10 Nilai-Nilai Moral Sekretaris

10 Nilai-Nilai Moral Sekretaris

Sekretaris banyak dibutuhkan oleh instansi maupun perusahaan untuk membantu pekerjaan. Tugas sekretaris selain mengerjakan Administrasi adalah juga harus mempunyai kemampuan dalam hubungan antar manusia yakni kemampuan bergaul dan memahami cara berfikir serta memotivasi orang lain.

Sekretaris harus mempunyai sikap yang positif, menghargai, menyenangkan, dapat dipercaya serta bertanggung jawab merupakan salah satu moral yang harus dijunjung tinggi oleh seorang sekretaris. Dalam hal ini berikut ini adalah 10 nilai-nilai moral sekretaris.

1. Disiplin

Sekretaris harus bisa berkerja sama dengan baik dengan orang lain, hal ini karena sekretaris tidak bekerja sendiri akan tetapi dengan orang lain. Dimana tingkah laku seorang sekretaris akan menjadi contoh bagi yang lainnya. Jika seorang sekretaris melaksanakan tugasnya dengan bermalas-malasan maka akan berpengaruh dengan pekerjaan lainnya.

2. Jujur

Dalam hal ini kejujuran pada seorang sekretaris sangat diperlukan untuk membina hubungan baik dengan orang lain, karena kejujuran merupakan bagian dari moral seseorang atau pribadi untuk mengatakan kebenaran.

3. Layak Dipercaya

Sekretaris harus bisa menarik atau mengundang, memotivasi, serta menginspirasikan orang lain. Orang cenderung akan lebih memperhatikan apa yang mereka lihat, seperti cara membawa diri, cara berbicara, bersikap, berpakaian, dan sebagainya. Dengan menunjukkan kepercayaan diri itu berarti menunjukkan kepada orang lain bahwa kita layak dipercaya. Salah satu cara agar bisa dipercaya, diantaranya ialah tidak suka berbohong.

4. Setia

Tugas sekretaris adalah membantu pimpinan dalam menyelesaikan tugas, oleh karena itu seorang sekretaris harus selalu siap membantu pimpinan dalam menghadapi segala kesulitan, menjaga nama baik instansi atau perusahaan, tidak menghianati, memfitnah, dan bersedia berbagi beban demi tujuan bersama.

5. Sopan

Sopan merupakan nilai-nilai atau ukuran kaidah, budi pekerti, tingkah laku yang halus dan baik. Apabila sekretaris ingin disukai dan juga dihormati maka ia harus menjunjung tinggi kesopanan, dipahami, dihayati serta dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat.

10 Nilai-Nilai Moral Sekretaris

6. Sabar

Seorang sekeretaris harus bersikap sabar, lapang dada, serta harus selalu riang meskipun menghadapi banyak pekerjaan dan tidak disukai oleh banyak orang. Selain itu juga seorang sekretaris harus bisa menyesuaikan diri dari segala situasi untuk buktikan kemantapan pribadi.

7. Rajin

Instansi atau perusahaan membutuhkan seorang sekretaris yang mempunyai tingkat intelegensi diatas rata-rata yang membuat ia mampu mengerjakan dan mengumban seluruh tugas serta intruksi dari pimpinan, oleh karena itu sekretaris dituntut untuk lebih rajin dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam hal ini dibutuhkan dedikasi tinggi untuk membuat tugas rutin yang terkesan membosankan menjadi pekerjaan yang lebih menarik.

8. Patuh

Seorang sekeretaris harus patuh dalam menjalankan tugas dari pimipinan. Tertib dalam tugas, teguh dalam memegang rahasia, serta dapat dipercaya.

9. Tanggap

Sekretaris diharapkan selalu tanggap yang berari bisa berpikir logis, analitis, kritis, kreatif, dan mampu bekerja mandiri tanpa banyak diperintah oleh pimpinan, sekretaris harus kompeten dalam menangani segala tugas dan bisa berfungsi lebih baik. Selain itu sekretaris harus mencapai keberhasilan dan dapat berkonsentrasi agar eksekutif puas sehingga dapat dipercaya dan dihargai.

10. Resik

Kebersihan diri dan kerapihan kerja harus selalu diperhatikan oleh setiap pekerja termasuk seorang sekretaris, hal ini karena kebersihan/resik telah menyatu dengan kehidupan sekretaris. Jangan meletakkan minuman ataupun makanan di meja kerja. Jika tumpah kertas kerja akan basah. Tumpukan kertas kerja harus ditata di atas meja dengan rapi. Jangan meletakkan barang seenaknya sampai berantakan di atas meja kerja, karena akan memberikan kesan yang jelek pada yang melihatnya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 11.11.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...