7 Simbol dalam Prosedur Kerja dan Manfaatnya

7 Simbol dalam Prosedur Kerja dan Manfaatnya

Terdapat simbol-simbol digunakan untuk menggambarkan suatu prosedur pekerjaan. Tapi sebelum itu apa itu prosedur kerja? Prosedur kerja adalah serangkaian tata kerja yang saling berkaitan satu sama lain sehingga menunjukan adanya suatu urutan tahap demi tahap dan jalan yang harus di tempuh dalam rangka untuk menyelesaikan suatu bidang tugas tertentu.

Dalam operasional perusahaan, para pegawai mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat signifikan. Oleh karena itu dibutuhkan standar prosedur kerja atau biasa dikenal dengan sebutan Standard Operating Procedure (SOP) sebagai sebuah pedoman untuk melaksanakan segala kegiatan yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Oleh karena itu dibutuhkan simbol-simbol tertentu dalam prosedur kerja untuk memudahkan para pegawai dalam memahami segala tindakan yang harus dilakukannya. Dalam hal ini setidaknya terdapat 7 simbol dalam prosedur kerja, 7 simbol tersebut antara lain yaitu:

1)      Lingkaran Besar
Lingkaran besar menunjukan operasi (operation) atau sesuatu yang harus dikerjakan. Jika ditengahnya dibubuhi huruf C itu artinya pekerjaan tersebut harus dikerjakan oleh juru tulis (clerk). Jika dibubuhi dengan huruf M artinya harus dikerjakan dengan mesin, dan apabila dibubuhi dengan huruf T maka itu artinya harus dikerjakan dengan mesin ketik (typewriter).

2)      Belah Ketupat
Belah ketupat atau persegi empat berbentuk berlian (Diamond) merupakan simbol untuk menunjukan pemeriksaan (inspection, control atau chek) tentang mutu atau kualitas (quality).

3)      Segi Empat Bujur Sangkar
Segi empat bujur sangkar untuk menunjukan pemeriksaan tentang jumlah atau kuantitas (quantity). Jika dibubuhi huruf D itu artinya ada penahanan atau penundaan suatu proses karena harus menunggu tindakan atau penyelesaian lebih lanjut.

4)      Segi Tiga Terbalik
Segi tiga terbalik menunjukan penyimpanan (storage) secara tetap (permanent).

5)      Segi Tiga Ganda Terbalik
Simbol ini menunjukan penyimpanan untuk sementara (tempory).

6)      Lingkaran Kecil
Lingkaran kecil berarti menunjukan pemindahan (transfer) atau pengangkutan (transport).

7)      Anak Panah
Anak panah menunjukan arah jalannya atau arus (flow) suatu dokumen melalui sesuatu proses pengerjaan.

7 Simbol dalam Prosedur Kerja dan Manfaatnya

{|CATATAN| Setidaknya Anda perlu 2 artikel rekomendasi berikut untuk melengkapi pembahasan ini:
1) Pedoman Kerja Prosedur Kerja dan Aturan Kerja di Perusahaan
2) 11 Prinsip Penyusunan Prosedur Kerja}


Kegunaan Simbol-Simbol dalam Prosedur Kerja

Simbol-simbol dalam prosedur memiliki berbagai manfaat atau kegunaan. Simbol-simbol yang digunakan dalam prosedur kerja bermanfaat untuk mengetahui:
1)      Jenis-jenis pekerjaan, tahap-tahap, gerakan-gerakan, serta bagian-bagian pekerjaan yang dibutuhkan untuk penyelesaian suatu bidang tugas.
2)      Persayaratan kecakapan dan keterampilan pegawai yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.
3)      Waktu rata-rata yang dibutuhkan baik untuk penyelesaian setiap tahap atau jenis pekerjaan serta waktu seluruhnya yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan tersebut.
4)      Peralatan dan fasilitas kerja yang dibutuhkan untuk dapat mengerjakan pekerjaan.
5)      Apakah peralatan, fasilitas dan tenaga kerja sudah dimanfaatkan sesuai dengan kapasitas yang semestinya atau belum.
6)      Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk suatu bidang tugas atau bidang kegiatan dan sebagai salah satu alat evaluasi kerja pegawai.
7)      Kemacetan-kemacetan yang paling banyak terjadi.

Posting Komentar untuk "7 Simbol dalam Prosedur Kerja dan Manfaatnya"