PENGERTIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT (PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN)

PENGERTIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Sustainable development adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk menciptakan kesimbangan diantara dimensi pembangunan, seperti ekonomi, sosial serta lingkungan. Sustainable development atau pembangunan berkelanjutan merupakan proses pembangunan (kota, bisnis, sosial, lahan, masyarakat, dsb) dimana proses dalam pembangunan tersebut mempunyai prinsip memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang.

{|CATATAN| Sustainable development sangat terkait dengan MDGs, SDGs dan CSR, oleh karena itu ada baiknya Anda juga membaca 3 artikel berikut: Pengertian MDGs (Millennium Development Goals)Pengertian SDGs (Sustainable Development Goals) dan Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility)}


KONSEP SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Sustainable development (pembangunan berkelanjutan) mempunyai dua konsep kunci, yaitu:
1.      Kebutuhan, yaitu kesadaran akana danya kebutuhan para masyarakat miskin di negara berkembang.
2.      Keterbatasan, merupakan adanya keterbatasan dari teknologi dan organisasi sosial yang berhubungan dengan kapasitas lingkungan untuk mencukupi kebutuhan generasi sekarang dan generasi yang akan datang.


LINGKUP KEBIJAKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT


Sustainable development (Pembangunan Berkelanjutan)

Menurut dokumen PBB hasil World Summit tahun 2005, sutainable development atau pembangunan berkelanjutan mencakup tiga lingkup kebijakan dimana kebijakan tersebut saling terhubung satu sama lain serta merupakan pilar pendorong pembangunan berkelanjutan, kebijakan tersebut antara lain kebijakan pembangunan ekonomi, pembangunan sosial serta perlindungan lingkungan.

Dalam aspek ekonomi, sutainable development (pembangunan berkelanjutan) berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi serta mencari cara untuk bagaimana memajukan perekonomian dalam jangka panjang tanpa harus menghabiskan modal alam.

Lalu dalam aspek sosial, sutainable development (pembangunan berkelanjutan) adalah pembangunan yang berkutat pada manusia dalam hal interrelasi, interaksi dan interdependensi. Dimana hal tersebut erat kaitannya dengan aspek budaya. Pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk menjaga keberlangsungan budaya masyarakat agar masyarakat tetap bisa menjalani kehidupan dengan tenang.

Sedangkan dalam aspek lingkungan, sutainable development (pembangunan berkelanjutan) berkaitan dengan perlindungan lingkungan, dimana pembangunan yang dilakukan harus senantiasa melibatkan aspek-aspek lingkungan agar pesatnya pembangunan tidak lantas menghancurkan kelestarian lingkungan hidup.


PRINSIP SUSTAINABLE DEVELOPMENT

1.      Melindungi sistem penunjang kehidupan
2.      Melindungi dan meningkatkan keanekaragaman biotik
3.      Memelihara serta meningkatkan integritas ekosistem yang rusak.
4.      Mengembangkan dan menerapkan strategi yang adaptif  dan preventif untuk menanggapi ancaman perubahan lingkungan.
5.      Mempertahankan skala fisik dari kegiatan manusia dibawah daya dukung biosfer
6.      Mengenali biaya lingkungan dari kegiatan manusia yaitu mengembangkan strategi untuk meminimalisir pemakaian energi dan material per unit kegiatan ekonomi, menurunkan emisi beracun dan merahabilitasi yang rusak.
7.      Meyakinkan adanya kesamaan sosio politik dan ekonomi dalam transisi menuju masyarakat yang lebih berkelanjutan.
8.      Menjadikan perhatian-perhatian lingkungan lebih langsung dan terus-menerus pada proses pembuatan keputusan secara politis.
9.      Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan
10.  Menciptakan hubungan antara aktivitas politik dengan lingkungan hidup
11.  Menerapkan proses politik yang terbuka dan mudah dicapai
12.  Meyakinkan masyarakat bebas dari tekanan ekonomi
13.  Meyakinkan masyarakat dapat berpartisipasi secara kreatif dan langsung dalam sistem politik dan ekonomi
14.  Meyakinkan tingkat minimal dari pemerataan (equality) dan keadilan sosial.
15.  Manusia sebagai pusat perhatian dari pembangunan berkelanjutan
16.  Peran negara sangat menentukan bagi kelangsungan kehidupan.
17.  Perempuan memiliki peransignifikan terhadap proses pembangunan berkelanjutan, bahkan menjadi penentu keberhasilan.
18.  Partisipasi masyarakat.


PERAN MASYARAKAT DALAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Masyarakat merupakan bagian yang sangat penting dalam sustainable development (pembangunan berkelanjutan) karena peran masyarakat sejatinya merupakan subjek dan objek dari sustainable development (pembangunan berkelanjutan). Jumlah penduduk atau masyarakat akan sangat mempengaruhi pembangunan berkelanjutan, dimana jumlah penduduk yang besar dan pertumbuhan yang cepat tetapi mempunyai kualitas yang rendah akan memperlambat tercapainya kondisi ideal antara kuantitas dan kualitas penduduk atau masyarakat dengan daya dukung alam serta daya tampung lingkungan yang semakin terbatas.

Dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang ideal, diperlukan masyarakat yang berkualitas. Karena dengan masyarakat yang berkualitas mengelola dan mengolah potensi sumber daya alam akan lebih baik, efektif, efisien, dan maksimal, serta kelestarian lingkungan akan tetap terjaga. Sehingga akan tercipta keseimbangan  antara jumlah penduduk dengan kapasitas daya dukung alam serta daya tampung lingkungan.


PROGRAM PILIHAN PERUSAHAAN DALAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Kotler dan Lee mengidentifikasi beberapa pilihan program bagi perusahaan untuk melaksanakan inisiatif serta aktivitas yang berhubungan dengan berbagai masalah sosial dan sekaligus sebagai wujud komitmen atas tanggung jawab sosial perusahaan. Pilihan tersebut yaitu sebagai berikut:
1.      Cause promotions, yaitu memberikan kontribusi berupa dana atau penggalangan dana untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah-masalah sosial tertentu.
2.      Cause-related marketing, merupakan bentuk kontribusi perusahaan dengan cara menyisihkan sekian persen dari pendapatannya sebagai bentuk donasi bagi masalah sosial tertentu, dalam periode waktu tertentu atau produk tertentu.
3.      Corporate social marketing, merupakan bentuk bantuan perusahaan untuk membantu pengembangan atauupun implementasi dari kampanye dengan fokus untuk merubah pola perilaku tertentu yang memiliki pengaruh negatif.
4.      Corporate philantrophy, merupakan inisitiatif perusahaan dengan memberikan kontribusi secara langsung kepada suatu aktivitas amal, biasanya lebih sering dalam bentuk donasi maupun sumbangan tunai.
5.      Community volunteering, merupakan bentuk aktivitas dimana perusahaan memberikan bantuan dan mendorong karyawan dan mitra bisnis perusahaan untuk secara sukarela terlibat dan membantu masyarakat setempat.
6.      Socially responsible business practices, yaitu sebuah inisiatif dimana perusahaan akan mengadopsi serta melaksanakan praktik bisnis dan investasi tertentu yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas komunitas dan melindungi lingkungan.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 4.10.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...