Lingkungan dan Kondisi Fisik Tata Ruang Perkantoran

Lingkungan dan Kondisi Fisik Tata Ruang Perkantoran

Lingkungan dan kondisi fisik tata ruang perkantoran merupakan salah satu hal penting dalam menunjang kinerja para karyawan dalam menghabiskan waktunya untuk bekerja di kantor. Dalam hal ini yang termasuk lingkungan fisik di dalam tata ruang perkantoran antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Penerangan / Cahaya

Penerangan sangat besar manfaatnya untuk keselamatan bekerja dan kelancaran pada saat berkerja bagi para pegawai, oleh karena itu perlu diperhatikan adanya penerangan (cahaya) yang terang akan tetapi tidak sampai menyilaukan. Cahaya yang kurang jelas (kurang cukup) akan menyebabkan penglihatan menjadi kurang jelas, sehingga pekerjaan akan terhambat, lambat, banyak kesalahan terjadi, dan tentu saja hal ini akan menyebabkan ketidak-efesienan dalam melaksanakan pekerjaan, sehingga tujuan organisasi tidak bisa dicapai secara efektif.

Lebih lanjut, pada dasarnya cahaya bisa dibedakan menjadi dua, yakni:
1)      Cahaya alam yang berasal dari sinar matahari
2)      Cahaya buatan, berupa lampu

Cahaya buatan sendiri bisa dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:
1)      Cahaya langsung
2)      Cahaya setengah langsung
3)      Cahaya tidak langsung
4)      Cahaya setengah tidak langsung

Dalam hal ini untuk mengukur kesatuan jumlah cahaya disebut dengan “Foot Candle”. Foot-Candle ialah banyaknya cahaya yang dipancarkan dari sumber cahaya sebuah lilin berukuran biasa yang jatuh disuatu benda yang berjarak satu kaki (30,48 cm) dari sebuah lilin berukuran biasa.

2. Tata Warna

Menata warna di dalam ruangan kerja perlu dipelajari dan direncanakan dengan teliti dan dalukan sebaik-baiknya. Walaupun pada kenyataannya tata warna tidak bisa dipisahkan dengan penataan dekorasi. Hal seperti itu bisa dimaklumi, karena warna memiliki pengaruh besar pada perasaan. Sifat dan pengaruh warna terkadang bisa menimbulkan rasa senang, sedih atau perasaan lainnya, sehingga dalam sifat warna itu sendiri bisa merangsang perasaan manusia.

Berikut ini terdapat daftar beberapa warna yang bisa merangsang atau mempengaruhi perasaan manusia, antara lain yaitu:

Lingkungan dan Kondisi Fisik Tata Ruang Perkantoran

Selain warna dapat merangsang emosi atas perasaan, warna ternyata juga bisa memantulkan sinar yang diterimanya, adapun banyak atau sedikitnya pantulan dari sinar tersebut itu tergantung dari macam warna itu sendiri.

3. Ventilasi / Pengatur Udara

Pegawai akan sulit bekerja dengan baik, senang dan efesien, jika mereka bekerja di dalam ruang kantor yang udaranya pengap, panas, sehingga sulit bernafas. Ruangan kantor dengan suhu udara yang dianggap baik bekisar antara 13-24 °C. Oleh sebab itu perlu adanya ventilasi udara yang cukup, yang bisa membantu pertukaran udara dengan lancar, sehingga para pegawai dalam ruang kerjanya tetap memperoleh udara segar dan nyaman.

4. Dekorasi

Masalah dekorasi ada kaitannya dengan tata warna yang baik, oleh karena itu dekorasi tidak hanya mencakup hiasan ruangan kerja saja akan tetapi harus diperhatikan cara mengatur letak, susunan dan tata warna perlengkapan yang akan dipasang atau diatur di dalam ruangan kantor.

5. Suara Bising

Karena pada umumnya mengerjakan sebuah pekerjaan membutuhkan kosentrasi, maka suara bising hendaknya dihindarkan agar pelaksanaan pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar dan efesien sehingga akan berdampak pada produktivitas kerja yang meningkat.

6. Musik

Menurut para peneliti, musik yang nadanya lembut dan sesuai dengan suasana, waktu serta tempatnya bisa membangkitkan dan merangsang bekerja. Oleh karenanya lagu-lagu bisa dipilih dengan teliti untuk didengarkan ditempat kerja. Jika tidak dipilih dengan baik mungkin justru akan mengganggu konsentrasi kerja.

7. Keamanan

Yang perlu diingat bahwa dalam merencanakan Tata Ruang Kantor hendaknya selalu memperhatikan adanya keamanan dalam bekerja, oleh sebab itu faktor keamanan perlu bener-benar dipertimbangkan secara hati-hati dan teliti.

{|CATATAN| 2 artikel berikut sangat berkaitan dengan pembahasan ini, jadi jangan sampai dilewatkan:
1) Tata Ruang Kantor: Pengertian, Teknik, dan Macam-Macam Tata Raung Kantor
2) Sarana Modern untuk Pengolahan Informasi}

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 3.9.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...