Fungsi Uang: Fungsi Asli dan Fungsi Turunan

Fungsi Uang: Fungsi Asli dan Fungsi Turunan

Uang adalah suatu benda yang diterima secara umum dan dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah. Apabila dilihat dari fungsinya, uang bisa dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.


A.     Fungsi Asli (Primer)

Fungsi asli uang antara lain yaitu:

1)      Sebagai Alat Penukar (medium of exchange)

Uang digunakan sebagai alat pertukaran. Fungsi ini sangat penting, mengingat pertukaran secara barter sulit untuk dilakukan, karena terlebih dahulu harus ada kesamaan keinginan dari kedua belah pihak. Semenjak adanya uang, pertukaran dapat dilakukan setiap saat tanpa harus ada kesamaan kehendak. Barang yang diinginkan dapat langsung ditukar dengan uang dan sebaliknya. Dengan adanya uang seluruh transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

2)      Sebagai Alat Satuan Hitung (a unit of account)

Untuk menentukan harga suatu barang maka diperlukan satuan hitung. Dengan adanya uang, nilai suatu barang dapat diukur dan dibandingkan, misalnya dengan uang orang dapat mengukur nilai sebuah rumah, mobil dan kemudian membandingkannya.

3)      Sebagai penyimpan nilai (strore of value)

Uang dapat dijadikan sebagai penyimpan nilai, misalnya Anda menyimpan gaji Anda bulan ini untuk keperluan yang akan datang.

Fungsi Uang: Fungsi Asli dan Fungsi Turunan

B.     Fungsi Turunan

Selain memiliki fungsi asli, uang juga memiliki fungsi turunan, antara lain yaitu sebagai berikut:

1)      Alat Pembayaran yang Sah

Adalah sulit jika pemenuhan kebutuhan manusia yang beragam dilakukan dengan cara barter, oleh karena itu untuk mempermudah  mendapatkan barang dan jasa, masyarakat perlu alat pembayaran yang diterima oleh semua orang yaitu dengan uang.

2)      Sebagai Penimbun Kekayaan

Uang juga berfungsi sebagai alat penimbun kekayaan. Kekayaan selain dapat ditimbun dalam bentuk benda juga dapat ditimbun dalam bentuk uang. Dalam keadaan ekonomi yang stabil ekayaan dalam bentuk uang lebih praktis karena dapat segera digunakan untuk membeli kebutuhan.

3)      Sebagai Alat Pemindah Kekayaan

Uang dapat mempermudah pemindahan kekayaan, misalnya jika seseorang ingin pindah dari satu tempat ke tempat lain, dia tidak perlu memindahkan kekayaan yang berupa rumah, dia hanya perlu menjual saja.

4)      Standar Pencicilan Uang

Uang dapat berfungsi sebagai standar dalam melakukan pembayaran di kemudian hari, pencicilan utang, atau pembayaran berjangka panjang. Misalnya pencicilan kredit sebuah bank dilakukan dengan menggunakan uang.

5)      Alat Pendorong Kegiatan Ekonomi

Uang dapat berfungsi sebagai alat investasi yang akan merangsang kegiatan ekonomi.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 3.1.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...