8 Unsur Administrasi Perkantoran

8 Unsur Administrasi Perkantoran

Menurut The Liang Gie dalam buku yang berjudul “Adminitrasi Perkantoran Modern” administrasi perkantoran terdiri dari delapan unsur, berikut ini adalah 8 unsur administrasi perkantoran:

1)      Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah proses untuk menyatukan beberapa individu ataupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

2)      Manajemen
Yakni suatu proses yang terdiri dari serangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atau pengawasan, yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai tujuan secara efektif dan efesien.

3)      Tata Hubungan
Adalah sistem atau kerangka di dalam organisasi melalui pembagian kewenangan serta tanggung jawab individu dalam organisasi serta bagaimana antara individu saling bekomunikasi satu sama lain.

4)      Kepegawaian
Yaitu yang berhubungan dengan ketenagakerjaan di dalam sebuah organisasi/perusahaan.

5)      Keuangan
Yakni berhubungan dengan pengelolaan keuangan dalam perusahaan/organisasi.

6)      Perbekalan
Yakni yang berkaitan dengan penyediaan barang kebutuhan.

7)      Tata Usaha
Adalah penyelenggaraan yang tidak lepas dari kegiatan tulis menulis.

8)      Perwakilan
Adalah seseorang ataupun kelompok orang yang memiliki kemampuan atau kewajiban bicara serta bertindak atas nama kelompok yang lebih besar.

8 Unsur Administrasi Perkantoran
Menurut Quible dalam administrasi memiliki lima fungsi, antara lain yaitu:
a)      Fungsi rutin, yaitu fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal yang mencakup pengarsipan dan penggandaan.
b)      Fungsi analisis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pemikiran yang kritis dan kreatif yang disertai kemampuan untuk mengambil keputusan, seperti membuat keputusan pembelian.
c)      Fungsi teknis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan serta ketrampilan perkantoran yang memadai.
d)      Fungsi manajerial, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran serta pemotivasian.
e)      Fungsi interpersonal, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta ketrampilan yang berkaitan dengan orang lain seperti mengoordinasikan tim.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 1.5.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...