Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Kedai Kopi Murah dan Sederhana Ala Kaki Lima

Usaha Kedai Kopi Murah dan Sederhana Ala Kaki Lima

Belakangan ini usaha kedai kopi / warung kopi makin menjamur di banyak daerah di Indonesia, hal ini menjadi semacam trand bisnis yang sedang berkembang saat ini. Tentu bukan tanpa alasan mengingat anak-anak muda sekarang sangat suka menghabiskan waktunya di kedai kopi, entah itu memang untuk menikmati secangkir kopi atau hanya sekedar untuk berkumpul dengan teman-temannya.

Tentu saja dengan banyak faktor lainnya selain yang sudah disebutkan tersebut banyak orang kini mulai memiliki keinginan untuk berbisnis kedai kopi / warung kopi, terutama bagi mereka para anak muda. Tetapi tentu saja banyak anak muda yang ingin memulai bisnis kedai kopi / warung kopi mengalami kesulitan dalam hal modal usaha, mengingat mereka masih muda tentu saja tidak memiliki banyak uang seperti orang dewasa, kecuali mungkin pada anak muda “tertentu”.


Bagaimana Cara Memulai Usaha Kedai Kopi Murah dan Sederhana?

Maka untuk mengakali masalah tersebut hal yang sangat mungkin untuk dilakukan adalah dengan memulai usaha kedai kopi murah dan sederhana ala kaki lima, dengan begini Anda bisa memulai usaha kedai kopi / warung kopi dengan modal yang relatif terjangkau. Lalu pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara memulai usaha kedai kopi murah dan sederhana ala kaki lima? Berikut beberapa tips untuk memulai usaha kedai kopi murah dan sederhana ala kaki lima :

 

1)   Tentukan Terget Market

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha kedai kopi atau bisnis apapun itu adalah menentukan siapa terget market Anda. Ketika Anda sudah menentukan terget market Anda maka nantinya Anda akan mudah menentukan konsep kedai kopi yang cocok untuk mereka, dengan kata lain menyesuaikan dengan selera terget market Anda.

Sebagai contoh ketika Anda menentukan terget market Anda adalah seorang pelajar/mahasiswa, maka konsep kedai kopi yang peling cocok untuk mereka adalah kedai kopi yang bernuansa muda, nyaman, harga menu yang terjangkau, dan sebagainya. Begitu pula dengan pemasarannya, Anda bisa menggunakan media sosial yang banyak digunakan oleh pelajar/mahasiswa sehingga pemasaran Anda akan tepat sasaran.

Sebenarnya tidak hanya terkait konsep dan pemasaran, menentukan siapa terget market Anda diawal juga akan membantu Anda dalam keseluruhan usaha kedai kopi Anda, seperti misalnya dalam hal produksi, menentukan menu yang ada, menentukan harga yang cocok, dan sebagainya.

 

2)   Tentukan Konsep Usaha

Setelah menentukan terget market, langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan bagaimana konsep usaha yang akan Anda jalankan. Misalnya Anda akan membuka usaha kedai kopi murah dan sederhana, maka dari pengetahuan yang Anda dapat dari terget market Anda, Anda aplikasikan menjadi sebuah konsep kedai kopi yang murah dan sederhana.

Katakanlah Anda mengambil konsep kios kopi sederhana, dengan dekorasi yang simpel ala tongkrongan anak muda dan instagramable, dengan meja dan kursi yang minimalis, menu kopi yang kekinian tetapi tetap terjangkau, dan sebagainya. Dalam hal ini segala bentuk konsep harus Anda pikirkan dengan matang, sesuai dengan terget market Anda, dan tentunya sesuai dengan keuangan Anda.

 

3)   Tentukan Tempat Usaha

Pernah dengar pepatah “Tempat menentukan hasil”? Pepatah ini dalam bisnis memang benar adanya, tempatmu memulai usaha akan menentukan keberhasilanmu. Maka dalam konteks ini Anda sebisa mungkin harus mencari tempat yang paling cocok untuk menjalankan usaha kedai kopi Anda.

Lalu bagaimana kriteria tempat paling cocok itu? Tempat yang paling cocok yang pasti adalah tempat yang strategis, kondusif, mudah dan bisa dijangkau oleh konsumen. Akan menjadi nilai bagus jika Anda mendapatkan lokasi dengan pemandangan yang bagus. Namun tentunya jika Anda memiliki modal yang terbatas memilih tempat dengan biaya sewa yang murah juga patut Anda perhitungkan, yang terpenting Anda tempat tersebut bisa dijangkau oleh terget konsumen Anda.

 

4)   Tentukan Supplier

Supplier akan berperan besar dalam keberlangsungan usaha kedai kopi / warung kopi Anda, oleh karena itu cari dan tentukan supplier yang paling cocok untuk Anda, terutama supplier kopi. Kualitas kopi terbaik tercipta dari biji kopi yang baik, biji kopi yang baik tercipta dari supplier kopi terbaik.

Carilah supplier yang menyediakan biji kopi yang berkualitas, dengan harga terjangkau, dan stoknya selalu tersedia, karena jika stoknya tidak selalu tersedia maka usaha kedai kopi Anda akan menjadi taruhannya. Selain itu jarak supplier juga patut diperhitungkan agar rantai distribusi akan terus stabil dan mengurangi resiko rantai pasokan terputus atau terhambat, selain itu jarak supplier yang dekat akan mengurangi biaya distribusi.

Lebih jauh dalam memilih supplier ada baiknya Anda juga memperhitungkan selera terget market Anda, dalam hal ini carilah supplier yang memiliki biji kopi yang sesuai dengan selera terget market Anda. Sebelum menentukan siapa supplier Anda, Anda bisa melakukan perbandingan atau riset kecil-kecilan guna mencari supplier terbaik untuk usaha kedai kopi / warung kopi Anda.

 

5)   Tentukan Tim Kerja yang Tepat

Anda tidak bisa melakukan semua hal seorang diri, setidaknya buatlah tim kecil untuk membantu Anda menjalankan bisnis kedai kopi. Katakanlah Anda memiliki keterbatasan dana, maka setidaknya buatlah tim yang beranggotakan tiga atau dua orang termasuk Anda, nantinya setiap anggota tim akan diberi peran masing-masing seperti melayani konsumen, membuat kopi, mengelola keuangan, dan sebagainya.

Dalam hal ini Anda dituntut untuk membentuk tim yang profesional, bertanggung jawab, dan saling melengkapi. Lebih jauh karena Anda akan menjalankan bisnis kedai kopi / warung kopi maka carilah seorang barista yang handal, profesional dan berpengalaman, sehingga dari tanggannya akan tercipta secangkir kopi yang enak dan disukai oleh konsumen.

 

6)   Tentukan Menu Kopi Andalan

Diferensiasi sangat penting peranannya dalam sebuah bisnis, oleh karena itu setiap bisnis idealnya memiliki diferensiasi (pembeda) dari bisnis lainnya, entah itu dalam hal produk, kemasan, dekorasi, ataupun pemasarannya.

Dalam bisnis kopi, setiap kedai kopi idealnya memiliki minimal satu menu kopi andalan yang menjadi ciri khas dan bisa dijadikan sebagai rekomendasi kopi yang bisa ditawarkan kepada konsumen, dengan begitu konsumen khususnya seorang pemula tidak akan kebingungan ketika ingin memesan kopi di kedai / warung kopi Anda.

 

7)   Persiapkan Pembukuan Transaksi

Seberapa kecilpun bisnis Anda, pembukuan tetap menjadi hal yang penting dalam bisnis. Pembukuan akan membantu Anda melihat perkembangan bisnis Anda lewat transaksi yang ada, membuat bisnis Anda lebih terkontrol, dan memudahkan Anda dalam mengambil sebuah keputusan.

Dalam hal ini Anda bisa memperkerjakan seorang akuntan untuk menangani pembukuan bisnis Anda, namun tentu saja akan lebih hemat jika Anda memiliki pengetahuan mengenai bisnis Anda sendiri sehingga Anda tidak perlu memperkerjakan seorang akuntan.

 

8)   Manfaatkan Sosial Media

Sekarang adalah era sosial media, hampir semua orang memiliki sosial media dan aktif menggunakannya setiap hari, ditambah lagi dengan fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Oleh karena itu peluang untuk memanfaatkan sosial media sangatlah besar, termasuk dalam bisnis Anda.

Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan bisnis Anda lewat sosial media Anda, memberikan segelas kopi gratis bagi pelanggan Anda yang mempromosikan kedai kopi Anda, mengendorse seorang influencer lokal ataupun nasional, atau Anda juga bisa mengiklankan kedai kopi Anda melalui Facebook Ads ataupun Google Ads. Semua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal tergantung Anda memilih mana yang cocok dilakukan untuk kedai kopi Anda.

 

9)   Lakukanlah

Hal yang harus Anda ketahui ketika ingin memulai sebuah bisnis adalah akan selalu ada hambatan-hambatan yang nantinya akan Anda temui, bisa jadi hambatan kecil ataupun besar, bisa jadi dari faktor internal ataupun eksternal, dan itu adalah hal yang sangat normal ketika Anda baru terjun dalam dunia bisnis.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada adalah mengantisifasinya dengan cara mengetahui segala sesuatu yang ada dalam sektor bisnis Anda, misalnya permasalahan yang biasa timbul dan cara mengatasinya. Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis kedai kopi, belajarlah dari mereka. Akhir kata meskipun akan ada banyak hambatan-hambatan yang nantinya mungkin Anda temui, yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menghadapinya, lakukanlah.


Usaha Kedai Kopi Murah dan Sederhana Ala Kaki Lima


Peralatan Kedai Kopi Sederhana

Untuk memulai sebuah kedai kopi sederhana tentunya membutuhkan peralatan-peralatan yang menunjang jalannya usaha, oleh karena itu sebelum memulai usaha Anda harus memiliki peralatan-peralatan ini, hal ini mutlak dilakukan karena tanpa peralatan ini kedai kopi Anda tidak akan pernah bisa berjalan.

Lalu peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai sebuah kedai kopi sederhana? Jika ditanya dengan pertanyaan seperti ini tentu jawabannya tergantung dari konsep kedai kopi yang ingin Anda jalankan. Semakin besar kedai kopi maka peralatan yang dibutuhkan juga akan semakin banyak dan sebaliknya semakin kecil kedai kopi maka peralatan yang dibutuhkan juga akan semakin sedikit. Lebih jauh dalam konteks ini Anda akan menjalankan sebuah kedai kopi sederhana, maka peralatan yang harus Anda miliki antara lain sebagai berikut :


1)   Alat Penggiling Kopi (Coffee Grinder)

Alat ini adalah alat yang wajib dimiliki oleh setiap kedai kopi karena kegunaannya yang sangat krusial bagi jalannya kedai kopi Anda. Tanpa alat ini Anda tidak bisa menggiling kopi yang hendak Anda jual kepada konsumen, kecuali Anda memiliki kopi yang sudah digiling (bubuk), namun percayalah biji kopi yang digiling secara langsung sebelum hendak disajikan kepada konsumen terasa lebih segar dan menjanjikan cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan kopi bubuk yang Anda beli.

Secara umum ada dua pilihan alat penggiling kopi yang bisa Anda gunakan, yaitu alat penggiling kopi manual dan alat penggiling kopi elektrik. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, alat penggiling kopi manual harganya lebih murah namun agak membutuhkan usaha lebih untuk menggunakannya karena masih manual, sedangkan alat penggiling kopi elektrik harganya lebih mahal tetapi dalam penggunaannya lebih mudah karena sudah otomatis. Pada akhirnya pilihan tetap ditangan Anda, mau memilih alat penggiling kopi manual atau elektrik.


2)   Timbangan (Scale)

Timbangan juga menjadi alat yang krusial dalam bisnis kedai kopi. Timbangan tentu saja berguna untuk mengukur berat, dalam konteks ini untuk mengukur takaran kopi dan air yang nantinya akan digunakan untuk membuat secangkir kopi, sehingga rasa dari kopi yang disajikan di kedai Anda tidak akan berubah karena sudah ditakar secara akurat. Oleh karena sangat pentingnya alat ini, maka Anda harus memilikinya.


3)   French Press

French press adalah salah satu alat penyeduh kopi, fungsinya adalah untuk menyaring ampas kopi sehingga kopi yang dibuat akan tanpa ampas sama sekali. Metode menyeduh kopi seperti ini sangat mudah dan hasilnya kopinya juga enak, kaya rasa, dan pasti banyak sekali peminatnya. Selain itu Anda tidak perlu khawatir karena alat ini terbilang cukup murah jadi tidak akan menguras kantong Anda.


4)   Vietnam Drip

Sama halnya dengan french press, vietnam drip juga merupakan salah satu alat penyeduh kopi yang banyak dijumpai dibanyak kedai kopi. Alat ini berfungsi sebagai filter untuk menyaring ampas kopi agar kopi lebih nyaman saat diminum. Alat ini berbentuk seperti secangkir kopi yang saling bertumpuk dengan beberapa bagian yang terpisah.

Lebih jauh cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya perlu menuangkan bubuk kopi ke alat ini lalu seduh dengan air panas secukupnya. Selain itu alat ini juga bisa dibilang relatif murah, harganya berkisar antara Rp100.000,00 – Rp250.000,00 saja, sangat terjangkau bukan?


5)   Rok Presso

Rok presso merupakan alat yang sangat penting, alat ini merupakan alat yang digunakan untuk membuat sebuah espresso shot dari berbagai jenis minuman lain seperti misalnya kopi latte atau cappucino. Tentu dengan alat ini Anda bisa menambah berbagai menu kopi di kedai Anda sehingga lebih beragam.

Meskipun harganya agak mahal berkisar Rp. 2 juta – Rp. 3 juta tetapi alat ini sangat berguna, tidak menggunakan listrik, mudah digunakan, awet dan tahan lama. Sehingga ini akan menjamin keberlangsungan kedai kopi Anda nantinya.


6)   Teko dan Cangkir

Sudah jelas seberapa pentingnya teko untuk kedai kopi, teko berfungsi untuk menyimpan air atau kopi yang hendak atau sudah diseduh. Dalam hal ini Anda lebih baik menggunakan teko leher angsa atau yang lehernya panjang, ini akan memudahkan Anda ketika ingin menuangkan air ataupun kopi.

Selain itu cangkir atau gelas juga sangat penting dan harus ada pada setiap kedai kopi, adalah sebuah kebodohan jika kedai kopi tidak memiliki cangkir. Cangkir ini nantinya untuk menampung kopi yang sudah jadi dan disajikan kepada konsumen.

Itulah beberapa peralatan yang penting dalam menjalankan usaha kedai kopi sederhana. Namun semua alat di atas tetap tergantung kepada Anda ingin menggunakannya atau tidak, semua tergantung dari jenis kopi yang ingin Anda sajikan di kedai kopi Anda. Selain itu jika peralatan di atas masih kurang, Anda bisa menambahkan peralatan-peralatan lainnya untuk melangkapinya.


Makanan Pendamping Kopi

Tentu tidak akan lengkap jika Anda membuka sebuah kedai kopi / warung kopi tanpa menyediakan makanan pendamping kopi itu sendiri. Meminum secangkir kopi akan terasa kurang jika tidak didampingi suatu makanan yang memang cocok dijadikan sebagai pendamping kopi, oleh karena itu sebaiknya Anda menyediakannya.

Lalu apa saja makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping kopi? Sebenarnya pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang hal ini dan Anda bisa membacanya dalam artikel berikut : 7 Makanan Pendamping Kopi Paling Enak, namun sebagai gambaran kami akan membahasnya sedikit disini, berikut beberapa makanan yang cocok untuk disajikan dengan secangkir kopi :


1)   Roti Bakar

Salah satu makanan yang selalu ada dalam daftar pendamping kopi adalah roti bakar. Ya memang tidak mengherankan karena roti bakar sangat enak dinikmati dengan secangkir kopi, apalagi selagi masih hangat, kenikmatannya akan bertambah 100%.


2)   Singkong Goreng Tatela

Entah Anda menyadarinya atau tidak, meskipun banyak makanan pendamping kopi diluar sana, singkong goreng tetap menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati kopi terutama bagi kita orang Indonesia. Bukan karena ini sebuah kebiasaan atau sekedar menghargai makanan dalam negeri, tetapi ini sungguh memang tentang rasa, tidak lebih dari itu.

Mungkin Anda agak ketinggalan informasi, tapi sekarang sudah ada sebuah produk yang sangat menarik, terbuat dari singkong, dan patut diperhitungkan menjadi makanan pendamping kopi. Mengapa demikian? Karena produk ini memang dibuat untuk tujuan itu, dibuat untuk menjadi makanan pendamping secangkir kopi. Produk ini bernama Tatela.


3)   Donat

Makanan selanjutnya yang cocok disajikan untuk jadi pendamping kopi adalah donat. Roti berbentuk bulat dengan lubang ataupun tidak berlubang ini memang menjadi salah satu makanan favorit yang dijadikan sebagai pendamping kopi. Memiliki tekstur yang agak padat namun tetap lembut saat dimakan menciptakan sensasi tersendiri saat dipadukan dengan secangkir kopi.


4)   Kacang Rebus

Sekarang ini banyak sekali makanan pendamping kopi yang bermunculan, baik didalam negeri maupun luar negeri, tapi tetap saja kacang rebus adalah legenda. Sebelum makanan pendamping kopi “kekinian” ada, kacang rebus sudah menjadi makanan pendamping kopi sejak dulu bahkan lebih dari itu bagi sebagian besar pecinta kopi kacang rebus tetap menjadi favorit sampai saat ini.


5)   Ubi Rebus

Mungkin terkesan sederhana namun sampai sekarang ubi rebus tetap menjadi salah satu makanan yang sering disandingkan dengan kopi, terutama bagi kita orang Indonesia. Entah kapan kebiasaan ini dimulai, namun yang pasti menjadikan ubi rebus sebagai pendamping kopi sudah dimulai sejak dulu, mungkin karena memang ubi rebus mudah dibuat dan mudah didapatkan.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping kopi, untuk melihat makanan lainnya Anda bisa membaca artikel berikut : 7 Makanan Pendamping Kopi Paling Enak.

Dengan begitu berakirlah pembahasan kita mengenai usaha kedai kopi murah dan sederhana ala kaki lima, karena hanya ini saja yang bisa kami berikan. Mungkin lain kali kami akan melengkapi pembahasan ini, tapi semoga pembahasan ini cukup untuk memberi gambaran bagai mana cara memulai usaha kedai kopi murah dan sederhana ala kaki lima. Akhir kata, terima kasih dan sampai jumpa diartikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "Usaha Kedai Kopi Murah dan Sederhana Ala Kaki Lima"

Baca Juga :
✔ 17 Usaha Kecil-Kecilan untuk Ramaja yang Menguntungkan