36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya

USAHA RUMAHAN

Usaha rumahan merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Betapa tidak, usaha ini selain hanya membutuhkan modal yang relatif kecil juga sangat menguntungkan jika dikerjakan dengan baik. Terbukti dengan banyaknya orang yang sudah sukses menjalankan usaha rumahan dengan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan, tidak kalah dengan usaha konvensional lainnya.

Selain itu, usaha rumahan bisa dikatakan juga sebagai usaha yang tahan banting. Disaat banyak usaha-usaha lain yang gulung tikar karena terdapak keadaan ekonomi, usaha rumahan justru bisa bertahan menghadapi keadaan ekonomi yang tidak menentu. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan usaha rumahan yang dari tahun ke tahun semakin berkembang.

Usaha rumahan tidak bisa dipandang remeh, karena faktanya usaha rumahan merupakan usaha yang banyak menyerap tenaga kerja. Itu artinya usaha ini banyak membantu dalam mengurangi pengangguran. Selain itu usaha rumahan juga menjadi salah satu penopang perekonomian nasional. Dengan begitu pentingnya peran usaha ini, pemerintah sampai mengeluarkan peraturan yang membantu kelangsungan usaha ini, dalam hal ini usaha UMKM.

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjalankan usaha tetapi terkendala modal yang minim, waktu yang terbatas, keterbatasan tempat usaha, sulitnya mencari pekerjaan, gaji yang tidak mencukupi, ataupun hanya sekedar usaha sampingan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Menjalankan usaha rumahan sebetulnya susah-susah gampang. Bukan berarti karena usaha ini hanya usaha sekala rumahan, Anda jadi asal-asalan menjalankan usaha ini tanpa perencanaan yang jelas. Dalam hal ini ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha rumahan.

Seperti diantaranya mulai dari perencanaan, terget konsumen, konsep usaha, produk atau jasa yang ingin dijual, bagaimana cara produksinya, pengemasannya, pemasarannya, sampai dengan feedback setelah penjualan, itu harus benar-benar diperhatikan agar usaha ini dapat berjalan dengan baik.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang usaha rumahan, adalah langkah yang baik ketika Anda membaca artikel ini, karena dalam artikel ini kita akan membahas lebih detail tentang berbagai macam topik yang berhubungan dengan usaha rumahan. Oleh kerena itu pastikan Anda membacanya sampai akhir.


USAHA RUMAHAN YANG TIDAK ADA MATINYA

Dengan berkembangnya teknologi dan internet maka berdampak pula bagi dunia bisnis terutama usaha rumah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh siapa saja cukup dari rumah mereka. Namun pada kenyataannya tidak semua ide usaha rumahan yang dijalankan dapat bertahan lama. Bagi Anda yang berencana memulai usaha rumahan maka pastikan mencari peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya agar usaha tersebut bisa awet bertahan.


Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya


Tips Memilih Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata usaha rumahan yang dilakukan oleh para pemula hanya dapat bertahan paling lama selama tiga tahun saja. Supaya usaha rumahan yang Anda kerjakan dapat bertahan lebih dari tiga tahun atau bahkan terus menerus, maka sebaiknya Anda cermat memilih usaha rumahan yang tidak ada matinya. Berikut beberapa tips memilih usaha rumahan yang tidak ada matinya :


1.   Pastikan Ide Bisnis Sesuai dengan Pasar

Ketika Anda memiliki ide usaha yang kreatif sebaiknya jangan langsung bangga dulu. Sebab saat ide Anda tersebut tidak sesuai dengan pasar maka ide usaha hanya akan menjadi abstrak untuk dikembangkan. Dengan demikian sebelum Anda menentukan peluang usaha rumahan yang akan dijalankan sebaiknya pastikan ide tersebut dapat diaplikasikan dan sesuai kebutuhan pasar.


2.   Pastikan Usaha Rumahan Tersebut Menguntungkan

Selain memperhitungkan eksitensi suatu usaha agar terus diterima oleh pasar, Anda juga harus mempertimbangkan keuntungan dari usaha tersebut. Dalam hal ini Anda harus memperhitungkan berapa persen laba bersih yang akan diperoleh per bulannya. Namun laba tersebut harus disesuaikan juga dengan biaya operasional usaha yang dikeluarkan setiap bulan. Sebuah usaha yang memiliki keuangan yang sehat maka tidak akan mudah mengalami gulung tikar.


3.   Jangan Latah Mengikuti Usaha yang Sedang Trend

Perlu Anda ingat bahwa usaha yang sedang hits kebanyakan hanya bersifat sementara karena trend pasar akan terus mengalami pergantian seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Anda harus memastikan bahwa ide usaha yang akan dijalankan bukanlah trend sesaat yang masa depannya belum dapat terbaca. Jika ingin mencoba usaha yang sedang trend sebaiknya lakukan inovasi pada produknya agar berbeda dari pasaran.


Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Memilih usaha rumahan yang tepat terutama bagi pemula memang tidaklah mudah. Pastikan usaha rumahan yang Anda pilih  memiliki prospek jangka panjang sehingga usaha Anda akan awet dan tidak mudah gulung tikar. Saat Anda mampu memilih jenis usaha rumahan secara tepat maka potensi keuntungan tidak terbatas akan menjadi milik Anda. Berikut akan dijelaskan ide usaha rumahan tidak ada matinya yang perlu Anda ketahui :


1.   Usaha Sembako

Bisnis sembako merupakan salah satu ide usaha rumahan yang tidak ada matinya yang bisa Anda tawarkan baik untuk wilayah pedesaan maupun perkotaan. Sembako dapat dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan sejak dahulu hingga masa mendatang karena bisnis ini menawarkan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Selain itu, usaha sembako juga sangat cocok bagi pemula karena potensi gagalnya lebih kecil dan dapat dikerjakan dari rumah. Namun untuk menjalankan bisnis sembako sebaiknya perhatikan harga produk di pasaran serta pengaturan stok sembako yang mempunyai masa kadaluarsa.


2.   Agen Jasa Pengiriman Barang

Dengan semakin maraknya trend belanja online menjadikan kebutuhan terhadap layanan jasa pengiriman barang juga semakin besar. Hal ini tentu bisa menjadi peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Anda bisa mendaftar menjadi agen jasa pengiriman barang dari salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia. Nantinya jasa pengiriman barang tersebut bisa Anda buka di rumah dan melayani pengiriman barang berskala domestik hingga mancanegara.


3.   Usaha Makanan dan Minuman

Bisnis makanan juga menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Begitu juga dengan minuman yang tidak kalah penting dibutuhkan untuk menghilangkan rasa haus. Adapun jenis makanan yang bisa Anda tawarkan dalam usaha rumahan tersebut bisa berupa lauk pauk, cemilan hingga aneka kue.

Namun pastikan memilih strategi bisnis yang tepat seperti usaha makanan katering rumahan, restoran otentik atau bisnis online maupun door to door. Supaya usaha tersebut tidak ada matinya maka Anda harus selalu menjaga kualitas rasa, kebersihan, harga dan pelayanan.

Baca juga : 11 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah


4.   Reseller Produk Fashion

Jika Anda ingin mencoba usaha rumahan yang tidak ada matinya dengan modal kecil sebaiknya cobalah untuk menjadi reseller produk fashion. Bisnis fashion termasuk jenis usaha yang bersifat dinamis namun tak pernah sepi peminat.

Anda bisa memanfaatkan teknologi dan internet untuk mempromosikan produk fashion yang Anda jual kepada para calon konsumen. Namun Anda harus selalu mengikuti perkembangan trend fashion sehingga produk yang Anda tawarkan selalu diminati pembeli.


5.   Usaha Kounter Pulsa

Bisnis pulsa termasuk kategori usaha rumahan yang tidak ada matinya karena pengguna smartphone kini semakin bertambah. Bahkan sistem pembayaran saat ini juga berbasis online sehingga bisnis pulsa semakin banyak dicari konsumen dan seolah tidak ada matinya hingga masa mendatang.

Memulai sebuah usaha rumahan memang susah-susah gampang. Namun dengan niat dan semangat yang kuat maka tidak ada alasan untuk segera memulai usaha dari sekarang. Dengan memilih usaha rumahan yang tidak ada matinya dan disertai kegigihan maka dapat dipastikan usaha tersebut akan semakin berkembang serta tetap bertahan di masa mendatang.


USAHA RUMAHAN YANG LAGI TREND

Jika Anda ingin memperoleh penghasilan yang besar maka dapat memulai usaha rumahan yang lagi trend. Sebetulnya usaha rumahan yang sedang trend memang terus menerus mengalami perubahan setiap tahunnya. Hal tersebut biasanya disesuaikan oleh kondisi maupun situasi yang sedang terjadi sekarang ini.

Dengan terus mengupdate informasi seputar jenis usaha yang sedang trend maka Anda akan lebih mudah untuk memahami kodisi pasar sekalgus menentukan jenis produk maupun jasa yang dibutuhkan pasar dan prospeknya.


Usaha Rumahan yang Lagi Trend


Jenis Usaha Rumahan Online yang Lagi Trend

Berbicara mengenai usaha rumahan yang lagi trend memang tidak bisa terlepas dari usaha-usaha yang berbasis online. Dimana usaha tersebut promosi dan transaksi jual belinya dilakukan melalui internet. Hal ini tentu sangat mempermudah penjual maupun pembeli untuk melakukan transaksi tanpa perlu keluar rumah.

Bagi Anda yang berencana membuka usaha rumahan online maka pastikan memilih usaha sesuai bakat dan minat. Berikut beberapa referensi usaha rumahan online yang lagi trend dimasyarakat yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.


1.   Freelance Content Writer

Usaha rumahan yang lagi trend yang pertama yaitu freelance content writer. Dimana dalam usaha ini Anda harus menjadi seorang penulis yang mampu memodifikasi artikel supaya tidak terdeteksi plagiat. Selain itu, Anda harus mempunyai kualitas penulisan yang bagus sehingga jasa Anda akan banyak dicari oleh para pemilik website maupun blog. Biasanya harga yang ditawarkan disesuaikan dengan jumlah kata dalam setiap artikel.

Cukup bermodalkan komputer atau laptop dan internet maka Anda berkesempatan memperoleh banyak keuntungan. Freelance content writer saat ini memang sedang trend karena banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis online untuk mendatangkan para pengunjung website mereka.


2.   Youtuber Creator

Youtube saat ini menjadi salah satu sarana hiburan sekaligus edukasi bagi masyarakat terutama para pengguna internet. Menurut kabar yang beredar, saat ini jumlah pengguna Youtube di Indonesia telah mencapai angka 50 juta lebih.

Kebanyakan para pengguna tersebut mengakses tayangan Youtube melalui smartphone. Dengan jumlah user sebanyak itu maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha rumahan yang lagi trend dengan menjadi seorang Youtuber.


3.   Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website menjadi salah satu usaha rumahan yang lagi trend dan banyak diminati. Terlebih saat ini tingkat persaingan bisnis juga semakin tinggi sehingga banyak pelaku usaha yang menginginkan promosi produknya dilakukan secara online salah satunya melalui website.

Jika Anda memiliki passion di bidang pembuatan website maka tidak ada salahnya mengambil peluang melalui jasa pembuatan website. Anda juga bisa menawarkan jasa tersebut melalui sosial media dan proses pengerjaannya dilakukan di rumah.


4.   Toko Online

Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha penjualan produk maka sebaiknya lakukan pemasaran melalui toko online. Sebab melalui toko online maka prospek pendapatan yang akan diperoleh juga semakin besar dibandingkan penjualan secara offline.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh keuntungan lain seperti jangkauan pembeli yang semakin luas, brand yang semakin dikenal dan tidak perlu menyewa ruko. Adapun jenis produk yang bisa Anda jual di toko online antara lain baju, kosmetik, peralatan dapur dan lain sebagainya.


Jenis Usaha Rumahan Offline yang Lagi Trend

Selain usaha rumahan yang lagi trend berbasis online, Anda juga bisa membuka usaha rumahan offline yang tidak kalah menguntungkan. Bahkan usaha rumahan offline tersebut bisa dikerjakan dari rumah tanpa membutuhkan modal yang begitu besar. Penasaran apa saja jenis usaha rumahan tersebut? Berikut beberapa penjelasannya :


1.   Usaha Kuliner

Bisnis kuliner tidak harus memiliki warung ataupun lokasi berjualan karena Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha. Dalam hal ini Anda bisa membuka warung makan di depan rumah yang menawarkan aneka lauk pauk yang disukai masyarakat.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah usaha katering yang siap melayani pemesanan aneka makanan maupun kue untuk berbagai acara. Supaya lebih banyak orang yang mengetahui usaha Anda, silahkan pasang banner usaha Anda di depan rumah.


2.   Budidaya Ikan

Bagi Anda yang memiliki minat terhadap budidaya ikan baik itu ikan hias maupun ikan air tawar untuk konsumsi maka cobalah untuk budidaya ikan di rumah. Dimana usaha rumahan yang lagi trend satu ini ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab jumlah permintaan pasar terhadap ikan hias maupun ikan konsumsi seolah tidak pernah sepi. Bahkan jenis ikan cupang termasuk kategori ikan yang sedang trend dan banyak diburu oleh konsumen.


3.   Membuka Jasa Pijat Urut

Bagi Anda yang mempunyai keahlian dan pengalaman memijat maka bisa membuka jasa pijat urut. Dimana jenis jasa satu ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk membantu mengatasi pegal-pegal setelah beraktivitas. Anda bisa melayani pijat urut di rumah atau bisa juga datang ke rumah pelanggan.

Memulai sebuah usaha memang sangat penting memperhatikan trend sehingga usaha yang Anda jalankan dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Selain itu, dengan memilih usaha rumahan yang lagi trend secara tepat maka usaha yang Anda jalankan lebih menguntungkan dan banyak dicari oleh konsumen.


USAHA RUMAHAN MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, mempunyai sebuah usaha rumahan memang bukan suatu hal yang sulit untuk diwujudkan. Kebanyakan pelaku usaha rumahan mengerjakan bisnis mereka untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan tak jarang pula bisnis tersebut dikerjakan sebagai penghasilan utama.

Bagi Anda yang berencana memulai sebuah usaha rumahan sebaiknya jangan hanya terpaku pada modal yang besar. Sebab saat ini banyak usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda kerjakan tanpa harus keluar rumah.


Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar


Kenapa Harus Memilih Usaha Rumahan Modal Kecil ?

Banyak orang yang beranggapan bahwa salah satu faktor penting dalam memulai sebuah usaha yaitu modal yang besar. Padahal tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar karena masih ada banyak usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda kerjakan. Kenapa Anda harus memilih usaha rumahan dengan modal kecil? Berikut beberapa alasannya :


1.   Bisa Belajar Mengatur Keuangan Lebih Bijak

Dengan memilih usaha rumahan modal kecil maka Anda sudah mulai belajar memutuskan untuk membangun sebauh perusahaan bagi diri sendiri. Bagi pelaku bisnis, masalah keuangan dengan modal kecil merupakan hal yang paling krusial serta membutuhkan pengaturan yang lebih bijak. Dengan demikian saat Anda mulai membuka usaha maka Anda berarti mulai belajar pengelolaan serta pengaturan keuangan secara lebih bijak.


2.   Bisa Berinovasi dan Mengikuti Trend

Seorang pelaku usaha harus selalu melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman maupun teknologi yang kian pesat. Dimana inovasi tersebut bertujuan untuk melakukan pembaharuan produk supaya pelanggan tidak mudah berpaling ke produk lainnya.


3.   Bisa Belajar Agar Tidak Mudah Menyerah

Ketika Anda mulai menjalankan usaha rumahan modal kecil maka kemungkinan Anda akan mengalami penolakan. Namun dari penolakan-penolakan tersebut justru akan membuat Anda menjadi seorang pengusaha yang tangguh dan pantang menyerah. Dimulai dari bisnis skala kecil maka secara perlahan Anda akan terbentuk menjadi pengusaha yang gigih di masa mendatang.


4.   Meminimalisir Hutang

Usaha rumahan modal kecil dapat membantu Anda terhindar dari hutang karena usaha tersebut Anda jalankan sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Dengan demikian Anda harus menghilangkan statemen bisnis harus memiliki banyak uang karena yang terpenting dalam sebuah usaha adalah niat.


Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

Bagi Anda yang berencana memulai sebuah Usaha Rumahan Modal Kecil pasti dihadapkan pada banyak pilihan jenis usaha apa yang cocok Anda kerjakan. Selain harus disesuaikan dengan bakat dan minat, sebaiknya bisnis tersebut juga mengikuti kebutuhan pasar. Sebagai referensi, berikut beberapa contoh usaha rumahan dengan modal kecil untung besar yang bisa Anda kembangkan :


1.   Usaha Katering Makan Pagi untuk Mahasiswa

Para mahasiswa umumnya mempunyai kesibukan yang padat sehingga mereka sering kewalahan untuk mempersiapkan menu sarapan. Terlebih untuk membeli makanan biasanya mereka juga membutuhkan waktu. Kondisi tersebut bisa menjadi sebuah peluang usaha rumahan modal kecil dengan membuka katering pagi untuk mahasiswa.

Anda tidak perlu menyewa ruko atau kios untuk mengembangkan usaha ini karena bisa dikerjakan dari rumah. Nantinya Anda hanya perlu menunggu pemesanan dan barulah memasaknya. Modal usaha katering ini memang tidak begitu besar serta modal akan cepat kembali.


2.   Usaha Jual Baju Secara Online

Fashion merupakan salah satu jenis bisnis yang dibutuhkan oleh masyarakat baik pria maupun wanita. Selain itu, fashion menjadi salah satu kebutuhan yang terus update sepanjang masa. Dengan menjadi reseller baju online maka Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menyetok barang. Usaha rumahan modal kecil yang satu ini juga bisa dikerjakan secara sistem dropship sehingga semakin praktis dan menguntungkan.


3.   Usaha Kue Kering atau Kue Basah

Bagi kalangan ibu-ibu yang memiliki hobi membuat kue maka bisa menyalurkan hobi tersebut untuk menjalankan usaha rumahan modal kecil dengan berjualan kue kering atau kue basah. Produk kue yang Anda buat bisa ditawarkan ke tetangga, pasar hingga melalui sosial media. Selain itu, kue-kue yang Anda buat bisa diproduksi hanya ketika ada pesanan saja sehingga dapat meminimalisir kerugian.


4.   Usaha Jasa Laundry Rumahan

Bisnis laundry termasuk jenis bisnis modal kecil yang menjanjikan. Dimana saat ini banyak orang yang disibukkan dengan pekerjaan sehingga tidak sempat untuk mencuci baju mereka. Anda bisa memanfaatkan mesin cuci dan setrika di rumah untuk membuka jasa laundry rumahan. Selain itu, bisnis ini akan semakin diminati jika Anda menawarkan jasa antar jemput cucian bagi para pelanggan.

Baca Juga : Peralatan Usaha Laundry Rumahan yang Dibutuhkan untuk Pemula


5.   Usaha Warung Makan Depan Rumah

Usaha rumahan modal kecil berikutnya yaitu membuka warung makan depan rumah. Saat ini banyak masyarakat terutama di kota-kota besar yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri. Bahkan kebanyakan dari mereka lebih memilih membeli makanan di warung. Hal ini bisa menjadi sebuah peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Terlebih makanan yang Anda jual ditawarkan dengan harga terjangkau dan variasi menu yang beragam.

Memulai sebuah bisnis tidak harus dengan modal yang besar karena dengan modal yang terbatas Anda bisa memulai usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan. Dengan memilih jenis usaha rumahan secara tepat dan diiringi oleh niat yang kuat maka dapat dipastikan bisnis tersebut tidak hanya menguntungkan tetapi juga akan semakin berkembang di masa mendatang.


USAHA RUMAHAN MODAL 50 RIBU

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kebanyakan orang pasti berpikiran bahwa modal yang besar adalah salah satu yang menentukan keberhasilan. Padahal selain modal, dibutuhkan mindset dan niat yang kuat untuk memulai sebuah bisnis sehingga bisnis tersebut dapat bertahan dan meraih kesuksesan.

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa memulai usaha rumahan modal 50 ribu yang memiliki banyak pilihan peluang menguntungkan.


Usaha Rumahan Modal 50 Ribu


Strategi Memulai Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Untuk membangun sebuah usaha, modal yang besar bukan menjadi satu-satunya syarat yang mutlak untuk dipenuhi. Meski saat ini Anda belum memiliki modal yang besar sebaiknya tidak perlu berkecil hati karena dengan menerapkan strategi yang tepat maka Anda bisa memulai usaha rumahan modal 50 ribu dengan keuntungan besar. Lalu apa saja strategi yang harus diterapkan untuk memulai usaha dengan modal 50 ribu? Berikut penjelasannya :


1.   Menentukan Jenis Bisnis

Sebelum memulai usaha rumahan modal 50 ribu, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu jenis bisnis yang akan dijalankan. Pastikan bisnis tersebut sesuai minat maupun kemampuan Anda sehingga bisnis bisa dijalankan dengan bahagian serta tanpa paksaan. Bahkan saat bisnis tersebut mengalami masalah maka Anda tidak mudah menyerah dan berusaha terus mencari solusinya.


2.   Riset Pasar

Strategi berikutnya yaitu riset pasar untuk menentukan peluang usaha Anda kedepannya. Melalui riset ini maka Anda bisa lebih mudah menemukan apa saja yang dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat. Dengan demikian usaha Anda akan hadir sebagai solusi dari permasalahan yang sedang terjadi. Selain itu, riset pasar juga memudahkan Anda menentukan para pesaing sekaligus memahami apa saja keunggulan mereka.


3.   Mengalokasikan Bisnis dengan Tepat

Meskipun Anda menjalankan usaha rumahan modal 50 ribu, namun tetap dibutuhkan pengalokasian modal secara tepat. Dimana modal tersebut dapat dialokasikan untuk pembelian bahan baku dan biaya operasional. Dengan mengalokasikan modal secara tepat maka modal kecil yang Anda miliki bisa dipergunakan secara efisien dan efektif.


4.   Mencari Bahan Baku Berkualitas dengan Harga Murah

Agar modal 50 ribu cukup digunakan sebagai modal usaha rumahan, sebaiknya Anda harus mencari supplier bahan baku berkualitas dengan harga murah. Anda bisa mencari suplier tersebut melalui internet maupun bertanya kepada orang-orang terdekat.


5.   Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi strategis memang sangat berpengaruh pada kesuksesan sebuah bisnis. Akan tetapi bagi Anda yang ingin menjalankan usaha rumahan sebaiknya fokuslah terlebih dahulu pada penjualan online. Sehingga Anda tidak perlu dipusingkan oleh biaya sewa ruko atau tempat bisnis.


Rekomendasi Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Seiring dengan berkembangnya zaman saat ini justru semakin banyak pula ditemukan usaha rumahan yang dijalankan dengan modal minim. Bahkan cukup dengan modal 50 ribu rupiah saja, kini Anda bisa memulai sebuah usaha rumahan yang menguntungkan. Apa saja contoh usaha rumahan modal 50 ribu tersebut? Berikut beberapa referensinya :


1.   Jualan Keripik

Bagi Anda yang masih bingung memilih usaha rumahan modal 50 ribu maka Anda perlu mencoba bisnis jualan keripik. Anda dapat memproduksi beberapa jenis keripik karena jenis usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk membeli bahan baku.

Meskipun hanya berupa makanan ringan, namun usaha keripik ternyata menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Terlebih dengan adanya internet, Anda bisa mempromosikan produk tersebut secara online sehingga jangkauan pasarnya semakin luas.


2.   Jualan Kue

Bagi para ibu rumah tangga yang sedang mencari usaha rumahan modal 50 ribu maka Anda dapat mempertimbangkan usaha berjualan kue. Dimana jenis usaha ini memang cukup fleksibel karena bisa dikerjakan saat waktu luang.

Produk kue yang Anda buat nantinya bisa Anda pasarkan secara online atau bisa juga dititipkan ke toko-toko sekitar tempat tinggal. Buatlah jenis kue yang unik dan jarang di pasaran sehingga para pembeli penasaran untuk mencobanya.


3.   Jualan Online dengan Sistem Dropship

Usaha rumahan modal 50 ribu berikutnya yaitu berjualan online dengan sistem dropship. Dimana sistem ini sebetulanya juga tidak membutuhkan modal sekali karena tugas Anda sebagai penjual hanyalah mencari supplier produk kemudian pasarkan produknya secara online. Ketika ada pembeli yang memesan produk maka tugas Anda hanyalah menghubungi pihak supplier lalu produk akan dikirim ke konsumen.


4.   Berjualan Aksesoris

Jika Anda hanya memiliki modal 50 ribu rupiah untuk membuka sebuah usaha rumahan maka Anda bisa mencoba berjualan aksesoris secara online melalui situs jual beli. Bahkan Anda tidak perlu menyetok banyak produk karena promosi dapat dilakukan cukup melalui foto produk saja. sesudah Anda memperoleh pesanan barulah Anda membeli aksesoris di pemasok untuk dikirimkan ke alamat pembeli.

Untuk memulai usaha rumahan memang tidak perlu membutuhkan modal yang besar.  Hanya dengan modal 50 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membuka usaha rumahan modal 50 ribu. Meski dimulai dengan modal yang kecil, usaha rumahan tersebut tetap menguntungkan selama Anda menerapkan strategi persiapan bisnis secara tepat.


USAHA RUMAHAN MAKANAN RINGAN

Usaha rumahan makanan ringan memang seolah tidak ada matinya. Bahkan dengan sedikit kreativitas saja maka Anda bisa menciptakan produk makanan ringan yang unik dan kekinian sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Sudah banyak pelaku usaha makanan ringan yang sukses dan bisa meraih omset hingga puluhan juta perbulan. Namun tidak sedikit pula masyarakat yang masih meragukan usaha makanan ringan karena dianggap tidak begitu menjanjikan. Benarkah demikian? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Usaha Rumahan Makanan Ringan


Alasan Usaha Rumahan Makanan Ringan Selalu Menjanjikan

Meski usaha rumahan makanan ringan sering disebut memiliki peluang yang menggiurkan, namun tetap saja ada sebagian orang yang ragu untuk memulai jenis bisnis satu ini. Tak perlu khawatir karena ternyata usaha makanan ringan skala rumahan justru selalu memiliki peluang yang menjanjikan dan seolah tak ada matinya. Berikut ini beberapa alasan usaha rumahan berupa makanan ringan disebut sebagai usaha yang selalu menjanjikan :


1.   Produk yang Dijual Consumable Item

Usaha rumahan makanan ringan memang selalu memiliki peluang yang menjanjikan karena produk-produknya bersifat consumable item. Dimana maksud dari istilah tersebut yaitu produk makanan termasuk produk yang habis dikonsumsi sehingga tingkat repeat ordernya semakin besar. Dengan demikian saat konsumen menyukai sebuah produk makanan ringan maka kemungkinan mereka akan kembali memesan dan akan terjadi terus menerus.


2.   Pilihan Produk yang Berlimpah

Dari hari ke hari semakin banyak jenis makanan ringan yang dijual di pasarkan. Namun tak perlu takut karena makanan ringan termasuk usaha rumahan yang peluangnya masih terbuka lebar. Sebab usaha rumahan makanan ringan memiliki pilihan produk yang berlimpah. Bahkan untuk satu jenis bahan baku bisa diolah menjadi beragam jenis makanan ringan.


3.   Pangsa Pasar yang Sangat Besar

Usaha rumahan makanan ringan memiliki pangsa pasar yang sangat besar sehingga keuntungan yang ditawarkan juga tak kalah menggiurkan. Terlebih hampir setiap orang menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari.


4.   Modal yang Tidak Begitu Besar

Usaha rumahan makanan ringan termasuk kategori bisnis modal kecil di awal usaha. Bagi Anda para pemula yang memiliki modal terbatas maka sangat cocok mencoba usaha makanan ringan. Apalagi kesempatan balik modal serta meningkatkan usaha juga lebih cepat.


Ide Usaha Rumahan Makanan Ringan Paling Laris

Bagi Anda yang mulai tertarik untuk mencoba peluang usaha rumahan makanan ringan maka pastikan menentukan jenis produk makanan ringan secara tepat. Anda bisa mempertimbangkan jenis makanan ringan yang tak ada matinya tetapi menguntungkan dan paling laris. Sebagai inspirasi untuk memulai usaha makanan ringan, berikut beberapa ide usaha makanan ringan yang perlu Anda ketahui :


1.   Keripik Singkong degan Aneka Rasa

Ide usaha rumahan makanan ringan yang pertama yaitu keripik singkong dengan aneka rasa. Jenis makanan ringan satu ini memang sudah sangat populer dan sudah banyak dijual di pasaran. Namun Anda bisa membuat inovasi keripik singkong aneka rasa dan dikemas secara menarik. Keripik singkong termasuk jenis camilan yang disukai oleh banyak kalangan sehingga dijamin laris manis di pasaran.


2.   Keripik Pisang Keju

Selain keripik singkong, keripik pisang juga termasuk jenis makanan ringan yang disukai oleh masyarakat. Untuk menciptakan produk yang menarik, Anda bisa menciptakan berbagai rasa pada keripik pisang salah satunya yaitu keripik pisang keju.


3.   Stik Talas

Stik talas adalah salah satu camilan khas Pontianak yang sudah populer. Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis stik talas, sebaiknya buatlah inovasi stik talas dengan berbagai varian rasa yang enak dan unik tetapi tidak aneh dilidah konsumen.


4.   Donat Stik

Selama ini donat menjadi salah satu makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan serta tidak ada matinya. Jika Anda ingin mencoba usaha rumahan makanan ringan berupa donat maka buatlah kreasi donat stik. Dimana cemilan satu ini memang sedang trend karena tampilannya yang unik serta banyak pilihan rasa.


5.   Cireng Siap Goreng

Cireng merupakan salah satu ide usaha rumahan makanan ringan yang beberapa waktu terakhir sangat diminati oleh masyarakat. Hal tersebut bisa menjadi peluang usaha yang bagus dengan menawarkan produk siap goreng yang memiliki berbagai varian rasa.


6.   Makaroni

Makaroni goreng merupakan salah satu makanan ringan yang sangat viral dan seolah tidak ada matinya. Bahkan kini telah hadir makaroni goreng dengan berbagai varian rasa seperti pedas, keju, gurih dan sebagainya. Jika Anda ingin berbisnis makaroni, maka kemaslah secara menarik dan tawarkan ciri khas yang berbeda pada produk Anda.


7.   Pempek Frozen

Pempek merupakan makanan ringan khas Palembang yang saat ini mulai banyak dijual secara online di marketplace. Supaya konsumen bisa menikmati pempek kapan saja maka Anda bisa menjual produk pempek frozen yang lebih tahan lama dan siap goreng tanpa perlu repot.

Usaha rumahan makanan ringan memang menawarkan peluang dan keuntungan yang menjanjikan. Namun pastikan Anda benar-benar mempersiapkan usaha tersebut secara matang sebelum memulainya. Jangan ragu untuk selalu inovatif dan kreatif agar usaha Anda dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan.


CONTOH USAHA RUMAHAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA

Di tengah kebutuhan hidup yang kian meningkat dari waktu ke waktu tentu membuat seorang ibu rumah tangga harus pandai memutar otak. Salah satunya dengan memulai sebuah usaha rumahan supaya bisa memperoleh penghasilan tambahan.

Terlebih di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, para ibu rumah tangga tidak hanya mampu mengurus rumah tangga tetapi juga berkesempatan menghasilkan banyak uang tanpa harus keluar rumah. Bagi ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan maka berikut beberapa contoh usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa menjadi inspirasi.


Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga


Kiat Memulai Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi seorang ibu rumah tangga memulai sebuah usaha memang menjadi suatu hal yang susah-susah gampang. Sebab kebanyakan ibu rumah tangga memiliki aktivitas di rumah yang cukup padat mulai dari mengurus keluarga hingga keperluan rumah. Namun hal ini bukan menjadi sebuah kendala apabila Anda bisa menerapkan beberapa kiat-kiat berikut ini :


1.   Memilih Bidang Usaha yang Tepat

Untuk memulai usaha rumahan bagi ibu rumah tangga maka hal yang penting dilakukan adalah memilih bidang usaha sesuai passion. Dengan menjalankan bisnis sesuai minat dan hobi maka akan terasa semakin menyenangkan serta tanpa beban. Sehingga Anda bisa lebih fokus menjalankan usaha tersebut secara sepenuh hati. Terlebih saat ini banyak contoh usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dipilih sesuai bakat maupun minat.


2.   Meminta Dukungan dari Keluarga

Sebelum memulai usaha rumahan sebaiknya seorang ibu rumah tangga harus meminta dukungan dari keluarga terutama dari suami. Apabila keluarga sudah memberikan dukungan maka Anda akan merasa lebih terbantu untuk mengembangkan bisnis tersebut baik secara materiil maupun nonmateriil.


3.   Mengatur Waktu Berbisnis

Bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha rumahan maka harus mampu mengatur waktu dengan baik antara tugas-tugas rumah tangga dengan menjalankan usaha. Sehingga meskipun Anda sibuk menjalankan usaha, segala kebutuhan keluarga tidak terabaikan.


4.   Tekad yang Kuat

Dalam memulai sebuah usaha rumahan memang dibutuhkan tekat yang kuat supaya Anda bisa terus konsisten terutama saat usaha sedang menghadapi masalah. Selain itu, tekat yang kuat membuat Anda lebih siap menghadapi berbagai risiko yang bisa muncul saat usaha mulai berjalan.


6 Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Sesudah memperhatikan kiat-kiat di atas, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan jenis usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Tak perlu khawatir karena ada banyak contoh usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan dari rumah sambil mengurus keluarga. Apa saja contoh usaha rumahan tersebut? Berikut akan diberikan 6 contoh-contohnya :


1.   Usaha Katering

Umumnya ibu rumah tangga yang suka memasak dan memiliki kepandaian dalam mengolah berbagai jenis masakan, sebaiknya perlu mencoba berbisnis katering. Contoh usaha rumahan ibu rumah tangga ini memang sangat direkomendasikan karena selain minim risiko kerugian, usaha tersebut juga menghasilkan banyak keuntungan. Terlebih makanan yang dimasak biasanya baru dibuat saat pesanan datang sehingga modal yang dibutuhkan tidak begitu besar. Para ibu rumah tangga bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis katering kepada khalayak luas.


2.   Voucher Digital

Contoh usaha rumahan ibu rumah tangga berikutnya yaitu usaha voucher digital. Dimana dalam usaha tersebut Anda bisa menjual aneka voucher yang dibutuhkan sehari-hari seperti token listrik, pulsa telepon dan sebagainya. Selain tidak membutuhkan tempat yang luas, bisnis ini juga sangat menguntungkan dan aman dari kadaluarsa.


3.   Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan, maka bisa menyalurkan hobi tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Contoh usaha rumahan ibu rumah tangga satu ini dapat dikerjakan disela-sela waktu luang sehingga tidak menggangu tugas-tugas rumah tangga.

Adapun jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat oleh ibu rumah tangga antara lain hiasan meja, jepit rambut, bros, kalung, gelang dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membuat inovasi produk kerajinan tangan yang kekinian mengikuti trend agar semakin menarik minat konsumen

Baca Juga : 11 Kaidah Sukses dalam Bisnis Kreatif


4.   Jasa Menjahit Pakaian

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit baju maka bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Bahkan saat ini banyak ibu rumah tangga yang sukses menjalankan contoh usaha rumahan ibu rumah tangga dengan menjahit baju. Dalam hal ini pesanan yang diterima bisa dalam bentuk perorangan atau secara borongan.


5.   Les Private di Rumah

Contoh usaha rumahan  ibu rumah tangga selanjutnya yaitu les private di rumah. Anda bisa menawarkan jasa les private ini kepada tetangga sekitar karena saat ini banyak anak-anak sekolah yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Persiapkan fasilitas belajar seperti meja, kursi dan buku pedoman agar aktivitas belajar dapat berjalan lancar dan nyaman.


6.   Toko Online

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, para ibu rumah tangga bisa mencoba membuka toko online. Jenis produk yang bisa dijual di toko online tersebut diantaranya baju, sepatu, tas, camilan hingga kerudung. Cukup dengan memanfaatkan smartphone dan internet maka toko online tersebut sudah bisa dijalankan.

Berbagai contoh usaha rumahan ibu rumah tangga seperti di atas bisa dikerjakan sambil mengerjakan aktivitas sebagai ibu rumah tangga. Sehingga meski hanya di rumah saja, seorang ibu rumah tangga bisa memperoleh penghasilan tambahan yang tak kalah menjanjikan.


PELUANG USAHA RUMAHAN DI DESA

Usaha rumahan tidak terbatas oleh wilayah dimana Anda tinggal, baik di kota ataupun di desa Anda memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan dalam berusaha. Meskipun Anda tinggal di desa, bukan berarti Anda tidak akan sukses menjalankan usaha rumahan, banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa dilakukan. Semua itu tergantung dari seberapa peka Anda melihat pelung dan seberapa keras Anda merealisasikan peluang tersebut menjadi keuntungan bisnis.


Peluang Usaha Rumahan di Desa


Tips Memilih Usaha Rumahan di Desa

Bagaimana cara memilih usaha rumahan di desa yang tepat? Memilih usaha apa yang tepat untuk dijalankan sebetulnya susah-susah gampang, hal ini tidak terlepas dari usaha tersebut berada di desa ataupun di kota. Menentukan usaha apa yang akan dijalankan membutuhkan kejelian dalam melihat peluang yang ada. Berikut beberapa tips dalam memilih usaha rumahan di desa :


1.   Tentukan Target Konsumen

Tips pertama dalam memilih usaha adalah dengan melihat siapa terget konsumen Anda. Dalam hal ini Anda harus menentukan terlebih dahulu siapa terget konsumen Anda. Setelah itu carilah apa kebutuhan dan keinginan mereka. Dari situ Anda bisa menentukan produk apa yang cocok untuk di jual pada mereka. Dalam hal ini Anda bisa menganalisis sendiri kebutuhan dan keinginan mereka atau jika ingin lebih efektif Anda bisa langsung menanyakannya pada mereka.


2.   Lihat Potensi Komodiatas di Desa Anda

Lihatlah potensi apa yang bisa Anda menfaatkan menjadi peluang usaha Anda. Seperti misalnya di desa Anda terdapat perkebunan singkong yang sangat luas, maka Anda bisa memanfaatkan komodiatas singkong tersebut untuk membuat produk berbahan dasar singkong seperti keripik, tape, dan sebagainya. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih peka terhadap peluang dari komoditas yang ada di Desa Anda.


3.   Buatlah Produk yang Bernilai dan Disukai Banyak Orang

Meskipun Anda berada di desa, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk membuat produk yang bernilai dan disukai banyak orang. Apa yang dimaksud dengan produk yang bernilai? Produk yang bernilai adalah produk yang bisa memberikan manfaat dan kepuasan terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dalam hal ini buatlah produk yang seprofesional mungkin, baik dalam hal produknya itu sendiri maupun dalam hal kemasan produknya. Meskipun jika Anda berada di desa, ketika Anda mampu membuat produk yang bernilai maka Anda akan bisa menjangkau konsumen yang bahkan berada jauh dari desa Anda. Oleh karena itu berusahalah sebaik mungkin.


4.   Ciptakanlah Metode Pemasaran yang Bisa Menjangkau Banyak Orang

Ketika Anda telah mampu membuat produk yang bernilai dan disukai banyak orang, maka hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menciptakan metode perasaran yang bisa menjangkau banyak orang. Ini bisa Anda lakukan salah satunya dengan cara menjual produk Anda secara online, sehingga luas konsumen Anda tidak hanya konsumen yang berada di desa Anda melainkan juga yang berada di luar desa, kota, provinsi, bahkan luar negeri. Pelajarilah bagaimana cara menjual produk secara online, karena ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menjangkau lebih banyak terget konsumen.


Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa

Ada banyak contoh usaha rumahan yang bisa dilakukan di desa. Sebenarnya ketika Anda sudah menerapkan beberapa tips memilih usaha rumahan desa di atas Anda pasti sudah mengetahui usaha apa yang bisa Anda jalankan. Namun jika Anda masih bingung berikut kami uraikan beberapa contoh usaha rumahan di desa yang bisa Anda jalankan :

Baca Juga : Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias


1.   Usaha Makanan Ringan

Salah satu usaha rumahan menjanjikan yang bisa dilakukan di desa adalah usaha makanan ringan. Di desa biasanya terdapat bahan baku melimpah yang bisa dioleh menjadi makanan ringan seperti singkong, kentang, pisang, nanas, mangga, dan sebagainya sehingga itu akan menekan harga jual dan mempermudah dalam proses produksi sehingga akan membuat daya saing produk yang otomatis akan meningkatkan penjualan produk.

Perinsipnya adalah dari pada mencari bahan baku yang sulit didapat, lebih baik memanfaatkan bahan baku yang ada. Cara ini selain membantu usaha Anda, juga akan membantu para petani sekitar dalam meningkatkan perekonomian keluarganya. Sehingga akan berdampak baik bagi Anda dan juga petani.


2.   Membuka Usaha Sembako

Membuka usaha sembako rumahan di desa sangatlah menjanjikan, selain karena sembako diperlukan oleh semua orang dan setiap waktu juga karena persaingan di desa cenderung rendah jika dibandingkan dengan di kota yang setiap tempat selalu ada supermarket. Usaha sembako merupakan usaha yang bertahan lama dan tidak lekang oleh waktu.

Untuk tahap awal, Anda bisa memulainya dengan menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, tepung, minyak goreng, gula, mie instan, peralatan mandi dan sebagainya. Setelah itu terpenuhi barulah Anda mulai menyediakan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang mungkin diperlukan oleh masyarakat sekitar.


3.   Usaha Kounter Pulsa

Pulsa sekarang ini telah menjadi kebutuhan sehari-hari setiap orang, hal ini bukan tanpa alasan mengingat kemajuan teknologi informasi sudah menyebar ke seluruh wilayah termasuk desa. Tidak seperti di kota, jumlah kounter pulsa di desa cenderung belum terlalu banyak sehingga peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar. Membuka usaha kounter pulsa rumahan di desa merupakan keputusan yang baik dan menjanjikan.

Itulah beberapa contoh peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda jalankan. Tidak terlepas dari usaha itu dijalankan di kota ataupun di desa, setiap usaha membutuhkan perencanaan, strategi, dan kerja keras agar bisa meraih kesukesan. Meskipun Anda membuka usaha di kota sekalipun, jika Anda tidak bekerja keras mengerahkan segalah potensi yang ada maka keberhasilan hanya akan menjadi angan-angan saja. Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel ini sampai dengan selesai.


Posting Komentar untuk "36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku