cocok dengan mereka, kreatif dan inovatiflah sehingga mereka tertarik untuk membeli produk minuman Anda.

Dalam hal ini Anda bisa berkreasi dengan minumannya atau dengan kemasannya, seperti misalnya dengan menambahkan kata-kata manis dalam kemasan minuman atau cara-cara lain yang dapat menarik perhatian konsumen.

Baca Juga : Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias


Itulah beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa Anda jalankan. Anda bisa menjalankan salah satu usaha di atas ataupun usaha lainnya yang menurut Anda lebih menjanjikan. Semoga salah satu contoh usaha kecil-kecilan tersebut bisa menginspirasi Anda dalam memulai usaha Anda sendiri. Akhir kata, tidak peduli seberapa kecil usaha Anda, Anda akan selalu menjadi bosnya.

Posting Komentar untuk "Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku