Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha di Kampung Modal 2 Juta yang Menjanjikan

20 Usaha di Kampung dengan Modal 2 Juta yang Menjanjikan

Tinggal di kampung bukanlah penghalang untuk menjalankan usaha. Meski banyak orang yang menganggap bahwa membuka sebuah usaha di kampung adalah hal yang sulit namun faktanya tidaklah seperti itu. Sebetulnya banyak sekali usaha menjanjikan yang bisa dijalankan meski kita tinggal di kampung, apalagi dijaman sekarang dimana teknologi memungkinkan semuanya.

Pada prinsipnya membuka usaha di kota ataupun di kampung sama saja, semuanya tergantung pada bagaimana kita bisa melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Jika kita jeli dalam melihat dan memanfaatkan peluang, maka kesuksesanpun pasti bisa kita raih. Berkaitan dengan judul artikel, sebenarnya ada banyak usaha di kampung dengan modal 2 juta yang menjanjikan yang bisa kita jalankan, berikut bebarapa contoh usaha di kampung dengan modal 2 juta yang menjanjikan:


1.    Usaha Menanam dan Menjual Sayuran

Sulit sekali membuang opsi usaha ini dari daftar usaha di kampung dengan modal 2 juta karena usaha ini adalah usaha paling potensial yang bisa dilakukan di kampung daripada di kota. Alasannya tentu saja karena iklim di kampung jauh lebih cocok, dimulai dari tanah yang lebih subur, sumber air yang melimpah, lahan yang luas, pupuk yang melimpah, dan sebagainya. Selain itu sayuran juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena menjadi makanan pokok sehari-hari. Dengan segala keunggulan tersebut maka usaha ini menjadi sangat potensial bahkan bisa dilakukan dengan modal 2 juta saja.

Hal yang perlu digaris bawahi dalam usaha ini adalah pemilihan jenis sayur yang akan ditanam. Dalam hal ini pilihlah jenis sayur yang sangat dibutuhkan dan diminati banyak orang sehingga ketika panen sayur tersebut dapat terserap semuanya oleh konsumen. Apa saja contoh sayuran yang diminati banyak orang? diantaranya seperti cabai, bawang, wortel, kentang, brokoli, kol, dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki lahan untuk menanam sayuran tersebut? Setidaknya ada dua cara. Cara pertama Anda menyewa sebuah lahan lalu mulai menanam dilahan tersebut. Cara kedua adalah dengan membeli sayuran dari para petani lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi, bisa itu di toko sendiri, di pasar, ataupun dipasarkan secara online.


2.    Usaha Kelapa Muda

Jika kebetulan di kampung tempat Anda tinggal terdapat pohon kelapa yang banyak maka usaha ini cocok untuk Anda. Taukah Anda bahwa banyak sekali orang diperkotaan yang senang sekali meminum kelapa muda, bahkan sekarang usaha kelapa muda ini sudah banyak menjamur diperkotaan terutama yang dekat dengan fasilitas-fasilitas olahraga. Oleh karena itu Anda harus memanfaatkan peluang ini, dimana usaha ini bisa dilakukan hanya dengan modal 2 juta saja ataupun bahkan kurang.

Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan membeli kelapa muda dari para pemilik pohon kelapa di kampung Anda lalu juallah kelapa muda tersebut ke tampat-tampat penjual kelapa muda yang ada diperkotaan, mereka pasti akan menyambut Anda dengan baik karena permintaan terhadap kelapa muda sangatlah besar diperkotaan. Harga dari satu butir kelapa muda biasanya 70% lebih mahal dikota dibandingkan dikampung, itu artinya keuntungan yang diperoleh oleh para pedagang kelapa sangat besar dan menguntungkan. Maka tidaklah heran kalau usaha ini banyak menjamur.


3.    Usaha Ternak Ayam Kampung

Berternak ayam kampung juga bisa menjadi salah satu usaha yang bisa Anda kerjakan di kampung dengan modal 2 juta. Mungkin Anda tidak atau belum menyadari bahwa ayam kampung memiliki potensi bisnis yang sangat besar dimana setiap tahun permintaan terhadap ayam kampung untuk konsumsi semakin meningkat.

Bahkan harga ayam kampung ternyata lebih mahal daripada ayam ternak negeri karena keunggulan dagingnya. Daging ayam kampung lebih padat dan kandungan lemaknya lebih sedikit sehingga daging ayam kampung lebih sehat dari ayam negeri. Potensi inilah yang harus Anda manfaatkan sesegera mungkin.

Cobalah untuk mulai memelihara ayam kampung dibelakang rumah Anda. Tidak perlu banyak, cobalah beberapa ekor, lihat perkembangannya jika menurut Anda, Anda bisa memeliharanya dengan baik maka tembahlah beberapa ekor lagi sehingga cukup untuk mendatangkan keuntungan kepada Anda. Setelah masa panen Anda bisa menjualnya langsung ke konsumen atau bisa juga menjualnya ke pasar.


4.    Usaha Ternak Lele

Dengan banyaknya usaha pecel lele yang berjejer disepanjang pinggir jalan kota menjadikan permintaan terhadap ikan lele ini terus tumbuh setiap tahunnya. Dimana setiap pedagang pecel lele dapat menghabiskan belasan kg lele perharinya. Tentu saja ini menjadi usaha yang menjanjikan untuk dijalankan. Selain tidak membutuhkan modal yang beser, cukup 2 juta, dengan berternak lele Anda bisa menjadi supplier lele untuk para pedagang pecel lele ini. Jika dalam satu hari para penjual pecel lele dapat menghabiskan belasan kg lele, berapakah kemungkinan keuntungan yang Anda peroleh jika Anda menjadi supplyer lele untuk mereka? Menggiurkan bukan?

Berternak ikan lele bisa dibilang gampang-gampang susuh, dimana ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dalam pemilihan bibit lele harus memilih bibit yang berkualitas dan ukurannya sama karena ikan lele bersifat kanibal, lalu dalam pemilihan pakan pilihlah pakan yang murah namun berkualitas, jangan sampai juga telat dalam memberi makan agar ikan lele yang Anda pelihara dapat tumbuh dengan cepat.


5.    Usaha Ikan Nila

Selain ikan lele, permintaan terhadap ikan nila juga selalu bertambah setiap tahunnya. Beruntung bagi Anda yang tinggal di kampung karena lingkungan di kampung sangat memungkinkan untuk menjalankan usaha ini. Dengan air yang melimpah di kampung, pertumbuhan ikan akan semakin cepat sehingga masa panen akan semakin singkat dan biaya yang dibutuhkan akan berkurang sehingga potensi keuntungan yang akan didapat semakin besar.

Selain itu hanya dengan biaya 2 juta Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Anda bisa membeli idukan ikan nila lalu memijahkannya atau Anda juga bisa membeli bibit ikan nila dipeternak lalu memeliharanya sampai dengan siap panen. Dari sana Anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan besar. Tapi harus selalu diingat bahwa perhitungan pakan dan peralatan lain juga harus diperhatikan, jangan sampai ketika dihitung secara keseluruhan ternyata Anda tidak mendapatkan keuntungan yang cukup. Hal inilah yang sering dialami terutama oleh pemula, jadi perhatikanlah dengan baik.


6.    Usaha Budidaya Jamur Tiram

Usaha di Kampung dengan modal 2 juta selanjutnya adalah usaha budidaya jamur tiram. Jamur tiram ini biasanya diolah menjadi sup ataupun camilan, namun yang paling sering adalah dijadikan sebagai makanan ringan. Sudah banyak contoh orang yang sukses menjalankan usaha ini, jadi usaha ini sudah terbukti sangat menguntungkan.

Jika Anda ingin menjalankan usaha ini, Anda membutuhkan ruangan yang terhindar dari sinar matahari untuk mendukung proses pertumbuhan jamur. Selain itu Anda juga membutuhkan bibit jamur unggulan, serbuk kayu, kapur, dan dedak sebagai media tanam. Sementara perlengkapan lainnya yang dibutuhkan adalah drum bekas, plastik, skop, dan lain-lain. Proses budidaya jamur terbilang mudah dan murah, sehingga jika Anda mempelajarinya dengan baik Anda pasti akan berhasil.


7.    Usaha Budidaya Bibit Tanaman

Potensi alam di kampung sangatlah besar, termasuk potensi budidaya bibit tanaman. Balik lagi dengan keunggulan iklim yang sangat cocok di kampung menjadikan usaha bibit tanaman sangatlah potensial untuk dijalankan. Anda bisa mulai dengan berbudidaya bibit tanaman yang sudah sangat dikenal masyarakat seperti buah-buahan (rambutan, mangga, pisang, durian, alpukat, dll) ataupun bibit Tanaman Hias yang banyak dicari diperkotaan.

Jangan risau dengan pemasarannya karena Anda tinggal di kampung karena teknologi mempermudah semuanya. Anda bisa menjual bibit tanaman Anda secara online, baik melalui media sosial ataupun melalui marketplace. Sudah banyak orang yang menjalankan usaha ini dan terbukti berhasil bahkan ada yang sudah mampu ekspor ke luar negeri.


8.    Usaha Pupuk dan Alat Pertanian

Mayoritas pekerjaan masyarakat di kampung adalah petani, sehingga tidaklah salah jika menganggap usaha pupuk dan alat pertanian sebagai usaha yang potensial. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, usaha ini juga relatif mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuat ataupun mencari supplier pupuk dan alat pertanian yang memberikan harga yang menguntungkan. Dengan memanfaatkan profesi petani masyarakat di kampung, Anda bisa membuka sebuah toko pupuk dan alat pertanian.

Tidak perlu langsung dengan membuka toko sekala besar, cukup mulailah dengan toko yang kecil yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Lihat dan amatilah bagaimana perkembangan toko Anda dari hari ke hari, jika dirasa toko Anda menguntungkan maka mulailah berpikir untuk memperbesar dan memperlengkap toko Anda sehingga toko Anda bisa lebih memenuhi kebutuhan konsumen Anda.


9.    Usaha Toko Kelontong / Sembako

Tidak hanya di kota, potensi usaha toko kelontong di kampung juga sangat besar. Hal ini karena toko kelontong menjual berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, sehingga permintaannya akan selalu ramai. Kunci sukses untuk menjalankan usaha ini adalah dengan mencari lokasi yang strategis, menyediakan barang-barang yang lengkap, dan menawarkan harga barang yang bersaing. Sehingga dalam hal ini Anda harus pintar dalam mencari supplier untuk memasok barang di toko kelontong Anda. Carilah supplier yang menawarkan harga barang yang murah dengan kualitas yang baik.

Usaha kelontongan mungkin menawarkan keuntungan yang relatif kecil pada setiap penjualan barang, namun jika rata-rata penjualan sehari-harinya sangat besar maka keuntungan yang didapat dari keseluruhan barang juga akan semakin besar dan menguntungkan.


10.  Usaha Pangkas Rambut

Merawat rambut menjadi kebutuhan setiap orang, termasuk masyarakat di kampung. Tidak seperti di kota dimana kita dapat dengan mudah menemukan usaha pangakas rambut (salon), di kampung biasanya kita sangat jarang menemukan usaha ini sehingga kita harus pergi ke kampung tetangga untuk menemukannya. Namun justru karena kita susah mencari usaha pangkas rambut ini di kampung sendiri, usaha ini menjadi sangat potensial.

Coba banyangkan jika Anda sendiri yang membuka usaha ini di kampung Anda, maka setiap orang yang biasanya pergi ke kampung tetangga untuk memotong rambut mereka akan berpindah ke usaha pangkas rambut Anda. Dan perlu diingat dalam waktu dekat ataupun lama setiap orang pasti akan memotong rambut mereka, itu adalah kepastian. Tinggal bagaimana caranya agar mereka mau memotong rambut mereka di tempat pangkas rambut Anda. Entah itu dengan memberi pelayanan terbaik, memberi diskon, menambahkan pijatan setelah dipangkas, dan sebagainya.


Usaha di Kampung Modal 2 Juta yang Menjanjikan


11.  Usaha Pulsa, Kuota dan Token Listrik

Sepertinya setiap orang di kota ataupun di kampung pasti membutuhkan pulsa, kuota ataupun token listrik, terlebih lagi dijaman sekarang semuanya serba berhubungan dengan teknologi. Disisi lain dengan semakin banyaknya smartphone berharga murah memungkinkan setiap orang memilikinya, sehingga kebutuhan akan pulsa dan kuota otomatis juga akan semakin besar yang pada akhirnya bisnis pulsa dan kuota internet menjadi sangat menjanjikan.

Tentu tidak hanya pulsa dan kuota internet, token listrik juga menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat banyak, terlebih sekarang sudah banyak rumah yang menggunakan token listrik sebagai pembayaran listriknya. Oleh karena itu bisnis ini juga sangat menjanjikan untuk dijalankan, apalagi modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Dengan 2 juta saja Anda sudah bisa memulai bisnis ini.


12.  Usaha Bensin Eceran

Dengan tebatasnya jumlah pom bensin diperkampungan sementara jumlah kebutuhan terhadap bensin sangat besar meskipun di kampung karena hampir setiap keluarga pasti memiliki kendaraan membuat usaha bensin eceran menjadi sangat masuk akal. Bayangkan jika Anda membuka usaha ini pasti orang-orang di kampung akan membeli bensin di tempat Anda dibandingkan mereka repot-repot membelinya di pom bensin dengan jarak yang jauh.

Untuk memulai bisnis ini Anda perlu memilih lokasi yang strategis, dalam artian mudah dilihat dan dijangkau orang, dipinggir jalan mungkin akan lebih baik. Sehingga para pengguna motor akan menyadari keberadaan usaha bensin eceran Anda, yang nantinya bisa berakhir pada peningkatan penjualan bensin. Selain itu harga bensin Anda juga harus bersaing, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah, jangan sampai juga harga bensin di tempat Anda terlalu mahal dari harga bensin di pom bensin terdekat karena nanti orang-orang akan memilih membeli di pom bensin.

Karena bensin mudah terbakar, maka jauhkanlah bensin Anda dari hal-hal yang bisa memicu kebakaran, seperti misalnya rokok, petasan, dan sebagainya. Kebakaran akan membuat usaha Anda bangkrut, tentu Anda tidak ingin mengalaminya bukan?

Selain itu jika modal yang Anda miliki hanya 2 juta saja, maka bersyukurlah karena modal sebesar itu sudah lebih dari cukup. Anda bisa membeli beberapa liter bensin dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Karena pada dasarnya usaha ini sangat fleksibel, dalam artian bahwa Anda bisa mengurangi atau menambahkan modal yang dibutuhkan. Semakin banyak modal yang Anda miliki, maka semakin banyak bensin yang bisa Anda beli.


13.  Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg

Tidak hanya di kota kebutuhan akan gas Elpiji 3Kg juga dirasakan di kampung, oleh karena itu usaha ga Elpiji menjadi sangat potensial. Salah satu cara untuk dapat menjual gas 3Kg ini adalah dengan menjadi sub agen Elpiji 3Kg. Sub agen Elpiji ini adalah pihak yang mempunyai izin untuk menyalurkan gas elpiji kepada pengecer atau masyarakat umum.

Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg dapat menjadi peluang usaha di kampung yang menjanjikan. Walaupun ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi untuk mengajukan permohonan izin, namun jika sudah berjalan bisnis ini dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Jika Anda berminat menjalankan usaha ini silahkan hubungi pertamina terdekat untuk mengetahui syarat lengkap menjadi sub agen gas elpiji 3kg.


14.  Usaha Ternak Bebek dan Telur Bebek

Usaha ternak bebek dan telur bebek juga salah satu usaha yang bisa Anda lakukan dengan modal 2 juta saja. Perlu Anda ketahui sekarang ini banyak restoran atau rumah makan yang menawarkan olahan bebek dalam menu meraka, hal ini menandakan bahwa permintaan terhadap daging bebek sangat tinggi sehingga usaha ternak bebek menjadi sangat potensial dan menguntungkan. Selain dagingnya, usaha telur bebek juga sangat potensial. Entah itu dijual secara langsung, dijadikan telur asin, ataupun olahan lainnya.

Memelihara bebek tentu saja tidak terlalu merepotkan, selama Anda memberinya makan mereka akan baik-baik saja. Selain itu dengan masih luasnya lahan persawahan di kampung, Anda bisa mengembala bebek Anda di sawah sehingga mereka mendapatkan makanan alami yang bisa mengurangi biaya pakan secara keseluruhan nantinya.


15.  Membuka Usaha Les Privat / Kursus

Jika Anda memiliki keahlian dibidang tertentu seperti misalnya kemampuan dalam bahasa inggris, komputer, matematika, merias, menjahit, bermain alat musik dan sebagainya, maka membuka usaha les privat mungkin menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Selain tidak membutuhkan biaya yang besar karena hanya mengandalkan kemampuan Anda sendiri, juga usaha ini cukup menjanjikan. Dimana tidak semudah di kota, di kampung pasti cukup sulit untuk menemukan les privat, sehingga persaingan usaha ini sangat rendah dan otomatis peluangnya semakin tinggi.

Anda bisa memulai usaha ini di rumah Anda sendiri, memasang baliho atau poster untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda membuka kursus, bisa juga mempromosikan usaha Anda kepada teman-teman Anda dan penduduk kampung. Untuk menarik minat masyarakat, Anda bisa memberikan mereka diskon di awal sampai tempat kursus Anda ramai peminat, setelah itu Anda bisa menormalkan kembali harganya.


16.  Usaha Hantaran Pernikahan

Usaha hantaran atau seserahan pernikahan mungkin akan cocok Anda jalankan jika Anda memiliki kemampuan dalam merias dan membentuk barang-barang seserahan menjadi menarik. Pastinya usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, Anda hanya perlu mempersiapkan kotak dan hiasan-hiasan untuk seserahan pernikahan, selebihnya kemampuan Anda dalam meriaslah yang berbicara.

Selain itu karana usaha ini masih sangat jarang ada di kampung sehingga pelungnya masih sangat besar. Bisa dikerjakan di rumah dan kapan saja sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan oleh pemesan jasa Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini adalah kualitas hantaran yang Anda buat, jangan sampai Anda membuat hantaran yang tidak menarik dan tidak seuai dengan harga yang Anda tawarkan sehingga membuat konsumen Anda kecewa. Kekecewaan konsumen akan berdampak buruk pada keberlangsungan usaha ini. Karena pernikahan hanya dilakukan satu kali seumur hidup maka pasti konsumen menginginkan segala hal yang berhubungan dengan pernikahan berjalan dengan baik, termasuk dalam hal seserahan ini.


17.  Usaha Jahit Pakaian

Usaha yang cocok dijalankan di kampung yang selanjutnya adalah usaha jahit pakaian. Usaha jahit pakaian ini tidak membutuhkan modal yang besar, Anda bisa membeli mesin jahit yang terjangkau sehingga modal yang diperlukan bisa ditekan. Selain itu untuk menjalankan usaha ini tentunya yang paling dibutuhkan adalah kemempuan Anda dalam menjahit. Kualitas Anda dalam menjahit akan menentukan kesuksesan bisnis ini, karena itulah modal utamanya. Lupakan soal mesin jahit yang mahal, jika kemampuan Anda dalam menjahit tidak bagus maka mesin jahit yang mahalpun akan sia-sia.

Lalu kenapa usaha jahit pakaian ini menjadi potensial untuk dijalankan di kampung? Kita ketahui bahwa di kampung untuk membeli baju baru kita harus pergi ke kota, itu menandakan bahwa penjual pakaian di kampung masihlah sangat sedikit, sehingga akan masuk akal jika kita membuka usaha ini. Daripada jauh-jauh pergi ke kota untuk membeli pakaian, kenapa tidak membuat sendiri pakaian yang kita inginkan dengan menjahitnya?


18.  Menjadi Reseller Produk Tertentu

Dengan modal yang terbatas usaha ini adalah usaha yang paling masuk akal, yaitu menjadi reseller suatu produk. Anda bisa membeli produk tertentu diprodusennya langsung seuai dengan modal yang Anda miliki, lalu menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Sebuah konsep usaha yang sangat sederhana dan mudah dijalankan. Namun jangan salah, usaha ini tetaplah menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

Baca artikel berikut: 50+ Ide Bisnis Makanan yang Menjanjikan

Anda pikir sudah berapa banyak orang yang sukses menjalankan usaha ini? Banyak sekali. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini supaya bisa berjalan dengan baik adalah dalam pemilihan produk yang akan Anda jual. Dengan kata lain, pilihlah produk yang memang banyak disukai oleh konsumen dan Anda sendiri mampu untuk menjualnya. Jangan coba-coba untuk menjual barang yang tidak bisa Anda jual, meskipun barang itu mungkin memiliki kualitas yang baik namun jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menjualnya maka hal itu akan percuma saja, Anda sendiri yang akan rugi.


19.  Usaha Bubur Ayam

Berbicara mengenai usaha dengan modal 2 juta pasti akan ada Usaha Bubur Ayam didalamnya. Tidak perlu heran karena memang usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, tentu saja dengan modal 2 juta Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Meskipun usaha ini terbilang sangat sederhana namun lingkup pasarnya cukup luas, baik di kota ataupun di kampung pasti menyukai bubur ayam.

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan mengingat bubur ayam sudah dikenal luas oleh masyarakat sejak dulu sampai sekarang. Bertahan lamanya bubur ayam dari dulu sampai sekarang menandakan bahwa bubur ayam ini disukai dalam artian peminatnya selalu ada, bahkan mungkin semakin bertambah. Oleh karena itu bisa dibilang usaha ini sangat menguntungkan dan menjanjikan untuk Anda jalankan.


20.  Usaha Makanan Khas Daerah

Siapa bilang Usaha Makanan Khas Daerah tidak menjanjikan? Anda salah besar. Tidak kalah dengan makanan dari luar negeri, makanan khas daerah juga sangat diminati oleh masyarakat. Katakanlah cilok, seblak, batagor, dan sebagainya, makanan tersebut meskipun hanya makanan khas daerah tetapi sangat populer dari dulu sampai sekarang bukan? Jadi jangan remehkan makanan khas daerah.

Menjalankan usaha makanan khas daerah sangat menjanjikan karena makanan ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat, sehingga dalam pemasarannya Anda tidak perlu repot-repot untuk mengenalkannya dari awal. Cukup buatlah makanan tersebut lebih enak dari yang lain, maka usaha Anda pasti akan berjalan dengan baik. Apa makanan khas daerah Anda? Mulailah berpikir untuk menjalankan usahanya.

Itulah beberapa usaha yang bisa Anda jalankan di kampung dengan modal kurang lebih 2 juta. Tentu ada banyak usaha lainya yang belum atau tidak dicantumkan disini karena sebetulnya potensi kampung sangatlah besar dari kelihatannya. Oleh karena itu menjadi tugas Anda sebagai warga kampung untuk menggali berbagai potensi yang ada, hingga dapat membawa kesejahteraan bagi Anda sendiri sebagai individu dan masyarakat secara umum.

Ingat, menjalankan usaha baik itu di kampung ataupun di kota sama jasa. Yang penting adalah bagaimana Anda melihat pelung yang ada lalu mengkonversikan peluang tersebut menjadi keuntungan yang bisa Anda peroleh. Teruslah berusaha, jangan pernah menyerah, selama Anda tidak menyerah maka Anda pasti akan baik-baik saja. Kegagalan bukanlah pada saat Anda gagal melainkan pada saat Anda menyerah.


Posting Komentar untuk "Usaha di Kampung Modal 2 Juta yang Menjanjikan"