11 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Terlaris

Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah – Tidak kalah dengan makanan populer dari luar negeri, makanan khas daerah Indonesia kini mulai mendapatkan kepopulerannya. Tengoklah Odading, makanan khas Jawa Barat yang baru-baru ini sedang viral dikalangan netizen Indonesia, lalu ada seblak yang kini disukai oleh banyak orang, dan makaroni goreng khas Tasikmalaya yang sudah mendapatkan tempat dihati masyarakat sebagai pilihan jajanan setiap hari.

Beberapa contoh makanan khas daerah yang populer tersebut membuktikan bahwa ada peluang usaha yang potensial dalam makanan khas daerah yang tidak kalah menguntungkan dari makanan khas luar negeri. Jika dikemas dengan sedemikian rupa, tidak menutup kemungkinan bisnis makanan khas daerah bisa lebih menguntungkan dibandingkan dengan makanan lainnya.

Bukan tanpa alasan jika makanan khas daerah bisa lebih menguntungkan, karena memang kita bisa lihat contoh nyatanya di sekitar kita, ada yang bisa membeli mobil mewah hanya dari jualan keripik, ada juga pengusaha makanan khas daerah yang sudah memiliki karyawan ratusan hanya dari usahanya jualan makaroni, dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

Dengan besarnya potensi bisnis dari usaha makanan khas daerah, maka tidak ada salahnya jika kita mulai melirik bisnis ini sebagai bisnis yang patut diperhitungkan sebagai ide dan peluang usaha menguntungkan. Oleh karana itu disini kami akan mencoba menjelaskan ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk usaha Anda. Berikut kami uraikan 11 ide dan peluang usaha makanan khas daerah :


1.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Seblak

Seblak adalah makanan khas daerah Jawa Barat, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan berbagai bumbu dan toping seperti telur, sayuran, mie, sosis, ceker, dan sebagainya serta memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Meski berasal dari daerah Jawa Barat, karena kepopulerannya seblak kini dikenal diberbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sehingga jika Anda berniat menekuni usaha makanan ini Anda tidak perlu repot-repot mengenalkannya lagi kepada konsumen.

Selain karena sudah populer, peluang lain dari ide usaha seblak ini adalah bahan-bahan untuk pembuatan seblak sangat mudah didapatkan dengan varian harga yang bisa disesuaikan dengan kantong Anda namun hasilnya dalam bentuk seblak tetap memiliki harga jual yang tinggi. Ditambah lagi dengan proses pembuatannya yang relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ide dan peluang usaha makanan khas daerah ini mungkin akan sangat cocok dengan Anda.


2.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Serabi / Surabi

Masih makanan khas daerah Jawa Barat yaitu Serabi atau orang Sunda bilang Surabi. Meskipun makanan khas Jawa Barat, surabi sudah dikenal diberbagai daerah bahkan hampir di seluruh pulau Jawa.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Surabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kental dan parutan kelapa dengan oncom di atasnya sebagai toping. Dengan perkembangannya Surabi sekarang ini tidak hanya bertoping oncom melainkan juga ada yang bertoping keju, coklat, green tea, selai stroberi, dan berbagai varian rasa lainnya.

Dengan varian rasa yang banyak dan terus berkembang, Surabi kini menjelma menjadi makanan khas daerah yang populer, tidak hanya dikalangan orang tua tetapi juga dikalangan anak muda. Surabi sangat enak dinikmati selagi hangat dan sangat cocok disandingkan dengan segelas kopi ataupun teh, ditambah dengan cuaca yang dingin, ini merupakan perpaduan yang sempurna.

Selain itu, cara membuat surabi juga relatif mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Dengan kepopulerannya yang terus meningkat, ditambah dengan varian rasa yang banyak, maka ide dan peluang usaha makanan khas daerah ini bukanlah sesuatu yang buruk, ide usaha ini mungkin akan cocok dan sangat menguntungkan untuk Anda jalankan.


3.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Pempek

Pempek / empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung yang dicampur dengan daging ikan dan bahan-bahan lainnya serta disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis dan pedas.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Pempek memiliki beberapa jenis, diantaranya pempek lenjer, pempek bulat, pempek pistel yang berisi pepaya muda rebus yang ditumis dan dibumbui, lalu ada pempek kulit ikan, pempek keriting, pempek telur kecil, dan pempek kapal selam. Diantara jenis-jenis pempek tersebut, yang paling populer biasanya adalah pempek kapal selam yang didalamnya berisi telur ayam rebus.

Pempek sudah sangat terkenal bahkan diluar Palembang, bisa dikatakan Pempek sudah dikenal dan menyebar di seluruh Indonesia. Yang membuat Pempek sangat terkenal adalah karena citarasanya yang unik, enak, gurih, kenyal, asam, manis, dan sedikit pedas bercampur manjadi satu. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan pempek sebagai ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang bisa Anda jalankan.


4.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Gado-Gado

Bisa dibilang Gado-gado adalah salah satu makanan khas yang paling menyehatkan dan baik untuk tubuh, karena Gado-Gado terbuat dari berbagai sayuran seperti selada, kol, kubis, kacang panjang, toge, tomat, wortel dan sayuran lainnya yang ditaburi saus kacang diatasnya.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Gado-gado merupakan makanan khas daerah Jakarta, makanan ini sangat mudah dijumpai mulai dari dipinggir jalan sampai dengan restoranpun ada. Gado-gado sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan juga sampai ke luar negeri. Tidak hanya menyehatkan tetapi juga mengenyangkan dan memiliki rasa yang enak. Selain itu juga harganya relatif sangat terjangkau. Makanan ini biasanya menjadi makanan favorit para vegetarian. Gado-gado bisa menjadi peluang usaha makanan khas daerah yang sangat menguntungkan.


5.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Baso Tahu / Siomay

Makanan ini sangat terkenal di daerah Jawa Barat khususnya Bandung. Hampir disetiap sudut jalan Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini. Siomay khas Bandung terdiri dari baso tahu, siomay, kol rebus, telur, kentang rebus, dan pare yang disiram dengan saus kacang dan kecap manis. Perpaduan tersebut menghasilkan citarasa yang khas dan enak. Selain itu harganya juga relatif sangat terjangkau dan mudah untuk membuatnya. Mungkin makanan ini bisa menjadi referensi Anda dalam mencari ide dan peluang usaha makanan khas daerah.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah


6.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Batagor

Batagor adalah singkatan dari “Baso Tahu Goreng”. Sama seperti Baso Tahu / Siomay, Batagor juga merupakan makanan khas daerah Bandung atau Jawa Barat secara umum. Makanan ini terbuat dari adonan tempung dan ikan yang dilapisi oleh tahu diluarnya lalu digoreng dan disiram dengan saus kacang dan kecap manis.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Batagor ini ada dua jenis, yaitu Batagor Kering dan Batagor Kuah. Pada dasarnya keduanya sama, yang membedakan cuma dari cara penyajiannya. Batagor kering disajikan dengan saus kacang dan kecap manis, sedangkan Batagor kuah disajikan dengan kuah kaldu yang gurih.

Batagor bisa ditemukan di jajanan pinggir jalan sampai dengan di restoran. Harganya juga relatif murah, mulai dari Rp. 3.000,00 sampai dengan Rp. 15.000,00. Makanan ini sangat dekenal luas dimasyarakat sehingga untuk menjualnya tidak terlalu sulit. Asalkan memiliki rasa yang enak, Anda pasti bisa untung berjualan makanan ini.


7.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Tahu Bulat

Ingat kalimat ini: “Tahu Bulat, digoreng dadakan, dimobil, lima ratusan” ? Kalimat ini sering muncul ketika penjual Tahu Bulat dengan mobil baknya muncul menawarkan dagangannya, sangat khas sekali bukan?.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Tahu Bulat sendiri adalah makanan khas dari Tasikmalaya yang berbahan dasar kedelai dan bumbu lainnya yang berbentuk bulat dengan isian yang kopong. Tahu Bulat memiliki rasa yang gurih dan sangat enak dijadikan sebagai cemilan. Biasanya dihargai Rp. 500,00 perbutirnya.

Sejak awal kemunculannya, Tahu Bulat mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan cepatnya penyebaran produk ini, yang dari asalnya di Tasikmalaya sekarang sudah menyebar ke wilayah lain bahkan sudah dikenal di seluruh Indonesia.

Tahu bulat sangat disukai oleh anak muda, biasanya dijadikan sebagai camilan diwaktu senggang. Cara membuatnyapun sangat mudah. Jika ditambahkan dengan cabai bubuk ataupun saus akan lebih enak. Dengan rasa yang enak dan populernya makanan khas ini, maka tidaklah salah jika Anda memasukannya kedalam daftar ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang bisa Anda jalankan.


8.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Makaroni Goreng

Makaroni Goreng merupakan makanan khas Tasikmalaya yang mencapai kepopulerannya beberapa tahun yang lalu ketika seorang pengusaha asal Tasikmalaya membawanya di Jakarta. Sejak saat itu makaroni goreng sangat populer sebagai jajanan khas Tasikmalaya.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Makaroni goreng ini memiliki dua varian, yaitu makaroni goreng renyah dan maka roni goreng basah. Makaroni goreng renyah adalah makaroni yang digoreng dengan kematangan sempurna, sehingga teksturnya menjadi sangat renyah. Sedangkan makaroni goreng basah adalah makaroni yang digoreng dengan kematangan setengah matang, sehingga teksturnya menjadi agak lembek. Selain itu ketika kedua varian makaroni tersebut digabungkan maka akan menghasilkan rasa yang unik, yaitu renyah dan lembek menjadi satu.

Rasanya yang renyah, gurih, dan pedas sangat disukai oleh masyarakat, terutama anak-anak muda yang menyukai makanan pedas. Selain itu harganya juga sangat murah, dimulai dengan harga Rp. 2.000,00 sampai dengan Rp. 25.000,00. Maka tidaklah mengherankan jika makanan ini cepat sekali dikenal masyarakat.

Seorang pengusaha makaroni ini bahkan bisa menghabiskan ratusan kilogram makaroni perhari untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu keuntungan yang didapatpun bisa mencapai jutaan rupiah perhari, tentu usaha ini sangatlah menjanjikan.


9.   Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Kue Pukis

Siapa yang tidak tahu kue pukis, makanan enak dengan toping yang beraneka ragam, ada coklat, keju, kacang dan sebagainya. Kue ini berasal dari Jawa Tengah dan sekarang sudah terkenal diseluruh Indonesia. Seking terkenalnya, baru-baru ini kue ini juga dijual disalah satu gerai makanan cepat saji asal Amerika dengan harga sekitar Rp. 20.000,00.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Kue Pukis terbuat dari adonan telur, tepung terigu, gula pasir, ragi dan santan. Selanjutnya adonan ini kemudian dituangkan ke dalam sebuah cetakan berbentuk setangah bulan dan dipanggang di atas api. Kue Pukis memiliki verian yang bermacam-macam, biasanya bisa dibedakan dari taburan di atasnya seperti Kue Pukis yang diberi taburan coklat, keju, selai stroberi, nanas, kacang dan sebagainya.

Selain itu kue ini juga memiliki bentuk dan warna yang khas, dimana bagian bawahnya berwarna kecoklatan sementara bagian atasnya berwarna kuning dengan taburan toping di atasnya. Kue Pukis bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko kue ataupun dipenjual keki lima. Dengan kepopulerannya kue ini maka tidaklah salah jika Anda mencoba untuk menjalankan usaha makanan Kue Pukis ini.


10. Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Cilok

Satu lagi makanan yang bersal dari tanah Sunda, yaitu Cilok. Cilok merupakan jajanan khas Sunda yang sudah sangat terkenal dari dulu sampai dengan saat ini. Jika ada sebuah teori ekonomi yang mengatakan bahwa “Suatu produk jika bisa bertahan selama lima tahun, maka produk tersebut disukai dan dibutuhkan oleh konsumen.” Dalam hal ini Cilok sudah membuktikan diri bahwa ia bisa bertahan bahkan sampai puluhan tahun. Ini membuktikan bahwa Cilok memang disukai oleh konsumen. Ketika suatu produk sudah disukai oleh konsumen maka produk tersebut sangat menguntungkan jika dijadikan sebagai peluang bisnis.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Cilok sendiri berasal dari dua kata, yaitu Aci Dicolok (bahasa sunda). Aci dalam bahasa Indonesia berarti tepung tapioka, sedangkan Dicolok berarti ditusuk dalam bahasa Indonesia, ini mengacu pada penyajian Cilok yang biasanya disajikan dengan cara ditusuk menggunakan lidi ketika akan dimakan.

Bahan dasar pembuatan Cilok adalah tepung tapioka, bumbu bawang, air dan sebagainya dengan isian daging ayam. Semua bahan tersebut dicampur lalu dibuat berbentuk bulat kecil setelah itu direbus. Cilok biasanya disajikan dengan saus cabai, saus kacang, ataupun saus kecap dengan tusukan lidi.

Cilok biasanya dijajakan oleh penjual kaki lima, biasanya sangat mudah ditemukan ditempat-tempat ramai seperti sekolah, kampus, pasar dan sebagainya. Cilok ini sangat disukai oleh anak-anak sekolah, oleh karena itu sangat mudah menemukan jajanan ini disekitar sekolah. Dengan kepopulerannya makanan ini, mungkin bisa menjadi salah satu makanan khas daerah yang bisa Anda jalankan sebagai peluang bisnis.


11. Peluang Usaha Makanan Khas Daerah : Kue Odading

Jika ada yang bertanya apa makanan khas daerah yang sedang populer saat ini, maka jawabannya adalah kue Odading. Kue Odading sangat populer saat ini berkat video viral yang dibuat oleh warga Bandung bernama Ade Londok, dalam video tersebut ia mempromosikan kue ini dengan cara yang tidak biasa dan unik, sehingga video ini banyak disukai oleh banyak orang dan menyebar dengan cepat. Akibat video tersebut akhirnya Kue Odading terkenal diseluruh Indonesia, banyak orang akhirnya mengantri untuk membeli kue Odading tersebut. Bahkan omset penjualan yang tadinya cuma ratusan ribu kini melonjak menjadi jutaan rupiah.


Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Kue Odading sendiri adalah kue goreng khas Bandung yang terbuat dari bahan dasar tepung. Biasanya kue ini dijual bersama dengan donat dan cakwe. Kue Odading ini sebenarnya sudah ada dari jaman kolonial Belanda. Bahkan nama Odading sendiri berasal dari kesalahpahaman kata dari bahas Belanda yaitu O, dat ding?” yang artinya “Oh, benda itu?”.

Kalau dipikir lagi asal-usul nama Odading sangat lucu bukan, nama yang berawal dari kesalahpahaman bahasa. Tetapi terlepas dari itu, kue ini benar-benar sangat populer saat ini sehingga sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha makanan khas daerah. Karena dimana ada populeritas, disitu ada uang.


Itulah beberapa ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang bisa kami jelaskan. Semoga ini bisa menjadi bahan referensi Anda dalam mencari ide bisnis yang bisa Anda jalankan. Dalam hal ini yang perlu diingat adalah sesempura apapun ide dan peluang usaha yang Anda miliki, itu tetap akan sia-sia jika tidak Anda realisasikan. Oleh karena itu berhentilah membaca dan mulailah bekerja membangun bisnis impian Anda.

Posting Komentar untuk "11 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku