Jenis-Jenis Surat Non Pribadi

Jenis-Jenis Surat Non Pribadi

Secara umum surat non pribadi dibagi menjadi dua, yaitu surat niaga/bisnis/dagang dan surat perkantoran. Dalam hal ini Surat Niaga adalah surat yang memuat isi mengenai hal-hal niaga atau bisnis yang dibuat oleh perusahaan atau badan usaha yang bersifat dagang. Sementara Surat Perkantoran adalah surat resmi yang dibuat oleh kantor pemerintah atau kantor lembaga lain dimasyarakat termasuk kantor perusahaan ataupun kantor badan usaha.

Surat niaga dan surat perkantoran biasanya ialah surat pengumuman, surat pemberitahuan, surat undangan, surat perintah, surat peringatan/teguran, surat permintaan/permohonan, surat panggilan, surat pengantar, surat keputusan, surat penawaran, surat permintaan penawaran, surat pesanan, surat penagihan, surat perjanjian, surat laporan, surat tuntutan, surat referensi, surat rekomendasi, surat tugas, surat kuasa, surat perkenalan rekanan, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Surat Non Pribadi

1)      Surat pengumuman adalah surat yang isinya memberitahukan sesuatu kepada masyarakat umum. Surat pemberitahuan adalah surat yang isinya memberitahukan sesuatu kepada penerima surat.
2)      Surat undangan adalah surat yang isinya mengundang penerima surat untuk menghadiri suatu kegiatan.
3)      Surat permintaan/permohonan adalah surat yang isinya meminta atau memohon sesuatu kepada penerima surat.
4)      Surat perintah adalah surat yang isinya memberi perintah kepada penerima surat untuk melakukan sesuatu.
5)      Surat peringatan/teguran adalah surat yang isinya memperingatkan atau menegur penerima surat mengenai sesuatu masalah.
6)      Surat pengantar adalah surat yang isinya memuat penjelasan singkat tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan orang yang dimaksud di dalam surat.
7)      Surat panggilan adalah surat yang isinya memanggil penerima surat agar datang menghadap untuk suatu keperluan.
8)      Surat keputusan adalah surat yang isinya memuat suatu keputusan yang ditempuh oleh penulis surat mengenai orang yang dimaksud di dalam surat.
9)      Surat perjanjian adalah surat yang berisikan kesepakatan dari dua pihak mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak yang saling mengikatkan diri untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu guna mencapai tujuan bersama.
10)  Surat perjanjian ada beberapa macam, antara lain adalah surat perjanjian sewa-menyewa, surat perjanjian kerja, surat perjanjian utangpiutang dan sebagainya.

11)  Surat laporan adalah surat yang isinya melaporkan suatu hasil kerja yang dilakukan oleh penulis surat.
12)  Surat permintaan penawaran adalah surat yang isinya meminta penjelasan terperinci kepada penerima surat mengenai barang yang ditawarkan termasuk perincian harga yang diminta.
13)  Surat penawaran ( barang ) adalah surat yang isinya mempromosikan atau menawarkan barang yang hendak dijual kepada penerima surat.
14)  Surat pesanan adalah surat yang isinya memesan barang yang hendak dibeli dari penerima surat.
15)  Surat tuntutan adalah surat yang isinya menunut kepada penerima surat supaya melaksanakan sesuatu yang pernah dijanjikan atau dinyatakan kepada penulis surat.
16)  Surat penagihan adalah surat yang isinya menagih uang bayaran yang belum dilaksanakan oleh penerima surat.
17)  Surat referensi adalah surat yang isinya memuat keterangan-keterangan yang ditujukan kepada penerima surat mengenai pihak tertentu berdasarkan informasi yang dimiliki penulis surat untuk kepentingan pihak yang bersangkutan.
18)  Surat tuntutan adalah surat yang isinya menentut sesuatu.
19)  Surat edaran adalah surat pengumuman yang diedarkan.
20)  Surat rekomendasi adalah surat yang merekomendasikan seseorang.
21)  Memo adalah catatan singkat yang dibuat untuk suatu peringatan.
22)  Surat keterangan adalah surat yang menerangkan sesuatu.
23)  Nota dinas adalah catatan singkat yang dibuat oleh pejabat untuk bawahannya
24)  Surat tugas adalah surat yang isinya menugaskan pihak tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dimaksud di dalam surat.
25)  Surat kuasa adalah surat yang dibuat oleh penulis surat dengan isi memberi kuasa kepada pihak tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau menyelesaikan suatu urusan yang dimaksud di dalam surat untuk kepentingan penulis surat sebagai pemberi kuasa.
26)  Surat perkenalan rekanan adalah surat yang isinya merekomendasikan (mengusulkan dengan iktikad baik ) pihak tertentu kapada penerima surat berdasarkan pengetahuan dan tanggung jawab dari penulis surat.
27)  Surat lamaran kerja adalah surat pribadi yang bersifat resmi, isinya memuat kehedak penulis surat untuk melamar pekerjaan yang dimaksud di dalam surat.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 16.3.20

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...