Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Dalam dunia usaha diera ini, persaingan semakin banyak dan berat terutama dalam menarik perhatian konsumen agar dapat membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu segala usaha di bidang pemasaran (marketing) harus ditempuh dengan keras agar dapat bertahan dalam arena persaingan bisnis.

{|CATATAN| Baca artikel yang berhubungan dengan pemasaran berikut ini: 1. Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran) | 2. Bauran Promosi (Promotion Mix) | 3. Pengertian Lini Produk dan Bauran Produk Beserta Contohnya | 4. Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Lengkap. !}

Di era persaingan bisnis saat ini, kegiatan peningkatan produksi tidak lagi dipandang sebagai suatu masalah yang berat jika dibandingkan dengan kegiatan memasarkan barang yang dihasilkan itu sendiri. Artinya dengan kata lain bahwa keberhasilan dalam pemasaran produk merupakan kunci keberhasilan dari sebuah bisnis yang dijalankan perusahaan.

Kegiatan pemasaran mempunyai nilai positif baik dari sisi konsumen maupun dari sisi produsen. Jika dari sisi konsumen, kegiatan pemasaran dianggap sebagai suatu kegiatan yang dapat menawarkan berbagai macam alternatif alat pemuas kebutuhan bagi konsumen sehingga nilai kepuasan konsumen akan bertambah besar. Sementara dari sisi produsen, pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan terhadap konsumen. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran sebenarnya bukan semata-mata berhubungan dengan kepentingan produsen saja melainkan juga untuk kepentingan konsumen.

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan laba, berkembang dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Sebenarnya banyak orang yang sering menyalah artikan pemasaran dengan pengertian perdagangan, penjualan, dan distribusi. Padahal sebenarnya istilah-istilah tersebut hanya merupakan salah satu bagian dari aktivitas pemasaran secara keseluruhan.

Proses pemasaran pada dasarnya dimulai jauh sebelum barang diproduksi serta tidak berakhir dengan hanya pada penjualan, akan tetapi pemasaran berhubungan dengan bagaimana cara untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Sudah sejak lama orang-orang mengenal kegiatan pemasaran, hal ini ditandai dengan banyaknya definisi-definisi pemasaran yang dikemukakan oleh bergagaimacam kalangan. Definisi pemasaran pada awalnya hanya menitik beratkan pada barang, lalu kemudian lembaga-lembaga yang diperlukan untuk melaksanakan proses penjualan, dan pada fungsi-fungsi yang dijalankan untuk memungkinkan dilaksanakannya transaksi pemasaran.

Agar dapat memberi gambaran mengenai ruang lingkup pemasaran, berikut ini beberapa pengertian pemasaran menurut para ahli:

Menurut American Marketing Association:
Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, promosi, harga dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa, untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Sementara menurut Philip Kotler:
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Pada hakikatnya pengertian pemasaran tersebut bersandar pada konsep inti pemasaran, yaitu needs (kebutuhan), wants (keinginan) dan demands (permintaan); produk (barang, jasa, dan gagasan); biaya, nilai, dan kepuasan; transaksi dan pertukaran; jaringan dan hubungan; pasar; serta pemasar dan prospek. 

{|CATATAN| Baca penjelasan lebih lanjut mengenai konsep inti pemasaran dalam artikel berikut: 7 Konsep Inti Pemasaran}

Konsep inti pemasaran beroperasi di dalam suatu lingkungan yang secara konsisten terus berkembang sebagai konsekuensi sosial dari perusahaan, namun juga dibatasi oleh berbagai sumber dari perusahaan itu sendiri dan peraturan yang ada. Dalam pemasaran, perubahan lingkungan merupakan sebuah tantangan baru yang membutuhkan tanggapan serta cara penyelesaian yang baru juga, atau bisa juga sebaliknya dapat berupa sebuah peluang dan kesempatan untuk mengembangkan usaha perusahaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu suatu keahlian yang dapat memilah serta melaksanakan kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan serta menyesuaikan diri dengan perubahan yang baru. Kegiatan pemasaran harus dikelola dan dikoordinasikan dengan cara yang benar, oleh karena itu dikenalilah istilah manajemen pemasaran.


PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN


Pengertian Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Titik berat manajemen pemasaran diletakkan pada penawaran perusahaan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar serta menentukan harga, membuat komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk mendorong, memberitahu, serta melayani pasar.

Jadi pada intinya manajemen pemasaran dirumuskan sebagai sebuah proses manajemen yang didalamnya meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dimana kegiatan manajemen pemasaran bertujuan untuk menimbulkan pertukaran yang diinginkan, baik itu yang berhubungan dengan barang dan jasa, atau benda-benda lain yang dapat memenuhi kebutuhan sosial,  psikologis dan kebudayaan.

Proses pertukaran tersebut dapat diciptakan baik oleh penjual maupun pembeli yang dapat menguntungkan keduanya. Dalam menentukan produk, harga, promosi dan tempat untuk mendapatkan tanggapan yang efektif biasanya disesuaikan dengan sikap dan perilaku konsumen, dan sebaliknya sikap dan perilaku konsumen tersebut dapat dipengaruhi dengan sedemikian rupa sehingga dapat sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN"