Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN E-MARKETING, MANFAAT DAN KELEBIHANNYA

PENGERTIAN E-MARKETING

Pernahkah Anda mendengar istilah E-Marketing? Tahukah Anda apa itu E-Marketing? E-Marketing berasal dari dua suku kata yaitu Electronic Marketing. Secara umum E-Marketing adalah bentuk strategi pemasaran produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet.

{|CATATAN| Setidaknya terdapat 7 konsep dalam pemasaran, untuk penjelasan lebih lanjut silahkan kunjungi artikel berikut: 7 Konsep Inti Pemasaran}

Terdapat beberapa ahli yang mencoba mendefinisikan E-Martketing seperti yang diutarakan oleh Armstrong dan Kottler, menurutnya E-Marketing merupakan sisi pemasaran dari E-Commerce, yang didalamnya terdiri dari kerja perusahaan untuk mengkomunikasikan (memberi tahu) sesuatu, mempromosikan, serta menjual barang dan jasa melalui internet.

{|CATATAN| Dalam pemasaran juga terdapat yang namanya marketing mix, apa itu marketing mix? Silahkan kunjungi artikel berikut untuk penjelasannya: Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Sedangkan Boone dan Kurtz  mendefinisikan E-Marketing sebagai salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus marketer, yaitu strategi proses pembuatan, promosi, pendistribusian, dan penetapan harga barang atau jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital yang lain.

Tidak kalah dengan pendapat ahli yang lain, Strauss dan Frost ikut mendefinisikan E-Marketing dimana mernurut mereka E-marketing adalah penggunaan data serta aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, pomosi, distribusi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Dewasa ini E-Marketing mulai diminati banyak perusahaan seiring dengan perkembangan teknologi internet, dimana saat ini hampir setiap orang di seluruh dunia dapat mengakses internet. Atas dasar alasan inilah kenapa banyak perusahaan berbondong-bondong melakukan pemasaran produknya dengan cara E-Marketing.


MANFAAT DAN KELEBIHAN E-MARKETING


Pengertian E-Marketing, Manfaat dan Kelebihannya

Ada banyak manfaat serta kelebihan yang dapat diambil oleh perusahaan dari cara pemasaran E-Marketing diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      E-Marketing dapat menjangkau berbagai lapisan konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi atau disentuh oleh pesaing.
2.      Target E-Marketing merupakan konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok serta dapat mengembangkan dialog berkelanjutan.
3.      E-Marketing memungkinkan transaksi binis dilakukan secara elektronik sehingga biaya yang timbul relatif rendah. Seperti misalnya E-mail atau data files dapat dipindahkan pada konsumen dalam hitungan detik.
4.      Proses penjualan dalam E-Marketing bersifat langsung dari produsen ke konsumen tanpa harus melewati jalur distribusi klasik, sehingga lebih efektif dan efisien.
5.      Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
6.      Dengan E-Marketing melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, beserta langkah-langkah dan hasil yang diperoleh dapat dilakukan dengan mudah.
7.      E-Marketing memungkinkan untuk dapat mengawasi pesaing.
8.      Karena tidak melewati jalur distribusi, maka dialog antara perusahaan dengan konsumen dapat terjadi dalam E-Marketing.
9.      Memudahkan dalam mendistribusikan program serta informasi tentang produk melalui E-mail maupun file transfer. 
10.  Tidak ada batasan waktu karena bisa diakses 24 jam penuh.
11.  E-Marketing dapat menjagkau pasar yang lebih luas dibandingkan dengan strategi pemasaran lain bahkan bisa sampai ke manca negara.
12.  E-Marketing dapat mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet berbentuk pisik, tidak perlu spanduk, brosur dan lain sebagainya.
13.  Dapat memudah pelaku usaha untuk saling menjalin hubungan dengan konsumen dengan komunikasi interaktif melalui pemanfaatan ruang diskusi seperti chatting atau email.
14.  Strategi pemasaran E-Marketing dapat memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan bisnis.

Itulah beberapa manfaat serta keuntungan yang dapat diambil dari penerapan strategi pemasaran E-Marketing. Meskipun E-Marketing banyak menawarkan kelebihan dan kemudahan, tentunya harus diperhatikan juga faktor-faktor lain yang dapat mempengarui keberhasilan strategi pemasaran ini seperti misalnya keamanan transaksi, keamanan privasi, perkembangan teknologi dan lain sebagainya. Berikut ini video mengenai perbandingan antara E-Marketing dan Tradisional Marketing:

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN E-MARKETING, MANFAAT DAN KELEBIHANNYA"