50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku

Ide Bisnis Makanan

Ide bisnis makanan apa yang kira-kira akan laku dijual ke masyarakat? Mungkin pertanyaan ini yang ada dibenak Anda yang berniat untuk menjalankan sebuah bisnis makanan. Hal tersebut sangat wajar karena Anda pasti juga menginginkan kesuksesan dalam berbisnis.

Berbicara tentang ide bisnis, dari dulu sampai sekarang bisnis makanan menjadi salah satu pilihan teratas bagi kebanyakan orang yang ingin memulai sebuah bisnis. Hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat selain makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, makanan dengan berbagai bentuk dan citarasa juga sangat banyak peminatnya.

Belum lagi setiap tahun jumlah penduduk mengalami peningkatan, itu berarti kebutuhan akan makanan juga otomatis akan melonjak sehingga bisnis makanan akan selalu menjanjikan kedepannya. Dalam hal ini tinggal bagaimana Anda mengeksekusi peluang menjanjikan ini.


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Berbisnis Makanan

Sebelum Anda akhirnya memulai bisnis makanan Anda sendiri, ada beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dimana hal ini sedikit banyak mungkin akan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis makanan Anda nantinya. Anda pasti tidak mau ketika sudah susah-susah menjalankan bisnis tapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan, itu pasti sangat menyakitkan. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis makanan :


1)   Target Konsumen

Sebenarnya menentukan target konsumen tidak hanya penting dalam bisnis makanan saja melainkan dalam bisnis lain juga sangat penting, hal ini karena ketika Anda sudah menentukan terget konsumen Anda, Anda akan lebih mudah untuk merancang strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda.

Contohnya katakanlah Anda memiliki ide untuk berbisnis makanan dengan terget konsumen pelajar atau mahasiswa. Maka dalam hal ini Anda bisa menentukan makanan apa yang peling cocok dijual kepada mereka, menggunakan konsep, tempat, dan pemasaran yang tepat untuk mereka, sehingga bisnis Anda akan jauh lebih terarah, efisien dan efektif.


2)   Perencanaan Strategi

Seperti yang telah disinggung diawal, ketika Anda sudah menentukan terget konsumen Anda maka langkah berikutnya adalah menentukan strategi apa yang akan dilakukan agar bisnis makanan Anda dapat berjalan dengan baik. Seperti diantaranya dalam pemilihan menu makanan yang akan ditawarkan dan apa makanan unggulannya, lalu dalam hal bahan baku makanan, tempat usaha, pemasaran, pelayanan, dan sebagainya. Semua hal tersebut harus direncanakan dengan matang ager dalam prosesnya nanti Anda bisa meminimalisir kegagalan.


3)   Bahan Baku Makanan

Bahan baku dalam bisnis makanan sangat penting peranannya terhadap kualitas makanan yang nantinya dihasilkan. Makanan yang dibuat dengan bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan makanan yang berkualitas juga, sehingga akan berpengaruh terhadap rasa makanan tersebut. Sementara rasa makanan menjadi faktor penentu keputusan pembelian konsumen terhadap suatu makanan. Dalam hal ini makanan yang berkualitas akan menjadi modal dalam kesuksesan bisnis makanan.

Sebisa mungkin pilihlan bahan baku yang berkualitas. Perlu digaris bawahi berkualitas disini bukan berarti berharga mahal, malainkan makanan tersebut misalnya masih segar, tidak kadaluarsa, aman dikonsumsi dan sebagainya. Disini diperlukan kemampuan Anda dalam memilih dan memilah bahan baku yang bagus untuk bisnis makanan Anda.


4)   Tempat Produksi dan Tempat Usaha

Salah satu hal yang penting dalam bisnis makanan adalah tempat produksi dan tempat usaha. Dalam hal ini usahakan tempat produksi makanan dan tempat usaha Anda selalu dalam keadaan bersih dan rapih. Hal ini karena biasanya konsumen akan lebih memilih tempat makan yang bersih ketimbang yang kotor. Tempat yang bersih akan memberikan konsumen kepercayaan bahwa makanan yang dijual dioleh dengan cara yang higienis, sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang kebersihan dan kualitas makanan yang dijual.

Sementara jika Anda menjual makanan Anda secara online, usahakan tempat untuk membungkus makanan Anda memang diperuntukan untuk makanan sehingga aman melindungi makanan ketika dikirim. Selain itu, kebersihan dan ketahananyapun harus diperhatikan.


5)   Kualitas dan Rasa Makanan

Kualitas dan rasa makanan merupakan faktor terpenting dalam bisnis makanan. Dimana kedua hal ini akan menentukan sukses tidaknya bisnis makanan Anda. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat salah satu alasan utama konsumen membeli suatu makanan adalah karena rasa dan kualitasnya. Sehingga dalam hal ini jika Anda ingin sukeses menjalankan bisnis makanan, maka Anda harus berusaha untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dan kualitas yang baik. Ketika Anda berhasil membuatnya, maka tidak perlu disuruh lagi konsumen akan datang sendiri ke tempat Anda.


6)   Pemasaran

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting dalam bisnis apapun termasuk bisnis makanan. Pemasaran bertujuan untuk menyadarkan konsumen akan keberadaan suatu produk sehingga mereka penasaran, melihat, dan membeli produk yang ditawarkan.

Dalam hal ini ketika Anda memulai sebuah bisnis makanan maka usahakan Anda memiliki pemasaran yang baik agar bisnis Anda dapat dikenal luas masyarakat. Tawarkanlah bisnis makanan Anda kepada terget konsumen Anda, berikan penawaran yang menarik, visualisasi yang menggoda, dan iklan yang menarik perhatian.


7)   Harga Makanan

Harga makanan juga perlu untuk Anda perhatikan, karena harga makanan ini menjadi salah satu faktor yang menentukan keputusan pembelian konsumen. Konsumen cenderung menginginkan harga yang murah dengan kualitas yang baik. Dalam hal ini tugas Anda bukan memberikan harga yang murah, melainkan memberikan harga yang pantas. Jangan sampai Anda memberikan harga yang tidak masuk akal untuk produk makanan yang Anda jual, karena itu akan merusak reputasi bisnis Anda. Ketika reputasi bisnis Anda rusak, maka jangan harap Anda akan meraih kesuksesan dalam berbisnis.


8)   Pelayanan

Pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda. Sering kali terjadi pada sebuah bisnis makanan dimana mereka sudah memiliki makanan yang enak, tempat yang bersih, dan keunggulan lainnya tetapi tidak ditunjang oleh pelayanan yang baik sehingga mereka ditinggalkan oleh konsumennya. Konsumen hanya datang satu kali saja untuk mencoba dan ternyata mereka tidak mendapatkan pelayanan yang baik sehingga mereka tidak jadi langganan dan tidak pernah lagi membeli makanan di tempat tersebut.

Itulah mengapa pelayanan yang baik sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis, bukan hanya bisnis makanan saja melainkan semua bisnis perlu memberikan pelayanan terbaik agar konsumen merasa nyaman dan akhirnya berlangganan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memulai sebuah bisnis makanan. Tentunya beberapa hal yang sudah disebutkan diatas tidak mesti menjadi standar baku, Anda bisa menambah atau mengurangi beberapa hal sesuai dengan kebutuhan bisnis makanan Anda.


Ide Bisnis Makanan Online

Di era yang serba teknologi ini ide bisnis semakin berkembang. Jika dahulu ide bisnis hanya muncul dengan cara konvensional, sekarang ini ide bisnis muncul dengan modernitas, dalam arti bahwa ide bisnis sekarang selalu melibatkan kemampuan teknologi didalamnya.

Katakanlah jika dulu menjual makanan hanya bisa dilakukan dengan membuat toko atau lapak disuatu tempat, namun sekarang ini menjual makanan bisa dilakukan secara online dengan bantuan teknologi yang ada. Sehingga jika dibandingkan biaya yang dikeluarkan juga akan jauh lebih murah dan lebih efisien.

Banyak orang yang sudah terjun dalam bisnis online, dan sebagaian besar dari mereka juga sudah sukses menjalankan bisnis ini. Hal ini tentunya tidak mengherankan mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat ditunjang dengan besarnya peluang pasar dan dengan fakta bahwa Indonesia menjadi salah satu pengguna internet terbesar dunia menjadikan bisnis online sangat menjanjikan.

Dengan uraian di atas, tentu Anda tidak mau jika hanya menjadi penonton kesuksesan orang lain bukan? Namun jika Anda masih bingung mengenai “Apa ya ide bisnis makanan online yang bisa saya jalankan?” Maka berikut kami uraikan beberapa ide bisnis makanan online yang bisa Anda jalankan :


Ide Bisnis Makanan Online


1)   Bisnis Makanan Ringan

Ide bisnis makanan online yang pertama adalah menjual makanan ringan, seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik pisang, mie lidi, makaroni, dan sebagainya. Kenapa kami menyarankan Anda berbisnis makanan ini karena bisnis makanan ini cenderung mudah dilakukan secara online. Dimulai dari pengemasannya, daya tahannya, diferensiasi produknya, keragaman rasanya, sampai dengan pemasarannya.

Selain itu lingkup pasarnya juga sangat luas, siapa sih yang tidak suka makanan ringan? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti semua orang menyukainya bukan? Oleh karena itu jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik, ide bisnis online ini sangatlah menjanjikan.

Tugas Anda yang peling penting dalam menjalankan bisnis ini adalah menciptakan makanan ringan yang enak dan disukai banyak orang. Anda bisa mulai bereksperimen membuat makanan ringan versi Anda sendiri lalu biarkan teman atau orang terdekat Anda menilainya. Jika makanan ringan Anda disukai maka Anda bisa mulai menjualnya secara online.


2)   Bisnis Makanan Beku / Frozen Food

Ide bisnis makanan online yang kedua adalah makanan beku. Salah satu keunggulan dari makanan beku adalah dari ketahanannya, mengingat salah satu tantangan dari bisnis online ialah jarak Anda dan konsumen yang cenderung saling berjauhan sehingga jenis makanan ini sangat cocok untuk mengatasi tantangan tersebut.

Dalam hal ini Anda bisa membuat makanan beku seperti nugget, bakso, sosis, daging ayam dan sapi potong, stik kentang beku, pempek, cireng, dan sebagainya. Banyak sebenarnya jenis makanan beku yang bisa Anda jual, dalam hal ini tugas Anda untuk mencari makanan beku apa yang kira-kira akan laku dijual secara online.


3)   Bisnis Kue Kering

Bisnis kue kering biasanya akan mencapai puncaknya pada hari raya tertentu, namun pada hari-hari biasapun bisnis kue kering ini tetaplah menjanjikan dan bisnis ini bisa menjadi referensi ide bisnis online makanan untuk Anda.

Anda bisa mengemas bisnis ini dengan cara yang kreatif seperti misalnya membuatnya tampak seperti sebuah hadiah untuk orang yang sepesial dengan kata-kata yang manis dan menarik sehingga marketnya akan jauh lebih besar. Ataupun Anda bisa menggunakan ide kreatif lainnya yang menurut Anda bisa sukses diterapkan dalam bisnis ini.


4)   Bisnis Sambal Kemasan

Untuk orang Indonesia siapa sih yang tidak suka sambal? Pasti sebagian besar orang Indonesia menyukai sambal. Rasanya yang enak dan menantang ketika digabungkan dengan makanan lain membuat sambal ini disukai banyak orang. Tak pelak hampir semua rumah makan menyediakan sambal sebagai menu tambahannya.

Begitu besarnya minat orang terhadap sambal ini menjadikannya sebagai peluang bisnis menggiurkan jika dijalankan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengemas sambal tersebut kedalam sebuah kemasan tertentu sehingga bisa awet dalam kurun waktu yang lama. Hal ini akan memudahkan ketika bisnis ini memasuki bisnis berbasis online.

Tentu bukan orang lain saja yang bisa mengambil peluang bisnis menjanjikan ini, Anda juga bisa. Anda hanya perlu meracik sambal andalan Anda sehingga memiliki rasa yang enak dan disukai banyak orang. Setelah itu kemas sambal tersebut kedalam kemasan yang menarik, lalu Anda bisa menjualnya secara online melalui marketplace ataupun sosial media Anda.


5)   Bisnis Makanan Khas Daerah

Jangan pernah remehkan makanan khas daerah, meskipun beberapa makanan terlihat tidak menarik tapi percayalah makanan khas daerah sudah bertahan lebih dari puluhan tahun. Ingat sebuah teori yang mengatakan bahwa “Suatu produk jika bisa bertahan lebih dari 5 tahun, itu berarti produk tersebut disukai dan dibutuhkan”.

Dalam hal ini adalah tugas Anda sebagai pengusaha ulung untuk membuat makanan khas daerah semakin menarik, entah itu dengan membuatnya lebih modern, membuat varian rasa baru, membuat kemasan yang lebih menarik, membuat semua hal tampak kekinian, atau inovasi apapun itu yang bisa menambah nilai dari makanan khas daerah.

Contohnya seperti kue surabi yang sekarang ini sudah memiliki verian rasa yang banyak dan lebih kekinian, lalu ada seblak yang sekarang sudah memiliki versi instannya yang banyak dijual secara online, dan masih banyak contoh makanan khas daerah lainnya yang sudah diinovasi. Dalam hal ini carilah makanan khas didaerah Anda, lalu berinovasilah dengan makanan tersebut, setelah berhasil juallah baik secara konvensional ataupun secara online, itu akan menguntungkan Anda.

Baca juga: 11 Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah

Itulah beberapa ide bisnis makanan online yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menjalankan bisnis makanan online. Beberapa hal penting dalam bisnis makanan online adalah tempilan makanan yang menarik, kemasan yang menarik dan bisa memperlama ketahanan makanan, tentu saja rasa makanan tidak boleh terlewat, pemasaran yang kreatif sehingga menarik perhatian konsumen, dan harga yang bersaing. Jika Anda memperhatikan beberapa hal penting tersebut, maka kemungkinan besar bisnis makanan online Anda akan sukses.


Ide Bisnis Makanan Ringan

Apa yang paling cocok dimakan ketika sedang bersantai? Jawabannya sudah pasti makanan ringan. Coba bayangkan ketika kita sedang bersantai menonton film bersama keluarga ditemani dengan makanan ringan yang enak, itu pasti sangat menyenangkan dan akan terasa nikmat. Maka tidaklah heran jika makanan ringan selalu mendapat tempat dibenak konsumen dari dulu sampai dengan sekarang.

Dengan kepopulerannya yang mungkin akan bertahan sepanjang masa, makanan ringan menjadi sangat menjanjikan jika dijadikan sebagai ladang bisnis. Tengoklah para pengusaha makanan ringan, berapa keuntungan yang mereka dapatkan setiap bulannya, pastinya dari jutaan rupiah sampai dengan miliaran rupiah tergantung dari besarnya sekala bisnis yang dijalankan.

Untuk Anda yang berniat ingin menjalankan sebuah bisnis, maka ide bisnis makanan ringan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Ada beberapa keunggulan dalam bisnis makanan ringan, diantaranya yaitu market yang besar, disukai banyak orang, mudah dijual, pilihan makanan ringan yang beragam, modal yang dibutuhkan relatif kecil, mudah berinovasi, harga jual terjangkau, dan sebagainya.

Semua keunggulan-keunggulan tersebut akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis ini. Namun jika Anda masih bingung dan ragu, berikut beberapa ide bisnis makanan ringan yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda :


Ide Bisnis Makanan Ringan

1)   Bisnis Keripik Kentang

Anda pasti pernah memakan keripik kentang bukan? Gimana rasanya? Enak? Bukan Cuma rasanya saja yang enak, keuntungan bisnis keripik juga seenak rasanya. Anda bisa memasukan ide bisnis makanan ringan ini kedalam daftar bisnis yang akan Anda jalankan. Tenang saja, sudah terbukti disukai banyak orang sehingga pasti menguntungkan.

Dalam hal ini Anda hanya perlu menggunakan otak Anda untuk menciptakan keripik kentang yang enak dan inovatif, baik dari segi rasa, bentuk, maupun kemasannya. Untuk langkah awal setelah Anda bisa menciptakannya, tawarkan keripik kentang Anda kepada keluarga, teman, maupun tetangga Anda. Setelah respon mereka positif terhadap keripik Anda, Anda bisa menjualnya ke orang lain. Semoga berhasil.


2)   Bisnis Keripik Singkong

Hampir sama dengan keripik kentang namun berbeda bahan dasar, yaitu keripik singkong. Keripik singkong sama populernya dengan keripik kentang, bahkan ada yang lebih menyukai keripik singkong dibandingkan dengan keripik kentang, contohnya idol AKB48 sekaligus aktris populer Jepang bernama Rino Sashihara, ia sangat menyukai keripik kentang dari salah satu merek buatan Indonesia.

Siapa sangka idol Jepang sekalas AKB48 saja menyukai keripik kentang. Maka tidak diragukan lagi bahwa keripik kentang sangat populer dikalangan konsumen. Ketika suatu produk sangat populer maka peluang keuntungan dari bisnis tersebut juga akan semakin meningkat, dan hal ini harus Anda menfaatkan sebaik mungkin.


3)   Bisnis Makaroni Goreng

Jika Anda ingat beberapa tahun yang lalu ada seorang pemuda asal Tasikmalaya yang mampu mendapatkan pendapatan ratusan juta rupiah hanya dari berjualan makaroni goreng. Ya Anda tidak salah baca, hanya dari berjualan makaroni goreng.

Jangan salah mengira, meskipun bisnis ini terlihat sangat kecil namun potensi pendapatannya sangat besar. Hal ini karena peminat makanan ini sangat besar. Coba Anda pikirkan siapa yang tidak suka dengan makanan ringan ini, rasanya yang renyah, pedas dan gurih, ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau menjadikan kombinasi tersebut sebagai hal yang sempurna untuk menjadikan makanan ringan ini sebagai makanan ringan favorit penikmatnya.

Sementara itu jika dilihat dari segi bisnis, menjalankan bisnis ini juga relatif mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda hanya perlu membeli makaroni yang masih mentah kepada supplayer, lalu menggorengnya secara matang ataupun setengah matang, memberinya bumbuh yang sesuai dengan selera Anda, lalu mengemasnya, dan setelah itu Anda hanya perlu menjualnya dengan harga yang diinginkan. Anda bisa menjualnya secara online maupun secara offline.

Dalam hal ini jika Anda menjualnya secara offline, carilah tempat-tempat yang strategis yaitu tempat dimana makanan ringan ini disukai, seperti misalnya dekat kampus, sekolah, tempat rekreasi, dan sebagainya. Pemilihan tempat yang tepat akan berpengaruh terhadap besar kecilnya penjualan bisnis makanan ringan ini nantinya.


4)   Bisnis Cireng Isi

Tahu cireng isi? Cireng isi adalah makanan khas Jawa Barat dimana makanan ini terbuat dari adonan Tepung Singkong (Aci) yang didalamnya dimasukan isian usus ayam, sosis, keju, daging cincang, dan sebagainya. Seperti yang sudah disebutkan, perbedaan cireng isi dengan cireng biasa adalah pada isiannya. Cireng isi diisi dengan berbagai isian, sementara cireng biasa tidak. Dari segi hargapun cireng isi biasanya lebih mahal dibandingkan dengan cireng biasa.

Bisnis ini mungkin bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan ringan yang bisa Anda jalankan, mengingat peminatnya yang sangat banyak. Dalam hal ini Anda hanya perlu berinovasi agar produk ini bisa lebih menarik lagi dimata konsumen, seperti misalnya menambah varian isinya, menambah level kepedasan, membuat versi fozen foodnya, dan berbagai inovasi lainnya yang menurut Anda akan meningkatkan nilai dari bisnis ini.

Baca Juga : 36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya

Itulah beberapa contoh ide bisnis makanan ringan, semuanya kembali kepada Anda akan menjalankannya ataupun tidak. Atau boleh jadi Anda udah memiliki ide bisnis sendiri, itu jadi hal yang lebih baik. Dalam hal ini yang perlu diingat adalah seberapa baguspun ide bisnis yang Anda miliki, jika ide bisnis tersebut tidak Anda jalankan maka akan tetap sia-sia.


Ide Bisnis Makanan Kekinian

Bisnis makanan memang tidak ada matinya, setiap hari ada saja makanan baru yang populer dikalangan konsumen dan sering disebut sebagai makanan kekinian. Makanan kekinian ini bisa makanan yang memang benar-benar baru atau bisa juga makanan lama yang diberi inovasi sehingga terlihat seperti makanan kekinian.

Setiap tahunnya makanan kekinian selalu berubah-ubah, katakanlah pada tahun 2020 makanan kekiniannya adalah makanan A, sementara pada tahun 2021 mungkin saja makanan A tersebut akan digantikan dengan makanan kekinian terbaru. Hal ini sangatlah normal mengingat setiap orang sekarang ini berlomba-lomba untuk berinovasi menciptakan makanan-makanan dengan rasa dan tapilan yang lebih kekinian.

Berbisnis makanan kekinian memang menjajikan, Anda akan terlibat euforia ketertarikan konsumen terhadap suatu makanan yang sedang trand dimasyarakat. Namun juga perlu diingat bahwa berbisnis makanan kekinian juga memiliki kelemahan, seperti misalnya kemungkinan trend yang hanya sesat saja.

Banyak contoh makanan kekinian yang sangat populer namun hilang dengan cepat. Dalam hal ini jika Anda berniat menjalankan bisnis makanan kekinian, maka ada baiknya Anda memikirkan terlebih dahulu apakah makanan kekinian yang Anda pilih tersebut akan bertahan lama atau hanya sesaat saja. Karena akan sangat merugikan jika makanan kekinian yang Anda pilih hanya bertahan sesaat saja.

Ada beberapa makanan kekinian yang sedang trand saat ini yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda jalankan bisnisnya. Berikut beberapa ide bisnis makanan kekinian yang sedang trand dimasyarakat :


Ide Bisnis Makanan Kekinian

1)   Bisnis Makanan Korean Garlic Bread

Makanan ini masih sangat hangat populer di Indonesia beberapa bulan yang lalu. Makanan ini sendiri dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa makanan ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Korea Selatan.

Makanan ini merupakan makanan steet food dijalanan Korea Selatan, dan belakangan menjadi sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang membuatnya baik itu untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk dijual kembali.

Makanan ini sendiri berbentu roti yang bagian atasnya dibelah menjadi 6 bagian lalu diisi krim keju dan dicelupkan kedalam campuran bawang putih dan mentega cair yang kemudia dipanggang. Rasanya yang enak membuat makanan ini capat sekali mendapatkan perhatian dari konsumen Korea Selatan maupun manca negara. Jika Anda sedang mencari ide bisnis makanan kekinian, mungkin makanan ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.


2)   Bisnis Ayam Geprek

Ayam geprek juga termasuk kedalam makanan kekinian, karena makanan ini masih tergolong cukup baru. Diawal kemunculannya makanan ini sangat meledak dan disukai oleh banyak orang sehingga banyak restoran ataupun rumah makan akhirnya menyediakan menu satu ini.

Yang unik dari makanan satu ini adalah cara pengolahan ayamnya yang digeprek (dipukul) agar bumbunya meresap dengan sempurna. Selain itu rasanya yang enak dan pedas ditambah dengan harga yang terjangkau membuat makanan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Belakangan varian rasanya juga semakin berkembang, ada yang ditambahkan keju, saus pedas manis, dan berbagai varian rasa lainnya yang menambah keberagaman rasa dari makanan ini.


3)   Bisnis Seblak

Ai kamu pengen seblak? Yaudah hayu ! hehe. . Pernah denger kata-kata tersebut? Anak muda pasti pernahlah ya. Seblak memang sangat populer belakangan ini, namun sebenarnya makanan ini sudah ada sejak lama namun kembali populer akhir-akhir ini.

Makanan bercitra rasa gurih dan pedas ini adalah makanan daerah khas Jawa Barat, namun sekarang kepopulerannya sudah menyeber ke seluruh Indonesia. Hal ini berkat banyaknya konten kreator yang mereview makanan ini ataupun sekedar menyinggungnya.

Bahan utama makanan ini adalah kerupuk mentah yang direbus, dikasih bumbu dan berbagai toping seperti mie, sosis, makaroni, daging, telur, ceker dan sebagainya. Semua paduan tersebut menciptakan citarasa yang gurih, pedas, dan pasti enak sehingga makanan ini mudah sekali dikenal masyarakat. Mungkin makanan ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan kekinian yang bisa Anda jalankan.


4)   Bisnis Bakso Aci

Masih dengan makanan khas daerah Jawa Barat yang sedang hits, yaitu Baso Aci. Makanan ini berasal dari daerah Garut Jawa Barat dimana makanan ini terdiri dari berbagai macam isian seperti cilok, cuanki, tahu, dan sebagainya yang disiram dengan kuah yang diberi tambahan cabai dan penyedap rasa.

Rasanya yang gurih, pedas, dan segar menjadikan makanan ini disukai banyak orang. Tidak hanya bisa ditemukan di Garut ataupun Bandung, makanan ini kini sudah banyak dijual diberbagai tempat karena kepopulerannya. Selain itu harganya juga sangat nyaman dikantong sehingga sangat cocok dijadikan jajanan ketika ingin ngemil.


5)   Bisnis Salad Sayur dan Buah

Adanya pendemi Covid-19 secara tidak langsung menjadikan banyak orang menjadi sadar akan kesehatan, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya produk makanan sehat yang bermunculan ditengah masyarakat yang disebabkan karena banyaknya permintaan akan produk tersebut.

Salah satu produk makanan sehat yang cukup populer adalah salad sayar dan buah-buahan. Makanan ini banyak dijual secara online dengan sistem antar, meskipun juga banyak yang menjualnya dengan cara konvensional. Dengan semakin banyaknya orang yang semakin sadar akan kesehatan, menjadikan bisnis ini cukup menjanjikan untuk kedepannnya.

Baca Juga : Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan

Itulah beberapa contoh ide bisnis makanan kekinian yang sedang populer di masyarakat. Sebenarnya masih banyak makanan-makanan populer lainnya, namun akan kami bahas dilain waktu. Semoga beberapa contoh ide bisnis makanan kekinian tersebut dapat membantu Anda mendapatkan ide bisnis.


Ide Bisnis Makanan Pedas

Bagi orang Indonesia makanan pedas pasti menjadi salah satu makanan favorit. Hal ini bisa tercermin dari banyaknya makanan pedas yang ada di Indonesia, mulai dari makanan berat sampai dengan makanan ringan, mulai dari yang kering sampai dengan makanan yang berkuah, mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal, semuanya ada disetiap kategori.

Hampir semua orang Indonesia menyukai makanan pedas. Maka tidak heran jika bisnis makanan pedas sangat menjamur di Indonesia, tengoklah para pedagang disekitar tempat tinggal kalian, pasti ada saja yang menjual makanan pedas bukan? Hal ini karena memang bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Jika Anda sedang mencari ide bisnis maka tidak ada salahnya untuk memperhitungkan bisnis makanan pedas ini, selain karena disukai banyak orang juga memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya. Lalu kira-kira makanan pedas apa yang peling cocok untuk kita jalankan bisnisnya? Berikut beberapa contoh ide bisnis makanan pedas yang ada di Indonesia :


Ide Bisnis Makanan Pedas

1)   Bisnis Seblak

Sulit untuk tidak memasukan seblak dalam daftar makanan pedas yang patut diperhitungkan mengingat makanan ini sedang digandrungi konsumen. Siapa yang tidak tergoda dengan pedas dan gurihnya seblak? Banyak sekali orang yang suka seblak, pelulis tidak terkecuali.

Seblak berasal dari tanah Tatar Sunda Jawa Barat, meskipun sudah ada sejak dulu namun makanan ini kembali populer beberapa tahun kebelakang dan menyebar ke seluruh Indonesia. Banyak dijual dipenggir jalan sempai dengan restoran, meskipun begitu harga dari makanan ini tetap terjangkau.

Bahan utama seblak adalah kerupuk mentah yang diberi kuah pedas gurih dengan toping yang disesuaikan dengan selera, bisa itu mie, telur, makaroni, keju, bakso, bihun, ceker, dan sebagainya, ataupun Anda bisa bertanya kepada konsumen mengenai apa yang mereka sukai.

Dari segi bisnis, bisnis makanan ini tidak membutuhkan modal yang besar, dalam arti bahwa Anda bisa menyesuaikan modalnya sesuai dengan kemampuan Anda, selain itu bahan baku dan peralatan penjunangnya juga mudah didapatkan. Bisnis ini sangat menjanjikan untuk Anda jalankan.


2)   Bisnis Bakso

Sebenarnya bakso ini pada umumnya level kepedasannya bisa diatur sendiri sesuai selera, namun dalam perkembangannya muncul bakso yang didalamnya terdapat bumbu cabai yang sangat pedas. Bakso ini diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap bakso super pedas, dan hasilnya banyak orang yang menyukai bakso ini.

Meskipun pada konsepnya sama yaitu bakso yang didalamnya berisi bumbu cabai, namun penamaan terhadap bakso ini sangat beragam, ada yang memberi nama ini bakso lava, bako setan, bakso bom, bakso hot jeletot, dan berbagai macam nama lainnya. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari bakso inil.

Bakso ini memiliki rasa yang enak, pedas dan menantang. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, Anda pasti akan menyukai bakso ini. Selain itu harga bakso ini juga relatif terjangkau, tidak berbeda dengan jenis bakso lainnya sehingga menjadi perpaduan yang sempurna untuk Anda mencobanya.


3)   Bisnis Cimol

Untuk orang Sunda mungkin makanan ini tidak asing karena memang makanan ini dijual dibanyak tempat, namun biasanya dijual didekat sekolah sebagai jajanan anak-anak sekolah. Rasanya yang pedas, gurih, dan kenyal, ditambah dengan harga yang murah menjadikan makanan ini banyak disukai anak-anak sekolah secara khusus dan masyarakat secara umum.

Bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis makanan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena dengan modal uang Rp. 50.000,00 pun Anda sudah bisa membuat makanan ini. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung karena makanan ini sangat mudah dibuat. Bahan utamanya adalah tepung tapioka (Aci), bumbu penyedap, dan air, lalu dicampur merata hingga menjadi adonan dan siap untuk digoreng.

Dari sisi bisnis, makanan ini sangat menguntungkan. Bayangkan dari modal yang sangat kecil, Anda bisa menghasilkan keuntungan hampir 100%. Hal penting yang harus diperhatikan dalam bisnis makanan ini adalah bagaimana cara membuat cimol yang enak dan kenyal. Selain itu pemilihan posisi jualan juga akan sangat mempengaruhi penjualan nantinya, carilah tempat jualan yang dekat dengan sekolah ataupun kampus dimana makanan ini sangat disukai oleh kalangan pelajar.


4)   Bisnis Ayam Geprek

Ayam geprek merupakan makanan yang sangat populer beberapa tahun ini, bahkan salah satu artis ternamapun memiliki bisnis ayam geprek. Tidak mengherankan memang, karena ayam geprek ini memiliki rasa yang enak dan juga pedas sehingga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain itu harganya juga ramah dikantong. Bisa makan makanan enak tanpa merusak kantong merupakan impian semua orang.

Dari segi bisnis, bisnis ini sangat menjanjikan. Ini bisa dilihat dari banyaknya penggemar makanan ini dan juga dari banyaknya orang yang sudah sukses menjalankan bisnis ini. Tidak usah takut untuk bersaing, selama Anda berjuang dengan sungguh-sungga pasti akan selalu ada jalan. Tentu Anda tidak hanya akan menjadi penonton saja bukan? Bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis makanan pedas, mungkin ayam geprek bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa Anda coba.

Ada  banyak ide bisnis makanan pedas yang bisa Anda jalankan. Dalam hal ini penulis hanya memberikan beberapa contoh ide bisnis makanan pedas saja, untuk mengetahui lebih banyak ide bisnis lainnya Anda bisa mencari disekitar Anda atau mencarinya diinternet. Yang pasti jangan terlalu terpaku pada ide bisnis yang diberikan orang lain, fokuslah pada apa yang menjadi minat Anda agar Anda lebih semangat menjalani bisnis Anda sendiri.


Posting Komentar untuk "50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku"

Baca Juga :
36+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tidak Ada Matinya
Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku