7 Makanan Pendamping Kopi Paling Enak

Makanan Pendamping Kopi

Pernahkah Anda ketika mampir ke sebuah cafe ataupun warung kopi, memesan secangkir kopi, lalu setelah itu Anda bingung memilih makanan apa yang cocok untuk dijadikan pendamping secangkir kopi yang telah Anda pesan? Jika iya maka Anda sudah berada pada artikel yang tepat.

Meminum kopi sekarang ini sudah menjadi ritual wajib bagi banyak orang, bahkan mungkin sudah menjadi budaya tersendiri. Dari mulai anak muda sampai dengan orang tua, semuanya menyukai kopi. Bahkan kopi sudah memiliki filosofinya sendiri. Bagi anak muda, kopi, senja, hujan, dan kenangan sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan, terutama bagi mereka para anak indie. Lihatlah, sudah berapa banyak kata dan karya yang mereka ciptakan hanya dengan bermodalkan secangkir kopi.

Secangkir kopi memang bisa menjadi sumber inspirasi, oleh karena itu tidak mengherankan jika sudah banyak karya luar biasa lahir dari secangkir kopi. Namun tidak hanya sebagai sumber inspirasi, kopi juga memiliki banyak manfaat lain, antara lain sebagai penghilang rasa kantunk, meningkatkan fungsi otak, membantu melawan depresi, menjaga kesehatan hati, meningkatkan stamina, meningkatkan produktivitas, dan masih banyak manfaat lainnya dari secangkir kopi.

Setelah mengetahui betapa luar biasanya secangkir kopi, kita harus kembali ke pertanyaan awal yaitu apa makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping kopi? Anda punya pendapat? Tentu saja semua orang punya pendapatnya masing-masing. Namun dalam hal ini kami akan mencoba untuk merangkum beberapa makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping kopi, antara lain yaitu :


1)    Roti Bakar

Salah satu makanan yang selalu ada dalam daftar pendamping kopi adalah roti bakar. Ya memang tidak mengherankan karena roti bakar sangat enak dinikmati dengan secangkir kopi, apalagi selagi masih hangat, kenikmatannya akan bertambah 100%.

Pada umumnya roti bakar memiliki dua cita rasa, ada yang gurih atau asin dan ada yang rasanya manis. Roti bakar yang rasanya gurih atau sedikit asin akan sangat cocok dengan kopi yang mengandung rasa manis, sedangkan roti bakar yang memiliki rasa manis akan cocok jika disantap dengan kopi pahit.

Bayangkan ketika Anda dipagi hari ditemani secangkir kopi dan roti bakar, tentu itu akan menjadi kenikmatan yang luar biasa bukan? Namun tidak hanya dipagi hari, menikmati kopi dengan pendamping roti bakar juga akan sangat cocok ketika sore, malam ataupun ketika cuaca sedang hujan. Jika Anda belum pernah mencobanya maka cobalah, itu akan mengejutkan Anda.


2)    Singkong Goreng

Memang benar kata orang, seberapa jauh engkau pergi, tempat ternyaman adalah rumah sendiri. Seberapa banyak apapun makanan pendamping kopi yang engkau makan, singkong gorang selalu menjadi makanan terenak untuk menjadi pendaping secangkir kopi.

Entah Anda menyadarinya atau tidak, meskipun banyak makanan pendamping kopi diluar sana, singkong goreng tetap menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati kopi terutama bagi kita orang Indonesia. Bukan karena ini sebuah kebiasaan atau sekedar menghargai makanan dalam negeri, tetapi ini sungguh memang tentang rasa, tidak lebih dari itu. Ketika kopi yang enak bercampur dengan rasa singkong goreng yang renyah diluar namun lembut didalam ditambah rasa yang gurih, maka terciptalah perpaduan kenikmatan yang tiada tara, sungguh nikmat.

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa singkong goreng merupakan makanan kampungan, tetapi sebenarnya mereka hanya hidup dalam presepsinya sendiri. Tidak ada yang namanya makanan kampung ataupun makanan kota, semua makanan adalah setara, yang membadakan mereka hanya satu, yaitu rasa.

Mungkin Anda agak ketinggalan informasi, tapi sekarang sudah ada sebuah produk yang sangat menarik, terbuat dari singkong, dan patut diperhitungkan menjadi makanan pendamping kopi. Mengapa demikian? Karena produk ini memang dibuat untuk tujuan itu, dibuat untuk menjadi makanan pendamping secangkir kopi. Produk ini bernama Tatela.

Tatela adalah produk frozen food siap goreng berbentuk stik singkong yang dilapisi bumbu spesial. Tetela terbuat dari singkong pilihan, bumbu rempah yang berkualitas, dan diolah sedemikian rupa sehingga tercipta makanan yang sangat cocok dinikmati dengan secangkir kopi. Lain kali cobalah, Anda akan terkejut.


Makanan Pendamping Kopi (Tatela)


3)    Donat

Makanan selanjutnya yang cocok disajikan untuk jadi pendamping kopi adalah donat. Roti berbentuk bulat dengan lubang ataupun tidak berlubang ini memang menjadi salah satu makanan favorit yang dijadikan sebagai pendamping kopi.

Memiliki tekstur yang agak padat namun tetap lembut saat dimakan menciptakan sensasi tersendiri saat dipadukan dengan secangkir kopi. Selain itu donat juga cukup mengenyangkan sehingga cocok disantap dipagi hari ataupun sore hari untuk sekedar mengganjal perut.

Ada banyak sekali rasa dan jenis donat, namun banyak orang yang merekomendasikan donat dengan taburan gula pasir di atasnya sebagai pendamping kopi. Hal ini karena donat jenis ini dapat menetralkan rasa dilidah sehingga sensasi rasa kopi akan terus keluar berulang dilidah.


4)    Kacang Rebus

Sekarang ini banyak sekali makanan pendamping kopi yang bermunculan, baik didalam negeri maupun luar negeri, tapi tetap saja kacang rebus adalah legenda. Sebelum makanan pendamping kopi “kekinian” ada, kacang rebus sudah menjadi makanan pendamping kopi sejak dulu bahkan lebih dari itu bagi sebagian besar pecinta kopi kacang rebus tetap menjadi favorit sampai saat ini.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, tidak hanya karena rasa kacang rebus yang memang sangat cocok dipadukan dengan secangkir kopi, tetapi juga sensasi saat menikmati kopi dan mengupas kacang sembari bercengkrama dengan teman menjadi sebuah kenikmatan tersendiri yang tidak didapat dari makanan lain. Dan terkadang saking asiknya tanpa kita sadari kacang rebus yang kita makan telah habis.

Selain itu moment saat kita berbagi kacang rebus dan bercengkrama membahas berbagai hal menjadi sebuah sensasi sendiri, dimana hal ini bisa menambah keakraban dengan lawan bicara. Bukankah ini hal yang bagus? Maka cobalah.


5)    Croissant

Kali ini ada makanan asal Prancis yang banyak disukai orang untuk dijadikan sebagai pendamping kopi, yaitu croissant. Croissant adalah pastry asal Prancis yang terbuat dari adonan beragi yang dilipat dengan lapisan mentega dan dibentuk menyerupai bulan sabit.

Croissant memiliki tekstur yang renyah dengan isian yang beragam, seperti diantaranya isian coklat, keju, maupun daging, dan ketika disajikan degan kopi akan menciptakan perpaduan yang enak. Sehingga pantas saja makanan ini banyak dijumpai di cafe-cafe dan banyak orang yang menyukainya.


6)    Ubi Rebus

Mungkin terkesan sederhana namun sampai sekarang ubi rebus tetap menjadi salah satu makanan yang sering disandingkan dengan kopi, terutama bagi kita orang Indonesia. Entah kapan kebiasaan ini dimulai, namun yang pasti menjadikan ubi rebus sebagai pendamping kopi sudah dimulai sejak dulu, mungkin karena memang ubi rebus mudah dibuat dan mudah didapatkan.

Sebetulnya tidak hanya kopi, ubi rebus juga sering disandingkan dengan minuman tradisional lain seperti wedang, bajigur dan sebagainya. Tekstur yang lembut dan agak manis membuat ubi rebus sangat cocok disandingkan dengan kopi dan minuman tradisional lainnya. Ubi rebus biasanya banyak disajikan di warung-warung kopi tradisional sebagai makanan pendampingnya.


7)    Kue

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan kue sebagai makanan pendamping kopi. Punya beragam jenis dan rasa menjadikan kue sangat atraktif, kita bisa memilih kue yang sesuai dengan selera kita yang menurut kita sangat cocok dijadikan sebagai pendamping kopi.

Kue sendiri secara umum terbagi menjadi dua, yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering biasanya memiliki tekstur yang renyah dengan berbagai macam rasa, sehingga bisa melembutkan rasa kopi yang berat. Sementara kue basa biasanya memiliki tekstur yang lembut, lumer di lidah, dan juga memiliki berbagai macam rasa, sehingga bisa menyeimbangkan rasa kopi yang terlalu kuat.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping kopi. Mulai dari makanan yang bercita rasa manis sampai gurih, tekstur yang lembut sampai dengan renyah, dan dari yang mengenyangkan sampai dengan yang ringan. Akhir kata semua makanan yang direkomendasikan ini semuanya kembali kepada selera Anda, pilihlah makanan yang paling Anda sukai.

Posting Komentar untuk "7 Makanan Pendamping Kopi Paling Enak"

Baca Juga :
50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku dan Pasti Menguntungkan