7 Unsur Organisasi

7 Unsur Organisasi

Menurut Dr. S.P. Siagian M.P. Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang terikat dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan yang di dalamnya terdapat pembagian yang disebut atasan dan bawahan.

Organisasi merupakan sebuah struktur tata pembagian kerja serta hubungan kerja antara sekelompok orang yang memungkinkan mereka bisa bekerja sama secara efektif di dalam proses mencapai sebuah tujuan.

Organisasi yang baik adalah organisasi yang berdasarkan perencanaan yang hati-hati mengenai apa, siapa pelaksana, pengawas serta bagaimana melaksanakan pekerjaan dengan cara yang paling efektif dan efisien.

7 Unsur Organisasi
Organisasi tidak akan ada apabila tidak ada unsur-unsur  manusia, sasaran/tujuan, pekerjaan, teknologi, tempat kedudukan, struktur dan lingkungan. 7 unsur organisasi tersebut bisa diuraikan sebagai berikut:

1)      Manusia
Manusia merupakan faktor penentu adanya sebuah organisasi. Organisasi akan ada, apabila ada manusia (orang-orang) yang bekerjasama. Seperti misalnya: ada pimpinan, ada karyawan.

2)      Sasaran/ Tujuan
Organisasi ada karena adanya sebuah tujuan atau sasaran yang ingin dicapai.

3)      Tempat Kedudukan
Organisasi akan ada jika ada tempat kedudukannya, karena organisasi membutuhkan sebuah tempat sebagai tempat atau wadah berkumpulnya Manusia (orang-orang).

4)      Pekerjaan
Organisasi akan ada, apabila ada pekerjaan yang akan atau harus dikerjakan dan ada pembagian kerjanya.

5)      Teknologi
Organisasi akan ada, apabila terdapat unsur-unsur tehnis seperti teknologi.

6)      Struktur
Organisasi akan tercipta, apabila terdapat hubungan-hubungan antar manusia satu dengan yang lainnya, sehingga tercipta sebuah organisasi.

7)      Lingkungan
Organisasi akan tercipta apabila terdapat lingkungan yang saling mempengaruhi.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 6.5.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...