Konsep Manajemen Sebagai Ilmu dan Seni

A.     Manajemen Sebagai Ilmu


Saat ini manajemen sudah banyak diterapkan diberbagai bidang, baik itu bidang pendidikan, pemerintah maupun bidang usaha. Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Kenapa manajemen disebut sebagai ilmu adalah karena manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disestemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya.

Menurut T. Hani Handoko dalam bukunya “Manajemen” mendefinisikan manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan yang secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan. (Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih banyak mengenai definisi manajemen: 9 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli)

Selain itu dalam ilmu manajemen terdapat metode ilmiah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam organisasi.  Metode ilmiah tersebut merupakan suatu urutan kegiatan dimana sistem manajemen bekerja. Metode ilmiah tersebut antara lain adalah.

a. Mengetahui adanya masalah.
b. Mengidentifikasi dan merumuskan masalah.
c. Mengumpulkan fakta, data dan informasi.
d. Mengolah data guna menyusun alternatif penyelesaian.
e. Mengambil keputusan dengan memilih salah satu alternatif penyelesaian.
f. Melaksanakan keputusan serta tindakan lanjut.

B.     Manajemen Sebagai Seni


Selain sebagai ilmu, manajemen juga dianggap sebagai seni. Hal ini dikarnakan prinsip-prinsip manajeman yang sudah dipelajari tidaklah menjamin hasil yang akan diperoleh nantinya karena sangat dipengaruhi oleh bakat serta inovasi. (Apa itu prinsip manajemen? Berikut panguraiannya: 14 Prinsip-Prinsip Manajemen)

Kenapa didalam manajemen bakat dan inovasi diperlukan? Hal ini disebabkan karena kemampuan untuk memenej atau memimpin diperlukan sebuah karisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran dan kemampuan menjalin hubungan dengan anggota, dan semuanya itu banyak dipengaruhi oleh bakat serta inovsi seseorang. 

Seni manajemen meliputi kemampuan memandang bagian-bagian yang harus ada dalam suatu organisasi sebagai totalitas sistem dan menjadi suatu kesatuan gambaran tentang visi. Selain itu seni manajemen mencakup pula mengenai kemampuan menyampaikan visi tersebut kepada komponen manajemen. Dalam merencanakan, menggerakan, mengorganisir, serta mengendalikan seluruh aspek manajemen dilakukan dengan seni, dan tidak kaku.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 21.7.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...