Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Ide Bisnis untuk Masa Depan yang Menjanjikan

Ide Bisnis Masa Depan

Adakah ide bisnis yang menjajikan untuk masa depan? Kira-kira bisnis apa yang akan menguntungkan dimasa depan? Bagaimana trand bisnis yang akan tumbuh dimasa depan? Jika membaca artikel ini pasti salah satu pertanyaan tersebut ada dalam benak Anda, benar bukan? Dan syukurlah Anda berada pada artikel yang tepat.

Berbicara mengenai bisnis masa depan, maka tidak bisa lepas dari trand perkembangan sosial dan teknologi saat ini, dalam arti bahwa kedua hal tersebut dan beberapa hal lainnya akan turut serta mempengaruhi trand bisnis masa depan. Contohnya setiap ada perkembangan tekologi baru pasti akan mempengaruhi trand bisnis yang ada. Dalam hal ini katakanlah transportasi online yang merupakan trand bisnis yang lahir dari perkembangan teknologi.

Dari uraian tersebut maka kita bisa menyilmpulkan bahwa trand bisnis masa depan akan dipengaruhi oleh perkembangan yang ada saat ini, entah itu dalam hal teknologi, pengetahuan, sosial budaya, kondisi lingkungan, dan sebagainya. Dalam hal ini dengan melihat perkembangan dan keadaan saat ini maka beberapa bisnis ini mungkin bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan untuk masa depan :


1)   Bisnis Mobil / Motor Listrik

Mungkin semua akan setuju bahwa dimasa depan bisnis mobil atau motor listrik akan sangat berkembang, bahkan saat ini bisa dibilang sedang bergerak ke arah sana. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya investasi besar-besaran dalam lingkup bisnis ini seperti produksi mobil dan motor listrik yang mengalami peningkatan, investasi pada produksi batrai, pengisian listrik, dan sebagainya. Semua investasi tersebut guna menyambut era bisnis masa depan.

Berkembangnya bisnis mobil atau motor listrik dimasa depan tentu tidak serta-merta berkambang begitu saja, pasti ada alasan dan faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicunya, dalam hal ini diantaranya yaitu :


a)   Kesadaran Akan Lingkungan

Kita tahu bahwa kendaraan yang berbahan bakar minyak (bensin, solar, dll) akan berdampak kurang baik pada lingkungan, seperti misalnya adanya polusi udara, limbah minyak yang tidak bisa didaur ulang, pencemaran lingkungan, dan dampak buruk dari pengeboran minyak baik itu di darat maupun di laut, sehingga pada akhirnya semua dampak buruk tersebut bermuara pada pemanasan global yang dapat mendatangkan bencana bagi semua makhluk hidup di bumi.


b)   Keterbatasan Minyak Bumi

Salah satu alasan kuat mengapa bisnis motor atau mobil listrik akan berkembang dimasa dapan adalah karena ketersediaan minyak bumi yang semakin lama semakin menipis. Coba bayangkan sudah berapa banyak minyak bumi yang dipakai oleh manusia untuk kebutuhan hidupnya, pasti sangatlah banyak, sedangkan minyak bumi sendiri merupakan sumber daya yang tidak dapat didaur ulang, dalam arti suatu saat pasti akan habis. Bisa kita lihat sekarang ini, berapa banyak cadangan minyak bumi yang dimiliki saat ini, jumlahnya sangat berkurang derastis dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Atas alasan inilah manusia mulai beralih pada sumber energi yang lebih melimpah dan dapat didaur ulang, yaitu energi listrik.


c)   Perkembangan Teknologi

Bisa dikatakan bahwa meskipun manusia sadar akan kerusakan lingkungan dan keterbatasan sumber daya tetapi tidak dibarengi dengan kemajuan teknologi mungkin manusia akan tetap menggunakan teknologi yang ada saat ini, meskipun hal itu mungkin akan merusak lingkungan. Mereka akan beralasan tidak punya pilihan dan akan berkata : “siapa peduli dengan lingkungan, yang penting hidup jauh lebih mudah dengan teknologi yang ada saat ini”.

Mungkin ini terlihat menjengkelkan tapi itulah kenyataannya. Kesadaaran akan suatu hal yang buruk tidak akan merubah kehidupan manusia tanpa adanya pengetahuan dan teknologi yang bisa merubah kebiasaan. Dan berkaitan dengan perkembangan bisnis mobil dan motor listrik dimasa depan, karena memang pengetahuan dan teknologi saat ini memungkinkan untuk berubah ke arah sana.


Ide Bisnis untuk Masa Depan


2)   Bisnis Batrai Mobil / Motor Listrik

Perkembangan bisnis mobil dan motor listrik di masa depan turut serta menciptakan perkembangan bisnis lainnya, diantaranya yaitu bisnis batrai untuk mobil atau motor listrik. Hal ini sudah mulai terlihat dari banyaknya investor yang menginvestasikan uangnya pada bisnis batrai ini, termasuk berinvestasi di Indonesia sebagai salah satu negara yang mepunyai bahan baku pembuatan batrai terbesar di dunia.

Investor yang menginvestasikan uangnya di Indonesia juga nantinya secara tidak langsung akan turut serta membantu perekonomian Indonesia, bisa itu lewat pajak yang didapat, lewat penyerapan tenaga kerja, ataupun perkembangan teknologi dalam negeri. Oleh karena itu ini merupakan hal yang baik bagi masyarakat Indonesia.


3)   Bisnis Pengisian Batrai Mobil / Motor Listrik

Perkembangan bisnis kendaraan listrik dan batrai dimasa depan tidak akan bisa terrealisasi jika tidak ada tempat pengisian batrai mobil dan motor listrik. Hal ini tentu saja menjadikan tempat pengisian batrai mobil dan motor listrik sebagai ide bisnis yang sangat menjanjikan dimasa depan.

Bisa dibayangkan dengan semakin banyaknya kendaraan berbahan bakar listrik maka kebutuhan akan tempat pengisian batrai juga akan semakin besar, maka bayangkan berapa potensi peluang keuntungan yang bisa didapatkan, disinilah letak peluang yang harus Anda manfaatkan sebaik mungkin.


4)   Bisnis Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis untuk masa depan selanjutnya adalah jasa pembuatan website. Sebenarnya jasa ini sudah lumayan banyak saat ini namun dengan perkembangan teknologi dimasa depan dimana seluruh kegiatan ekonomi mungkin akan selalu berhubungan dengan internet maka jasa pembuatan website yang ada saat ini mungkin akan kewalahan karena banyaknya permintaan pembuatan website, jadi bisnis ini akan sangat dibutuhkan dimasa depan.

Jika Anda masih ragu dengan bisnis ini maka lihatlah perkembangan saat ini, hampir setiap hal terhubung dengan internet, bisa itu secara langsung ataupun tidak langsung. Dalam hal ini lahatlah sebuah usaha yang terhubung dengan internet dengan usaha yang tidak terhubung sama sekali, mana usaha yang lebih maju? Sudah tentu yang terhubung dengan internet bukan? Hal ini karena usaha yang terhubung dengan internet bisa menjangkau lebih banyak konsumen, apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, ide bisnis masa depan ini tidak bisa diragukan lagi pelungnya sangat menjanjikan.


5)   Bisnis Coffe Shope

Meskipun sebenarnya coffe shope sudah banyak saat ini, namun bisnis ini masih tetap bisa menjadi salah satu ide bisnis untuk masa depan. Hal ini karena tampaknya kopi sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian besar orang, dari anak muda sampai dengan orang tua, oleh karena itu ide bisnis ini akan tetap menjanjikan dimasa depan.

Hal yang perlu dipikirkan mungkin ada pada konsep dan memperbanyak varian kopinya sehingga konsumen akan selalu tertarik untuk mencobanya. Intinya adalah inovasi, baik dalam hal menu ataupun konsep coffe shopenya. Setiap konsumen selalu menginginkan suatu hal yang baru dan segar.


6)   Bisnis Pakaian / Fashion

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya atau dengan kata lain akan terus ada selama manusia hidup adalah bisnis pakaian. Bisnis pakaian bisa dikatakan akan selalu ada selamanya, yang berganti hanyalah trand jenis pakaiannya saja.

Kita tahu dari berabad-abad yang lalu bisnis pakaian sudah ada dan tetap ada sampai sekarang maupun masa depan. Satu hal yang hilang adalah model pakaiannya, bisa dilihat model pakaian yang dikenakan oleh manusia diabad ini sangat berbeda dengan model pakaian yang dikenakan oleh orang-orang terdahulu. Itu artinya dimasa depan model pakaian yang dikenakan juga akan berubah sesuai dengan perkembangan dan trand pakaian saat itu.

Dalam hal ini untuk bisa bertahan dalam bisnis pakaian masa depan maka yang harus dilakukan adalah selalu berinovasi, berkembang, dan selalu mengikuti perkembangan trand yang ada di masyarakat. Jika bisa melakukan hal tersebut maka kemungkinan bisnis pakaian yang Anda jalankan akan bertahan sangat lama. Dengan kata lain ide bisnis pakaian untuk masa depan masih sangatlah menjanjikan dan sangat layak untuk Anda perhitungkan.


7)   Bisnis Makanan Sehat

Salah satu ide bisnis untuk masa depan yang juga patut Anda perhitungkan adalah bisnis makanan sehat. Dengan semakin mudahnya orang mendapatkan informasi sebagai dampak dari perkembangan teknologi, maka semakin banyak pula orang yang mendapatkan informasi mengenai kesehatan sehingga kesadaran orang akan kesehatan menjadi lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

Oleh karena itu sekarang sudah banyak orang yang mulai hidup dengan sehat, seperti rutin berolah raga dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Disinilah letak peluang itu ada, dalam arti bahwa jika Anda bisa menciptakan makanan yang sehat dan Anda coba untuk menjualnya maka ini akan sangat menjanjikan untuk dijadikan ladang bisnis.

Coba Anda bayangkan, akan ada berapa banyak orang yang semakin sadar akan kesehatan dimasa depan nanti dengan melihat banyaknya orang yang sudah mulai sadar akan kesehatan sekarang ini, pasti jumlahnya akan sangat banyak nanti. Dengan kata lain semakin banyak jumlahnya maka semakin besar pula peluang dalam ide bisnis masa depan ini. Pertanyaannya sekarang, maukah Anda mulai menagkap peluang besar ini? Sebagai bahan ide bisnis lainnya dalam bidang makanan Anda bisa membaca artikel berikut : 50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku dan Menguntungkan.


8)   Bisnis Peralatan Olahraga

Selain bisnis makanan sehat, bisnis peralatan olahraga juga akan sangat menjanjikan untuk masa depan. Sudah kita singgung sebelumnya bahwa sekarang ini banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan, entah itu efek dari informasi tentang kesehatan yang sangat mudah didapat, para influencer yang mulai menjalani hidup sehat sehingga diikuti para pengikutnya, atau bisa jadi karena efek pandemi yang memicu orang untuk hidup sehat.

Apapun latarbelakang alasannya sekarang ini banyak orang yang berlomba untuk hidup sehat, ada yang berusaha memakan makanan sehat setiap hari, tidur yang cukup, berjemur, berpikiran positif, meminum minuman herbal, dan berolehraga.

Berolehraga menjadi salah satu cara untuk memperoleh tubuh yang bugar dan sehat. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, seperti jogging, bersepeda, bermain sepakbola, futsal, basket, bulutangkis, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini setiap olahraga pasti membutuhkan peralatan sebagai penunjangnya, seperti sepatu olahraga, jersey, bola basket, bola voli, raket, dan sebagainya. Oleh karena itu bisnis peralatan olahraga menjadi sebuah kebutuhan, disinilah letak peluang besar itu ada dan menjadi bisnis yang menjanjikan untuk masa depan. Karena kegiatan olahraga pasti akan selalu ada kedepannya.


9)   Bisnis Catering

Ide bisnis untuk masa depan selanjutnya adalah bisnis catering. Kita tahu bahwa sekarang ini banyak orang yang disibukan oleh pekerjaan mereka, sehingga tidak punya waktu untuk mengurusi hal-hal lain selain pekerjaan dan hal penting lainnya. Apalagi ketika mereka ingin mengadakan suatu acara, entah itu pernikahan, selametan, atau acara-acara sejenis lainnya yang membutuhkan makanan dalam jumlah yang banyak.

Dahulu orang yang akan mengadakan acara pernikahan, seringkali membuat sendiri makanan yang akan disajikan bersama keluarga atupun para tetangga. Tentu saja hal ini masih bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki waktu yang banyak, namun tentu tidak bagi mereka yang sangat sibuk.

Bagi mereka yang tidak punya waktu mempersiapkan makanan seringkali lebih memilih membeli makanan lewat catering, selain lebih mudah juga rasanya enak dan tidak akan mengganggu kesibukan sehari-hari. Mereka tinggal memesan dan menunggu makanan yang dipesan diantarkan.

Maka tak heran ketika sekarang banyak orang yang sangat sibuk, bisnis catering semakin menjanjikan bahkan untuk beberapa tahun mendatang karena acara pernikahan dan acara-acara lainnya pasti akan terus ada. Oleh karena itu inilah kesempatan yang harus Anda manfaatkan sebaik mungkin.


10)   Bisnis Makanan Siap Saji

Salah satu alasan mengapa bisnis makanan siap saji masuk dalam daftar ide bisnis untuk masa depan adalah karena semakin sibuknya orang-orang. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa sekarang ini makin banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukan berbagai hal bahkan menyiapkan makanan untuk keluarganya dengan alasan kesibukan pekerjaan.

Oleh karena itu mereka akan berusaha mencari makanan siap saji yang mudah disajikan tanpa menguras banyak waktu mereka. Dalam hal ini makanan siap saji ini contohnya seperti produk frozen food (nugget ayam, nugget sapi, sosis, daging, ayam potong dll), atau makanan yang bisa dipesan secara cepat seperti KFC, MCD, nasi bungkus, dan sebagainya. Peluang dari bisnis makanan siap saji sangat besar untuk kedepannya, oleh karena itu pastikan Anda memanfaatkannya sebaik mungkin.


11)   Bisnis Peralatan Rumah Tangga

Salah satu bisnis yang akan selalu ada sampai kapanpun adalah bisnis peralatan rumah tangga. Bisnis ini hampir bisa dipastikan akan terus ada sampai umat manusia tidak ada lagi yang tersisa, mungkin terkesan berlebihan tapi memang begitulah kenyataannya. Maka jika Anda berniat menjalankan bisnis ini tidak usah ragu, jalankan saja sebaik mungkin, kesuksesan pasti akan mendatangi Anda.

Jika Anda masih ragu maka baca tulisan ini. Setiap hari banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan mereka, maka dalam setiap pasangan yang lahir mereka pasti membutuhkan peralatan rumah tangga untuk menunjang kehidupan mereka selanjutnya, entah itu peralatan masak, peralatan mandi, perabotan rumah tangga, dan sebagainya. Maka disitulah bisnis Anda hadir untuk memenuhi semua kebutuhan mereka terhadap peralatan rumah tangga.


12)   Bisnis Kemasan Produk

Beberapa tahun belakang ini bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tengah mengalami perkembangan yang pesat hal ini juga ditunjang oleh kebijakan pemerintah yang mendukung perkembangan UKM sebagai salah satu penyumbang terbesar devisa negara.

Berkembangnya usaha kecil menengah ini berdampak pada permintaan kemasan produk yang semakin tinggi, karena memang biasanya bisnis UKM ini masih kurang dalam pengemasan produknya sehingga mereka mencari pihak ketiga untuk mengatasi masalah ini.

Dengan semakin berkembangnya bisnis UKM dari tahun ke tahun dan ditunjang oleh keberpihakan kebijakan pemerintah, maka bisnis kemasan produk menjadi salah satu ide bisnis untuk masa depan yang sangat menjanjikan. Jika peluang bisnis ini bisa dieksekusi dengan baik maka ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.


13)   Bisnis Tanaman Hias

Bisnis apa yang sangat berkembang dikala Indonesia dilanda pandemi? Jawabannya adalah bisnis tanaman hias. Kala pendemi orang dipaksa untuk beraktivitas dirumah, karena terus-terusan berakivitas dirumah orang menjadi bosan, makannya mereka mencari aktivitas yang dapat membunuh kebosanan mereka, dan salah satu aktivitas yang digemari adalah memelihara tanaman hias.

Memelihara tanaman hias selain bisa membunuh kebosanan juga bisa dijadikan sebagai hobby yang menyenangkan, memperindah rumah, dan yang paling menguntungkan bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Sudah banyak orang yang asalnya hanya sekedar hobby memelihara tanaman sukses menjalankan bisnis tanaman hias, bahkan ada yang sampai diekspor ke luar negeri.

Jika kita berbicara mengenai peluang bisnis ini kedepannya, maka bisa dikatakan bahwa bisnis ini sangat menjanjikan. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat semakin banyaknya orang yang senang memelihara tanaman hias dirumahnya, entah itu untuk alasan hobby atau hanya sekedar untuk mempercantik rumahnya.


14)   Bisnis Produk Ramah Lingkungan

Dunia semakin hari semakin rusak, entah itu karena pemanasan global, eksploitasi yang berlebihan, limbah pabrik yang mengotori lingkungan, sampai dengan pengelolaan sampah yang buruk sehingga berakibat pada ekosistem flora dan fauna yang terganggu. Tentu kita pernah melihat berita dimana sungai dipenuhi sampah, laut dipenuhi sampah, sampai seekor paus yang mati karena memakan sampah plastik. Oleh karena itu dunia harus berubah.

Dengan kesadaran lingkungan yang semakin rusak, banyak orang yang kini sadar dan mulai berubah. Salah satu perubahan yang mereka lakukan adalah dengan membeli produk ramah lingkungan. Produk apapun itu, seperti misalnya mobil dan motor listrik yang lebih ramah lingkungan, barang-barang hasil daur ulang, tas, pakaian, dan sebagainya. Sehingga dalam hal ini bisnis produk ramah lingkungan akan semakin menjanjikan dimasa yang akan datang, oleh karena itu persiapkan dan mulailah dari sekarang.

Jadi itulah beberapa ide bisnis yang mungkin akan sangat menjanjikan untuk masa depan. Ingat, ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya ide bisnis untuk masa depan. Maka dari itu jangan terfokus hanya pada ide bisnis ini karena masih banyak ide lain yang bisa Anda gali, seperti kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”, seperti itu juga dalam kasus ini, ada banyak ide bisnis lain yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Maka galilah, teruslah mencari peluang tersebut.


Posting Komentar untuk "14 Ide Bisnis untuk Masa Depan yang Menjanjikan"

Baca Juga :
✔ 17 Usaha Kecil-Kecilan untuk Ramaja yang Menguntungkan