6 SARANA MANAJEMEN

Sarana manajemen merupakan objek atau subjek yang dibutuhkan dalam proses manajemen untuk dapat mencapai tujuan organisasi. Sarana manajemen atau tools of management merupakan syarat agar suatu usaha dapat mencapai hasil yang telah ditentukan. Sarana manajemen ini terdiri dari 6 komponen yang biasa dikenal sebagai 6M, yaitu sebagai berikut:

(Agar lebih memahami pembahasan ini, ada baiknya Anda membaca artikel: Proses Manajemen dalam Perusahaan, karena pembahasanya sangat berkaitan).


1.      Man (Manusia)


Manusia merupakan faktor yang paling menentukan dalam sebuah manajemen. Manusia adalah subjek yang akan membuat sebuah tujuan dan melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut. Manusia merupakan pencipta dan penggerak sebuah manajemen. Tanpa adanya manusia kegiatan manajemen tidak akan pernah terjadi. Oleh karena itu manajemen tercipta karena adanya manusia yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.


2.      Money (Uang)


Uang adalah salah satu sarana yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar serta alat pengukur nilai. Besar atau kecilnya suatu hasil kegiatan dapat diukur dengan jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Hal ini berkaitan dengan seberapa besar uang yang harus ada untuk membiayai alat-alat yang dibutuhkan, tenaga kerja serta hasil yang akan dicapai oleh organisasi. Oleh karena itu peranan uang dalam manajemen sangat penting karena segala sesuatu harus dengan biaya yang dapat diperhitungkan secara rasional.


3.      Materials (Bahan)


Materials atau bahan merupakan komponen-komponen yang diperlukan dalam kegiatan manajemen, bahan ini bisa terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) atau bahan jadi. Contohnya seperti kain dalam perusahaan pakaian atau bahan-bahan lain yang sesuai dengan bidang organisasi tersebut bergerak, seperti perusahaan jasa, perusahaan manufaktur dll. Semua bahan yang diperlukan biasanya akan berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain.

Dalam dunia manajemen selain memiliki manusia yang ahli dalam bidangnya, pemahaman mengenai penggunaan bahan yang baik, efektif dan efisien merupakan salah satu usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik.


4.      Machines (Mesin)


Dalam kegiatan manajemen, mesin merupakan sarana yang sangat diperlukan. Dengan adanya mesin kegiatan manajemen akan lebih dimudahkan. Selain itu keberadaan mesin dakan dapat menekan biaya, menciptakan efisiensi kerja dan menciptakan keuntungan bagi perusahaan. Contohnya seperti penggunaan komputer dalam kegiatan administrasi atau kegiatan lainnya.


5.      Methods (Metode)


Metode atau cara kerja dalam pelaksanaan manajemen merupakan suatu keharusan. Metode atau cara kerja adalah jalan atau cara yang dipakai dalam pelaksanaan tugas atau kegiatan dengan mempertimbangkan sasaran yang hendak dicapai, fasilitas yang tersedia, pemakaian waktu dan uang serta kegiatan itu sendiri.

Metode yang baik akan membuat pekerjaan menjadi lebih lancar dan sebaliknya metode yang buruk akan mempersulit jalannya pekerjaan. Tapi perlu diingat meskipun sebuah metode sangat baik tetapi jika orang yang menjalankan metode tersebut tidak mengerti atau tidak profesional maka hasilnya akan buruk. Oleh karena itu dalam menjalankan suatu metode diperlukan manusia yang berkualitas setra profesional.


6.      Market (Pasar)


Market atau pasar merupakan sarana penyaluran hasil manajemen. Hasil manajemen merupakan sebuh produk atau jasa, apa bila produk atau jasa tersebut tidak laku dipasaran maka otomatis proses produksi akan berhenti artinya proses kerja (manajemen) juga tidak akan berlangsung. Oleh karena itu pengausaan pasar dalam artian memasarkan produk hasil produksi merupakan faktor yang menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka harus mempertimbangkan produk akhir yang akan dipasarkan seperti misalnya dalam hal kualitas, harga, selera dan daya beli konsumen.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.7.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...