Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Terlengkap. !

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian pemasaran menurut para ahli - Pemasaran merupakan sesuatu yang sangat penting dalam sebuah usaha atau bisnis, dimana pemasaran berperan besar untuk menginformasikan dan menyampaikan barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan kepada konsumen.

Di era sekarang ini, pemasaran dipandang lebih menantang dibandingkan dengan peningkatan produksi yang saat ini sudah memiliki banyak teknologi canggih untuk meningkatkan produksi. Oleh karena itu keberhasilan memasarkan produk bisa dikatakan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki pemasaran yang bagus akan menguasai pasar dan menjual lebih banyak produk dan akhirnya meningkatkan laba dan memajukan perusahaan.

{|CATATAN| Baca juga 5 artikel berikut ini: 1. Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran) | 2. Bauran Promosi Promotion Mix | 3. Pengertian Lini Produk dan Bauran Produk Beserta Contohnya | 4. Pengertian Pemasaran dan Manajemen Pemasaran | 5. 7 Konsep Inti Pemasaran}

Lalu apa itu pemasaran? Sebenarnya istilah pemasaran sudah dikenal dari dulu, oleh karena itu banyak para ahli mengartikan atau mendefinisikan pengertian pemasaran. Seperti beberapa ahli berikut ini yang mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

1.      American Marketing Association

Menurut American Marketing Association, pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, promosi, harga, dan distribusi sejumlah ide, barang serta jasa, untuk menciptakan pertukaran yang dapat memuaskan tujuan organisasi dan individu.

2.      Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pemasaran ialah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya kelompok dan individu mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lainnya.

3.      Boyd, dkk (2000 : 4)

Menurut Boyd, dkk, pemasaran ialah suatu proses yang melibatkan berbagai macam kegiatan penting yang memungkinkan perusahaan dan individu mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain.

4.      Downey (2002 : 3)

Menurut Downey, pemasaran dapat diartikan sebagai telaah terhadap aliran produk secara fisik serta ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara hingga sampai ke tangan konsumen.

5.      William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis yang di tujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik ke pada pembeli yang ada ataupun pembeli potensial.

6.      Philip & Duncan

Menurut Philip dan Duncan, pemasaran adalah sesuatu yang terdiri dari berbagai macam langkah yang digunakan untuk menempatkan barang yang dijual belikan ke tangan konsumen atau pembeli.

7.      H. Nystrom

Menurut H. Nystrom, pemasaran adalah suatu kegiatan penyaluran barang ataupun jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.

8.      Swasta (1996)

Pemasaran merupakan suatu usaha untuk bisa memuaskan kebutuhan penjual dan pembeli.

9.      Muhaman Firdaus

Merurut Muhammad Firdaus, pemasaran adalah salah satu dari kegiatan pokok yang harus dilaksanakan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk mendapatkan laba serta untuk berkembang.

10.  Sofyan Assauri (2004 : 5)

Menurut Sofyan Assauri, pemasaran ialah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.

Itulah beberpa pendapat para ahli mengenai pengertian pemasaran yang tentunya masih banyak pendapat-pendapat para ahli lain mengenai pengertian pemasaran yang tidak sempat disampaikan disini. Mengingat pentingnya pemasaran bagi kelangsungan bisnis perusahaan, banyak cara-cara yang dilakukan perusahaan dalam bidang pemasaran, seperti dalam penentuan harga, penentuan kemasan, penentuan iklan, penentuan layout produk, dan masih banyak cara-cara lainnya. Biasanya teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan jaman, peluang, dan kebutuhan konsumen.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 26.10.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...