3 Peranan Pekerjaan Kantor

3 Peranan Pekerjaan Kantor

Dalam kamus bahasa Indonesia susunan WIS Porwardarminta, peranan berasal dari kata “peran” artinya yaitu sesuatu yang menjadi bagian atau yang memegang pimpinan. Dalam hal ini pekerjaan kantor memiliki peranan melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan, karena fungsinya sebagai pusat ingatan, pusat kegiatan serta sumber dokumen.

Seorang pimpinan membutuhkan informasi yang sifatnya umum, yang memberikan pengetahuan secara keseluruhan mengenai perkembangan organisasinya. Berdasarkan uraian tersebut, peranan pekerjaan kantor memiliki dua fungsi, antara lain yaitu:

1)      Bantuan Bagi Pimpinan (Staff Function)

Pekerjaan kantor terdiri atas kegiatan-kegiatan yang membantu pimpinan dalam merencanakan serta mengendalikan kegiatan organisasi dalam mengambil tindakan dan keputusan, agar tepat pada sasaran yang dituju.

2)      Pelayanan Bagi Masyarakat (Public Service)

Pekerjaan kantor, selain merupakan kegiatan yang berperan dalam membantu pimpinan dalam mengambil keputusan, kegiatan lain yang sama pentingnya ialah melayani segenap kegiatan operatif (tugas-tugas pokok kantor), baik itu yang bersifat intern ataupun yang bersifat ekstern (pelayanan publik).

3 Peranan Pekerjaan Kantor

Berbagai tugas pokok kantor tidak akan terlaksana tanpa adanya data dan keterangan yang disiapkan oleh pekerjaan kantor. Lebih jauh bahkan tujuan kantor tidak akan tercapai jika data dan keterangan yang disiapkan kantor tidak sesuai, kurang tepat ataupun keliru.

{|CATATAN| Jangan lewatkan rekomendasi artikel berikut:
1) Pengertian Administrasi, Kantor dan Administrasi Perkantoran
2) 3 Ciri Pekerjaan Kantor}

Peranan pekerjaan terhadap tugas-tugas operatif pada umumnya bersifat pelayanan dalam penyajian segenap bahan keterangan atau warkat sebagai pusat ingatan maupun sumber dukumentasi. Berdasrkan uraian tersebut bisa disimpulkan bahwa peranan pekerjaan kantor anara lain yaitu:

a)      Menyediakan keterangan bagi pimpinan organisasi sebagai rujukan untuk menetapkan keputusan atau melakukan tindakan yang tepat. Dalam suatu organisasi atau perusahaan, pekerjaan kantor seperti administrasi, akuntan, dan sebagainya berperan menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan pemimpin organisasi untuk melakukan berbagai kebijakan yang tepat guna.

b)      Melayani pelaksanaan pekerjaan opersional, guna membantu melaksanakan pekerjaan induk untuk mencapai tujuan organisasi. Pekerjaan kantor merupakan pekerjaan yang tidak membutuhkan waktu untuk menghabiskan tenaga di lapangan, akan tetapi di dalam ruangan dan berperang membantu organisasi mencapai tujuannya dengan cara memberikan pelayanan kepada siapapun yang membutuhkan.

c)      Membantu melancarkan kebutuhan perlengkapan serta perkembangan orgasasi sebagai suatu keseluruhan. Pekerja kantor juga dibutuhkan organisasi sebagai divisi perlengkapan yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh pemimpin dan pekerja lapang. Pekerjaan kantor membantu menyediakan banyak hal yang dibutuhkan mulai dari dokumen, keuangan, sampai dengan perekrutan tenaga kerja baru.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 31.7.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...