PENERAPAN MANAJEMEN PEMASARAN DALAM BEBERPA SEKTOR

PENERAPAN MANAJEMEN PEMASARAN DALAM BEBERPA SEKTOR

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang mempunyai tujuan untuk menciptakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Manajemen pemasaran dari tahun ke tahun semakin diminati oleh semua jenis organisasi, baik itu di dalam sektor bisnis maupun sektor lain. Seperti yang terjadi dalam beberapa sektor berikut ini.

{|CATATAN| Untuk memperluas pemahaman Anda, kami merekomendasikan artikel berikut ini: 1. Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli, Lengkap. ! | 2. Pengertian Pemasaran dan Manajemen Pemasaran | 3. 7 Konsep Inti Pemasaran}

DALAM SEKTOR BISNIS

Dalam sektor bisnis, pemasaran mulai di dasari oleh perusahaan yang berbeda pada waktu yang juga berbeda. Pemasaran menyebar luas dalam berbagai perusahaan barang konsumsi kemasan, perusahaan peralatan industi dan perusahaan konsumsi tahan lama. Produsen komoditi seperti barang kimia, kertas, dan baja, belakangan ini mulai menyadari akan pentingnya pemasaran, dan masih banyak hal-hal yang harus mereka lakukan. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan jasa konsumen, terutama bank dan transportasi pesawat udara telah mengambil langkah yang menuju dalam pemasaran modern. Pemasaran juga mulai menarik perusahaan asuransi, meskipun perusahaan tersenut masih harus melakukan banyak hal dalam menerapkan pemasaran secara efektif.

Kelompok bisnis yang dewasa ini tertarik pada pemasaran ialah penyedia jasa profesional, seperti akuntan, pengacara, arsitek, dan dokter. Mereka menyebut pemasaran sebagai pengembangan praktik, mengidentifikasi peluang baru, dan berusaha menetapkan posisi perusahaan yang mereka punyai.

DALAM SEKTOR NIRLABA

Pemasaran juga semakin menarik minat dari organisasi nirlaba seperti rumah sakit, kelompok pementasan seni, dan perguruan tinggi. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan organisasi nirlaba mereka dalam menghadapi menyusutnya sumber daya keuangan dan perubahan perilaku kosumen yang berubah pesat, oleh karena itu pengelola organisasi beralih ke pemasaran.

DALAM SEKTOR GLOBAL

Teori serta praktik pemasaran, yang dulunya terbatas pada negara-negara tertentu, saat ini menyebar luas ke seluruh dunia. Hal ini dikarnakan banyak perusahaan besar telah mengglobal lalu membawa praktik pemasaran mereka. Dalam persaingan pasar baru, mereka memaksa perusahaan setempat untuk mempertahankan wilayah mereka dengan cara mempelajari dan menyempurnakan praktik pemasaran.

Saat ini seminar pelatihan pemasaran yang mempunyai kualitas tinggi diadakan tidak hanya oleh negara-negara industri, namun juga oleh negara-negara berkembang termasuk di dalamnya Indonesia, Kolombia dan sebagainya. Di bekas negara-negara sosialis, dimana pemasaran memiliki reputasi yang buruk, pemasaran menjadi salah satu pembahasan bisnis yang paling panas. Oleh karena itu pantaslah perusahaan, baik lokal maupunpun luar, meramalkan bahwa masa depan perusahaan mereka akan bergantung pada kemampuan untuk memahami pasar dan pembeli dengan lebih baik dibandingkan pelanggan mereka. Di masa depan pasar global akan memanas, dan pesaing perlu memahami serta menerapkan konsep dan strategi pemasaran baru.
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 30.10.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...