Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias Menguntungkan

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias – Sekarang ini, tamanan hias tengah menjadi trand di masyarakat luas. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong membeli tanaman hias untuk mempercantink halaman dan ruangan rumahnya. Selain untuk mempercantik rumah, merawat tanaman hias juga menjadi salah satu hobby yang menyenangkan untuk dilakukan ditengah kesibukan sehari-hari.

Di pagi hari, sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, melihat tamanan hias di halaman rumah tentu sangat menyegarkan dan akan membuat pagi hari Anda menjadi lebih bersemangat. Begitu pula saat Anda kembali dari kegiatan sepanjang hari dan melihat berbagai tanaman hias di rumah Anda, tentu itu akan membuat perasaan Anda menjadi jauh lebih rileks.

Dengan semakin banyaknya permintaan akan tanaman hias dan meningkatnya kesadaran akan keindahaan lingkungan hidup serta kampanye go green, menjadikan prospek bisnis tamanan hias ini juga semakin bagus, baik sekarang ataupun dimasa yang akan datang.

Dengan fakta ini, tentu akan sangat menjanjikan jika kita mulai melihat bisnis tanaman hias sebagai peluang usaha yang menjanjikan keuntungan. Berikut beberapa ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang mungkin bisa menjadi bahan referensi usaha Anda dalam bidang tanaman hias :


1.   Budidaya Tanaman Hias Janda Bolong

Apa tanaman hias yang sedang ngetrand saat ini? Jawabannya adalah tanaman hias Janda Bolong. Tanaman ini sangat populer akhir-akhir ini, banyak orang yang mencari tamanan jenis ini. Saking populernya, harga Janda Bolong sekarang melambung tinggi bahkan ada yang sampai ratusan juta rupiah. Tak heran para pengusaha tamanan hias jenis ini bisa meraup keuntungkan jutaan rupiah setiap harinya.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias dengan naman lain Monstera Adansonii ini berasal dari Amerika, yang tersebar disebagian besar wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tamanan hias ini juga ditemukan di Hindia Barat, seperti di pulau Grenada, Antigua, Saba, Guadeloupe, Dominika, dan sebagainya.

Tanaman hias Janda Bolong ini memiliki bentuk yang unik, dimana tanaman ini berbentuk daun yang lebar yang biasanya berwana hijau dengan banyak lubang di tengahnya. Tamanan ini juga termasuk kedalam tanaman tropis, sehingga sangat cocok dengan iklaim Indonesia. Selain itu dalam perawatannya juga relatif sangat mudah, asalkan tidak terkena sinar matahari berlebih dan diberikan air yang cukup maka tanaman ini akan tetap hidup.

Mungkin inilah salah satu daya tarik dari tamanan hias ini sehingga banyak orang yang rela mengeluarkan uangnya demi tanaman ini. Mempunyai bentuk yang unik, cocok di iklim tropis, perawatan yang mudah, dan peminatnya banyak, mungkin bisa menjadi bahan ide dan peluang usaha budidaya tenaman hias untuk Anda.


2.   Budidaya Tamanan Hias Aglonema

Tanaman hias Aglonema merupakan salah satu tanaman paling populer pada tahun 2020 ini, dimana peminatnya sangat banyak dan harganya ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Tanaman hias Aglonema dikenal di Indonesia dengan nama “Sri Rejeki” karena dianggap sebagai tanaman pembawa rejeki atau keberuntungan.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Tanaman ini diperkirakan berasal dari negara-negara di Asia Tenggara atau Asia Selatan, seperti Cina bagian selatan, Indonesia, Malaysia, Pilipina, Thailand, dan Myanmar. Tanaman ini bisa tumbuh di dalam hutan dengan intensitas cahaya yang rendah, oleh karena itu tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias yang bisa dipelihara di dalam ruangan, bahkan bisa menghilangkan polutan rumah tangga di udara.

Ada banyak jenis tanaman hias Aglonema, mulai dari Aglonema Modestum, Aglonema Nitidum, Aglonema Widuri, Aglonema Anjamani dan sebagainya. Setiap jenis Aglonema memiliki karakteristik dan harga yang berpareatif, mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan juta rupiah. Bagi Anda yang berminat menjadikan tamanan ini sebagai bahan ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias, Anda sudah memilih tanaman yang tepat.


3.   Budidaya Tanaman Hias Calathea

Tanaman hias berbentuk daun menjadi sangat populer akhir-akhir ini, salah satunya adalah jenis tanaman hias bernama Calathea. Tamanan ini berasal dari wilayah topis Amerika. Jenis tamanan ini juga sangat beragam, mulai dari Calathea Makoyana, Calathea Lancetolistna, Calathea tabby, dan sebagainya dimana setiap jenisnya memiliki karakteristik yang unik.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Meskipun tamanan ini memiliki banyak jenisnya, namun secara umum tanaman ini memiliki ciri khas daun yang besar, lonjong, dan ada juga yang berbentuk seperti kipas. Secara umum memiliki garis-garis khas di daunnya, jika diperhatikan garis-garis tersebut seolah dilukis tangan diatas daun dengan motif seperti pakaian.

Calathea biasanya dimanfaatkan sebagai tamanan hias indoor maupun outdoor. Selain sebagai tanaman hias, Calathea juga bermanfaat sebagai penyumbang udara bersih, jadi sangat cocok ditanam di kota-kota besar yang memiliki polusi udara yang buruk.

Sementara dalam perawatannya, tanaman ini cenderung tidak butuh banyak cahaya sehingga bisa disimpan didalam ruangan. Yang perlu diingat adalah tamanan ini tidak menyukai angin dan perbedaan suhu yang tajam, selain itu hindari memberikan air yang terlalu berlebihan. Tanaman ini sangat cocok berada pada suhu di kisaran 18-25 °C.

Dengan semakin populer ditambah dengan permintaan yang semakin banyak terhadap tanaman Calathea ini, akan sangat baik apabila Anda memasukannya kedalam daftar ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias Anda.


4.   Budidaya Tanaman Hias Anggrek

Berbeda dengan ketiga tanaman hias di atas yang baru sangat populer akhir-akhir ini, tanaman hias Anggrek sudah populer dari dulu. Bahkan tanaman ini menjadi salah satu bunga pesona nasional Indonesia, sehingga kepopulerannya tidak usah diragukan lagi.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Anggrek sering dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah ataupun bisa juga di dalam rumah. Bunganya yang indah akan memikat setiap orang yang melihatnya. Selain itu juga anggrek lazim digunakan untuk upacara keagamaan, sebagai hiasan dan dekorasi ruangan, ungkapan rasa cinta, ataupun sekadar untuk memberikan selamat pada momen perayaan maupun ungkapan duka cita pada momen kematian.

Anggrek memiliki berbagai macam jenis, setiap jenis anggrek memiliki warna yang berbeda dan indah. Sejauh ini sudah teridentifikasi sekitar 750 famili, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia. Dan Indonesia kurang lebih mempunyai 5.000 spesies Anggrek.  Namun dalam hal ini secara umum anggrek bisa digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok epifit dan terresterial.

Anggrek yang tergolong kedalam kelompok epifit merupakan jenis anggrek yang tumbuhnya menempel pada tanaman lain, namun tidak bersifat parasit atau merugikan tanaman yang ditumpanginya. Sedangkan anggrek yang tergolong kedalam kelompok terresterial adalah anggrek yang tumbuhnya di tanah, tidak menempel pada tanaman lain.

Dengan kepopuleran Anggrek dari dulu sampai sekarang, dengan peminat yang semakin hari semakin banyak, dengan beragamnya jenis Anggrek yang bisa dikembangkan, dan dengan potensi keuntungan yang akan didapat, maka tidaklah salah jika Anda memasukan tanaman Anggrek kedalam daftar ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang bisa Anda jalankan.


5.   Budidaya Tanaman Hias Tabebuya

Di tahun 2019 tanaman hias atau pohon Tabebuya mulai dikenal luas karena banyaknya pemberitaan tentang mekarnya bunga ini di sepanjang jalan di wilayah Jakarta. Banyak yang mengira bahwa tanaman ini adalah Sakura dari Jepang, tapi sebenarnya kedua pohon tersebut berbeda jenis.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Setelah banyak dikenal oleh masyarakat, permintaan terhadap pohon Tabebuya sekarang ini mengalami peningkatan. Bagaimana tidak, tanaman yang berasal dari negara Berazil ini memiliki bunga yang indah mirip seperti bunga Sakura dengan warna yang beragam. Ada yang berwarna pink, kuning, putih, maupun ungu.

Selain itu pohon ini juga tidak membutuhkan perawatan yang ekstra, karena memang hama yang menyerang pohon ini relatif sedikit, ditambah dengan pohon ini tidak membutuhkan air yang banyak untuk bertahan hidup. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan sebagainya, pohon Tabebuya ditanam di pinggir jalan dan dijadikan sebagai penambah estetika jalanan.

Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai bahan ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias karena memiliki harga jual yang sangat menguntungkan. Oleh karena itu sekarang sudah mulai banyak pengusaha tanaman hias yang mencoba peruntungannya membudidayakan tanaman ini.


6.   Budidaya Tanaman Hias Kaktus Mini

Banyak orang sebenarnya ingin memelihara tanaman hias, tetapi mereka mengurungkan niatnya karena mereka beralasan sibuk bekerja atau tidak bisa merawat tanaman tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, maka tanaman yang paling cocok untuk dijadikan hiasan bagi mereka yang mengalami masalah tersebut adalah tanaman hias Kaktus Mini.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Selain karena bentuknya yang unik dan cantik, Kaktus mini tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Cukup dengan memberinya sedikit air dan dia akan bertahan dalam waktu yang lama, mudah bukan?

Selain itu, Kaktus Mini memiliki jenis yang beragam sehingga akan memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk membeli. Disamping juga mempunyai harga jual yang sangat menguntukan bagai Anda yang akan memulai budidaya tanaman hias ini.


7.   Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar

Bunga Mawar adalah bunga yang melambangkan cinta dalam kehidupan manusia. Bunga ini sering digunakan untuk acara-acara romantis, seperti pernikahan, tunangan, dan kegiatan romantis lainnya. Bunga ini sudah sangat populer dari dulu sampai dengan sekarang.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Bunga Mawar adalah tanaman hias bunga berupa herba dengan batang berduri, yang berasal dari dataran China yang kemudian menyebar luas di berbagai negara termasuk ke Indonesia. Tanaman hias ini memiliki daya adaptasi sangat baik terhadap lingkungan tumbuh, dalam hal ini bunga mawar bisa ditanam di daerah beriklim sub-tropis ataupun di daerah tropis. Bunga mawar memerlukan sinar matahari yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik.

Bunga mawar merupakan tanaman yang sangat menguntungkan jika dibudidayakan dengan baik mengingat bunga ini mempunyai difersifikasi produk yang cukup banyak sesuai dengan fragmentasi segmen pasar masing-masing. Dalam hal ini bunga mawar bisa menjadi produk bunga potong, tanaman penghias taman (landscape plant), tanaman hias dalam pot, dijadikan air mawar (rose water), parfum, herbal, produk kosmetik yang berbasis aroma mawar, bisa dijadikan sebagai tanaman obat dan juga sebagai bunga tabur.

Dengan banyaknya difersifikasi produk yang bisa dibuat dari bunga mawar dan dengan potensi keuntungannya, maka akan salah besar jika Anda tidak memasukan bunga mawar kedalam daftar ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang bisa Anda jalankan.


8.   Budidaya Tanaman Hias Bunga Sedap Malam

Salah satu bunga yang banyak di manfaatkan di Indonesia adalah bunga sedap malam. Tanaman ini selain digunakan sebagai hiasan rumah juga biasa digunakan sebagai dekorasi acara pernikahan, aromanya digunakan sebagai relaksasi dan parfum, bahkan ada juga yang memanfaatkannya sebagai makanan.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Bunga sedap malam berasal dari Meksiko yang sering digunakan sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal, dewi kecantikan bangsa Aztec. Pada tahun 1530 bunga ini dibawa ke Eropa dan tersebar ke seluruh dunia pada abad ke 16. Bunga sedap malam, atau dikenal juga dengan nama Tuberose memiliki nama latin Polianthes Tuberosa.

Seperti halnya bunga mawar, bunga Sedap Malam juga memiliki difersifikasi produk yang banyak, dalam arti bisa dimanfaatkan dalam banyak hal mulai dari tanaman hias sampai bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan parfum. Dengan difersifikasi yang banyak ini tentu akan sangat menguntungkan jika Anda dapat membudidayakan tanaman hias ini dan menjadikannya sebagai pelung bisnis budidaya tanaman hias.


9.   Budidaya Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman hias Lidah Mertua biasanya digunakan sebagai hiasan dalam ruangan, karena tanaman ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, formaldehyde, benzene, dan trichloroethylene.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Lidah Mertua atau dikenal juga dengan nama Sansevieria memiliki daun yang keras, tegak, dengan ujung yang meruncing. Oleh sebab bentuknya ini maka tanaman ini disebut Lidah Mertua. Tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, sehingga sangat mudah dirawat.

Lidah Mertua cukup populer dikalangan pencinta tanaman hias, tanaman ini kerap kali menjadi pilihan karena tampilannya cantik dan kemampuannya dalam menyerap racun. Sehingga tanaman ini cukup menjanjikan jika dijadikan ladang bisnis. Mungkin Anda bisa memasukannya kedalam daftar ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias.


10. Budidaya Tanaman Hias Bougenville

Bunga Bougenville atau di Indonesia dikenal dengan Bunga Kertas merupakan bunga yang cukup populer sejak dulu. Bunga ini memiliki berbagai macam warna yang memikat hati karena keindahaannya, ada yang berwarna seperti merah menyala, jingga, merah jambu, merah pucat, ungu, kuning, putih, dan berbagai campuran warna.


Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Bunga Kertas sendiri berasal dari Amerika Selatan, bunga ini sering ditanam di taman rumah. Pada saat tanaman ini berbunga, tanaman ini memiliki kebiasaan untuk merontokan daunnya. Bentuk dari tanaman ini sendiri seperti pohon berukuran kecil. Tanaman ini disebut sebagai bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis seperti kertas.

Selain indah, pemeliharaan terhadap tanaman ini relatif sangat mudah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias dihalaman rumah. Tanaman ini bisa menjadi referensi Anda untuk dijadikan sebagai bahan ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias.


Itulah 8 ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang bisa kami sampaikan. Jika diarasa masih kurang, silahkan berikan komentar maka kami siap untuk menambahnya. Semoga artikel kali ini bisa menambah referensi Anda dalam menentukan bisnis budidaya tanaman hias apa yang akan dijalankan. Akhir kata, semoga Anda sukses menjalankan bisnis, terima kasih dan sampai jumpa diartikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku