11 Prinsip Penyusunan Prosedur Kerja

11 Prinsip Penyusunan Prosedur Kerja

Prosedur kerja adalah serangkaian tata kerja yang saling berkaitan satu sama lain sehingga menunjukan adanya suatu urutan tahap demi tahap dan jalan yang harus di tempuh dalam rangka untuk menyelesaikan suatu bidang tugas tertentu.

Dalam operasional perusahaan, para pegawai mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat signifikan. Oleh karena itu dibutuhkan standar prosedur kerja atau biasa dikenal dengan sebutan Standard Operating Procedure (SOP) sebagai sebuah pedoman untuk melaksanakan segala kegiatan yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Mengingat pentingnya prosedur kerja, tata kerja, dan sistem kerja maka perlu diketahui apa saja prinsip-prinsip dalam menyusun prosedur kerja, berikut 11 prinsip penyusunan prosedur kerja yang antara lain yaitu:

11 Prinsip Penyusunan Prosedur Kerja

1)      Prosedur kerja, tata kerja, dan sistem kerja, harus disusun dengan senantiasa memperhatikan tujuan, fasilitas, peralatan, material, waktu dan biaya yang tersedia serta luas, macam, sifat dan tugas atau pekerjaan.
2)      Ada baiknya ditentukan satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya.
3)      Untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat maka terlebih dulu persiapkan penjelasan mengenai tujuan pokok organisasi, skema organisasi beserta klasifikasi jabatan, analisis jabatannya, unsur-unsur kegiatan di dalam organisasi dan lainnya.
4)      Buat daftar secara rinci mengenai pekerjaan yang harus dilakukan berikut lama waktu yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
5)      Setiap tahap harus merupakan suatu kerja nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksudkan.
6)      Di dalam penetapan urutan tahap demi tahap dari rangkaian pekerjaan, maka antara tahap yang satu dengan tahap yang berikutnya harus ada hubungan yang sangat erat yang keseluruhannya menuju ke satu tujuan.

7)      Perlu ditetapkan kecakapan dan keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk penyelesaian pekerjaan.
8)      Penyusunan prosedur kerja, tata kerja dan sistem kerja harus selalu disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.
9)      Prosedur kerja, tata kerja, dan sistem kerja harus disusun secara tepat sehingga mempunyai stabilitas dan fleksibilitas yang baik.
10)  Untuk menjamin penerapan prosedur kerja, tata kerja dan sistem kerja dengan jelas dan tepat maka perlu penggunaan buku pedoman.
11)  Untuk penggambaran mengenai penerapan suatu prosedur tertentu ada baiknya digunakan simbol dan skema atau bagan prosedur dengan jelas dan tepat. Bagan seperti ini sering disebut sebagai skema arus kerja.

{|CATATAN| Setidaknya Anda perlu 2 artikel rekomendasi berikut untuk melengkapi pembahasan ini:
1) Pedoman Kerja Prosedur Kerja dan Aturan Kerja di Perusahaan
2) 7 Simbol dalam Prosedur Kerja dan Manfaatnya}

Posting Komentar untuk "11 Prinsip Penyusunan Prosedur Kerja"