Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula

Peralatan Laundry untuk Pemula

Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula – Usaha laundry merupakan usaha yang sangat menjanjikan, banyak para wirausaha yang sukses menjalankan bisnis ini dan meraih omset yang sangat menggiurkan setiap bulannya.

Betapa tidak, dengan dilatar belakangi oleh kesibukan konsumen dalam kehidupannya sehingga tidak sempat untuk memcuci pakaiannya sendiri, berdapak pada semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan usaha laundry ini. Sehingga bisa dibilang usaha laundry ini sangat potensial dan menguntungkan.

Dalam hal ini yang paling meringankan bagi Anda yang seorang pemula untuk menjalankan usaha laundry ini adalah usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang relatif bisa disesuaikan dengan bajet Anda. Mulai dengan modal yang kecil sampai dengan modal yang besar sekalipun.

Ketika Anda yang seorang pemula tertarik dan berminat untuk menjalankan usaha laundry ini maka yang pertama timbul dalam pikiran Anda adalah berapa modal yang dibutuhkan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha laundry ini? Jangan khawatir, kita akan membahasnya bersama.


14 Peralatan Laundry untuk Pemula

Dengan mengetahui paralatan apa saja yang dibutuhkan untuk usaha laundry, maka Anda dapat memperhitungkan biaya yang dibutuhkan dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan tersebut untuk usaha laundry Anda sendiri. Berikut beberapa peralatan untuk menjalankan usaha laundry:


1.    Mesin Cuci

Peralatan pertama dan yang paling utama untuk menjalankan usaha laundry adalah mesin cuci. Oleh karena itu mesin cuci harus menjadi perhatihan utama Anda, dalam hal ini Anda harus mencari mesin cuci yang paling bagus dan paling cocok untuk Anda baik itu dalam kualitas, kuantitas, dan harga mesin cuci itu sendiri.

Dalam hal ini carilah mesin cuci dengan merek yang terpercaya, memiliki daya tampung yang besar, awet, dan hemat listrik sehingga dapat menunjang usaha laundry Anda nentinya. Secara umum terdapat dua jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading dan mesin cuci front loading. Mesin cuci top loading adalah mesin cuci dengan bukaan dibagian atas, sementara mesin cuci front loading berada dibagian depan.

Mesin top loading memiliki pulsator yang berada di tengah bawah tabung yang berfungsi untuk memutar dan mencuci pakaian hingga bercampur dengan air dan sabun. Mesin cuci top loading membutuhkan lebih banyak air untuk mencuci dan membilas pakaian. Selain itu juga, penggunaan deterjen pada mesin cuci ini cenderung lebih banyak karena mesin ini membutuhkan air dalam jumlah yang cukup besar.

Sementara itu untuk mesin cuci front loading dalam pengoperasiannya sepenuhnya otomatis sehingga lebih memudahkan. Mesin cuci front loading dilengkapi dengan program khusus untuk mencuci berbagai jenis bahan pakaian, termasuk bahan seperti wol dan satin. Dalam hal ini pengaturan program biasanya meliputi suhu air yang digunakan, kekuatan putaran tabung, lama perendaman, dan lain sebagainya. Selain itu mesin cuci lebih hemat air karena memang didesain untuk mengoptimalkan volume air yang digunakan pada setiap pencucian.


Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

Kelebihan mesin cuci top loading adalah secara umum harganya cenderung lebih murah jika dibaningkan dengan mesin cuci top loading, pengoprasiannya manual sehingga lebih mudah, bisa mencuci dan mengeringkan dalam satu waktu jika menggunakan mesin yang dua tabung, supply air lebih fleksibel, dan apabila ada kerusakan biaya perbaikannya lebih murah.

Sementara kekurangan mesin cuci top loading yaitu tidak praktis karena semuanya serba manual, pemakaian air dan deterjen lebih boros, membutuhkan ruangan yang lebih luas karena penempatannya tidak bisa ditumpuk, hasil cucian bisa dibilang kurang sempurna pada situasi tertentu.


Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

Kelebihan mesin cuci front loading adalah serba otomatis sehingga Anda tinggal mengatur setelannya saja lalu tinggalkan tanpa perlu khawatir, selain itu desainnya lebih cantik, penempatannya bisa ditumpuk sehingga tidak banyak memakan tempat, pemakaian air dan detergen lebih hemat, dan yang paling penting hasil cuciannya cenderung lebih bersih.

Sementara kekurangan mesin cuci front loading yaitu harganya secara umum cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin cuci top loading, selain itu supply air harus konstan, apabila ada kerusakan biaya yang dikeluarkan cenderung lebih mahal.

Mesin cuci top loading dan front loading memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dalam hal ini tergantung kebutuhan Anda ingin memilih jenis mesin cuci yang mana. Berikut 2 jenis mesin cuci yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:


1)    Mesin Cuci Front Loading Samsung WW70J42G0KW/SE


Peralatan Laundry untuk Pemula

Mesin cuci ini memiliki kapasitas pencucian hingga 7 Kg. Selain itu mesin ini meiliki fitur Delay End dan Quick Wash yang dapat menghasilkan pencucian pakaian dengan waktu yang super cepat. Mesin cuci Samsung ini diproduksi untuk melindungi dari lonjakan listrik yang tinggi, oleh karena itu terdapat fitur Wash Cool, Save Energy. Fitur ini mampu menstabilkan daya hingga 25% dan secara otomatis akan me-restart mesin setelah listrik mati. Selain itu Eco bubble yang terdapat di dalamnya menghasilkan busa lembut yang lebih cepat meresap pada serat kain, sehingga pakaian akan jauh lebih cepat bersih dengan konsumsi listrik yang lebih hemat. Mesin cuci ini dibandrol dengan harga Rp. 4 jutaan.


2)    Mesin Cuci Front Loading Aqua Japan FQW-1010 QD


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula

Mesin cuci ini memiliki kapasitas yang sangat besar yakni hingga 10 Kg, Anda akan bisa mencuci pakaian lebih banyak dengan mesin cuci ini. Mesin cuci ini memiliki fitur anti bakteri, wool care yang bersahabat dengan kain wool, dan express wash yang akan membuat proses mencuci pakaian menjadi lebih cepat. Mesin cuci Aqua Japan ini dibandrol dengan harga Rp. 4 jutaan.


3)    Mesin Cuci Top Loading Samsung WT12J4200MB/SE


Peralatan Laundry untuk Pemula

Mesin cuci dengan dua tabung ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan ke dua mesin cuci di atas, yaitu dibandrol dengan harga Rp. 2 jutaan saja. Dengan kapasitas tampung sampai dengan 12 Kg. Selain itu mesin ini memiliki kemampuan mencuci lebih bertenaga, menghasilkan arus air yang kuat dan dinamis sehingga dengan kuat akan menembus kain dan noda hilang lebih efektif. Ditambah dengan bodi plastik non-korosif dan tahan karat yang tahan terhadap kelembaban, menjadikan mesin cuci ini sangat tahan lama dan akan tetap terlihat bagus selama bertahun-tahun. Bukan cuma itu saja, mesin ini memiliki sistem pengeringan Turbo Air Spin yang membuat cucian segar dan kering dengan sirkulasi yang kuat.


2.    Mesin Pengering Pakaian

Peralatan laundry yang kedua yang Anda butuhkan adalah mesin pengering pakaian. Mesin ini seperti namanya tentu saja berfungsi untuk mengeringkan pakaian. Anda bisa bayangkan ketika Anda menjalankan usaha laundry pada saat musim hujan tetapi Anda tidak memiliki mesin ini, akan jadi seperti apa usaha Anda nanti? Pastinya usaha Anda akan sangat terganggu. Mengingat pentingnya mesin ini, kami sarankan bagi Anda yang ingin memulai usaha laudry Anda harus memiliki mesin pengering ini.

Ada banyak merek dan jenis mesin pengering yang bisa Anda pilih, ada yang menggunakan 100% daya listrik, dan ada juga yang separuh dayanya menggunakan gas. Seperti contohnya mesin pengering dengan merek Diamante. Mesin dengan merek ini memiliki kapasitas 10,5 Kg, ada yang sepenuhnya menggunakan listrik dan ada juga yang sudah dikonversi ke gas.

Mesin yang sudah dikonversi ke gas cenderung lebih hemat dan cepat mengeringkan pakaian meskipun memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang sepenuhnya menggunakan listrik, hal ini karena adanya tambahan alat konversi. Akan tetapi menurut hemat kami masih dalam tahap yang wajar dan menguntungkan untuk usaha Anda.


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula

3.    Timbangan

Peralatan selanjutnya yang Anda butuhkan untuk usaha laundry adalah timbangan. Timbangan sangat penting untuk Anda yang ingin membuka usaha laundry kiloan, dimana Anda akan kesulitan menetapkan harga jika Anda tidak memilikinya.

Ada beberapa jenis dan merek timbangan yang bisa Anda pilih, bisa itu timbangan konvensional ataupun timbangan digital, dalam hal ini pilihlah timbangan yang memiliki presisi tinggi agar dapat meminimalisir kesalahan. Salah satu jenis alat yang biasa digunakan oleh banyak usaha laundry adalah alat timbang digital karena pada umumnya alat ini lebih akurat dibandingkan timbangan konvensional.

Salah satu timbangan digital yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu timbangan dengan merek Panda Sclae. Timbangan ini menggunakan daya batrai seperti aki kering yang dapat di-charger, selain itu timbangan ini memiliki kapasitas hingga 40 Kg, dengan tiga display berat, harga satuan, dan harga total di depan belakang. Harga timbangan ini sendiri berkisar kurang lebih Rp. 300.000,00.


Peralatan Laundry untuk Pemula

Jika timbangan di atas dirasa kurang cocok dengan budget Anda, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan timbangan digital gantung sebagai alternatifnya. Timbangan ini memiliki kapasitas sampai dengan 50 Kg dan pastinya jauh lebih murah, hanya sekitar Rp. 70.000,00 saja.


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula


4.    Setrika

Setrika bisa dikatakan sebagai salah satu kewajiban untuk dimiliki dalam peralatan usaha laundry untuk pemula mengingat sangat pentingnya kegunaan setrika ini. Dengan setrika hasil cuci pakaian akan menjadi lebih rapih, selain itu juga hasil cucian akan lebih higienis karena panas yang dihasilkan.

Akan percuma apabila pakaian sudah dicuci bersih tetapi tidak rapih, sementara menjaga kebersihan dan kerapihan pakaian pelanggan hukumnya wajib dalam bidang usaha laundry. Jika Anda tidak bisa menjaga kedua hal tersebut, usaha laundry Anda mungkin tidak akan pernah bisa sukses.

Dalam hal ini Anda bisa memilih setrika konvensional ataupun setrika uap. Namun untuk hasil yang lebih baik kami sarankan Anda menggunakan setrika uap, hal ini karena setrika uap lebih aman dari resiko pakaian rusak karena panas yang terlalu tinggi atau material pakaian yang melekat pada setrika. Selain itu setrika uap mampu menjangkau sudut-sudut pakaian yang sulit dijangkau oleh setrika konvensional, dan lebih jauh setrika uap mampu menyetrika pakaian dalam kurun waktu yang lebih singkat sehingga Anda bisa memaksimalkan waktu untuk kegiatan lain.

Salah satu setrika uap yang bisa dipilih adalah Steam Boiler Maomoto yang dibanderol dengan Rp 1.890.000,00 di Tokopedia. Setrika ini memiliki kapasitas boiler sebesar 5 liter, dilengkapi dengan 1 kompor, 1 kepala setrika uap, dan selang uap dengan panjang 5 meter.


Peralatan Laundry untuk Pemula


5.    Meja Setrika

Yang kita ketahui barsama adalah kita akan kesulitan ketika menyetrika tetapi tidak memiliki meja setrika, hal ini tentu akan sangat merepotkan. Jika sebelumnya Anda membeli setrika uap, maka ada baiknya Anda juga melengkapinya dengan meja setrika uap. Meja ini akan membantu Anda memudahkan proses menyetrika sehingga menjadi lebih cepat dan efisien. Meja setrika uap ini biasanya di bandrol dengan harga sekitar Rp. 2,8 jt. Anda bisa membelinya di merketplace yang Anda suka.


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula


6.    Keranjang Pakaian

Penting untuk memisahkan pakaian pelanggan ke beberapa keranjang, misalnya memisahkan pakaian kotor dan pakaian yang sudah dibersihkan. Hal ini penting agar nantinya pakain yang kotor dan yang bersih tidak saling bercampur. Oleh karena itu untuk menunjang usaha laudry Anda, Anda membutuhkan keranjang pakaian.

Ada banyak jenis keranjang pakaian yang bisa Anda gunakan, misalnya Krisbow Troli Laundry 3 Keranjang yang dilengkapi roda pada bagian kaki serta mudah dipindahkan. Keranjang ini bisa dibeli di Ruparupa seharga Rp 319.200. Atau Anda bisa memilih Kyffe Keranjang Laundry warna putih yang memiliki kapasitas sampai 5 Kg dan terbuat dari plastik polipropilena. Keranjgan ini bisa dipesan di Ikea seharga Rp 99.900.

Apabila kedua keranjang di atas dirasa terlalu mahal, Anda bisa membeli keranjang Jall dengan berat hanya 1 Kg dan bisa menampung sampai dengan 8 Kg pakaian, bisa dilipat dan harganya cukup murah yaitu sekitar Rp. 48.000,00 saja di Tokopedia.


Peralatan Laundry untuk Pemula


7.    Sabun/Deterjen, Pelembut dan Pewangi Pakaian

Inti dari usaha laundry adalah membuat pakaian konsumen menjadi bersih, oleh karena itu Anda membutuhkan sabun, pelambut, dan pewangi pakaian. Anda harus cermat dalam memilih sabun, pelembut, dan pewangi pakaian ini, karena hasilnya akan sangat mempengaruhi hasil cuci pakaian Anda nantinya.

Dalam hal ini pilihlah deterjen yang terbukti mampu membersihkan pakaian tanpa merusak pakaian itu sendiri. Selain itu juga pilihlah pewangi pakaian yang paling disukai oleh konsumen Anda agar konsumen menjadi puas. Harga deterjen dan pewangi pakaian sendiri berkisar antara Rp. 15.000,00 – Rp. 50.000,00 tergantung merek dan banyaknya.


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula


8.    Jemuran dan Hanger

Jemuran dan hanger merupakan peralatan standar dalam usaha laundry dan mencuci pakaian secara umum, oleh karenanya perannya sangat dibutuhkan. Hanger dapat memudahkan Anda dalam menjemur pakaian lebih banyak dibandingkan dengan Anda merentangkan pakain di alat penjemur.

Ada beberapa jenis hanger yang bisa Anda gunakan, misalnya yang terbuat dari plastik ataupun yang terbuat dari kawat. Jika Anda memilih menggunakan hanger berbahan plastik, pilihlah yang bisa Anda gunakan untuk waktu yang lama (awet). Sementara jika Anda memilih untuk menggunakan hanger kawat, maka sebaiknya Anda menggunakan hanger berbahan Stainless Steel anti karat agar tidak mengotori pakaian konsumen nantinya. Harganya berkisar Rp. 6.000,00 saja per 10 pcs.


Peralatan Laundry untuk Pemula


9.    Alat Tagging

Alat tagging atau alat penanda berfungsi untuk memberikan sebuah tanda pada pakaian, dalam hal ini berkaitan dengan kepemilikan. Akan merepotkan apabila Anda tidak bisa membedakan pakaian konsumen satu dengan konsumen lainnya, atau bahkan sampai tertukar. Tentu hal ini akan memberikan penilaian buruk di mata konsumen. Alat ini tersedia di Shopee dengan harga sekitar Rp. 40.000,00 – Rp. 100.000,00. Untuk cara pemakaiannya sendiri Anda bisa melihat tutorialnya di Youtube.


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula


10.  Plastik Kemasan

Setelah proses pencucuian pakaian konsumen selesai dan pakaian konsumen sudah bersih, rapih,dan wangi. Maka ada baiknya pakaian tersebut dikemas plastik agar pakaian tersebut tidak terkena kotoran lagi. Namun pastikan pakaian yang akan dikemas tersebut sudah benar-benar kering, karena jika pakaian masih basah/lembab maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap nantinya. Anda bisa membeli plastik kemasan dengan berbagai ukuran yang dibutuhkan di toko offline maupun online, dengan harga yang bervariasi.


11.  Mesin Kasir

Mesin kasir berguna untuk mencatat semua transaksi yang ada di usaha laundry Anda nantinya. Jika Anda menginginkan sistem pembukuan yang lebih rapih dan terlihat profesional, maka Anda mungkin membutuhkan mesin kasir ini.


Peralatan Laundry untuk Pemula


12.  Meja Kasir dan Lemari Rak Laundry

Meja kasir selain berfungsi untuk meletakan mesin kasir juga berfungsi sebagai meja ketika Anda menerima konsumen yang datang. Sementara lemari rak berguna untuk menyimpan pakaian yang diterima dari konsumen ataupun menyimpan pakaian yang telah siap dikembalikan kepada konsumen.


Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula


13.  Peralatan Menulis

Peralatan menulis mungkin dibutuhkan ketika Anda menerima tamu dan mencatat beberapa hal yang dibutuhkan. Peralatan menulis di sini termasuk buku nota dan buku administrasi lain. Anda bisa membelinya di toko kesayangan Anda.


14.  Alat Promosi

Alat promosi di sini mencakup sepanduk, daftar harga, papan nama dan sebagainya untuk menarik konsumen berkunjung ke usaha laundry Anda.


Itulah peralatan usaha laundry untuk pemula yang bisa kami terangkan. Kurang lebihnya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam menjalankan usaha laundry dan mudah-mudahan Anda sukses menjalankan bisnis ini. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Peralatan Usaha Laundry untuk Pemula"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku