Bisnis Waralaba, Solusi Terbaik Memecahkan Kebingungan dalam Berbisnis

Bisnis Waralaba (Franchise) - Sebagian orang mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses, terkenal dan memiliki pendapatan yang besar. Namun pada kenyataannya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk merealisasikannya, maklum saja menjalankan sebuah bisnis memang bukanlah perkara mudah, banyak tantangan juga risiko yang harus dihadapi. Dan pada akhirnya banyak orang yang mengubur mimpi mereka untuk mempunyai sebuah bisnis karena mereka takut akan risiko kegagalan.

Kegagalan dalam sebuah bisnis sebenarnya biasa terjadi, biasanya hal ini disebabkan oleh ketidak siapan serta kurang matangnya strategi dalam menjalankan sebuah bisnis. Terlebih lagi jika bisnis tersebut masih tergolong baru, yang tentu masih banyak mengalami trial and error dalam perjalanannya.

{|CATATAN| Kegagalan bisnis juga sering terjadi akibat kesalahan dalam memilih dan memulai bisnis, oleh karena itu perlu perhatian khusus melaksanakannya. Jadi kami merekomendasikan artikel ini untuk Anda: Cara Memulai Bisnis dengan Menerapkan Teori Efektuasi}

Menjalankan sebuah bisnis sebenarnya susah-susah gampang, menjalankan sebuah bisnis akan “gampang” jika kita tahu apa yang harus kita perbuat, mulai dari konsep awal sampai produk dibuat dan ada ditangan konsumen. Tetapi sebaliknya, menjalankan sebuah bisnis akan sangat sulit jika kita tidak tahu apa yang harus kita perbuat untuk menjalankan bisnis tersebut. Jika Anda termasuk orang yang tidak tahu apa yang harus diperbuat untuk menjalankan bisnis tetapi memiliki keinginan yang kuat untuk mempunyai sebuah bisnis maka sebaiknya anda mencoba bisnis waralaba.

Bisnis waralaba akan memudahkan anda mempunyai sebuah bisnis tanpa harus bersusah payah membangunnya dari awal. Anda hanya tinggal menjalankannya saja tanpa harus bingung harus bagaimana, karena semuanya akan dipandu oleh pihak pemberi waralaba.

Mungkin sebagian dari anda belum mengenal apa itu waralaba (franchise), menurut PP No. 42 tahun 2007,
“Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba”.

Pada initinya waralaba merupakan pemberian hak usaha kepada pihak yang berminat untuk menjalankan usaha tersebut dengan suatu perjanjian. Sebagai contoh, KFC mewaralabakan usahanya untuk dijalankan oleh pihak lain dengan perjanjian tertentu, misalnya persentase keuntungan dll, dan pihak yang membeli waralaba KFC tersebut berhak atas pemakaian merek serta sistem yang ada.

Beberapa keuntungan yang akan didapat jika anda menjalankan bisnis dengan sistem waralaba (pembeli waralaba) adalah anda dapat memulai bisnis dengan cepat karena sistem sudah disiapkan oleh pihak pemberi waralaba, tidak perlu merasakan jatuh bangun dalam menjalankan bisnis karena trial and error hampir tidak ada, dapat dijadikan bisnis sampingan karena tidak menyita waktu yang banyak karena Anda hanya tinggal mengontrolnya saja, banyak pilihan bisnis waralaba yang sesuai dengan minat anda, konsumen mudah didapat karena biasanya produk yang diwaralabakan sudah terkenal di masyarakat, bisnis waralaba adalah bisnis jaringan sehingga mitra bisnis anda cukup banyak dengan begitu anda bisa saling bertukar ide untuk kesuksesan bersama.

Tentu sangat banyak merk/produk yang menawarkan sistem waralaba, biasanya merk/produk yang diwaralabakan memiliki reputasi baik di masyarakat dan terbukti berjalan dengan sukses. Beberapa merk/produk yang menawarkan sistem waralaba diantaranya adalah KFC, Mc Donald’s, Indomart, Alfamart, dan sebagainya.

Ketika Anda berminat untuk berbisnis waralaba, ada baiknya dalam memilih merk/produk waralaba Anda memperhatikan beberapa faktor sebelum memutuskan untuk membelinya, faktor tersebut diantaranya adalah reputasi merk/produk, keunikan produk, diferensiasi produk yang dimiliki dan berbagai faktor lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi 14 Tips Memilih Franchise yang Baik dan Menguntungkan.

Jika Anda bingung dalam memilih bisnis dan tidak tahu apa yang harus Anda perbuat, mungkin berbisnsi waralaba adalah pilihan terbaik untuk Anda, selamat mencoba.

Artikel terkait:
10 Ide Bisnis yang Akan Menginspirasi Anda dalam 10 Menit
11 Kaidah Sukses dalam Bisnis Kreatif
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 14.2.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...