Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berpakaian yang Baik di Tempat Kerja

Cara Berpakaian yang Baik di Tempat Kerja

Cara berpakaian yang baik di tempat kerja harus mampu mencerminkan kepribadian dan profesi. Biasanya untuk perusahaan-perusahaan tertentu sudah disediakan seragam kerja, akan tetapi jika tidak disediakan oleh perusahaan maka karyawan harus berpakaian kerja yang sifatnya basic dengan warna putih, hitam atau coklat. Boleh juga mengenakan warna cerah dan bahan bercorak kecil.

Biasanya wanita mengenakan blus lengan panjang ataupun pendek, rok pendek sebatas lutut dan rok panjang dibawah betis, serta bisa juga mengenakan celana panjang. Sementara itu bagi pria jika harus mengenakan dasi, maka pakailah dasi dengan corak dan warna yang lembut serta serasi dengan kemeja dan celana panjang. Berbusana serasi dan menarik harus meliputi pilihan yang tepat sesuai dengan kepribadian pembawaan.

1)      Pakaian Lengkap
Pakaian lengkap terdiri dari pentalon, jas, dan dasi. Pada pagi hari ada baiknya tidak mengenakan warna hitam, tetapi warna terang (light colour). Pada saat upacara kenegaraan sebaiknya mengenakan jas resmi dan lengkap, kecuali bila pada undangan tertulis dress code.

2)      Pakaian Resmi (Black Tie)
Pakaian resmi (black tie) terdiri dari kemeja putih, celana hitam, dasi kupu-kupu hitam, kaos kaki hitam dan sepatu hitam. Sedangkan di Indonesia, masalah pakaian resmi sangat fleksibel sehingga tidak harus mengenakan jas resmi.

3)      Dark suit
Pakaian dark suit dianggap sebagai pakaian resmi untuk budaya berbusana bangsa Indonesia. Pakaian jenis ini bisa digunakan untuk pakaian sehari- hari. Pada acara resmi kenegaraanpun banyak para pejabat kita yang mengenakan kemeja batik, yang terpenting ialah tetap sopan dan menarik.

Cara Berpakaian yang Baik di Tempat Kerja

Tata Cara Bersolek dan Berhias yang Proposional

Pada umumnya, kerapihan dan kebersihan sangat disukai oleh semua orang. Penampilan dengan pakaian yang tidak rapi, bau badan dan bau mulut yang meyengat, akan sangat mengganggu lawan bicara. Untuk itu setiap orang harus mengetahui tata cara berhias yang bisa menciptakan penampilan yang menarik serta disukai oleh setiap orang.

Selain itu cara bersolek dan menggunakan perhiasaan juga perlu diperhatiikan agar penampilan menarik dan tidak terkesan norak ataupun seronok. Dalam hal ini perlu dihindari penggunaaan kosmetik secara berlebihan.

Penampilan adalah bentuk peryataan diri, seseorang tidak perlu cantik, akan tetapi harus tahu bagaimana cara membawa diri, dengan memperhatiikan kulit, rambut, dan make up maka akan timbul rasa percaya diri. Berikut beberapa hal yang selalu harus di perhatikan dalam bersolek:

1)      Perawatan Rambut
Rambut harus selalu dalam keadaan bersih dan tertata rapi dengan model yang sederhana. Rambut yang panjang memang memerlukan perawatan ekstra, akan tetapi jangan sampai rambut yang panjang mengganggu keluasan gerak pada saat berkerja. Model rambut hendaknya disesuaikan dengan raut muka agar kelihatan cocok.

2)      Make Up
Penggunaan meke up sangat penting untuk mempercatik wajah. Dalam hal ini merias wajah harus dilakukan sewajarnya saja, sesuai dengan kondisi dan ciri diri. Jangan menggunakan make up secara berlebihan. Selain itu kulit juga diberi pelembap agar terawat dengan baik.

3)      Perhiasan dan Parfum
Gunakanlah perhiasan dan aksesoris tidak berlebihan serta disesuaikan dengan busana yang dikenakan. Demikian pula dalam memilih parfum, pilihlah parfum yang aromanya tidak terlalu kuat atau menyengat. Dalam kehidupan kantor, parfum memang memiliki peranan yang lebih dominan dibanding perhiasan atau aksesoris.

4)      Sepatu
Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, perencanaan pemakaian sepatu juga perlu dilakukan. Dalam hal ini apakah sepatu yang digunakan masih dalam keadaan baik, sol, atau kulitnya sudah disemir dan telah sesuai dengan warna pakaian. Sepatu walaupun sepele akan tetapi bisa mengurangi nilai penampilan anda. Bagi kaum wanita menggunakan sepatu bertumit tinggi lebih enak dipandang dan membuat tubuh anda lebih tegap pada saat berjalan.

Posting Komentar untuk "Cara Berpakaian yang Baik di Tempat Kerja"