10 Ide Bisnis yang Akan Menginspirasi Anda dalam 10 Menit

Ide bisnis merupakan sesuatu yang unik, bisa dikatakan begitu karena ide bisnis ini sifatnya abstrak tidak bisa ditebak kapan akan muncul dan dimana dia akan muncul. Bisa saja ide bisnis itu muncul ketika kita sedang berjalan-jalan ditrotoar perkotaan, atau ketika kita sedang bersantai memandangi langit, dan lebih gila lagi ide bisnis bisa saja muncul ketika kita sedang berada dikamar mandi. Tentunya itu bisa saja terjadi, karena faktanya banyak perusahaan-perusahaan besar yang terlahir dari ide bisnis yang didapatkan ditempat-tempat yang “tak terduga”.

Lain lagi jika Anda pernah membaca buku berjudul “The Idea Hunter” karya Boynton Fischer Anda akan menemukan kalimat menarik mengenai ide, kalimat tersebut berbunyi “Ide itu seperti frekuensi radio, ada dimana-mana tapi butuh frekuensi yang tepat untuk menemukannya.” Kalimat tersebut merupakan sebuah analogi yang menggambarkan keberadaan ide, termasuk ide bisnis. Jika kita menarik kesimpulan maka sebenarnya ide itu ada dimana-mana, hanya saja kita perlu menyesuaikan pola pikir kita agar kita bisa menemukan ide tersebut. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mencoba sesuatu yang baru, seperti misalnya mempelajari sesuatu yang baru, pergi ke tempat yang baru, atau melakukan hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Dengan begitu lama-kelamaan pada suatu titik tertentu kita pasti menemukan ide yang baru.

{|CATATAN| Artikel berikut menjelaskan bagaiman cara memulai bisnis dengan memanfaatkan apa yang ada pada diri kita. Baca selengkapnya di: Cara Memulai Bisnis dengan Menerapkan Teori Efektuasi}

Berbicara mengenai ide bisnis sebenarnya relatif, tergantung dimana ide bisnis tersebut akan diterapkan. Boleh jadi ide bisnis berhasil diterapkan ditempat tertentu tetapi ditempat lain malah gagal total, hal ini sering terjadi didunia bisnins. Tetapi diluar asumsi tersebut berikut kami uraikan 10 ide bisnis yang mudah-mudahan depat menginspirasi Anda.

Ide Bisnis

1.      Bisnis Online Shop

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat diseluruh bidang, termasuk juga bidang ekonomi atau bisnis. Teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dilakukan, shingga lambat laun masyarakat semakin mendambakan sesuatu yang mudah dan instan. Maka pantaslah penggunaan teknologi dalam bidang bisnis semakin marak dilakukan khususnya dalam teknologi internet.

Jika kita perhatikan, saat ini aktifitas bisnis mulai bergeser dari yang tadinya offline menjadi online dan tidak menutup kemungkinan dimasa depan aktifitas bisnis secara online akan lebih besar dibandingkan dengan yang offline, meskipun memang saat ini belum terjadi. Oleh karena itu tidak logis rasanya jika kita melewatkan potensi yang besar ini, rasanya akan sangat menguntungkan jika kita memiliki bisnis online, bisnis yang mempunyai potensi yang besar.

Tidak perlu mengambil resiko yang besar, Anda bisa memulainya dengan membuka online shop kecil-kecilan seperti menjual pakaian secara online atau makanan ringan yang banyak dicari orang. Anda bisa menerapkan ide bisnis ini.

2.      Bisnis Event Organizer

Jika Anda senang berorganisasi dan membuat event-event tertentu maka ide bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Kita tahu bahwa saat ini banyak orang yang memiliki kesibukan yang amat tinggi sehingga mereka tidak sempat untuk mengatur acara yang akan mereka selenggarakan. Peluang inilah yang harusnya kita manfaatkan untuk mendapat keuntungan, yaitu dengan cara membuka bisnis event organizer. Anda bisa memulainya dengan membentuk tim dan menangani acara-acara yang tidak terlalu rumit milsalnya acara ulang tahun, acara reuni dan lain sebagainya.

3.      Bisnis Jasa Laundry

Ide bisnis ini sangat cocok dijalankan dikawasan dekat kost-kostan atau kontrakan. Jika posisi Anda kebetulan berada dikawasan ini maka ide bisnis ini patut Anda perhitungkan. Jarang adanya mesin cuci di kost-kostan atau kontrakan dan aktifitas yang sibuk serta faktor-faktor lain menjadi penyebab kenapa bisnis ini cukup menjanjikan. Jika Anda serius menjalankan ide bisnis ini, kami yakin jutaan sampai belasan juta rupiah akan ada direkening Anda tiap bulannya.

4.      Bisnis Keripik

Ide bisnis ini sangat populer dikalangan pebisnis muda. Modal yang tidak terlalu besar dan disukai banyak konsumen disinyalir menjadi alasan kenapa bisnis ini sangat populer dijalankan oleh pengusaha muda. Tengoklah keripik maicih yang menjadi salah satu contohnya, setiap bulan keripik ini mampu terjual ribuan pcs. Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang bisa didapat keripik satu ini.

Jika Anda berminat menjalankan ide bisnis ini, saran kami adalah buatlah keripik yang lain daripada yang lainnya, unik, beragam dan buatlah kemasan yang semenarik mungkin. Niscaya bisnis Anda akan sukses. Tidak percaya? Coba jalankan.

5.      Bisnis Hijab

Kita ini hidup di negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, oleh karena itu jangan sekali-kali melupakan ide bisnis ini. Sangat menarik memang melihat potensi pasar yang sangat besar tetapi juga mempunyai persaingan yang besar pula. Kenyataannya sekarang banyak menjamur bisnis-bisnis hijab dimana-mana. Mulai dari artis sampai dengan orang biasapun berbondong-bondong menjalankan bisnis ini. Tapi tenang Anda tidak perlu takut dengan banyaknya persaingan dibisnis ini, karena apa? Karena rizki setiap orang itu sudah diatur oleh Tuhan. Seberapa banyak apapun pesaing yang Anda hadapi jika itu rizki Anda maka rizki itu akan menemukan jalannya menuju kepada Anda.

Ok jika Anda termasuk orang yang realistis maka cara-cara kreatif mungkin lebih masuk akal untuk Anda seperti misalnya dengan membuat hijab dengan motik yang unik, hijab yang praktis, hijab yang dingin ketika dipakai dan lain sebagainya. Tentu kami percaya Anda adalah orang yang sangat kreatif dalam berkreasi.

6.      Bisnis Minuman Khas Indonesia

Betapa tidak pekanya kita terhadap minuman khas kita sendiri, kenapa kita malah lebih membanggakan minuman khas bangsa lain daripada minuman khas bangsa kita sendiri, begitu antikah kita dengan minuman khas negeri ini? Kita benar-benar bodoh.

Lihatlah baik-baik negara maju diluar sana, apakah mereka maju dengan ciri khas bangsa lain? Kami ulangi, apakah mereka maju dengan ciri khas bangsa lain? T I D A K, TIDAK. !! mereka maju karena ciri khas mereka sendiri, budanya mereka sendiri. Jadi kenapa kita tidak mencoba meniru mereka? Misalnya dengan berbisnis minuman khas bangsa kita sendiri.

Bukannya tanpa alasan, tapi peluang ini memang benar-benar ada. Coba bayangkan jika kita mampu mengembangkan minuman khas bangsa kita sendiri. Itu merupakan sesuatu yang hebat, meningkatkan popularitas minuman tradisional, meningkatkan daya beli dan membawa nama Indonesia dikancah dunia. Cobalah pertimbangkan ide bisnis ini.

7.      Bisnis Sayuran Hidroponik

Ide bisnis ini didasari dengan adanya peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Lihatlah sekitar Anda, orang-orang yang tadinya jarang oleh raga sekarang menjadi rajin oleh raga, orang yang tadinya melas makan makanan sehat sekarang malah sebaliknya. Dan “buum” ini menjadi peluang Anda.

Berbisnis sayuran menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan saat ini, percayalah banyak orang yang akan membutuhkan sayuran segar setiap harinya dan ini menjadi kesempatan emas untuk Anda. Tak perlu repot kotor-kotoran di ladang, Anda bisa bercocok tanam melalui tekhnik hidroponik. Lebih bersih, lebih mudah dan lebih menjual. Cobalah.

8.      Bisnis Cacing Tanah

Munkin ide bisnis ini terdengar menjijikan bagi Anda, tetapi potensi keuntungannya sangat menjanjikan. Anda mungkin tidak sadar bahwa toko ikan, peternak ikan, kolam ikan, sangat banyak jumlahnya. Tetapi peternak cacing? Mungkin ada baru kali ini mendengarnya.

Anda mungkin berpikir ini ide bisnis yang buruk karena kebanyakan peternak menggunakan pelet sebagai makanan utamanya. Haha.. Anda salah besar, ide ini adalah ide brilian karena kebutuhan cacing tetap sangat besar. Justru karena kurangnya pasokan cacing, peternak mengalihkan makan ikan menjadi pelet. Padahal jika ada, peternak akan lebih memilih cacing sebagai makanan utamanya karena lebih cepat membuat ikan menjadi besar.

Banyak pengusaha ikan yang kesulitan mencari cacing, jika Anda masih tidak percaya cobalah untuk sedikit bertanya tentang kesenjangan antara pengusaha ikan dengan kebutuhan cacing dipasaran. Tanyakanlah.

9.      Bisnis Waralaba/Franchise

Jika Anda angkat tangan dengan 8 ide bisnis yang sudah diuraikan karena mungkin tidak cocok atau Anda terlalu malas untuk berusaha dari nol, mungkin ide bisnis ini akan cocok untuk Anda. Ya, menjalankan bisnis waralaba. Jika Anda tidak tahu bisnis ini, saya sarankan membacanya DISINI.

Pada intinya bisnis ini dijalankan dengan cara membeli lisensi atau konsep bisnis lain yang sudah sukses sehingga Anda tidak perlu membangunnya dari nol, Anda hanya perlu menjalankan konsep yang sudah ada. Lebih efektif dan lebih peraktis untuk Anda.

10.  Berinvestasi

Jika Anda masih mengangkat tangan Anda dengan 9 ide bisnis yang sudah diuraikan, maka sebaiknya Anda menanamkan modal Anda kepada bisnis orang lain saja. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot memikirkan ide bisnis, cukup memilih bisnis mana yang akan Anda tanami modal lalu duduk manis menunggu keuntungan mengalir ke rekening Anda.

{|CATATAN| Baca selengkapnya mengenai investasi dalam artikel berikut: Teori Investasi}

Jika Anda kesulitan menjalankan bisnis ini, Anda bisa menggunakan jasa lembaga investasi seprti reksadana atau yang lainnya untuk membantu Anda menjalankan bisnis ini. Tentu bukannya tanpa risiko menjalankan bisnis ini karena setiap bisnis pasti mengandung suatu risiko.

Itulah 10 ide bisnis yang bisa kami uraikan, semoga bisa menjadi referensi, inspirasi dan paling tidak bisa menjadi batu loncatan bagi Anda untuk menjalankan bisnis impian Anda. Tentu tidak semudah ketika Anda membaca artikel ini tapi selamat mencoba.

Artikel terkait:
11 Kaidah Sukses dalam Bisnis Kreatif
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 2.7.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...