Widget HTML Atas

14 Manfaat Pelatihan Kerja

14 Manfaat Perlatihan Kerja

Secara umum pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang menggambarkan proses dalam mengembangkan organisasi. Pendidikan dan pelatihan adalah suatu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan dalam sistem pengembangan sumber daya manusia. Berikut ini pendapat para ahli tentang pengertian pelatihan.

1)      Michael J. Jacius mengartikan istilah pelatihan dengan menunjukan suatu peroses peningkatan sikap, kemampuan dan kecakapan dari para pekerja untuk menyenggarakan pekerjaan secara kusus.

2)      Menurut Sudirman pelatihan adalah prosedur formal yang difasilisati dengan pelajaran guna terciptanya perubahan tingkah laku yang berhubungan dengan peningkatan tujuan perusahaan atau organisasi.

3)      Sementara itu Moekijat meyatakan bahwa pelatihan adalah suatu bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk mendapatkan dan meningkatkan keterampilan, dalam waktu yang relatif singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan peraktik dari pada teori.

14 Manfaat Pelatihan Kerja

Tujuan dan 14 Manfaat Pelatihan Kerja

Tujuan dari pelatihan adalah sebagai usaha untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku serta pengetahuan. Pelatihan dimaksudkan dalam pengertian yang lebih luas dan tidak hanya untuk mengembangkan keterampilan dan bimbingan saja. Dalam hal ini pelatihan diberikan dengan harapan bahwa individu yang menjalaninya bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik setelah mengikut pelatihan. Selain tujuan tersebut, pelatihan juga mempunyai sejumlah manfaat, berikut 14 manfaat pelatihan kerja, antara lain yaitu:

1)      Pelatihan sebagai alat untuk memperbaiki kemampuan individu atau kelompok dengan harapan dapat memperbaiki kinerja organisasi. Perbaikan-perbaikan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pelatihan yang efektif akan menghasilkan pengetahuan dalam pekerjan/tugas, pengetahuan mengenai struktur dan tujuan organisasi, tugas masing-masing karyawan dan sasaranya dan lain sebagainya.
2)      Pelatihan dapat memperbaiki sikap-sikap terhadap pekerjaan, terhadap pimpinan ataupun karyawan, serta menghilangkan sikap yang tidak produktif yang timbul dari salah pengertian ataupun informasi yang membingungkan.
3)      Pelatihan tertentu diadakan agar karyawan melaksankan tugas-tugas sesuai dengan standar yang diinginkan.
4)      Pelatihan dapat memperbaiki standar keselamatan kerja.
5)      Meningkatkan kemampuan pekerja dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya.
6)      Membantu karyawan membuat keputusan yang lebih baik.
7)      Timbulnya dorongan dalam diri pekerja untuk terus meningkatkan kemampuan kerjanya.
8)      Tersedianya informasi bebagai program yang dapat dimanfaatkan para karyawan dalam rangka pertumbuhan secara teknikal dan intelektual.
9)      Peningkatan kemampuan karyawan untuk mengatasi frustasi, strees, dan konflik yang pada gilirannya memperbesar rasa percaya diri.
10)  Makin besarnya tekad pekerja untuk lebih mandiri.
11)  Memperbaiki sikap-sikap agar mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan serta dapat membuat keputusan dengan baik dan benar.
12)  Mengurangi ketakutan menghadapi tugas-tugas baru di masa depan.
13)  Menumbuhkan rasa percaya diri dan solidaritas yang tinggi diantara sesama karyawan khususnya dan masyarakat umumnya.
14)  Meningkatkan motivasi untuk belajar dan selalu bersedia untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya.

Bisa disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan maka akan mampu mengurangi dampak negatif yang diakibatkan kurangnya pengetahuan, kepercayaan diri ataupun pengalaman yang terbatas dari individu sehingga ia bisa bekerja lebih giat, baik masa sekarang maupun di masa depan.

Post a comment for "14 Manfaat Pelatihan Kerja"