11 KAIDAH SUKSES DALAM BISNIS KREATIF

Bisnis kreatif merupakan bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Banyak perusahaan berlomba-lomba menciptakan inovasi baru dengan kreatifitas yang dimilikinya. Hal ini sangatlah wajar, mengingat konsumen selalu menginginkan sesuatu yang baru dan berbeda.

Para ahli ekonomi memperkirakan bahwa bisnis masa depan adalah bisnis yang berbasis pada kreatifias dan inovasi. Dan pada saat inilah perkiraan para ahli ekonomi tersebut mulai menjadi kenyataan. Tengoklah perusahaan-perusahaan startup yang sukses sekarang, semuanya berbasis pada kreatifitas dan inovasi.

Pada dasarnya bisnis kreatif adalah bentuk aktivitas ekonomi yang mengutamakan kreatifitas berpikir sebagai modal utama dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang mempunyai nilai serta sifat komersial.

{|CATATAN| Baca penjelasan mengenai ekonomi kreatif dalam artikel berikut: Ekonomi Kreatif dan Peranannya dalam Perekonomian}

Inti dari bisnis kreatif adalah kreatifitas berpikir yang menghasilkan inovasi. Terus-menerus mencari cara menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Perlu diingat bahwa tidak semua hasil kreatifitas berpikir bisa disebut sebagai inovasi, tetapi semua inovasi bisa disebut sebagai kreatifitas berpikir. Inovasi adalah segala sesuatu yang tercipta dari kreatifitas berpikir dan mempunyai nilai guna bagi banyak orang.

Banyak orang yang ingin sukses dalam bisnis kreatif tetapi tidak tahu bagaimana cara menciptakan bisnis kreatif itu sendiri. Setidaknya ada 11 kaidah yang harus diperhatikan dalam bisnis kreatif menurut Bob Geldof, yaitu sebagai berikut:

Bisnis Kreatif

1.      Ciptakan Sendiri (Invent Yourself)
Dalam bisnis kreatif, berusahalah untuk memiliki ide sendiri, kelola sendiri, jangan berhenti belajar, percaya diri, lihatlah aset serta kemampuan yang Anda miliki, dan bangunlah sebuah momentum. Semua yang berasal dari diri Anda adalah unik, unik adalah bentuk kreatifitas, dan semua itu adalah milik Anda.

{|CATATAN| Jika Anda bingung bagaimana cara memulai bisnis, silahkan baca: Cara Memulai Bisnis dengan Menerapkan Teori Efektuasi}

2.      Masukan Prioritas Pada Ide, Bukan Pada Data (Put The Priority On Ideas, Not On Data)
“Entrepreneur pada ekonomi kreatif lebih khawatir jika kehilangan kemampuan untuk berpikir, ketimbang kehilangan uang perusahaannya. Pikirkanlah ini.”
Fokuslah untuk menciptakan kreatifitas Anda. Carilah ide dan pahamilah paten, hak cipta, merek dagang, dan hukum kekayaan intelektual lainnya yang akan melindungi ide-ide Anda.

{|CATATAN| Artikel ini mungkin akan menginspirasi Anda dalam menemukan ide bisnis: 10 Ide Bisnis yang Akan Menginspirasi Anda dalam 10 Menit)

3.      Jadilah Pengembara (Be Nomadic)
Pengembara adalah orang yang paling bebas, dia menentukan kemana dia pergi, memilih jalur, menentukan alat perjalanan, serta berapa lama dia akan tinggal. Pengembara menghargai gurun pasir dan oasis sama halnya dengan orang kreatif memerlukan ketenangan dan keramaian. “Berpikirlah sendiri dan bekerjalah bersama.”

4.      Tentukan Sendiri dengan Kegiatan Berpikir Anda Sendiri (Define Yourself By Own Thinking Activities)
Dalam bisnis kreatif, masing-masing bisa berpikir dan menukar pemecahan masalah yang kreatif dengan satu sama lain. Dan setiap orang mencari hasil positif yang saling menguntungkan. Anda adalah pemegang kuasa atas diri Anda, bukan orang lain.

5.      Belajarlah Tanpa Berhenti, Pinjamlah, dan Berinovasilah
“Ide baru sering kali merupakan pertemuan dua ide lama untuk pertama kali. Gunakan kembali, temukan kembali, bangkitkan kembali, jadilah sesuatu yang mempesona.”

6.      Gali Popularitas dan Rayakan (Exploit Fame and Celebrity)
Menjadi orang yang sangat terkenal dan dikenal langsung adalah sangat penting dalam bisnis kreatif. Ahli ekonomi menyebutkan bahwa popularitas adalah sunk cost, yaitu biaya yang tidak dapat diperbaharui kembali, tetapi dapat digali secara bebas pada pembelanjaan lebih lanjut, baik popularitas maupun perayaan keduanya membawa hadiah tidak terbatas.

7.      Perlakukan Khayalan Sebagai Suatu Kenyataan dan Sebaliknya (Treat The Virtual As Real And Vice Versa)
Setiap saat, gunakan proses rider. Baurkan khayalan-khayalan dengan kenyataan untuk menciptakan hak milikmu sendiri dimasa yang akan datang.

8.      Berbaik hatilah (Be Kind)
Kebaikan hati adalah tanda kesuksesan. Orang yang baik hatik akan mendatangkan lebih banyak jaringan, masukan pengetahuan lebih banyak dan peluang lebih banyak.

9.      Kagumai Keberhasilan Secara Terbuka (Admire Success, Openly)
Jangan berhenti dengan keberhasilan, jadilah orang yang selalu ingin tahu tentang kegagalan. Orang kreatif adalah orang yang mempertimbangkan secara seksama dan teliti terhadap keberhasilan dan kegagalan.

10.  Berambisilah, dan Berani Pergi (Be Very Ambitious, Boldly Go)
Berambisi dalam mengerjakan sesuatu, dan mencita-citakan sesuatu sengat penting untuk menghasilkan keberhasilan. Beranilah bertindak dan bertanggung jawab. Lakukanlah.

11.  Lihatlah Kaidah No 1, Ciptakan Kaidah Anda Sendiri


Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 6.9.16

3 komentar:

  1. tidak semua orang itu kreatif. tapi kreatif datang dari siapa saja.

    ReplyDelete
  2. keren gan infonya, buat motivasi

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Adalah penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen. Dimana p...