Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ide Jualan di Bulan Puasa 2023 Paling Laris dan Menguntungkan

Ide Jualan di Bulan Puasa 2023

Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia, bulan suci yang penuh berkah, bulan ramadhan. Di bulan ramadhan atau akrab juga disebut bulan puasa, bukan hanya keberkahannya saja yang memang dinantikan melainkan juga suasana bulan puasa itu sendiri. Seperti misalnya suasana saat sedang saur, kuliah subuh, berjamaan di masjid, ngabuburit, solat tarawih dan sebagainya.

Selain itu yang unik dari bulan puasa adalah peningkatan konsumsi masyarakat. Kita mungkin mengira bahwa karena dibulan puasa tidak diperbolehkan makan dan minum sehingga kita beranggapan bahwa konsumsi masyarakat akan menurun, tapi yang terjadi malah sebaliknya, konsumsi masyarakat malah semakin meningkat bahkan tidak hanya untuk makanan dan minuman saja melainkan terjadi juga peningkatan konsumsi pada komoditas lain.

Terjadinya peningkatan konsumsi dan daya beli masyarakat ini tentu saja menjadi peluang yang besar bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis atau sekedar ingin berjualan di bulan puasa. Banyak ide-ide jualan yang bisa Anda wujudkan untuk memulai usaha Anda sendiri di bulan puasa, seperti halnya ide-ide jualan di bulan puasa 2023 berikut ini:

 

11 Ide Jualan di Bulan Puasa 2023


1.   Es Buah

Tidak aneh rasanya jika merekomendasikan es buah sebagai ide jualan di bulan puasa. Ketika sedang berpuasa orang cenderung menginginkan minuman yang menyegarkan karena selama lebih dari 12 jam sudah berjuang menahan haus dan dahaga, dan salah satu minuman yang dirasa menyegarkan adalah es buah.

Selain sudah pasti menyegarkan dan memuaskan dahaga, es buah juga sudah dikenal oleh banyak orang sehingga kita sebagai penjual tidak perlu lagi mengenalkannya dari awal dan hanya harus berfokus bagaimana cara membuat es buah yang enak dan menjual sebanyak mungkin pada konsumen.

Selain itu untuk menjual es buah kita tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, ditambah lagi bahan baku yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan, sehingga ini akan mempermudah Anda untuk mulai berjualan es buah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda hanya perlu berkonsentrasi untuk membuat es buah yang enak dan membuat konsumen tertarik untuk membeli.


2.   Es Campur

Sama seperti es buah, es campur juga merupakan minuman menyegarkan yang recommended untuk dijadikan ide jualan dibulan puasa. Selain menyegarkan, rasanya juga enak dan disukai banyak orang. Selain itu modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan dipasar-pasar terdekat, jadi jika Anda menjalankan ide jualan ini Anda tidak akan terlalu kesulitan. Anda bisa mulai berjualan bahkan didepan rumah Anda sendiri, menyewa tempat, ataupun dengan cara berkeliling menggunakan gerobak atau mobil. Jika Anda serius menjalankan ide jualan ini hasilnya pasti tidak akan mengecewakan Anda.


3.   Kelapa Muda

Jika Anda rasa konsumen lebih menyukai minuman yang lebih alami dan menyegarkan maka ide jualan kelapa muda ini bisa Anda pertimbangkan. Selain menyegarkan, air kelapa muda juga cepat mengganti cairan tubuh sehingga rasa dahaga akan cepat terobati, selain itu kelapa muda juga lebih sehat karena lebih alami tanpa campuran bahan buatan lainnya.

Saat ini usaha kelapa muda sudah banyak menjamur dibanyak tempat, itu artinya produk ini memang disukai banyak orang, dalam artian konsumennya ada. Oleh karena itu Anda tidak perlu ragu ataupun takut karena produk ini pasti disukai oleh konsumen. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari supplier kelapa muda dan mencari tempat yang strategis untuk Anda jualan kelapa muda ini.


4.   Kolak

Kolak merupakan salah satu makanan yang menjadi ciri khas bulan puasa. Biasanya makanan ini disajikan ketika hendak berbuka puasa, rasanya enak dan manis sehingga dapat mempercepat pemulihan tenaga yang mulai lemas. Ketika memasuki bulan puasa biasanya permintaan terhadap kolak ini sangat meningkat sehingga banyak orang yang akhirnya mendadak berjualan kolak.

Tidak mengherankan memang karena potensi bisnis ini sangat besar ketika bulan puasa, selain itu kolak juga relatif mudah untuk dibuat, tidak perlu peralatan yang sulit, bahan baku mudah didapat, modal tidak terlalu besar, dan mudah untuk dijual. Meski kelihatannya mudah, Anda harus tetap memperhatikan rasa kolak yang Anda buat karena berhasil tidaknya usaha ini tergantung pada hal tersebut.


5.   Kurma

Kurma merupakan hidangan yang disunahkan ketika hendak berbuka puasa. Kurama juga merupakan salah satu makanan yang menjadi ciri khas ketika memasuki bulan puasa, oleh karena itu kurma tidak bisa dipisahkan dari bulan suci ini. Maka dari itu tidak heran jika kurama menjadi makanan yang direkomendasikan untuk dijual ketika memasuki bulan puasa.

Karena kurma disunahkan untuk dimakan ketika hendak berpuasa, maka otomatis permintaan konsumen terhadap kurma ini sangatlah tinggi ketika memasuki bulan puasa. Maka dari itu permintaan yang besar ini bisa Anda manfaatkan dengan turut menjadikan kurama ini sebagai barang dagangan Anda.


6.   Makanan Berbuka Puasa

Ketika orang hendak berbuka puasa tidak hanya takjil yang dicari melainkan juga makanan untuk berbuka puasa. Ketika memasuki bulan puasa banyak orang yang mengadakan acara berbuka puasa bersama, entah itu pelajar, mahasiswa, taman kerja, dan sebagainya oleh karena itu banyak tempat makan mengalami peningkatan omset ketika bulan puasa.

Tingginya antusiasme orang berbuka puasa mengakibatkan permintaan yang tinggi terhadap hidangan berbuka puasa, oleh karena itu jika Anda manfaatkan situasi ini dengan baik dengan turut serta berjualan makanan berbuka puasa maka Anda pasti bisa memperoleh keuntungan yang Anda harapkan. Dalam hal ini Anda bisa berjualan makanan berat, seperti misalnya nasi timbal, nasi liwet, ayam bakar, ayam panggang, sate, soto, dan sebagainya yang biasa dijadikan makanan berbuka puasa oleh konsumen.


7.   Pakaian

Bukan hanya makanan saja yang mengalami lonjakan permintaan konsumen, ternyata permintaan juga meningkat terhadap pakaian. Karena bulan puasa juga merupakan bulan ajang silaturahmi terhadap sesama teman, kerluarga, dan sebaginya maka banyak orang ingin tampil sempurna dihadapan orang lain, dan salah satu caranya adalah dengan mengenakan pakaian yang menarik.

Jika Anda perhatikan, banyak orang yang membeli baju baru ketika memasuki bulan puasa, entah itu memang untuk dipakai ketika bulan puasa atau disimpan untuk nanti hari idul fitri. Apapun alasannya permintaan terhadap pakaian ketika bulan puasa tetaplah tinggi. Oleh kerena itu hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin menjoba berjualan pakaian di bulan ramadhan.


8.   Peralatan Ibadah

Pada saat memasuki bulan puasa biasanya keimanan seseorang meningkat secara derastis, oleh karenanya banyak orang yang memperbanyak amal ibadahnya ketika memasuki bulan puasa. Selain itu faktor pahala yang bisa didapatkan ketiga sedang berpuasa juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang memperbanyak ibadah ketika memasuki bulan puasa.

Dengan banyaknya orang yang memperbanyak ibadah ketika memasuki bulan puasa maka kebutuhan akan peralatan ibadah juga otomatis meningkat, seperti misalnya sarung, mukena, sajadah, tasbih, kopiah, Al – Qur’an, dan sebagainya. Maka dari itu mungkin Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai ide untuk berjualan dibulan puasa nanti.


9.   Buah-Buahan

Ketika sedang berpuasa kita dituntut untuk memiliki tubuh yang sehat dan prima. Salah satu yang bisa membantu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan prima tersebut salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan serat. Hal ini juga didukung dengan banyaknya ahli kesehatan yang menyarankan konsumsi buah-buahan ketika hendak berpuasa agar kebutuhan akan vitamin, mineral, dan serat dalam tubuh dapat terpenuhi.

Banyak cara penyajian buah-buahan untuk dikonsumsi, seperti misalnya dibuat jus, es buah, oatmeal, ataupun dimakan langsung, tentu cara penyajian ini bisa Anda pilih sesuai selera. Dalam hal ini dengan banyaknya potensi permintaan terhadap buah-buahan ini ketika memasuki bulan puasa maka tak heran jika berjualan buah-buahan menjadi pilihan yang baik untuk Anda jalankan.


10. Frozen Food

Ketika sedang menjalankan puasa mau tidak mau kita harus menyiapkan berbagai macam makanan untuk berbuka ataupun untuk sahur. Tentu ini bukanlah masalah yang besar bagi mereka yang memang memiliki waktu untuk melakukannya, tetapi hal berbeda terjadi pada orang yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk mempersiapkannya, entah itu karena tuntutan pekerjaan ataupun karena suatu hal yang mendesak. Oleh karena itu mereka membutuhkan suatu produk yang bisa memecahkan masalah ini, dan salah satunya adalah frozen food.

Frozen food merupakan makanan yang sengaja dibekukan untuk memperpanjang umur makanan tersebut. Frozen food ini sangatlah beragam, bisa itu daging, sayuran, ikan, nugget, dan sebagainya. Selain itu frozen food juga sangat praktis, kita hanya perlu menyimpannya dikulkas dan mengkonsumsinya ketika dibutuhkan. Tentu hal ini akan sangat memudahkan untuk mereka yang tidak banyak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan ketika hendak berbuka ataupun sahur. Bagi Anda yang masih bingung mencari ide jualan di bulan puasa, mungkin berjualan frozen food bisa menjadi pilihan Anda.


11. Kue Kering

Salah satu makanan yang juga mengalami peningkatan permintaan ketika memasuki bulan puasa adalah kue kering. Hal ini mungkin bisa Anda rasakan sendiri dimana banyak orang yang mencari ataupun membuat sendiri kue kering yang meraka inginkan. Hal ini bisa Anda lihat dengan banyaknya penjual kue kering dadakan dipasar, super market, ataupun secara online. Selain itu antrian juga terlihat di toko-toko bahan kue diamana banyak orang yang mengantri untuk membali bahan kue.

Maka dari itu tidaklah salah jika Anda juga ikut meramaikan trand ini karena peluangnya memang terbuka lebar. Jangan takut akan persaingan, karena setiap bisnis apapun itu pasti selalu ada yang namanya persaingan. Yang perlu Anda persiapkan adalah produk dan strategi yang baik untuk memenangkan persaingan.

Jadi itulah beberapa ide jualan yang bisa menjadi referensi untuk Anda berjualan ketika bulan puasa. Tentu masih banyak ide-ide jualan lainnya karena pada dasarnya ide itu tidaklah terbatas maka carilah ide-ide lain yang menurut Anda bisa mengantarkan Anda pada keberhasilan.


Posting Komentar untuk "11 Ide Jualan di Bulan Puasa 2023 Paling Laris dan Menguntungkan"