EKONOMI KREATIF DAN PERANANNYA DALAM PEREKONOMIAN

Banyak para ahli ekonomi yang menyebutkan bahwa trand ekonomi dunia akan mengarah pada ekonomi kreatif, dan hal ini terbukti bahwa saat ini banyak perusahaan-perusahaan baru yang menerapkan konsep kreatif kedalam bisnis mereka. Selain itu perusahaan-perusahaan yang sudah lama berdiri juga mulai menerapkan konsep ekonomi kreatif dalam bisnis mereka.

Pada dasarnya ekonomi kreatif adalah bentuk aktivitas ekonomi yang mengutamakan kreatifitas berpikir sebagai modal utama dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang mempunyai nilai serta sifat komersial.

Konsep kreativitas ekonomi berbeda dengan konsep kreativitas bidang lain. Dalam konteks ekonomi, kreativias lebih tertuju pada suatu tindakan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang baru, baik itu dalam bentuk produk barang ataupun jasa, pekerjaan, maupun dalam bentuk pemecahan masalah pembaruan barang dan jasa yang memiliki nilai ekonomi.

John Howkins pernah berkata dalam bukunya yang berjudul The Creative Economy How People Make Money From Ideas, bahwa 
“Kreativitas muncul apabila seseorang berkata, membuat, dan mengerjakan sesuatu yang baru, baik dalam artian menciptakan sesuatu dari yang tadinya tidak ada maupun dalam artian memberikan karakter baru pada sesuatu yang sudah ada.” 

Jadi kreativitas itu tidak selalu tentang menciptakan sesuatu yang baru, melainkan juga menambah nilai guna atau memodifikasi barang atau jasa yang sudah ada.

Dalam konteks lebih luas, ekonomi kreatif merupakan suatu konsep menyeluruh yang berkaitan dengan interaksi yang kompleks antara ekonomi, budaya, dan teknologi. Dengan kata lain, ekonomi kreatif merupakan hasil dari proses perpaduan antara elemen ekonomi, budaya dan teknologi sehingga menghasilkan sesuatu yang baru.

Ada tiga konsep utama dalam kreativitas ekonomi, yaitu sebagai berikut:
1.      Kreativitas ekonomi meupakan proses menghasilkan sesuatu yang baru dan belum pernah ada atau tidak berasal dari sesuatu yang sudah ada.
2.      Kreativitas ekonomi merupakan hasil dari perpaduan berbagai komponen untuk menghasilkan sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.
3.      Kreativitas ekonomi merupakan penggunaan sesuatu yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang lebih sederhana atau lebih baik dari sebelumnya.

Inti dari ekonomi kreatif adalah industri kreatif yang melakukan proses penciptaan melalui penelitian dan pengembangan. Kekuatan dari industri kreatif ada pada riset dan pengembangan untuk menghasilkan berang dan jasa baru yang bersifat komersil. Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki para intelektual membuat ide, gagasan, inspirasi dan impian menjadi kenyataan hal ini ditunjukan dalam bentuk kekayaan intelektual seperti desain, hak cipta, merek dagang dan royalti.


PERAN EKONOMI KREATIF


Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah bentuk ekonomi modern dan bisa dikatakan sebagai penggerak pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara saat ini. Ekonomi kreatif sangat berperan dalam perekonomian suatu negara terutama dalam menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, menambah kekayaan intelektual, meningkatkan teknologi, dan sebagainya.

Ada beberapa alasan kenapa ekonomi kreatif berperan sebagai penggerak pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, yaitu sebagai berikut:
1.      Ekonomi kreatif dapat mendorong terciptanya pendapatan, lapangan kerja, dapat mempromosikan aspek-aspek sosial, kebudayaan, dan mengembangkan sumber daya manusia.
2.      Ekonomi kreatif dapat memperkuat ekonomi, budaya, dan aspek-aspek sosial yang saling berhubungan dengan tekologi, kekayaan intelektual, dan tujuan wisata.
3.      Ekonomi kreatif merupakan basis ekonomi mikro dan makro, dimana perkembangannya akan berdampak pada ekonomi secara keseluruhan.
4.      Ekonomi kreatif mampu merangsang inovasi-inovasi baru dalam perekonomian.
5.      Ekonomi kreatif merupakan induk dari industri-industri kreatif.

Pada dasarnya peranan ekonomi kreatif sangat besar bagi perekonomian saat ini, lebih jauh lagi ekonomi kreatif mampu memangkas kesenjangan ekonomi didalam masyarakat dan memberikan kesejahteraan secara umum.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 31.8.16

2 komentar:

  1. Jika dulu kita ada dijaman perekonomian tradisional, lalu revolusi industri, dan sekarang kita ada dijaman perekonomian kreatif atau ekonomi kreatif. Era ekonomi kreatif ditandai dengan keterlibatan kreatifitas dalam menjalankan perekonomian. Ekonomi kreatif membuat nilai jual dari sebuah ide kreatif menjadi lebih tinggi. Siapa yang mempunyai kreatifitas tinggi, dia akan memenangkan persaingan dalam ekonomi kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps bener banget, saat ini kita ada diera ekonomi kreatif dimana kegiatan perekonomian ditopang dengan kreatifitas. Selain itu peranan ekonomi kreatif juga sangat penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara, memajukan usaha masyarakat dan mensejahterakan masyarakat.

      Delete

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...