Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Usaha Kecil-Kecilan di Rumah

Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan - Terkadang penghasilan yang kita peroleh dari gaji sebagai pegawai tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga. Seperti kebutuhan makanan, kebutuhan pakaian, kebutuhan listrik dan air, kebutuhan sekolah, dan kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya. Biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut dari tahun ke tahun juga semakin meningkat, sedangkan disisi lain gaji yang didapat sebagai pegawai masih saja tatap, tidak ada kenaikan. Tentu ini akan menjadi masalah serius jika tidak diatasi.

Karena akar dari masalah tersebut adalah penghasilan yang tidak sebanding dengan kebutuhan hidup, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan penghasilan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penghasilan, salah satunya adalah dengan membuka bisnis atau usaha tertentu.

Seperti yang disebutkan diawal, karena masalahnya terletak pada penghasilan yang kurang mencukupi maka kita juga pasti tidak memiliki kemampuan untuk membuka bisnis bermodal besar. Oleh karena itu solusi yang tepat adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah.

Usaha kecil-kecilan di rumah ini selain akan menghemat biaya tempat, juga pasti akan menurunkan ongkos produksi karena bisa memakai alat yang ada dirumah dan dikerjakan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya sehingga akan sangat menguntungkan dari segi bisnis.

Sebenarnya ada banyak usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan di rumah. Namun dari banyaknya usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan di rumah tersebut, usaha apa sebenarnya yang selain bisa dilakukan di rumah juga bisa menguntungkan?. Berikut kami uraikan beberapa usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan :


1.   Usaha Kecil-Kecilan Makanan Ringan Rumahan

Usaha makanan ringan adalah salah satu usaha yang tidak ada matinya. Usaha ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Banyak orang yang sudah berhasil menjalankan usaha makanan ringan ini dan mendapatkan banyak keuntungan setiap harinya. Hal ini tidak mengherankan mengingat makanan ringan disukai oleh banyak orang, baik anak muda maupun orang dewasa.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Ada berbagai jenis makanan ringan yang bisa Anda jalankan di ruamah Anda, seperti misalnya keripik singkong, keripik kentang, makaroni goreng, keripik tempe, kerupuk, dan jenis makanan ringan lainnya. Anda bisa dengan mudah mencarinya di internet.

Usaha makanan ringan ini sangat cocok untuk Anda yang berniat membuka usaha kecil-kecilan di rumah tetapi tetap menguntungkan. Selain mudah, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, tenaga yang banyak dan tampat khusus. Anda bisa membuat makanan ringan ini dengan peralatan yang ada di rumah.

Sementara dari segi pemasaran, Anda bisa menjajakannya di depan rumah atau menjualnya secara online, bisa melalui marketplace ataupun melalui sosial media. Mulailah menawarkan makanan ringan Anda ke tetangga Anda, ke teman, dan pengikut Anda di sosial media. Lambat laun usaha makanan ringan Anda pasti akan berkembang jika Anda tekun menjalaninya. Tidak menutup kemungkinan jika Anda berhasil menjalankan bisnis rumahan ini dan meraih banyak keuntungan.


2.   Usaha Kecil-Kecilan Warung Nasi Rumahan

Usaha warung nasi juga termasuk kedalam usaha yang tidak akan pernah mati, karena usaha ini menyediakan kebutuhan pokok manusia yaitu makan, sehingga peminatnya akan selalu ada. Apa lagi jika rumah Anda terletak didaerah pemukiman padat penduduk, maka kemungkinan akan berhasil menjadi lebih tinggi jika Anda menjalankannya dengan baik.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Usaha ini bisa Anda jalankan di rumah Anda dalam sekala kecil maupun besar. Tatapi pada dasarnya usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Jika Anda bisa mengaturnya dengan baik, dengan modal ratusan ribu rupiahpun Anda bisa menjalankan bisnis ini. Dengan modal yang relatif kecil, Anda bisa meraup keuntungan yang lumayan besar.

Dalam menjalankan bisnis ini yang terpenting adalah Anda bisa membuat makanan yang enak dengan harga yang bersaing, menggunakan bahan makanan yang sehat, menjaga tempat agar selalu bersih, menjaga kualitas makanan, ramah terhadap pembeli, dan memberikan pelayanan yang baik. Dengan begitu Anda pasti bisa sukses menjalankan usaha ini.


3.   Usaha Kecil-Kecilan Konter Pulsa Rumahan

Perkembangan dunia digital saat ini semakin pesat, bisa dikatakan hampir setiap orang saat ini memiliki hp atau smartphone. Baik itu digunakan untuk berkomunikasi, bertukar pesan, bertukar informasi, bertukar video, bermain game, menonton film, belajar onlene dan sebagainya. Semua aktifitas tersebut pasti membutuhkan pulsa atau kuota internet agar bisa berjalan, oleh karena itu usaha konter pulsa menjadi sangat potensial untuk dijalankan.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Bayangkan Anda membuka usaha konter pulsa kecil-kecilan di ruamah Anda yang padat penduduk, dalam setiap keluarga pasti memiliki beberapa handphone yang setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan membutuhkan isi ulang pulsa, coba bayangkan berapa konsumen potensial yang akan membeli pulsa ditempat Anda dan berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam sehari, pasti sangat menjanjikan bukan?.

Selain itu, modal yang Anda perlukan untuk menjalankan usaha ini juga relatif kecil. Anda hanya perlu satu handphone, deposit pulsa, dan beberapa box kartu perdana. Selain pulsa dan kartu perdana, Anda juga bisa sekalian menjual token listrik dan jasa pengiriman uang, sehingga deferensiasi produk yang Anda jual menjadi lebih beragam.


4.   Usaha Kecil-Kecilan Jus Buah Rumahan

Usaha selanjutnya adalah jualan jus buah. Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, dalam arti Indonesia terus disinari matahari sepanjang tahun sehingga suhu udaranya cenderung panas. Ini secara tidak langsung berdampak pada kebiasaan masyarakat Indonesia yang cenderung menginginkan minuman menyegarkan, sehingga permintaan masyarakat terhadap minuman menyegarkan relatif tinggi.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Dengan keadaan tersebut maka peluang menguntungkan untuk membuka usaha minuman menyegarkan terbuka lebar. Salah satu minuman menyegarkan yang disukai oleh masyarakat dan bisa menjadi peluang usaha adalah Jus Buah. Selain menyegarkan, Jus Buah juga sangat menyehatkan karena mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh.

Anda bisa membuaka usaha ini di depan rumah Anda. Selain menguntungkan usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, anda bisa memulainya dengan modal ratusan ribu. Apalagi jika Anda sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan maka biayanya pasti akan jauh lebih mudah. Selain jus buah, Anda juga bisa memadukannya dengan produk lain seperti sop buah dan es campur. Sehingga konsumen memiliki alternatif pilihan dan akan berdampak pada peningkatan penjualan Anda.


5.   Usaha Kecil-Kecilan Gorangan Rumahan

Meski terkesan sebagai dagangan kaki lima, tapi jangan remehkan keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha jualan gorengan. Usaha ini terkesan kecil namun peminatnya sangat banyak, jadi meskipun keuntungan dari penjualan perprosinya kecil namun tetap bisa ditutupi oleh banyaknya peminat.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Gorengan ini biasanya dinikmati dikala senggang, sangat cocok disantap dengan secangkir kopi, apalagi pas hujan turun pasti akan terbayang betapa nikmatnya menyantap gorengan ini. Selan itu harganya juga relatif murah dengan rasa yang enak dan renyah.

Dari segi bisnis, usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, peralatan yang banyak, ataupun tempat yang luas. Cukup gunakan sebagian tempat di rumah Anda maka Anda akan siap menjalankan usaha kecil-kecilan ini. Anda bisa menjual beberapa macam jenis gorangan, seperti tempe goreng, bala-bala, gehu, pisang goreng, cireng, dan sebagainya. Dan salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis ini adalah soal kebersihan yang harus selalu dijaga, baik kebersihan makanan maupun kebersihan tempat berjualan. Hal ini karena konsumen biasanya tidak mau membeli gorengan ditempat yang kelihatannya tidak bersih. Ketika konsumen berniat untuk membeli gorengan tetapi misalnya melihat tempat berjualannya kurang bersih, ia pasti akan mengurungkan niatnya untuk membeli gorengan ditempat tersebut dan akan mencarinya ditempat lain. Jadi perhatikan baik-baik masalah ini.


6.   Usaha Kecil-Kecilan Laundry Rumahan

Di era ini, orang-orang cenderung sangat sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak punya waktu untuk mengurus urusan rumah tangga seperti diantaranya mencuci pakaian dan mensetrika. Bagi mereka pekerjaan rumah tangga yang satu ini sangat merepotkan, menguras waktu dan tenaga. Oleh karena itu mereka biasanya memilih jalan yang instan yaitu dengan cara mencucui pakaian mereka di tempat laundry.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Dengan situasi seperti itu, peluang usaha laundry menjadi sangat lebar. Tengoklah disekitar Anda betapa menjamurnya bisnis laundry ini karena memang sangat menjanjikan. Tentunya peluang ini juga harus Anda menfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tidak usah terburu-buru menyewa tempat usaha, sebagai langkah awal Anda bisa memulainya di rumah Anda sendiri. Anda hanya tinggal menyediakan peralatan laundrynya saja.

Peralatan yang diperlukan untuk usaha laundry ini diantaranya yaitu mesin cuci, mesin pengering pakaian, setrika, gantungan baju dan peralatan lainnya. Memang kita perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli peralatan tersebut, namun dengan banyaknya peminat laundry ini sejumlah uang yang sudah dikeluarkan tersebut nanti pasti akan kembali.

Semantara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam usaha laundry ini diantaranya yaitu kebersihan pakaian, kerapihan pakaian, ketepatan waktu, dan harga yang sesuai. Selain itu pemilihan sabun dan pewangi juga akan sangat berpengaruh nantinya terhadap kebersihan dan kerapihan pakaian sehingga tidak boleh asal-asalan dalam memilih sabun untuk mencuci pakaian konsumen.


7.   Usaha Kecil-Kecilan Pom Mini di Depan Rumah

Salah satu usaha kecil-kecilan di ruamah yang menguntungkan adalah usaha pom mini. Hal ini bukan tanpa alasan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kendaraan terbanyak di dunia. Hampir setiap keluarga memiliki kendaraan pribadi, ditambah dengan kemudahan kerdit kendaraan saat ini tentu kedepannya kendaraan bermotor akan semakin banyak.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor maka kebutuhan akan bahan bakar bensin juga akan semakin bertamah. Disinilah letak peluang tersebut berada. Dengan Anda membuka usaha pom mini di depan rumah Anda, maka kebutuhan bahan bakar kendaraan warga disekitar Anda akan terpenuhi oleh Anda. Apalagi jika rumah Anda terletak disamping jalan raya, maka potensi keuntungannya otomatis akan semakin besar.

Katakanlah ada 20 orang yang membeli bensin di tempat Anda setiap harinya, maka berapa keuntungan yang Anda dapat? Pasti itu akan meningkatkan penghasilan Anda setiap bulannya. Selain itu, menjalankan usaha ini relatif sangat mudah. Anda tidak usah repot memikirkan produksi, Anda hanya tinggal melayani konsumen saja.


8.   Usaha Kecil-Kecilan Bakso Rumahan

Siapa yang tidak suka bakso, makanan lezat dari Indonesia yang memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Setiap orang Indonesia pasti sangat menyukai bakso. Bayangkan penduduk Indonesia yang banyak dan menyukai bakso, berapa peluang keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda membuka usaha bakso? Potensinya sangalah besar bukan, ditambah lagi jika Anda bisa membuat bakso yang enak, pasti banyak konsumen yang akan membeli bakso Anda.


Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan

Untuk memulai usaha ini Anda tidak perlu langsung membuka restoran bakso, cukup dengan berjualan di rumah Anda karena dalam berbisnis bakso yang paling penting adalah rasanya. Oleh kerena itu sebisa mungkin Anda harus bisa membuat bakso yang enak.

Setelah Anda bisa membuat bakso yang enak, hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah kebersihannya, baik itu kebersihan peralatan seperti mangkok, sendok, garpu, gelas dan sebagainya, serta tempat Anda berjualan seperti kebersihan lantai, dinding, meja, kursi dan sebagainya. Karena ini menyangkut usaha makanan maka kebersihan harus menjadi salah satu perhatian utama.


Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan di Rumah

Memulai usaha kecil-kecilan di rumah sebenarnya susah-susah gampang, tergantung dari Anda sendiri sebagai orang yang menjalaninya. Dalam memulai usaha, Anda harus memiliki tekad yang kuat karena menjalankan usaha terkadang akan memunculkan berbagai hambatan dalam perjalanannya, entah itu dari faktor internal ataupun eksternal. Ketika Anda tidak memiliki tekad yang kuat dalam menjalankan usaha maka hambatan-hambatan tersebut mungkin akan membuat Anda menyerah. Jadi sebelum Anda mulai membuka usaha kumpulkan niat dan tekad Anda sebesar mungkin. Itu akan membantu Anda nantinya.

Setelah Anda memiliki niat dan tekad yang cukup untuk memulai usaha, maka untuk langkah awal Anda harus menentukan usaha apa yang akan Anda jalankan. Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan dalam menentukan usaha, cara pertama adalah menentukan terget konsumen ada lalu menentukan jenis usaha yang cocok untuk terget kensumen tersebut, sementara cara kedua yaitu menentukan jenis usaha yang ingin Anda jalankan lalu mencari konsumen yang cocok dengan jenis usaha tersebut.

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semua itu tergantung Anda akan memilih cara yang mana. Jika Anda bingung menentukan usaha apa yang akan dijalankan, Anda bisa memilih salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang sudah diuraikan di atas.

Jika Anda sudah mengumpulkan niat, tekad dan menentukan usaha yang akan dijalankan, maka tahap selanjutnya adalah tahap perencanaan. Dalam tahap perencanaan ini, Anda harus menentukan konsep usaha, tempat, peralatan, perlengkapan, dan bahan baku apa saja yang dibutuhkan. Dalam hal ini semakin bagus perencanaan Anda maka itu akan semakin baik. Tapi perlu diingat, jangan sampai Anda terlalu fokus pada perencanaan sehingga malah jadi menghambat Anda dalam memulai usaha karana itu malah jadi kontradiktif.

Katakanlah Anda sudah memiliki perencanaan usaha yang matang, maka yang paling baik adalah segera merealisasikan rencana tersebut. Pada tahap ini Anda mungkin akan dihinggapi rasa ragu-ragu dan kurang percaya diri, tapi percayalah itu hanyalah perasaan emosional saja dan itu normal. Setiap orang yang akan memulai usaha pasti mengalami rasa ragu dan kurang percaya diri, tapi itu hanyalah diawal, ketika Anda mulai menjalaninya perasaan tersebut lambat laun akan hilang dengan sendirinya, percayalah.

Tahap selanjutnya adalah tahap ketika Anda menjalankan usaha. Dalam tahap ini ada orang yang langsung berhasil dan ada orang yang membutuhkan beberapa waktu untuk berhasil dan itu sangat normal dalam dunia usaha. Yang perlu ditekankan dalam tahap ini adalah selalu berfokus pada konsumen, buatlah konsumen menjadi terpuaskan dengan produk yang Anda jual, entah itu dengan cara meningkatkan kualitas produk, meningkatkan pelayanan, ataupun memberikan harga terbaik untuk konsumen. Kepuasan konsumen saat ini akan berdampak besar terhadap usaha Anda kedepannya.

Tahap terakhir dalam menjalakan usaha kecil-kecilan adalah tahap evaluasi. Evaluasi dalam bisnis sangatlah penting peranannya. Dengan evaluasi Anda bisa mengukur segala kelebihan dan kekurangan usaha Anda, dengan begitu Anda bisa menentukan langkah apa yang harus diambil kedepannya. Dalam hal ini segala kelebihan dalam usaha Anda harus dipertahankan, sementara segala kekurangannya harus Anda perbaiki dan tingkatkan lagi. Susunlah cara atau strategi yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut lalu implementasikan.

Itulah beberapa tahapan cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah. Diharapkan tahapan cara tersebut bisa membantu Anda dalam memulai usaha impian Anda. Kurang lebihnya diserahkan kepada Anda sendiri. Selalu ingat, tidak ada hasil yang instan dan tidak ada usaha yang sia-sia. Semoga berhasil, selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku