ORGANISASI DALAM KANTOR

ORGANISASI DALAM KANTOR

Organisasi adalah alat ataupun wadah dimana orang-orang melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Organisasi merupakan sebuah struktur tata pembagian kerja serta hubungan kerja antara sekelompok orang yang memungkinkan mereka bisa bekerja sama secara efektif di dalam proses mencapai sebuah tujuan.

Sementara itu pengertian kantor menurut Ensliklopedia Administrasi yaitu, Kantor adalah keseluruhan ruang dalam suatu bangunan dimana dilaksanakannya tata usaha atau aktivitas-aktivitas manajemen maupun berbagai tugas dinas lain dari pimpinan suatu perusahaan/organisasi.

Sedangkan lebih lanjut, Organisasi kantor adalah suatu tempat dimana diadakannya suatu kegiatan yang teratur (ada penetapan tanggung jawab dan wewenang) dari sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini organisasi kantor harus direncanakan dan ditetapkan dengan baik. Organisasi yang baik adalah organisasi yang berdasarkan perencanaan yang hati-hati mengenai apa, siapa pelaksana, pengawas serta bagaimana melaksanakan pekerjaan dengan cara yang paling efektif dan efisien.

{|CATATAN| Berikut 3 rekomendasi artikel terkait:
1) 7 Unsur Organisasi
2) Prinsip-Prinsip Organisasi
3) Bentuk-Bentuk Organisasi Kantor}

Organisasi dalam Kantor

Dalam organisasi yang baik, tugas-tugas pekerja harus ditetapkan sehingga tanggung jawab masing-masing orang bisa dipastikan dengan serta merta. Lebih dari itu, melalui sebuah organisasi pekerjaan yang efisien bisa dilakukan dengan prinsip spesialisasi yang lebih tajam dengan komunikasi yang lebih lancar.

Organisasi kantor terikat pada sifat-sifat dari “Office Work” hal ini karena setiap organisasi menyangkut pengaturan kerja, penentuan dari kewajiban-kewajiban, kewenangan dan tanggung jawab, serta pembagian atau pemilihan aktivitas-aktivitas dan fungsi-fungsi.

Dengan melihat keadaan seperti itu menunjukan bahwa pekerjaan kantor yang beraneka ragam perlu diorganisir dengan baik. Dimana dalam hal ini seluruh kegiatan dibagi kepada seluruh orang yang terlibat, sehingga setiap orang memiliki tugas dan kewajiban sesuai dengan kekuasaan, wewenang serta tanggung jawabnya menurut kedudukan mereka agar pekerjaan bisa berjalan dengan efektif dan efesien.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 6.5.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...