Materi Perlengkapan Kantor

Materi Perlengkapan Kantor

Kali ini kita akan membahas tentang perlengkapan kantor, tata ruang dan tata lingkungan kantor. Perlengkapan apa saja yang diperlukan dalam kantor dan bagaimana cara menata ruang kantor agar suasana tidak terkesan terlalu formil dan kaku. Dalam hal ini menata lingkungan kantor memiliki seni tersendiri karena dengan lingkungan yang serasi dan nyaman akan memacu kinerja para pegawai.

Ketika melakukan tugas pekerjaan sehari-hari di kantor, sudah tentu para pegawai akan menggunakan perlengkapan kantor (office equipment). Tujuan dari adanya perlengkapan kantor ialah untuk membantu pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya, sehingga pegawai tidak akan terhambat dalam melaksanakan tugasnya hanya karena tidak menggunakan peralatan yang tidak sesuai. Dalam hal ini secara garis besar perlengkapan kantor terbagi menjadi 3 kelompok, antara lain yaitu: 

{|CATATAN| Akan lebih baik jika Anda juga membaca 4 artikel terkait berikut ini:
1) Tata Ruang Kantor: Pengertian, Teknik dan Macam-Macam Tata Raung Kantor
2) Macam-Macam Penyusunan Meja Kerja
3) Pedoman Penentuan Kebutuhan Luas Tempat Kerja
4) Tata Lingkungan Kantor Secara Langsung dan Tidak Langsung}

Materi Perlengkapan Kantor

1)      Perlengkapan Tata Usaha

Pada setiap kantor modern selain ada kertas dan alat-alat tulis, untuk melaksanakan segala kegiatan tata usaha juga diperlukan berbagai macam barang perlengkapan tata usaha lainnya seperti amplop, rautan pensil, jepitan kertas, bak surat, dan sebagainya. Dalam hal ini perlengkapan tata usaha terdiri dari:
a)      Barang-barang yang habis pakai misalnya misalnya kertas, tip ex dan sebagainya.
b)      Barang-barang yang tahan lama misalnya pembolong kertas, steppler, dan sebagainya.
c)      Barang-barang habis pakai untuk keperluan tulis menulis disebut dengan stationery.

2)      Mesin Kantor

Mesin kantor (office machines) ialah semua alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan dan mengolah bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, magnetik, elekteris, dan secara kimiawi. Sebelum menggunakan sebuah mesin, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu mesin apa yang paling cocok dan untuk apa tujuan mesin itu dibeli.

Macam-macam mesin kantor antara lain yaitu mesin ketik, mesin hitung, mesin pengganda, mesin pembuka sampul surat, mesin pelipat surat dan pemasuk sampul, mesin komunikasi (telepon, faksimile, telephoto, teleprinter), mesin komputer, printer dan sebagainya.

3)      Perabot Kantor

Perabot kantor umumnya disebut dengan office fumishing atau office furnitures yang meliputi meja tulis, kursi, lemari besi, lemari arsip, rak, filing cabinet termasuk didalamnya perlengkapan kebersihan dan perawatan kantor. Dalam hal ini perlu diperhatikan tinggi kursi dan meja, hal ini karena akan berpengaruh pada daya tahan seseorang dalam melakukan pekerjaan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 20.5.19

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...