9 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pernahkah Anda mendengar istilah manajemen? Istilah manajemen pertama kali digunakan di Italia yaitu meneggiari yang berarti mengendalikan hewan, khususnya kuda. Tetapi dalam perkembangannya sekarang istilah manajemen tidak lagi digunakan untuk hewan melainkan organisasi. Organisasi disini berarti suatu kumpulan orang yang berkerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya perusahaan, lembaga pemerintah ataupun lembaga-lembaga dalam bentuk lain.

Untuk mencapai tujuan organisasi maka diperlukan manajemen yang baik. Manajeman ini terkait dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki organisasi. Dalam artian manajemen sebagai ilmu dan seni untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. (Untuk penjelasan lebih mengenai manajemen sebagai ilmu dan seni baca artikel beriktu: Konsep Manajemen Sebagai Ilmu dan Seni).

Untuk lebih memahami tentang manajemen, berikut ini akan kami uraikan beberapa pengertian manajemen menurut para ahli.

1.      George R. Terry
Menurut George R. Terry dalam bukunya yang berjudul The Principles of Management mengungkapkan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan menggunakan kegiatan orang lain.

2.      Stoner
Menurut Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengawasan usaha-usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

3.      Henry Fayol
Menurut Henry Fayol dalam bukunya yang berjudul General Industrial Management mendefinisikan manajemen sebagai proses tertentu yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

4.      S. P. Hasibuan
Menurut Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

5.      John D. Millet
Menurut John D. Millet dalam bukunya yang berjudul Management in the Public Service berpendapat bahwa manajemen merupakan proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

6.      Harold Koontz dan Cyrill O’Donnel
Menurut keduanya, manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian, manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah orang lain yang meliputi perncanaan, perngorganisasian, penempatan, penggerakan dan pengendalian.

7.      Manullang
Menurut Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

8.      Prof. Oei Liang Lee
Prof. Oei Liang Lee berpendapat bahwa manajeman adalah suatu ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bentuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9.      Dr. S. P. Siagian MPA. Phd
Menurut Dr. S. P. Siagian MPA. Phd, manajemen merupakan kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

Apabila kita simpulkan dari ke 9 pengertian manajemen menurut para ahli diatas maka manajemen adalah suatu ilmu dan seni untuk mengatur suatu usaha atau organisasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan/pengarahan, pengorganisasian, serta pengawasan terhadap seluruh kegiatan organisasi serta penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien.

Baca artikel terkait: Tingkatan Manajemen
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 21.7.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...