Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Sistem Ekonomi Campuran adalah suatu sistem ekonomi dimana pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menjalankan kegiatan ekonomi tetapi tetap terlibat dalam kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk menghindari praktik monopoli sumber daya ekonomi yang dilakukan oleh swasta atau masyarakat.

Sistem ekonomi campuran bisa dikatakan adalah perpaduan antara sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi pasar, dimana dari kedua sistem tersebut diambil sisi baiknya kemudian diterapkan pada sistem ekonomi campuran. Lebih lanjut dalam hal ini keterlibatan pemerintah disini yaitu dalam bentuk:

1)    Membuat peraturan dan perundang-undangan yang mengatur serta mengawasi kegiatan ekonomi di masyarakat.

2)    Menetapkan berbagai kebijakan dalam bidang perekonomian.

3)    Mendirikan perusahaan negara yang kegiatannya ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Harus disadari bahwa saat ini tidak ada satupun negara yang secara tegas menganut suatu sistem ekonomi, kecenderungan saat ini adalah adanya sestem ekonomi campuaran (mixed economy) yaitu mengambil sebagian unsur-unsur sistem ekonomi lain. Hal ini didasari kesadaran saling ketergantungan antar negara dan adanya pengaruh global.


Ciri-ciri Sistem Ekonomi Campuran

Seperti halnya sistem ekonomi lain, sistem ekonomi campuran juga memiliki ciri-ciri. Berikut ini beberapa ciri-ciri sistem ekonomi campuran:

a)    Pada bidang-bidang yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak dikuasai sepenuhnya oleh negara sedangkan bagi pihak swasta atau individu dibatasi.

b)    Hak milik perorangan diakui tetapi dalam kegiatannya tidak boleh merugikan kepentingan masyarakat.

c)    Pemerintah dan swasta dituntut untuk selalu aktif bekerjasama dalam hal yang berkaitan dengan ekonomi.

d)    Pemerintah akan membebaskan pihak swasta untuk melakukan kegiatan ekonomi tetapi akan membatasi beberapa hal yang menyangkut kepentingan publik.

e)    Dalam sistem ekonomi ini persaingan akan terjadi namun masih dalam katagori yang wajar.

f)     Mekanisme kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar merupakan campur tangan pemerintah dengan berbagai kebijakan ekonomi.


Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya


Kelebihan Sistem Ekonomi Campuran

Kelebihan sistem ekonomi campuran antara lain yaitu:

a)    Sektor ekonomi yang dikuasai oleh pemerintah bertujuan untuk kepentingan umum.

b)    Harga relatif lebih mudah diawasi dan dikendalikan.

c)    Hak individu atau swasta diakui dengan jelas.

d)    Minim praktik monopoli karena diawasi pemerintah.

e)    Ekonomi berjalan dengan cepat dan stabil karena pasar berjalan dengan bebas, namun kepentingan publik tetap terjaga dengan kebijakan pemerintah.


Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Kekurangan sistem ekonomi campuran antara lain yaitu:

a)    Perananan pemerintah lebih besar dibandingkan dengan swasta atau individu.

b)    Tumbuhnya KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme)  dan penyalahgunaan kewenangan dalam pemerintah.

c)    Terdapat interpensi dari pemerintah yang mungkin dapat menghambat perkembangan sektor swasta.


Pembahasan mengenai Sistem Ekonomi Pasar, Ekonomi Komando, dan ekonomi campuran dimaksudkan untuk memberi pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar. Tetapi dalam kenyataannya, di dunia ini tidak ada satu pun negara yang melaksanakan satu sistem perekonomian secara utuh. Setiap negara menjalankan sistem ekonomi yang merupakan hasil dari kendali sentral maupun penentuan pasar dengan campuran perilaku tradisional.

Saat ini semua negara menjalankan perekonomian campuran (mixed economy). Tetapi, sistem ini dijalankan dengan sangat bervariasi tergantung pada perpaduan antara sistem yang satu dengan sistem yang lain sehingga ketika berbicara mengenai ekonomi tertentu misalnya ekonomi komando yang dimaksud hanyalah menekankan pada prinsip ekonomi terpimpin.

Sementara ketika bicara mengenai sistem ekonomi pasar yang dimaksud adalah perpaduan yang lebih condong ke arah pengambilan keputusan terdesentralisasi. Dengan demikian, semua negara menjalankan sistem ekonomi yang sifatnya berada di antara sistem ekonomi pasar dan ekonomi komando (terpimpin).


Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya"