Keterampilan Menulis Surat Indonesia

Keterampilan Menulis Surat Indonesia

Surat adalah sarana penyampaian informasi yang menggunakan kertas yang ditulis dengan tujuan sebagai alat komunikasi secara tertulis untuk menyampaikan pernyataan atau suatu informasi dari satu pihak kepada pihak lain. Informasi ini bisa berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, jawaban, perintah, pemikiran, permintaan, laporan, pendapat, bantahan, sanggahan, dan sebagainya.

Penyampaian secara tertulis disini menggunakan bahasa yang disebut sebagai bahasa surat atau bahasa tulis. Bahasa surat adalah bahasa secara tertulis yang digunakan pada sarana surat-menyurat. Bahas tulis merupakan bahasa berwujud tertulis yang dipakai sebagai alat komunikasi dalam berbagai sarana di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari seperti koran, email, dokumen, SMS ponsel, dan sebagainya. Jadi, pengertian Bahasa Tulis disini lebih luas dari bahasa surat. Bahasa surat merupakan salah satu jenis bahasa tulis.

Korespondensi adalah sarana surat-menyurat yang menggunakan bahasa tulis. Korespondensi Indonesia dibagi menjadi dua kelompok, yakni surat pribadi dan surat non pribadi.

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang secara pribadi yang ditujukan kepada pribadi yang lain, isinya pada umumnya mengenai hal-hal tentang dirinya atau yang besifat kekeluargaan, persahabatan dan sebagainya. Surat seperti ini sering disebut juga sebagai surat biasa. Surat pribadi ada juga yang bersifat resmi, yakni surat lamaran kerja, surat permohonan kepada kantor atau sejenisnya.

Surat non pribadi dibagi menjadi dua, yaitu surat niaga/bisnis/dagang dan surat perkantoran. Dalam hal ini Surat Niaga adalah surat yang memuat isi mengenai hal-hal niaga atau bisnis yang dibuat oleh perusahaan atau badan usaha yang bersifat dagang. Sementara Surat Perkantoran adalah surat resmi yang dibuat oleh kantor pemerintah atau kantor lembaga lain dimasyarakat termasuk kantor perusahaan ataupun kantor badan usaha.

Surat niaga dan surat perkantoran biasanya ialah surat pengumuman, surat pemberitahuan, surat undangan, surat perintah, surat peringatan/teguran, surat permintaan/permohonan, surat panggilan, surat pengantar, surat keputusan, surat penawaran, surat permintaan penawaran, surat pesanan, surat penagihan, surat perjanjian, surat laporan, surat tuntutan, surat referensi, surat rekomendasi, surat tugas, surat kuasa, surat perkenalan rekanan, dan lain sebagainya.

Keterampilan Menulis Surat Indonesia

Korespondensi Biasa

Korespondensi biasa atau bisa disubut juga sebagai surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang kepada seseorang tertentu yang sering disebut surat biasa. Surat tersebut antara lain surat yang ditulis secara kekeluargaan misalnya ditujukan kepada orang tua, surat ucapan terima kasih, surat ucapan selamat, surat pemberitahuan kepada teman mengenai suatu berita, surat ucapan turut berduka cita, dan sebagainya.

Akan tetapi dalam hal ini diantara surat pribadi ada juga yang bersifat resmi, misalnya surat lamaran kerja, surat permohonan tidak masuk kerja, surat pemberitahuan kepada sekolah atau kantor, dan sebagainya. Di zaman sekarang pengiriman surat biasa melalui sarana E-mail semakin banyak dilakukan orang, dibandingkan pada zaman dulu yang hanya melalui pos.

{|CATATAN| Berikut 2 artikel terkait:
1) Keterampilan E-mail dalam Bekerja
2) Jenis-Jenis Surat Non Pribadi}

Korespondensi Niaga dan Perkantoran

Sebenarnya jika diperinci lebih lanjut selain ada surat pribadi, surat niaga dan surat perkantoran, sebenarnya masih ada lagi yang disebut sebagai surat resmi dan surat dinas. Surat resmi merupakan surat yang dibuat oleh suatu instansi, organisasi atau perusahaan dan lembaga yang isinya berhubungan dengan jabatan, tugas serta wewenang dari pihak yang menulis surat. Sedangkan surat dinas ialah surat yang yang isinya berhubungan dengan masalah administrasi pemerintahan, dibuat oleh instansi pemerintah yang berkenaan dengan wewenangnya dan ditujukan kepada pihak lain yang memiliki hubungan dengannya. Dalam hal ini surat perkantoran disini mencakup surat resmi dan surat dinas.

Surat niaga merupakan surat yang isinya berkaitan dengan usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau badan usaha lain seperti dealer (agen penjualan), agen (toko cabang), toko, koperasi dan sebagainya. Surat niaga adalah sarana komunikasi dari berbagai bentuk badan usaha yang dibuat dalam kerangka mengelola kegiatan usaha. Surat niaga adalah utusan bagi sebuah perusahaan atau badan usaha lain dalam menjalin kerja sama dengan mitra bisnis dalam kerangka kegiatan bisnis yang dilakukan.

Surat niaga meliputi surat permintaan penawaran, surat penawaran barang, surat pesanan, surat penagihan, surat perkenalan rekanan, surat referensi, surat perjanjian transaksi, surat pemberitahuan, surat rekomendasi, surat undangan, surat perintah, surat keputusan, surat laporan, surat tuntutan, surat permohonan, surat peringatan, surat pengantar, surat tugas, surat kuasa dan lain sebagainya. Diantara jenis-jenis surat tersebut, ada yang sifatnya tumpang tindih dan hal ini sudah lazim karena sesuai dengan kenyataan yang ada didalam masyarakat.

Surat lamaran kerja dan dokumen riwayat hidup merupakan surat pribadi yang bersifat surat perkantoran. Di zaman sekarang pengiriman surat niaga dan surat perkantoran masih banyak melalui jasa dari kantor pos terutama dengan sarana kilat khususnya, akan tetapi disamping itu ada juga yang dikirim dengan jasa dari perusahaan jasa dari kurir ataupun pegawai sendiri. Selain itu, pengiriman dengan sarana e-mail pun banyak dilakukan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 16.3.20

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...