Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK BESERTA CONTOHNYA

LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK

Lini produk dan bauran produk merupakan satu kesatuan, dimana lini produk merupakan bagian dari bauran produk. Sebenarnya istilah lini produk dan bauran produk sudah banyak contohnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan suatu produk dari perusahaan tertentu. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini.

PENGERTIAN LINI PRODUK

Menurut Kotler dan Keller, lini produk adalah kelompok produk di dalam kelas produk yang berkaitan erat karena memiliki fungsi yang serupa, dipasarkan melalui gerai atau saluran yang sama atau dalam kisaran harga tertentu, dan dijual kepada kelompok pelanggan yang sama.

{|CATATAN| Baca juga 5 artikel berikut: 1. Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran) | 2. Bauran Promosi (Promotion Mix) | 3. Pengertian Pemasaran dan Manajemen Pemasaran | 4. Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli | 5. 7 Konsep Inti Pemasaran}

Lini produk merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan dalam menjual beberapa jenis produk. Diamana lini produk menjual beberapa produk yang saling berkaitan secara terpisah. Bisa dikatakan bawa satu lini produk terdiri atas beberapa produk dengan berbagai macam tipe, variasi, warna, ukuran, harga dan kualitas.

Bauran Produk dan Lini Produk Beserta Contohnya

Terdapat beberapa sitilah di dalam lini produk, diantaranya seperti line dept (kedalaman lini), line consistency (konsistensi lini), line vulnerability (tingkat kekuatan lini), dan line extension (perluasan lini). Dimana:
1.      Line dept (kedalaman lini), berhubungan dengan jumlah varian produk dalam satu lini.
2.      Line consistency (konsistensi lini), berhubungan dengan seberapa dekat keterkaitan antar produk dalam satu lini.
3.      Line vulnerability (tingkat kekuatan lini), berhubungan dengan presentase penjualan atau keuntungan yang dapat diambil dari seberapa kecil produk dalam satu lini.
4.      Line extension (perluasan lini), berhubungan dengan penambahan produk baru pada satu lini. Line extension yang mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan dengan produk lainnya disebut sebagai tindakan trading up atau brand leveraging. Tetapi jika line extension memiliki kualitas dibawah produk yang lainnya, hal tersebut dinamakan trading down.

CONTOH LINI PRODUK

Misalkan kita ambil contoh pada perusahaan Indofood. Indofood merupakan perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Banyak makanan dan minuman yang sudah diproduksi oleh perusahaan indofood, seperti misalnya mie instan, minyak goreng, tepung terigu, minuman dan sebagainya. Lalu yang mana yang disebut sebagai lini produk dalam perusahaan indofood? Bisa dikatakan bahwa mie instan, minyak goreng, tepung terigu, minuman dan sebagainya itu adalah lini produk. Misalkan mie instan, itu disebut sebagai lini produk 1. Lalu tepung terigu, disebut sebagai lini produk 2 dan seterusnya. Didalam satu lini tersebut terdapat beberapa item, contohnya dalam lini produk mie instan, indofood memiliki beberapa item seperti indomie, sarimie, supermie dan sebagainya.


PENGERTIAN BAURAN PRODUK (PRODUCT MIX)

Bauran produk (product mix) adalah perpaduan atau rangkaian dari semua lini produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada konsumen. Bauran produk (produk mix) terdiri atas semua lini produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau penjual, dengan kata lain lini produk adalah bagian dari bauran produk. Bauran produk (produk mix) sendiri memiliki 4 dimensi yaitu: Widht (kelebaran), Leght (kepanjangan), Depth (kedalaman) dan Consistency (konsistensi).

1.      Widht (Kelerbaran), kelebaran bauran produk berhubungan dengan berapa banyak lini produk yang ditangani oleh perusahaan. Contohnya apabila siatu perusahaan memiliki 4 lini produk, itu berarti kelebar bauran produknya adalah 4.
2.      Leght (Kepenjangan), kepanjangan bauran produk mengacu pada keseluruhan jumlah item (produk) didalam bauran produk itu sendiri. Contohnya apabila suatu perusahaan memiliki 4 lini produk dan memiliki 2 cabang untuk setiap lininya, itu berarti kepanjangan bauran produk perusahaan tersebut adalah 8.
3.      Depth (Keadalam), kedalaman produk mengarah pada seberapa banyak variasi dalam setiap produk. Variasi tersebut bisa berupa ukuran, warna, rasa, dan sebagainya yang membedakan satu dan lainya. Sebagai contoh apabila sebuah perusahaan memproduksi mie instan dengan 2 ukuran yang berbeda serta mempunyai 4 varian rasa yang berbeda maka kedalamanya adalah 8.
4.      Consistency (Konsistensi), konsistensi bauran produk berhubungan dengan seberapa erat hubungan antar berbagai lini produk dalam ketentuan produksi, saluran distribusi, penggunaan akhir, dan atau lain sebagainya. Contohnya suatu perusahan mungkin dapat memproduksi minuman dan botol minuman, dimana keduanya saling berhubungan satu sama lain.

Bauran produk dapat memudahkan perusahaan dalam menentukan strategi produk dan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan bisnisnya. Yaitu dengan cara sebagai berikut:
1.      Perusahan dapat menambah lini produknya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
2.      Perusahaan dapat memperpanjang lini produk yang sudah ada agar lebih lengkap.
3.      Perusahaan dapat menambah varian tiap produk sehingga dapat memperdalam bauran produk.
4.      Perusahaan dapat mengurangi atau menambah lini produknya, yang disesuaikan dengan kemampuan dan daya saing perusahaan.

CONTOH BAURAN PRODUK (PRODUCT MIX)

Kita bisa mengambil contoh mengenai bauran produk dari contoh lini produk. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa lini produk merupakan bagian dari bauran produk, itu bararti yang dimaksud bauran produk dalam perusahaan Indofood adalah keseluruhan lini produk Indofood yaitu: mie instan, minyak goreng, tepung terigu, minuman dan sebagainya. (Lihat Contoh Lini Produk).

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN LINI PRODUK DAN BAURAN PRODUK BESERTA CONTOHNYA"