PROSES MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN

Berbicara mengenai bagaimana proses manajemen dalam perusahaan sebenernya cukup kompleks untuk dibahas dalam satu artikel saja. Karena untuk dapat memahami proses manajemen kita harus memulai dengan mengetahui pengertian manajemen itu sendiri, apa maksud dari manajemen sebagai ilmu dan seni, bagaimana tingkatan dalam manajemen, apa saja prinsip serta fungsi manajemen, dan apa saja sarana yang dibutuhkan dalam manajemen.

Secara garis besar proses manajemen dalam perusahaan dapat digambarkan dalam bagan berikut ini:

Proses Manajemen Dalam Perusahaan

Untuk memehami setiap komponen dalam bagan tersebut disini Ilmu Ekonomi ID hanya akan menjelaskan secara garis besarnya saja karena sesuai dengan apa yang disebutkan sebelumnya penjelasan mengenai proses manajemen cukup kompleks apabila dijelaskan dalam satu artikel. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Ilmu Ekonomi ID sudah menyiapkan beberapa link artikel yang menyajikan penjelasan setiap komponen dalam bagan tersebut secara rinci. Anda hanya perlu meng-klik link yang Ilmu Ekonomi ID siapkan saja, cukup mudah bukan?.

Ok, penjelasan pertama kita mulai dengan mengetahui apa itu manajemen. Secara garis besar manajemen adalah suatu ilmu dan seni untuk mengatur suatu usaha atau organisasi mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) sampai pada pengawasan (controlling) terhadap seluruh kegiatan organisasi serta penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda kunjungi link berikut ini: 9 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli.

Manajemen bukan hanya tentang mengatur suatu organisasi atau perusahaan, lebih dari itu manajemen merupakan ilmu dan seni. Kenapa manajemen disebut sebagai ilmu dan seni? Anda bisa lebih memahaminya dengan mengunjungi link berikut ini: Konsep Manajemen Sebagai Ilmu dan Seni.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, manajemen merupakan suatu sistem yang berintegrasi atau saling terhubung satu sama lain. Sestem ini membentuk suatu tingkatan yang akan saling melengkapi dan saling membutuhkan. Tingkatan-tingkatan inilah yang disebut sebagai tingkatan manajemen. Apa saja tingkatan-tingkatan manajemen tersebut? Silahkan Anda kunjungi link berikut ini: Tingkatan Manajemen.

Setidaknya ada 14 Prinsip-prinsip umum manajemen (General Principle of Management). Prinsip ini merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang merupakan sebuah pedoman dalam berpikir atau bertindak. Sebuah prinsip merupakan dasar, tetapi tidak bersifat mutlak karena prinsip bukanlah hukum. Dalam kaitannya dengan manajemen prinsip bersifat fleksibel dalam artian bahwa manajemen perlu mempertimbangkan kebutuhan atau kondisi-kondisi dan situasi tertentu. Apa saja prinsip-prinsip umum manajemen? Klik link berikut ini: 14 Prinsip-Prinsip Manajemen.

Selain ada prinsip, dalam manajemen juga ada fungsi. Fungsi manajemen ini merupakan elemen-elemen dasar yang selalu ada dalam setiap proses manajemen dan menjadi sebuah acuan maupun pedoman bagi manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi. Bisa dikatakan prinsip manajemen merupakan INTI dari proses manajemen. Fungsi manajemen terdiri dari 4 elemen. Apa saja 4 elemen tersebut? Akan kami jelaskan dengan rinci pada link berikut ini: Fungsi Manajemen.

Setiap proses manajemen tidak akan berjalan apabila tidak memiliki sarana manajemen. Sarana manajemen atau tools of management merupakan syarat agar suatu usaha atau kegiatan dapat mencapai hasil yang telah ditentukan. Sarana manajemen ini terdiri dari 6 komponen yang dikenal sebagai 6M. Apa saja 6M tersebut? Untuk terakhir kalinya kami akan jelaskan secara rinci. Silahkan kunjungi link berikut ini: 6 Sarana Manajemen.

Bonus artikel: 5 Bidang Manajemen.

Itulah keseluruhan proses manajemen, jika Anda mengunjungi link yang telah kami berikan kami jamin Anda akan mengerti seluk beluk proses manajemen. Sekali lagi kami jelaskan, kami bukan ingin mempersulit Anda dengan menyuruh Anda untuk mengunjungi satu persatu link tetapi perlu diingat bahwa pembahasan proses manajemen tidak akan cukup jika hanya pada satu artikel saja. Itulah sebabnya kami menyediakan link-link untuk Anda kunjungi. Terima kasih.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 27.7.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...