Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50+ Ide Bisnis Makanan Online, Ringan, Kekinian, Pedas, dll. LENGKAP !!

Ide Bisnis Makanan

Ada banyak sekali ide bisnis makanan yang bisa Anda jalankan, mulai dari bisnis makanan online, makanan ringan, makanan kekinian, makanan pedas, makanan beku (frozen food), makanan rumahan, makanan anak sekolah, sampai dengan makanan kering. Dari yang membutuhkan modal yang besar sampai dengan yang membutuhkan modal yang kecil. Semuanya akan dibahas dalam artikel ini secara langkap.

Lalu ide bisnis makanan apa yang kira-kira akan laku dijual ke masyarakat? Mungkin pertanyaan ini yang ada dibenak Anda yang berniat untuk menjalankan sebuah bisnis makanan. Hal tersebut sangat wajar karena Anda pasti juga menginginkan kesuksesan dalam berbisnis.

Berbicara tentang ide bisnis, dari dulu sampai sekarang bisnis makanan menjadi salah satu pilihan teratas bagi kebanyakan orang yang ingin memulai sebuah bisnis. Hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat selain makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, makanan dengan berbagai bentuk dan citarasa juga sangat banyak peminatnya.

Belum lagi setiap tahun jumlah penduduk mengalami peningkatan, itu berarti kebutuhan akan makanan juga otomatis akan melonjak sehingga bisnis makanan akan selalu menjanjikan kedepannya. Dalam hal ini tinggal bagaimana Anda mengeksekusi peluang menjanjikan ini.


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Berbisnis Makanan

Sebelum Anda akhirnya memulai bisnis makanan Anda sendiri, ada beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dimana hal ini sedikit banyak mungkin akan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis makanan Anda nantinya. Anda pasti tidak mau ketika sudah susah-susah menjalankan bisnis tapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan, itu pasti sangat menyakitkan. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis makanan :


1)   Target Konsumen

Sebenarnya menentukan target konsumen tidak hanya penting dalam bisnis makanan saja melainkan dalam bisnis lain juga sangat penting, hal ini karena ketika Anda sudah menentukan terget konsumen Anda, Anda akan lebih mudah untuk merancang strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda.

Contohnya katakanlah Anda memiliki ide untuk berbisnis makanan dengan terget konsumen pelajar atau mahasiswa. Maka dalam hal ini Anda bisa menentukan makanan apa yang peling cocok dijual kepada mereka, menggunakan konsep, tempat, dan pemasaran yang tepat untuk mereka, sehingga bisnis Anda akan jauh lebih terarah, efisien dan efektif.


2)   Perencanaan Strategi

Seperti yang telah disinggung diawal, ketika Anda sudah menentukan terget konsumen Anda maka langkah berikutnya adalah menentukan strategi apa yang akan dilakukan agar bisnis makanan Anda dapat berjalan dengan baik. Seperti diantaranya dalam pemilihan menu makanan yang akan ditawarkan dan apa makanan unggulannya, lalu dalam hal bahan baku makanan, tempat usaha, pemasaran, pelayanan, dan sebagainya. Semua hal tersebut harus direncanakan dengan matang ager dalam prosesnya nanti Anda bisa meminimalisir kegagalan.


3)   Bahan Baku Makanan

Bahan baku dalam bisnis makanan sangat penting peranannya terhadap kualitas makanan yang nantinya dihasilkan. Makanan yang dibuat dengan bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan makanan yang berkualitas juga, sehingga akan berpengaruh terhadap rasa makanan tersebut. Sementara rasa makanan menjadi faktor penentu keputusan pembelian konsumen terhadap suatu makanan. Dalam hal ini makanan yang berkualitas akan menjadi modal dalam kesuksesan bisnis makanan.

Sebisa mungkin pilihlan bahan baku yang berkualitas. Perlu digaris bawahi berkualitas disini bukan berarti berharga mahal, malainkan makanan tersebut misalnya masih segar, tidak kadaluarsa, aman dikonsumsi dan sebagainya. Disini diperlukan kemampuan Anda dalam memilih dan memilah bahan baku yang bagus untuk bisnis makanan Anda.


4)   Tempat Produksi dan Tempat Usaha

Salah satu hal yang penting dalam bisnis makanan adalah tempat produksi dan tempat usaha. Dalam hal ini usahakan tempat produksi makanan dan tempat usaha Anda selalu dalam keadaan bersih dan rapih. Hal ini karena biasanya konsumen akan lebih memilih tempat makan yang bersih ketimbang yang kotor. Tempat yang bersih akan memberikan konsumen kepercayaan bahwa makanan yang dijual dioleh dengan cara yang higienis, sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang kebersihan dan kualitas makanan yang dijual.

Sementara jika Anda menjual makanan Anda secara online, usahakan tempat untuk membungkus makanan Anda memang diperuntukan untuk makanan sehingga aman melindungi makanan ketika dikirim. Selain itu, kebersihan dan ketahananyapun harus diperhatikan.


5)   Kualitas dan Rasa Makanan

Kualitas dan rasa makanan merupakan faktor terpenting dalam bisnis makanan. Dimana kedua hal ini akan menentukan sukses tidaknya bisnis makanan Anda. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat salah satu alasan utama konsumen membeli suatu makanan adalah karena rasa dan kualitasnya. Sehingga dalam hal ini jika Anda ingin sukeses menjalankan bisnis makanan, maka Anda harus berusaha untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dan kualitas yang baik. Ketika Anda berhasil membuatnya, maka tidak perlu disuruh lagi konsumen akan datang sendiri ke tempat Anda.


6)   Pemasaran

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis apapun termasuk bisnis makanan. Pemasaran bertujuan untuk menyadarkan konsumen akan keberadaan suatu produk sehingga mereka penasaran, melihat, dan membeli produk yang ditawarkan.

Dalam hal ini ketika Anda memulai sebuah bisnis makanan maka usahakan Anda memiliki pemasaran yang baik agar bisnis Anda dapat dikenal luas masyarakat. Tawarkanlah bisnis makanan Anda kepada terget konsumen Anda, berikan penawaran yang menarik, visualisasi yang menggoda, dan iklan yang menarik perhatian.


7)   Harga Makanan

Harga makanan juga perlu untuk Anda perhatikan, karena harga makanan ini menjadi salah satu faktor yang menentukan keputusan pembelian konsumen. Konsumen cenderung menginginkan harga yang murah dengan kualitas yang baik. Dalam hal ini tugas Anda bukan memberikan harga yang murah, melainkan memberikan harga yang pantas. Jangan sampai Anda memberikan harga yang tidak masuk akal untuk produk makanan yang Anda jual, karena itu akan merusak reputasi bisnis Anda. Ketika reputasi bisnis Anda rusak, maka jangan harap Anda akan meraih kesuksesan dalam berbisnis.


8)   Pelayanan

Pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda. Sering kali terjadi pada sebuah bisnis makanan dimana mereka sudah memiliki makanan yang enak, tempat yang bersih, dan keunggulan lainnya tetapi tidak ditunjang oleh pelayanan yang baik sehingga mereka ditinggalkan oleh konsumennya. Konsumen hanya datang satu kali saja untuk mencoba dan ternyata mereka tidak mendapatkan pelayanan yang baik sehingga mereka tidak jadi langganan dan tidak pernah lagi membeli makanan di tempat tersebut.

Itulah mengapa pelayanan yang baik sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis, bukan hanya bisnis makanan saja melainkan semua bisnis perlu memberikan pelayanan terbaik agar konsumen merasa nyaman dan akhirnya berlangganan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memulai sebuah bisnis makanan. Tentunya beberapa hal yang sudah disebutkan diatas tidak mesti menjadi standar baku, Anda bisa menambah atau mengurangi beberapa hal sesuai dengan kebutuhan bisnis makanan Anda.


Ide Bisnis Makanan Online

Di era yang serba teknologi ini ide bisnis semakin berkembang. Jika dahulu ide bisnis hanya muncul dengan cara konvensional, sekarang ini ide bisnis muncul dengan modernitas, dalam arti bahwa ide bisnis sekarang selalu melibatkan kemampuan teknologi didalamnya.

Katakanlah jika dulu menjual makanan hanya bisa dilakukan dengan membuat toko atau lapak disuatu tempat, namun sekarang ini menjual makanan bisa dilakukan secara online dengan bantuan teknologi yang ada. Sehingga jika dibandingkan biaya yang dikeluarkan juga akan jauh lebih murah dan lebih efisien.

Banyak orang yang sudah terjun dalam bisnis online, dan sebagaian besar dari mereka juga sudah sukses menjalankan bisnis ini. Hal ini tentunya tidak mengherankan mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat ditunjang dengan besarnya peluang pasar dan dengan fakta bahwa Indonesia menjadi salah satu pengguna internet terbesar dunia menjadikan bisnis online sangat menjanjikan.

Dengan uraian di atas, tentu Anda tidak mau jika hanya menjadi penonton kesuksesan orang lain bukan? Namun jika Anda masih bingung mengenai “Apa ya ide bisnis makanan online yang bisa saya jalankan?” Maka berikut kami uraikan beberapa ide bisnis makanan online yang bisa Anda jalankan :


Ide Bisnis Makanan Online


1)   Bisnis Makanan Ringan

Ide bisnis makanan online yang pertama adalah menjual makanan ringan, seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik pisang, mie lidi, makaroni, dan sebagainya. Kenapa kami menyarankan Anda berbisnis makanan ini karena bisnis makanan ini cenderung mudah dilakukan secara online. Dimulai dari pengemasannya, daya tahannya, diferensiasi produknya, keragaman rasanya, sampai dengan pemasarannya.

Selain itu lingkup pasarnya juga sangat luas, siapa sih yang tidak suka makanan ringan? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti semua orang menyukainya bukan? Oleh karena itu jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, ide bisnis online ini sangatlah menjanjikan.

Tugas Anda yang peling penting dalam menjalankan bisnis ini adalah menciptakan makanan ringan yang enak dan disukai banyak orang. Anda bisa mulai bereksperimen membuat makanan ringan versi Anda sendiri lalu biarkan teman atau orang terdekat Anda menilainya. Jika makanan ringan Anda disukai maka Anda bisa mulai menjualnya secara online.


2)   Bisnis Makanan Beku / Frozen Food

Ide bisnis makanan online yang kedua adalah makanan beku. Salah satu keunggulan dari makanan beku adalah dari ketahanannya, mengingat salah satu tantangan dari bisnis online ialah jarak Anda dan konsumen yang cenderung saling berjauhan sehingga jenis makanan ini sangat cocok untuk mengatasi tantangan tersebut.

Dalam hal ini Anda bisa membuat makanan beku seperti nugget, bakso, sosis, daging ayam dan sapi potong, stik kentang beku, pempek, cireng, dan sebagainya. Banyak sebenarnya jenis makanan beku yang bisa Anda jual, dalam hal ini tugas Anda untuk mencari makanan beku apa yang kira-kira akan laku dijual secara online.


3)   Bisnis Kue Kering

Bisnis kue kering biasanya akan mencapai puncaknya pada hari raya tertentu, namun pada hari-hari biasapun bisnis kue kering ini tetaplah menjanjikan dan bisnis ini bisa menjadi referensi ide bisnis online makanan untuk Anda.

Anda bisa mengemas bisnis ini dengan cara yang kreatif seperti misalnya membuatnya tampak seperti sebuah hadiah untuk orang yang sepesial dengan kata-kata yang manis dan menarik sehingga marketnya akan jauh lebih besar. Ataupun Anda bisa menggunakan ide kreatif lainnya yang menurut Anda bisa sukses diterapkan dalam bisnis ini.


4)   Bisnis Sambal Kemasan

Untuk orang Indonesia siapa sih yang tidak suka sambal? Pasti sebagian besar orang Indonesia menyukai sambal. Rasanya yang enak dan menantang ketika digabungkan dengan makanan lain membuat sambal ini disukai banyak orang. Tak pelak hampir semua rumah makan menyediakan sambal sebagai menu tambahannya.

Begitu besarnya minat orang terhadap sambal ini menjadikannya sebagai peluang bisnis menggiurkan jika dijalankan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengemas sambal tersebut kedalam sebuah kemasan tertentu sehingga bisa awet dalam kurun waktu yang lama. Hal ini akan memudahkan ketika bisnis ini memasuki bisnis berbasis online.

Tentu bukan orang lain saja yang bisa mengambil peluang bisnis menjanjikan ini, Anda juga bisa. Anda hanya perlu meracik sambal andalan Anda sehingga memiliki rasa yang enak dan disukai banyak orang. Setelah itu kemas sambal tersebut kedalam kemasan yang menarik, lalu Anda bisa menjualnya secara online melalui marketplace ataupun sosial media Anda.


5)   Bisnis Makanan Khas Daerah

Jangan pernah remehkan makanan khas daerah, meskipun beberapa makanan terlihat tidak menarik tapi percayalah makanan khas daerah sudah bertahan lebih dari puluhan tahun. Ingat sebuah teori yang mengatakan bahwa “Suatu produk jika bisa bertahan lebih dari 5 tahun, itu berarti produk tersebut disukai dan dibutuhkan”.

Dalam hal ini adalah tugas Anda sebagai pengusaha ulung untuk membuat makanan khas daerah semakin menarik, entah itu dengan membuatnya lebih modern, membuat varian rasa baru, membuat kemasan yang lebih menarik, membuat semua hal tampak kekinian, atau inovasi apapun itu yang bisa menambah nilai dari makanan khas daerah.

Contohnya seperti kue surabi yang sekarang ini sudah memiliki verian rasa yang banyak dan lebih kekinian, lalu ada seblak yang sekarang sudah memiliki versi instannya yang banyak dijual secara online, dan masih banyak contoh makanan khas daerah lainnya yang sudah diinovasi. Dalam hal ini carilah makanan khas didaerah Anda, lalu berinovasilah dengan makanan tersebut, setelah berhasil juallah baik secara konvensional ataupun secara online, itu akan menguntungkan Anda.

Baca juga: 11 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Itulah beberapa ide bisnis makanan online yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menjalankan bisnis makanan online. Beberapa hal penting dalam bisnis makanan online adalah tempilan makanan yang menarik, kemasan yang menarik dan bisa memperlama ketahanan makanan, tentu saja rasa makanan tidak boleh terlewat, pemasaran yang kreatif sehingga menarik perhatian konsumen, dan harga yang bersaing. Jika Anda memperhatikan beberapa hal penting tersebut, maka kemungkinan besar bisnis makanan online Anda akan sukses.


Ide Bisnis Makanan Ringan

Apa yang paling cocok dimakan ketika sedang bersantai? Jawabannya sudah pasti makanan ringan. Coba bayangkan ketika kita sedang bersantai menonton film bersama keluarga ditemani dengan makanan ringan yang enak, itu pasti sangat menyenangkan dan akan terasa nikmat. Maka tidaklah heran jika makanan ringan selalu mendapat tempat dibenak konsumen dari dulu sampai dengan sekarang.

Dengan kepopulerannya yang mungkin akan bertahan sepanjang masa, makanan ringan menjadi sangat menjanjikan jika dijadikan sebagai ladang bisnis. Tengoklah para pengusaha makanan ringan, berapa keuntungan yang mereka dapatkan setiap bulannya, pastinya dari jutaan rupiah sampai dengan miliaran rupiah tergantung dari besarnya sekala bisnis yang dijalankan.

Untuk Anda yang berniat ingin menjalankan sebuah bisnis, maka ide bisnis makanan ringan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Ada beberapa keunggulan dalam bisnis makanan ringan, diantaranya yaitu market yang besar, disukai banyak orang, mudah dijual, pilihan makanan ringan yang beragam, modal yang dibutuhkan relatif kecil, mudah berinovasi, harga jual terjangkau, dan sebagainya.

Semua keunggulan-keunggulan tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis ini. Namun jika Anda masih bingung dan ragu, berikut beberapa ide bisnis makanan ringan yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda :


Ide Bisnis Makanan Ringan

1)   Bisnis Keripik Kentang

Anda pasti pernah memakan keripik kentang bukan? Gimana rasanya? Enak? Bukan Cuma rasanya saja yang enak, keuntungan bisnis keripik juga seenak rasanya. Anda bisa memasukan ide bisnis makanan ringan ini kedalam daftar bisnis yang akan Anda jalankan. Tenang saja, sudah terbukti disukai banyak orang sehingga pasti menguntungkan.

Dalam hal ini Anda hanya perlu menggunakan otak Anda untuk menciptakan keripik kentang yang enak dan inovatif, baik dari segi rasa, bentuk, maupun kemasannya. Untuk langkah awal setelah Anda bisa menciptakannya, tawarkan keripik kentang Anda kepada keluarga, teman, maupun tetangga Anda. Setelah respon mereka positif terhadap keripik Anda, Anda bisa menjualnya ke orang lain. Semoga berhasil.


2)   Bisnis Keripik Singkong

Hampir sama dengan keripik kentang namun berbeda bahan dasar, yaitu keripik singkong. Keripik singkong sama populernya dengan keripik kentang, bahkan ada yang lebih menyukai keripik singkong dibandingkan dengan keripik kentang, contohnya idol AKB48 sekaligus aktris populer Jepang bernama Rino Sashihara, ia sangat menyukai keripik kentang dari salah satu merek buatan Indonesia.

Siapa sangka idol Jepang sekalas AKB48 saja menyukai keripik kentang. Maka tidak diragukan lagi bahwa keripik kentang sangat populer dikalangan konsumen. Ketika suatu produk sangat populer maka peluang keuntungan dari bisnis tersebut juga akan semakin meningkat, dan hal ini harus Anda menfaatkan sebaik mungkin.


3)   Bisnis Makaroni Goreng

Jika Anda ingat beberapa tahun yang lalu ada seorang pemuda asal Tasikmalaya yang mampu mendapatkan pendapatan ratusan juta rupiah hanya dari berjualan makaroni goreng. Ya Anda tidak salah baca, hanya dari berjualan makaroni goreng.

Jangan salah mengira, meskipun bisnis ini terlihat sangat kecil namun potensi pendapatannya sangat besar. Hal ini karena peminat makanan ini sangat besar. Coba Anda pikirkan siapa yang tidak suka dengan makanan ringan ini, rasanya yang renyah, pedas dan gurih, ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau menjadikan kombinasi tersebut sebagai hal yang sempurna untuk menjadikan makanan ringan ini sebagai makanan ringan favorit penikmatnya.

Sementara itu jika dilihat dari segi bisnis, menjalankan bisnis ini juga relatif mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda hanya perlu membeli makaroni yang masih mentah kepada supplayer, lalu menggorengnya secara matang ataupun setengah matang, memberinya bumbuh yang sesuai dengan selera Anda, lalu mengemasnya, dan setelah itu Anda hanya perlu menjualnya dengan harga yang diinginkan. Anda bisa menjualnya secara online maupun secara offline.

Dalam hal ini jika Anda menjualnya secara offline, carilah tempat-tempat yang strategis yaitu tempat dimana makanan ringan ini disukai, seperti misalnya dekat kampus, sekolah, tempat rekreasi, dan sebagainya. Pemilihan tempat yang tepat akan berpengaruh terhadap besar kecilnya penjualan bisnis makanan ringan ini nantinya.


4)   Bisnis Cireng Isi

Tahu cireng isi? Cireng isi adalah makanan khas Jawa Barat dimana makanan ini terbuat dari adonan Tepung Singkong (Aci) yang didalamnya dimasukan isian usus ayam, sosis, keju, daging cincang, dan sebagainya. Seperti yang sudah disebutkan, perbedaan cireng isi dengan cireng biasa adalah pada isiannya. Cireng isi diisi dengan berbagai isian, sementara cireng biasa tidak. Dari segi hargapun cireng isi biasanya lebih mahal dibandingkan dengan cireng biasa.

Bisnis ini mungkin bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan ringan yang bisa Anda jalankan, mengingat peminatnya yang sangat banyak. Dalam hal ini Anda hanya perlu berinovasi agar produk ini bisa lebih menarik lagi dimata konsumen, seperti misalnya menambah varian isinya, menambah level kepedasan, membuat versi fozen foodnya, dan berbagai inovasi lainnya yang menurut Anda akan meningkatkan nilai dari bisnis ini.

Baca Juga : 36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya

Itulah beberapa contoh ide bisnis makanan ringan, semuanya kembali kepada Anda akan menjalankannya ataupun tidak. Atau boleh jadi Anda udah memiliki ide bisnis sendiri, itu jadi hal yang lebih baik. Dalam hal ini yang perlu diingat adalah seberapa baguspun ide bisnis yang Anda miliki, jika ide bisnis tersebut tidak Anda jalankan maka akan tetap sia-sia.


Ide Bisnis Makanan Kekinian

Bisnis makanan memang tidak ada matinya, setiap hari ada saja makanan baru yang populer dikalangan konsumen dan sering disebut sebagai makanan kekinian. Makanan kekinian ini bisa makanan yang memang benar-benar baru atau bisa juga makanan lama yang diberi inovasi sehingga terlihat seperti makanan kekinian.

Setiap tahunnya makanan kekinian selalu berubah-ubah, katakanlah pada tahun 2020 makanan kekiniannya adalah makanan A, sementara pada tahun 2021 mungkin saja makanan A tersebut akan digantikan dengan makanan kekinian terbaru. Hal ini sangatlah normal mengingat setiap orang sekarang ini berlomba-lomba untuk berinovasi menciptakan makanan-makanan dengan rasa dan tapilan yang lebih kekinian.

Berbisnis makanan kekinian memang menjajikan, Anda akan terlibat euforia ketertarikan konsumen terhadap suatu makanan yang sedang trand dimasyarakat. Namun juga perlu diingat bahwa berbisnis makanan kekinian juga memiliki kelemahan, seperti misalnya kemungkinan trend yang hanya sesat saja.

Banyak contoh makanan kekinian yang sangat populer namun hilang dengan cepat. Dalam hal ini jika Anda berniat menjalankan bisnis makanan kekinian, maka ada baiknya Anda memikirkan terlebih dahulu apakah makanan kekinian yang Anda pilih tersebut akan bertahan lama atau hanya sesaat saja. Karena akan sangat merugikan jika makanan kekinian yang Anda pilih hanya bertahan sesaat saja.

Ada beberapa makanan kekinian yang sedang trand saat ini yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda jalankan bisnisnya. Berikut beberapa ide bisnis makanan kekinian yang sedang trand dimasyarakat :


Ide Bisnis Makanan Kekinian

1)   Bisnis Makanan Korean Garlic Bread

Makanan ini masih sangat hangat populer di Indonesia beberapa bulan yang lalu. Makanan ini sendiri dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa makanan ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Korea Selatan.

Makanan ini merupakan makanan steet food dijalanan Korea Selatan, dan belakangan menjadi sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang membuatnya baik itu untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk dijual kembali.

Makanan ini sendiri berbentu roti yang bagian atasnya dibelah menjadi 6 bagian lalu diisi krim keju dan dicelupkan kedalam campuran bawang putih dan mentega cair yang kemudia dipanggang. Rasanya yang enak membuat makanan ini capat sekali mendapatkan perhatian dari konsumen Korea Selatan maupun manca negara. Jika Anda sedang mencari ide bisnis makanan kekinian, mungkin makanan ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.


2)   Bisnis Ayam Geprek

Ayam geprek juga termasuk kedalam makanan kekinian, karena makanan ini masih tergolong cukup baru. Diawal kemunculannya makanan ini sangat meledak dan disukai oleh banyak orang sehingga banyak restoran ataupun rumah makan akhirnya menyediakan menu satu ini.

Yang unik dari makanan satu ini adalah cara pengolahan ayamnya yang digeprek (dipukul) agar bumbunya meresap dengan sempurna. Selain itu rasanya yang enak dan pedas ditambah dengan harga yang terjangkau membuat makanan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Belakangan varian rasanya juga semakin berkembang, ada yang ditambahkan keju, saus pedas manis, dan berbagai varian rasa lainnya yang menambah keberagaman rasa dari makanan ini.


3)   Bisnis Seblak

Ai kamu pengen seblak? Yaudah hayu ! hehe. . Pernah denger kata-kata tersebut? Anak muda pasti pernahlah ya. Seblak memang sangat populer belakangan ini, namun sebenarnya makanan ini sudah ada sejak lama namun kembali populer akhir-akhir ini.

Makanan bercitra rasa gurih dan pedas ini adalah makanan daerah khas Jawa Barat, namun sekarang kepopulerannya sudah menyeber ke seluruh Indonesia. Hal ini berkat banyaknya konten kreator yang mereview makanan ini ataupun sekedar menyinggungnya.

Bahan utama makanan ini adalah kerupuk mentah yang direbus, dikasih bumbu dan berbagai toping seperti mie, sosis, makaroni, daging, telur, ceker dan sebagainya. Semua paduan tersebut menciptakan citarasa yang gurih, pedas, dan pasti enak sehingga makanan ini mudah sekali dikenal masyarakat. Mungkin makanan ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan kekinian yang bisa Anda jalankan.


4)   Bisnis Bakso Aci

Masih dengan makanan khas daerah Jawa Barat yang sedang hits, yaitu Baso Aci. Makanan ini berasal dari daerah Garut Jawa Barat dimana makanan ini terdiri dari berbagai macam isian seperti cilok, cuanki, tahu, dan sebagainya yang disiram dengan kuah yang diberi tambahan cabai dan penyedap rasa.

Rasanya yang gurih, pedas, dan segar menjadikan makanan ini disukai banyak orang. Tidak hanya bisa ditemukan di Garut ataupun Bandung, makanan ini kini sudah banyak dijual diberbagai tempat karena kepopulerannya. Selain itu harganya juga sangat nyaman dikantong sehingga sangat cocok dijadikan jajanan ketika ingin ngemil.


5)   Bisnis Salad Sayur dan Buah

Adanya pendemi Covid-19 secara tidak langsung menjadikan banyak orang menjadi sadar akan kesehatan, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya produk makanan sehat yang bermunculan ditengah masyarakat yang disebabkan karena banyaknya permintaan akan produk tersebut.

Salah satu produk makanan sehat yang cukup populer adalah salad sayar dan buah-buahan. Makanan ini banyak dijual secara online dengan sistem antar, meskipun juga banyak yang menjualnya dengan cara konvensional. Dengan semakin banyaknya orang yang semakin sadar akan kesehatan, menjadikan bisnis ini cukup menjanjikan untuk kedepannnya.

Baca Juga : Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan

Itulah beberapa contoh ide bisnis makanan kekinian yang sedang populer di masyarakat. Sebenarnya masih banyak makanan-makanan populer lainnya, namun akan kami bahas dilain waktu. Semoga beberapa contoh ide bisnis makanan kekinian tersebut dapat membantu Anda mendapatkan ide bisnis.


Ide Bisnis Makanan Pedas

Bagi orang Indonesia makanan pedas pasti menjadi salah satu makanan favorit. Hal ini bisa tercermin dari banyaknya makanan pedas yang ada di Indonesia, mulai dari makanan berat sampai dengan makanan ringan, mulai dari yang kering sampai dengan makanan yang berkuah, mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal, semuanya ada disetiap kategori.

Hampir semua orang Indonesia menyukai makanan pedas. Maka tidak heran jika bisnis makanan pedas sangat menjamur di Indonesia, tengoklah para pedagang disekitar tempat tinggal kalian, pasti ada saja yang menjual makanan pedas bukan? Hal ini karena memang bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Jika Anda sedang mencari ide bisnis maka tidak ada salahnya untuk memperhitungkan bisnis makanan pedas ini, selain karena disukai banyak orang juga memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya. Lalu kira-kira makanan pedas apa yang peling cocok untuk kita jalankan bisnisnya? Berikut beberapa contoh ide bisnis makanan pedas yang ada di Indonesia :


Ide Bisnis Makanan Pedas

1)   Bisnis Seblak

Sulit untuk tidak memasukan seblak dalam daftar makanan pedas yang patut diperhitungkan mengingat makanan ini sedang digandrungi konsumen. Siapa yang tidak tergoda dengan pedas dan gurihnya seblak? Banyak sekali orang yang suka seblak, pelulis tidak terkecuali.

Seblak berasal dari tanah Tatar Sunda Jawa Barat, meskipun sudah ada sejak dulu namun makanan ini kembali populer beberapa tahun kebelakang dan menyebar ke seluruh Indonesia. Banyak dijual dipenggir jalan sempai dengan restoran, meskipun begitu harga dari makanan ini tetap terjangkau.

Bahan utama seblak adalah kerupuk mentah yang diberi kuah pedas gurih dengan toping yang disesuaikan dengan selera, bisa itu mie, telur, makaroni, keju, bakso, bihun, ceker, dan sebagainya, ataupun Anda bisa bertanya kepada konsumen mengenai apa yang mereka sukai.

Dari segi bisnis, bisnis makanan ini tidak membutuhkan modal yang besar, dalam arti bahwa Anda bisa menyesuaikan modalnya sesuai dengan kemampuan Anda, selain itu bahan baku dan peralatan penjunangnya juga mudah didapatkan. Bisnis ini sangat menjanjikan untuk Anda jalankan.


2)   Bisnis Bakso

Sebenarnya bakso ini pada umumnya level kepedasannya bisa diatur sendiri sesuai selera, namun dalam perkembangannya muncul bakso yang didalamnya terdapat bumbu cabai yang sangat pedas. Bakso ini diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap bakso super pedas, dan hasilnya banyak orang yang menyukai bakso ini.

Meskipun pada konsepnya sama yaitu bakso yang didalamnya berisi bumbu cabai, namun penamaan terhadap bakso ini sangat beragam, ada yang memberi nama ini bakso lava, bako setan, bakso bom, bakso hot jeletot, dan berbagai macam nama lainnya. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari bakso inil.

Bakso ini memiliki rasa yang enak, pedas dan menantang. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, Anda pasti akan menyukai bakso ini. Selain itu harga bakso ini juga relatif terjangkau, tidak berbeda dengan jenis bakso lainnya sehingga menjadi perpaduan yang sempurna untuk Anda mencobanya.


3)   Bisnis Cimol

Untuk orang Sunda mungkin makanan ini tidak asing karena memang makanan ini dijual dibanyak tempat, namun biasanya dijual didekat sekolah sebagai jajanan anak-anak sekolah. Rasanya yang pedas, gurih, dan kenyal, ditambah dengan harga yang murah menjadikan makanan ini banyak disukai anak-anak sekolah secara khusus dan masyarakat secara umum.

Bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis makanan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena dengan modal uang Rp. 50.000,00 pun Anda sudah bisa membuat makanan ini. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung karena makanan ini sangat mudah dibuat. Bahan utamanya adalah tepung tapioka (Aci), bumbu penyedap, dan air, lalu dicampur merata hingga menjadi adonan dan siap untuk digoreng.

Dari sisi bisnis, makanan ini sangat menguntungkan. Bayangkan dari modal yang sangat kecil, Anda bisa menghasilkan keuntungan hampir 100%. Hal penting yang harus diperhatikan dalam bisnis makanan ini adalah bagaimana cara membuat cimol yang enak dan kenyal. Selain itu pemilihan posisi jualan juga akan sangat mempengaruhi penjualan nantinya, carilah tempat jualan yang dekat dengan sekolah ataupun kampus dimana makanan ini sangat disukai oleh kalangan pelajar.


4)   Bisnis Ayam Geprek

Ayam geprek merupakan makanan yang sangat populer beberapa tahun ini, bahkan salah satu artis ternamapun memiliki bisnis ayam geprek. Tidak mengherankan memang, karena ayam geprek ini memiliki rasa yang enak dan juga pedas sehingga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain itu harganya juga ramah dikantong. Bisa makan makanan enak tanpa merusak kantong merupakan impian semua orang.

Dari segi bisnis, bisnis ini sangat menjanjikan. Ini bisa dilihat dari banyaknya penggemar makanan ini dan juga dari banyaknya orang yang sudah sukses menjalankan bisnis ini. Tidak usah takut untuk bersaing, selama Anda berjuang dengan sungguh-sungga pasti akan selalu ada jalan. Tentu Anda tidak hanya akan menjadi penonton saja bukan? Bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis makanan pedas, mungkin ayam geprek bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa Anda coba.

Ada  banyak ide bisnis makanan pedas yang bisa Anda jalankan. Dalam hal ini penulis hanya memberikan beberapa contoh ide bisnis makanan pedas saja, untuk mengetahui lebih banyak ide bisnis lainnya Anda bisa mencari disekitar Anda atau mencarinya diinternet. Yang pasti jangan terlalu terpaku pada ide bisnis yang diberikan orang lain, fokuslah pada apa yang menjadi minat Anda agar Anda lebih semangat menjalani bisnis Anda sendiri.


Ide Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

Bisnis apa yang mengalami pertumbuhan dimasa pandemi covid-19? Jawabanya salah satunya adalah bisnis makanan beku. Bisnis makanan beku atau frozen food merupakan salah satu bisnis yang mengalami peningkatan cukup pesat dimasa pandemi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang terjun ke bisnis ini dengan berbagai macam jenis makanan olehan yang ditawarkan.

Tentu penomena ini bukan tanpa alasan mengingat dimasa pandemi banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan penghasilan sehingga mencari bisnis sampingan yang dirasa menjanjikan dan mereka memilih berbisnis makanan beku. Kabar baiknya bisnis ini juga direspon dengan baik oleh konsumen, dimana terjadi peningkatan penjualan makanan beku dimasa pendemi. Tentu ini juga kabar baik untuk Anda yang berniat menjalankan bisnis ini bukan?

Sama halnya seperti bisnis makanan lainnya, berbisnis makanan beku juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan makanan yang selain enak juga tahan lama. Hal ini menyangkut pada kemasan makanan, dimana kemasan makanan beku biasanya membutuhkan cara dan alat tertentu agar makanan bisa awet dalam waktu yang lama. Tentu jika Anda berniat menjalankan bisnis ini Anda harus bisa mengatasi masalah tersebut.

Ada banyak jenis frozen food dipasaran yang bisa Anda tiru untuk Anda jalankan bisnisnya. Sebagai bahan referensi, berikut kami uraikan beberapa ide bisnis makanan beku (frozen food) yang bisa Anda jalankan :


Ide Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

1)   Frozen Food Nugget Ayam

Siapa yang tidak tahu chicken nugget atau naget ayam? Pasti semua orang tahu dan pernah mencobanya karena produk ini sangat terkenal dan mudah ditemukan. Di super market ataupun di mini market Anda pasti akan menemukan produk ini. Bahkan di TV-pun iklan produk ini sangat sering muncul. Maka tak heran produk ini sangat dikenal oleh masyarakat dan menjadi raja dari semua produk frozen food.

Nugget ayam sendiri adalah makanan berbahan dasar ayam, tepung, dan bumbu yang dioleh sedemikian rupa lalu dikemas dan dibekukan sehingga menghasilkan makanan yang enak dan tahan lama. Ketika ingin dikonsumsi kita hanya tinggal menggorengnya saja.

Selain enak dan praktis, harga nugget ayam juga cukup terjangkau. Sehingga sangat cocok menjadi salah satu pilihan makanan banyak konsumen. Terlebih bagi orang yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan, produk ini sangat cocok menjadi solusi.

Dari segi bisnis, berbisnis nugget ayam sangat menjanjikan. Dari uraian di atas kita bisa mengetahui keunggulan dan betapa dibutuhkannya produk ini. Sehingga bisnis ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan beku / frozen food yang bisa Anda jalankan.


2)   Frozen Food Bakso

Bakso adalah salah satu makanan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Tak heran hampir di setiap daerah di Indonesia ada orang yang berjualan bakso, baik di restoran ataupun dipinggir jalan kaki lima, dari yang murah sampai dengan yang mahal. Dan yang unik adalah setiap bakso di daerah satu dan di daerah lain biasanya memiliki citarasa yang berbeda tergantung si pembuat bakso tersebut.

Dalam perkembangannya bakso sekarang memiliki banyak sekali varian, mulai dari bakso sapi, bakso ikan, bakso urat, bakso tulang, bakso telur, sampai dengan bakso lobster. Ada yang bercitarasa gurih sampai pedas, berukuran kecil sampai besar. Semua varian tersebut merupakan upaya inovasi dari setiap produsen bakso untuk menarik perhatian konsumen.

Sementara dalam pengolahannya bakso sekarang juga sangat berkembang, diantaranya dengan hadirnya bakso yang dibekukan. Inovasi ini dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap bakso yang dapat disajikan di rumah secara praktis, enak, dan tentunya tahan lama.

Dalam hal ini, inovasi ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan beku bagi Anda yang berniat menjalankan usaha ini. Anda hanya perlu membuat bakso yang selain rasanya enak juga inovatif dengan varian yang beragam, sehingga akan menarik perhatian konsumen.


3)   Frozen Food Pempek

Pempek juga bisa menjadi pilihan ide bisnis makanan beku yang bisa Anda jalankan. Bukan tanpa alasan, makanan ini sangat populer, banyak peminatnya, rasanya enak, harga terjangkau, dan mudah untuk dibuat. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis ini tentu akan sangat menjanjikan.

Makanan ini sendiri berasal dari Palembang, namun sudah terkenal ke seluruh wilayah Indonesia. Biasa dijual di restoran ataupun kedai kaki lima. Pemepek berbahan dasar tepung dan daging ikan yang dihaluskan, dibentuk menjadi berbentuk lonjong, bulat, dan oval. Biasanya akan disajikan dengan cara digoreng dan diberi bumbu kuah yang khas.

Sementara pempek versi frozen food biasanya adalah pempek yang masih mentah dengan varian bentuk yang beragam, dibungkus dengan kemasan khusus lalu disimpan dilemari pendingin. Ketika ingin disajikan maka tinggal di diamkan beberapa menit disuhu ruangan lalu digoreng.


4)   Frozen Food Kentang Goreng

Ide bisnis makanan beku selanjutnya adalah kentang goreng. Siapa yang tidak suka kentang goreng, pasti banyak orang yang menyukai makanan ini. Rasanya yang enak, renyah, dan gurih ditambah dengan saus tomat atau cabai pasti membuat banyak orang ingin mencicipinya.

Makanan ini biasanya dijual di restoran waralaba terkenal asal Amerika bersama produk lainnya. Harganya juga cukup terjangkau oleh konsumen Indonesia. Namun sekarang tidak hanya di restoran tersebut, makanan ini bisa ditemukan dibanyak tempat seperti kafe, warung kopi, street food, dan sebagainya.

Sementara versi frozen food-nya bisa ditemukan di super market ataupun mini market. Biasanya produk ini dibeli oleh konsumen untuk disajikan ketika sedang berkumpul dengan keluarga atau untuk sekedar camilan disaat santai. Karena produk ini banyak peminatnya, maka dari segi bisnis, makanan ini sangat menjanjikan untuk dijadikan ide bisnis.


5)   Frozen Food Cireng Goreng

Cireng merupakan mekanan yang sangat terkenal di daerah Jawa Barat, makanan ini sudah dikenal sebagai jajanan street food dan jajanan anak sekolah daerah Jawa Barat dan sekarang mungkin sudah dikenal secara nasional. Makanan ini memiliki citarasa yang kenyal dan gurih, sangat cocok ditambah saus ataupun cabe bubuk.

Pada awalnya makanan ini hanya ada satu varian, yaitu hanya cireng biasa yang terbuat dari aci dan diberi bumbu. Namun sekarang cireng memiliki banyak varian, ada cireng isi sosis, isi usus, keju, daging, sayur, dan sebagainya. Hal ini membuat cireng menjadi lebih beragam dan konsumen bisa memilih sesuai selera sehingga membuat nilai tambah dari makanan ini meningkat.

Selain itu dalam perkembangannya sekarang, cireng tidak hanya dijual langsung secara matang tetapi ada pula yang dijual versi frozen foodnya dimana hal ini memudahkan konsumen dalam menyimpan persediaan makanan ini di rumahnya. Tak hanya itu, respon konsumen juga sangat baik terhadap cireng frozen ini dimana penjualannya terus mengalami kenaikan. Maka bagi Anda yang berniat memulai bisnis makanan frozen food ini tidak usah ragu, karena bisnis makanan ini sangat menjanjikan.

Itulah beberapa ide bisnis makanan beku (frozen food) yang bisa kami uraikan, selebihnya kembali kepada Anda akan menggunakan ide ini atau tidak. Namun yang pasti semoga beberapa ide bisnis makanan beku di atas dapat menjadi jalan bagi Anda untuk memperoleh ide cemerlang yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan.


Ide Bisnis Makanan Rumahan

Mencari ide untuk berbisnis makanan rumahan? Anda ada pada artikel yang tepat. Berbisnis makanan rumahan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang membutuhkan penghasilan sampingan ataupun bahkan penghasilan utama. Mengapa demikian karena jika dijalankan dengan baik usaha rumahan akan membuahkan penghasilan yang sangat menjanjikan. Maka tak heran jika dimasa pandemi banyak orang yang melirik bisnis makanan rumahan sebagai bisnis sampingan akibat terdampak PHK ataupun penghasilan yang menurun.

Selain menawarkan penghasilan yang menjanjikan, bisnis makanan rumahan memiliki banyak keunggulan lain, diantaranya yaitu : Besaran modal fleksibel, dalam arti Anda bebas menentukan modal sesuai dengan kemampuan Anda. Bebas menentukan pilihan makanan dengan versi yang Anda inginkan. Tidak wajib memiliki toko selama dijual secara online. Biaya produksi cenderung murah, Anda bisa memanfaatkan peralatan yang ada di rumah Anda. Bisnis rumahan merupakan salah satu bisnis yang berkontribusi menyerap banyak tenaga kerja, itu artinya Anda membantu mengurangi pengangguran. Lalu keunggulan lainnya adalah bisnis makanan rumahan Anda berpotensi berkembang menjadi sebuah perusahaan besar. Dan masih banyak keunggulan lainnya dari bisnis makanan rumahan.

Lalu yang jadi pertanyaan sekarang adalah bisnis makanan rumahan apa yang kira-kira akan laku dipasaran? Tentunya hal ini membutuhkan sebuah riset tersendiri, namun beberapa ide bisnis makanan rumahan berikut mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda :


Ide Bisnis Makanan Rumahan


1)   Bisnis Katering Makanan Sehat Rumahan

Mungkin Anda juga menyadari bahwa sekaran ini banyak orang yang semakin sadar akan kesehatan, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 semua orang seakan berlomba untuk menjaga kesehatan tubuhnya, bisa itu dengan berolahraga secara teratur, berjemur dipagi hari, mengkonsumsi buah-buahan dan vitamin, serta mengkonsumsi makanan sehat.

Dengan semakin sadarnya masyarakat akan kesehatan maka permintaan akan makanan sehatpun juga mengalami peningkatan, dan hal ini melahirkan peluang bisnis baru bagi mereka yang sadar akan peluang ini, termasuk Anda.

Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan untuk mengambil peluang besar ini adalah dengan cara berbisnis cetring makanan sehat rumahan. Anda bisa membuat sebuah makanan sehat dan menawarkannya kepada konsumen untuk dikirim setiap pagi untuk dijadikan sebagai sarapan sehat.

Dalam hal ini Anda harus memiliki kemampuan untuk membuat makanan yang sehat dan kaya akan giji seimbang. Jika Anda seorang ahli giji, kemampuan Anda akan membantu dalam hal ini. Namun jika Anda bukan seorang ahli giji, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum terjun menjalankan bisnis ini.


2)   Bisnis Katering Makan Pagi untuk Mahasiswa

Ide bisnis makanan rumahan ini mungkin akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah yang tidak jauh dari kampus atau kost’an mahasiswa. Ide bisnis ini muncul didasari atas keresahan mahasiswa yang terlalu sibuk dengan pendidikannya sehinga tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkan sarapan pagi. Jika Anda pernah menjadi mahasiswa rantau, pasti Anda juga mengalami hal ini bukan?

Dalam hal ini kesempatan seperti inilah yang harus Anda manfaatkan sehingga menjadi peluang bisnis menguntungkan. Jika Anda menyadari bahwa sebagian besar bisnis yang sukses timbul dari sebuah masalah, dalam arti bahwa jika Anda bisa mencarikan sebuah solusi untuk sebuah masalah maka solusi tersebut bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda (masalah = peluang bisnis).

Dalam hal ini, ini juga berlaku untuk peluang bisnis ini. Bayangkan jika disekitar tempat tinggal Anda ada ratusan mahasiswa yang ngekost, lalu mereka berlangganan ketering sarapan pagi kepada Anda, berapa rupiah keuntungan yang bisa anda dapatkan? Sangat menjanjikan bukan? Oleh karena itu segera realisasikan ide bisnis makanan rumahan ini, sebelum orang lain yang melakukannya.

 

3)   Bisnis Makanan Ringan Rumahan

Bisnis makanan ringan tampaknya menjadi bisnis yang sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai bisnis makanan rumahan. Hal ini karena bisnis makanan ringan sangat mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal dan peralatan yang banyak. Hanya dengan modal yang kecil dan peralatan yang ada di rumah, Anda bisa dengan mudah memulai bisnis ini.

Bisa dibilang tantangan dalam menjalankan bisnis ini sebagian besar tidak berada pada persoalan modal dan peralatan, tetapi terletak pada bagaimana menciptakan makanan ringan yang enak dan bagaimana cara memasarkannya agar menarik perhatian konsumen.

Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa anda pilih dan jalankan, seperti misalnya keripik singkong, keripik tempe, keripik kentang, dan sebagainya. Pilihlah makanan ringan apapun yang sekiranya akan laku menurut Anda. Dalam hal ini Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan seperti bertanya kepada orang-orang sekitar Anda seperti keluarga Anda, tetangga Anda, teman Anda, dan sebagainya tentang makanan ringan apa yang paling mereka sukai.

Setelah Anda memilih makanan ringan yang akan Anda jalankan bisnisnya, ada baiknya dalam proses produksi Anda melakukan sebuah inovasi agar produk Anda memiliki nilai yang lebih dibandingkan produk serupa lainnya, bisa itu dalam hal varian rasa yang beragam dan unik, bisa itu dari segi kemasan yang menarik, atau bisa juga dari cara pemasaran yang kreatif sehingga menarik perhatian konsumen untuk membelinya.


4)   Bisnis Aneka Kue Rumahan

Bagi Anda yang mungkin seorang ibu rumah tangga, berbisnis kue mungkin bisa menjadi pilihan cocok untuk Anda. Daripada waktu luang Anda di rumah dihabiskan dengan menenton acara gossip, lebih baik waktu dan kemampuan Anda digunakan untuk berbisnis aneka kue rumahan. Selain lebih bermanfaat juga bisa menambah penghasilan untuk membantu keuangan keluarga.

Sudah banyak orang yang bisa dijadikan contoh sukses dalam bisnis ini. Alasan mereka pada dasarnya sama, yaitu ingin menambah penghasilan sembari mengisi waktu luang di rumah. Mereka memulai bisnisnya tidak serta merta langung besar, tetapi mulai dari modal yang seadanya dan seiring berjalannya waktu mereka melakukannya dengan tekun sehingga bisnisnya terus berkembang dan akhirnya menjadi besar.

Mengenai kue apa yang cocok untuk diproduksi itu kembali kepada Anda sendiri, dalam hal ini kue apa yang bisa Anda buat dan banyak peminatnya. Namun jika Anda belum bisa membuat kue yang Anda inginkan Anda bisa kursus terlebih dahulu. Beberapa contoh kue yang bisa Anda jual misalnya seperti kue ulang tahun, donat, cookies, cheese cake, brownies, rainbow cake dan sebagainya.

Sementara terkait pemasarannya, Anda bisa menawarkannya kepada orang-orang disekitar Anda terlebih dahulu seperti teman, tetangga dan sebagainya serta bisa melalui akun media sosial yang Anda miliki. Buatlah foto atau video yang menarik sehingga akan menarik minat konsumen. Jika Anda mejalankan ide bisnis rumahan ini dengan baik hasilnya pasti akan sangat menjanjikan.

Jadi itulah beberap contoh ide bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan. Bisnis rumahan ini terlihat sangat mudah dijalankan namun harus digeris bawahi bahwa setiap bisnis apapun itu pasti memiliki tentangan tersendiri meskipun berbeda jenis tentangannya.

Adapun dalam hal ini sebenarnya kami sudah membuat sebuah artikel super lengkap mengenai bisnis rumahan, jika Anda berminat membacanya Anda bisa mengunjungi link berikut : 36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya.


Ide Bisnis Makanan Anak Sekolah

Rumah Anda dekat dengan Sekolah? Melihat ratusan anak sekolah yang berlalu-lalang setiap hari menuju dan pergi dari sekolah serta pada jam istirahat mereka semua berkumpul di kantin sekolah untuk membeli makanan yang mereka sukai, Anda-pun melihat para pedagang tersenyum melihat dagangan mereka habis terjual, membuat Anda berpikir bisakah saya juga berjualan makanan anak sekolah? Bukankah pikiran tersebut sempat tersirat dalam kepala Anda?

Berbisnis makanan anak sekolah memang sangat menjanjikan, meskipun terlihat “biasa saja” namun faktanya para pedagang makanan anak sekolah bisa meraup penghasilan ratusan ribu sampai jutaan rupiah per hari. Bayangkan saja dengan jumlah siswa yang mencapai ratusan siswa membeli jajanan makanan setiap hari, berapa kira-kira keuntungan yang bisa didapatkan? Pasti sangat menggiurkan bukan?

Dalam konteks keuntungan memang bisnis makanan anak sekolah tidak diragukan lagi, sangat menjanjikan. Tinggal bagaimana Anda memilih makanan apa kira-kira yang paling cocok dan akan laku jika dijual ke anak sekolahan. Memilih makanan ini sebenarnya susuh-susah gampang. Anda perlu lebih peka membaca trand makanan yang sedang populer diantara anak sekolahan.

Cobalah perhatikan jajanan makanan apa yang biasa dibeli oleh anak sekolah, atau anda bisa langsung bertanya kepada sebagian anak sekolah mengenai jajanan makanan apa yang mereka sukai atau bias mereka beli di sekolah, lalu tanyakan kira-kira jika Anda menjual makanan tertentu apakah mereka akan membelinya atau tidak. Riset kecil-kecilan ini terkesan sepele tapi percayalah hal ini akan berdampak besar bagi penjualan Anda nantinya.

Jika Anda sudah menemukan jawaban tentang makanan apa yang akan Anda jual kepada anak sekolah, maka segera mulailah bisnis Anda, jangan hanya menjadi sebuah rencana saja. Akan tetapi jika Anda masih belum memutuskan akan menjual makanan apa yang tepat dan masih membutuhkan sedikit ide, maka beberapa ide bisnis makanan anak sekolah ini mungkin bisa membantu :


Ide Bisnis Makanan Anak Sekolah


1)   Bisnis Telur Gulung

Tidak ada alasan yang kuat untuk tidak memasukan bisnis terlur gulung ke dalam list ini mengingat betapa populernya makanan ini dikalangan anak sekolah ataupun masyarakat secara umum. Anda pasti sering melihat jajanan ini disekitar sekolah, hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat memang makanan satu ini sangat disukai oleh anak sekolah.

Selain rasanya yang enak dan gurih, harga makanan ini juga sangat murah hanya berkisar antara Rp. 1.000,00 – Rp. 2.000,00 saja, tentu sangat terjangkau untuk uang saku anak sekolah. Namun dalam hal ini bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis ini tidak perlu khawatir, meskipun harga makanan ini sangat murah tetapi bahan baku untuk membuat makanan ini juga tergolong sangat murah. Selain itu keuntungan bisa didapatkan lewat volume penjualan yang banyak dari ratusan anak sekolah yang membeli, sehingga bisnis ini tetap sangat menjanjikan.

Jika Anda ada waktu, luangkanlah untuk bertanya kepada orang yang sudah terlebih dulu terjun kedalam bisnis makanan ini, berapa keuntungan yang ia dapatkan setiap harinya, kami yakin itu cukup menggiurkan dan akan menambah motivasi Anda untuk menjalankan bisnis ini.

Sementara sari segi produksi, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, modal untuk menjalankan bisnis ini tergolong sangat terjangkau. Anda hanya perlu peralatan memasak, minyak, telur, bumbu, dan saus. Cara membuatnyapun tergolong sangat mudah, Anda mungkin akan langsung bisa membuatnya hanya dengan menonton video tutorialnya satu kali. Jadi, tunggu apa lagi? Segera realisasikan ide bisnis makanan anak sekolahan menjanjikan ini.


2)   Bisnis Sosis Bakar / Sosis Goreng

Ide bisnis sosis bakar merupakan bisnis yang cukup sering ditemukan dilingkungan sekolah, hal ini kerena makanan ini cukup digemari anak-anak sekolah. Selain enak dan harganya murah makanan ini juga cukup bergiji jika dibandingkan dengan jajanan lainnya selain juga pasti mengenyangkan karena terdapat beberapa varian sosis jumbo, sedang, maupun kecil. Selain itu beberapa varian lainnya ada yang terbuat dari daging sapi ataupun ayam.

Jika Anda berminat menjalankan ide bisnis makanan anak sekolah ini maka mungkin Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti, hal ini karena menjalankan bisnis ini tergolong sangat mudah. Dimana yang Anda butuhkan hanyalah alat penggorengan (kompor, alat penggang, katel, dll), sosis sapi atau ayam, bumbu saus dengan varian rasa, dan tempat usaha. Ketika Anda berhasil mendapatkan bahan-bahan tersebut Anda pasti akan bisa menjalankan bisnis ini.

Sebetulnya ada beberapa ide bisnis makanan anak sekolah yang berbahan dasar sosis, yaitu sosis bakar, sosis mie dan sosis telur. Jika sosis bakar dibuat dengan cara dipanggang dan diberi mayones dan sous, beda halnya dengan sosis mie yang dibuat dari sosis yang dibalut oleh mie diluarnya lalu digoreng hingga matang dan diberi mayones dan saus. Sementara sosis telur terbut dari sosis yang dibalut oleh lepisan telur yang sudah dicampur dengan bumbu dan sauran. Dalam hal ini Anda bisa memilih mana ide bisnis yang terbaik menurut Anda.


3)   Bisnis Cilor

Anda tahu apa itu Cilor? Cilor adalah jajanan anak sekolah yang sedang populer akhir-akhir ini, jajanan ini hampir selalu ada disekitaran sekolah. Makanan ini sendiri sesuai dengan namanya terbuat dari aci yang digoreng bersama balutan telur.

Makanan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sesuai dengan uang saku anak sekolah. Hal ini karena bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat Cilor juga sangat murah hanya aci dan telur. Meskipun murah, makanan ini memiliki rasa yang enak, kenyal, dan gurih sehingga tidak heran anak sekolah sangat menyukainya.

Cilor memiliki tekstur yang krispi diluar (karena balutan telur) dan kenyal didalam (karena aci), biasanya disajikan dengan saus pedas ataupun saus bumbu kacang. Bisnis Cilor mungkin bisa menjadi salah satu referensi ide bisnis yang bisa Anda perhitungkan.


4)   Bisnis Takoyaki

Takoyaki merupakan makanan berbentu bulat yang berasal dari Jepang yang terbuat dari tepung dan bahan lainnya yang didalamnya terdapat isian gurita. Makanan ini banyak terdapat di steet food di kota-kota besar di Jepang. Seiring berjalannya waktu, makanan ini sudah masuk ke Indonesia dan banyak peminatnya. Tentunya disesuaikan dengan bahan-bahan yang halal dan sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Pada perkembangannya makanan ini juga sering dijajakan di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Karena takoyaki dengan isian gurita relatif lebih mahal, maka agar sesuai dengan uang saku anak sekolah para penjual takoyaki di sekolah menggunakan isian yang lebih terjangkau seperti cumi, sosis, keju, dan sebagainya.

Bahan-bahan untuk membuat takoyaki relatif mudah ditemukan dan tentu membuatnyapun relatif sangat mudah, hanya mungkin pada pembentukan takoyaki agar menjadi bulat membutuhkan usaha yang lebih, namun jika sudah terbiasa pasti akan lebih mudah.

Ide bisnis takoyaki terbilang sangat menjanjikan mengingat makanan ini banyak disukai orang termasuk anak-anak sekolah, cara membuat dan harganyapun relatif terjangkau. Sehingga tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan ide bisnis makanan anak sekolah ini.


5)   Bisnis Makaroni Goreng

Makaroni goreng sangat populer akhir-akhir ini. Makanan ini berasal dari Kota Tasikmalaya yang akhirnya menyeber keberbagai wilayah di Indonesia. Sebenarnya makanan ini sangat disukai oleh semua kalangan, tetapi makanan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai jajanan untuk anak sekolah. Rasanya yang renyah, gurih, dan pedas pastinya sangat disukai oleh anak-anak sekolah. Selain itu harganya juga pas dikantong anak sekolah.

Sementara dari segi bisnis, makanan ini tentu sangat menjanjikan. Dari segi modal, makanan ini relatif kecil, dari segi peralatan mudah didapat dan tidak membutuhkan peralatan khusus, dari segi harga bahan baku sangat murah, dari segi produksi sangat mudah untuk dibuat, dari segi pemasaran sangat mudah dijual karena sudah dikenal banyak orang, dan dari segi laba pasti sangat menguntungkan bisa dilihat sudah banyak orang yang sukses menjalankan usaha ini. Sehingga apabila ditanya, apakah ide bisnis makanan anak sekolah ini harus diperhitungkan? Maka jawabannya sudah pasti ya.

Jadi, dari beberapa contoh ide bisnis makanan anak sekolah di atas yang mana yang paling cocok dengan Anda? Perlu diingat bahwa setiap ide bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya, maka dalam hal ini Anda dituntut untuk bisa memilih mana ide bisnis yang paling cocok. Caranya bisa dengan mewawancarai target konsumen Anda, melihat lokasi dimana Anda berjualan, siapa kompetitor Anda, berapa keuntungan yang Anda inginkan, dan sebagainya. Semoga beberapa ide bisnis makanan anak sekolah diatas bisa membantu.


Ide Bisnis Makanan Kering

Dari sekian banyak ide bisnis makanan, yang paling banyak diminati adalah jenis makanan kering. Makanan kering disini adalah makanan yang memiliki kadar air yang rendah, seperti keripik, kue kering dan sebagainya. Biasanya orang memilih jenis makanan ini karena lebih tahan lama dibandingkan dengan makanan basah, sehingga jika tidak laku pada hari tertentu bisa dijual lagi pada hari berikutnya.

Selain itu, banyak juga keunggulan-keunggulan lainya dari makanan kering ini seperti misalnya, lebih mudah dalam pengemasan, lebih awet, ringan, mudah dibawa, memiliki tekstur yang renyah, disukai banyak orang, memudahkan dalam pengiriman, dan banyak keunggulan lainnya.

Dengan banyaknya keunggulan yang ada pada makanan kering maka tak heran banyak yang tertarik untuk menjalankan bisnis makanan kering ini. Namun juga tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga yang masih bingung untuk memilih jenis makanan kering apa yang akan dijadikan bisnis seperti timbul pertanyaan “kira-kira makanan kering apa ya yang bakalan laku dijual?” Maka untuk mengatasi masalah ini berikut kami uraikan beberapa ide bisnis makanan kering yang mungkin bisa Anda pertimbangkan :


Ide Bisnis Makanan Kering


1)   Bisnis Keripik Singkong

Pernah dengar kisah pengusaha keripik Maichi yang berjualan keripik singkong sampai bisa sukses dan membeli mobil Ferrari? Pasti pernah dengar bukan, karena kisah ini sudah sangat terkenal beberapa tahun yang lalu. Lalu apa hal yang bisa diambil dari kisah itu? Kesuksesan bisa datang dari hal yang dianggap kecil.

Kita mungkin seringkali meremehkan hal-hal kecil, padahal jika kerjakan dengan baik bisa mendatangkan kesuksesan yang besar. Dalam konteks ini berjualan keripik singkong mungkin terlihat tidak menjanjikan bagi sebagian orang, namun faktanya bisnis ini bisa menjadi tumpuan kesuksesan seseorang. Hal ini bisa dilihat dari cerita pengusaha keripik Maichi.

Hal penting lainnya yang bisa menjadi pembelajaran berharga dari kisah tersebut adalah tentang inovasi. Dimana keripik Maichi mampu menampilkan keripik singkong yang lebih inovatif, entah dari segi rasa yang memiliki berbagai level kepedasan, entah juga dari segi promosi yang kretaif di sosial media. Dalam hal ini, selalu berinovasi adalah kunci kesuksesan dari ide bisnis seperti ini.

Dengan mengetahui kisah kesuksesan tersebut, semoga bisa menjadi pelecut semangat Anda untuk memuali bisnis Anda hingga mencapai kesukesan, dan ide bisnis makanan kering ini bisa menjadi salah satu ide yang Anda pertimbangkan.


2)   Bisnis Jamur Crispy

Pasti makanan ini tidak asing lagi dibenak Anda, karena memang makanan ini sudah banyak dijual dibanyak tempat dan dibanyak daerah. Rasanya yang gurih dan renyah sangat disukai banyak orang, ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau membuat makanan ini cukup populer.

Seperti namanya, jamur crispy terbuat dari jamur yang dipadukan dengan tempung dan bumbu sehingga menghasilkan rasa yang gurih, renyah, dan nikmat. Cara membuatnyapun tergolong cukup mudah, tentangannya mungkin ada pada bagaimana caranya membuat jamur ini menjadi sangat renyah, karena sebagian orang mengalami kesulitan pada bagian ini. Disini kuncinya adalah pencampuran air es dan baking soda kedalam adonan tepung, kedua bahan ini dipercaya akan membuat jamur crispy menjadi renyah.

Bagi Anda yang berniat menjalankan ide bisnis makanan kering ini tidak perlu ragu karena dari segi bisnis, makanan ini cukup menjanjikan. Dimana makanan ini sudah dikenal dan disukai banyak orang, ditambah dengan modal untuk menjalankan bisnis ini juga tergolong cukup terjangkau. Dalam hal ini, Anda hanya perlu terus berinovasi menciptakan jamur crispy yang enak serta banyak varian.


3)   Bisnis Mie Lidi

Siapa yang waktu SD suka jajan Mie Lidi? Jika Anda anak 90an pasti pernah jajan makanan ini, karena memang makanan ini sangat populer pada waktu itu. Namun setelah lama menghilang dan menjadi kenangan masa kecil, jajanan ini kembali muncul beberapa tahun belakangan ini sehingga terasa seperti nostalgia bagi anak-anak 90an.

Tentu tidaklah mengherankan jika makanan ini muncul kembali, karena memang rasanya enak, gurih, pedas, dan renyah, rasa-rasa seperti ini biasanya memang banyak disukai orang, terutama anak-anak muda. Maka tidak membutuhkan waktu yang lama bagi makanan ini untuk kembali mendapatkan kepopulerannya.

Lantas dari segi bisnis apakah makanan ini menjanjikan? Tentu saja, berbisnis mie lidi sangat menjanjikan. Dengan rasa yang enak, ditambah dengan harganya yang murah dan disukai banyak orang maka akan sulit jika tidak mengatakan bisnis ini menjanjikan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menjalankan ide bisnis makanan kering ini tidak usah ragu dan bingung karena bisnis ini sangat menjanjikan.


4)   Bisnis Arum Manis Rambut Nenek

Satu lagi produk yang berasal dari masa lalu yang kini dikenal kembali, yaitu arum manis “rambut nenek”. Jika umur kita barada dikisaran yang sama, pasti Anda juga semasa kecil suka membeli makanan ini. Rasanya yang manis dan enak membuat hari-hari kita dahulu juga bertambah manis. Namun entah sejak kapan dimulai makanan ini menjadi sulit ditemukan dan akhirnya tinggal kenangan saja.

Beruntung pada tahun 2017 seorang pengusaha muda bernama Ryan Adam Saputra Angkawijaya mengenalkan kembali makanan ini lewat produknya yang lebih modern dibandingkan dahulu saat kita masih anak-anak. Tentu tidak akan ada keberhasilan tanpa tantangan. Ryan pada awalnya tidak mudah untuk menjual produk ini, dibulan-bulan awal bisnisnya ia hanya bisa menjual 5 - 10 pcs saja perhari, itupun dengan usaha yang sangat keras.

Ditengah tantangan usahanya tersebut Ryan pun berinisiatif untuk melakukan re-branding terhadap produknya, mulai dari pengemasan hingga target pasar. Setelah itu lambat laun usahanya menunjukan hasil yang sangat positif, dari yang awalnya hanya bisa menjual 5 – 10 pcs saja perhari menjadi 1.000 pcs per hari dengan ratusan orang yang ingin mendaftar menjadi reseller.

Dari kisah tersebut kita bisa memetik pelajaran bahwa bahkan produk yang dikatakan hampir matipun bisa bangkit kembali dengan inovasi. Jadi jengan pernah meremehkan makanan-makanan tradisional, karena bisa jadi jika kita melakukan re-branding pada makanan tersebut akan menghasilkan produk yang disukai banyak orang.


5)   Bisnis Kue Kering

Jika Anda perhatikan bisnis kue kering dari tahun ke tahun semakin bertumbuh. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat peluang dalam bisnis ini memang sangat besar. Dahulu orang akan membuat kue ketika menjelang hari-hari besar seperti lebaran, natal, tahun baru, dan sebagainya. Namun sekarang banyak orang yang tidak sempat untuk membuat kue dikarenakan kesubukan kerja yang sangat menyita waktu. Oleh karena itu banyak orang akhirnya lebih memilih membeli kue kering yang sudah jadi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh orang yang bisa melihat peluang ini dengan cara membuka bisnis kue kering.

Berbisnis kue kering memang susah-susah gampang, akan susah apabila Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuatnya dan sebaliknya akan gampang apabila Anda jago dalam membuat kue kering. Oleh karena itu bisnis ini sangat prospektif bagi Anda yang memiliki kemampuan tersebut. Namun jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat kue, Anda juga tidak usah khawatir, Anda bisa merekrut pegawai untuk membuat bisnis kue kering Anda berjalan.

Ada berbagai jenis kue kering yang bisa Anda jalankan binisnya, bahkan saking banyak jenisnya Anda mungkin akan bingung untuk memilih salah satu darinya. Seperti diantaranya kue putri salju, nastar, kue semprit, kue tambang, kue telur gabus, kue kacang, kue garpu, kue lidah kucing, dan sebagainya. Dalam hal ini saran kami adalah pilihlah kue kering yang disukai banyak orang dan Anda bisa membuatnya. Selain itu Anda juga bisa berinovasi terhadap jenis kue kering yang Anda pilih sehingga menghasilkan kue yang sesuai dengan ciri khas dan keinginan Anda sendiri. Maka tidak diragukan lagi bahwa ide bisnis kue kering ini sangat menguntungkan jika Anda menjalankannya dengan baik.

Akhir kata, itulah beberapa ide bisnis makanan kering yang bisa kami uraikan. Sebenarnya ada banyak sekali ide bisnis lainnya yang bisa menjadi peluang besar untuk Anda. Oleh karena itu jangan terlalu fokus terhadap beberapa ide yang kami sajikan di atas sehingga Anda melewatkan ide bisinis lainnya yang mungkin sangat menguntungkan dan cocok untuk Anda.


Posting Komentar untuk "50+ Ide Bisnis Makanan Online, Ringan, Kekinian, Pedas, dll. LENGKAP !!"