Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN CSR, MANFAAT & FUNGSI CSR, SERTA CONTOH CSR PERUSAHAAN

PENGERTIAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Corporate Social Resposibility (CSR) adalah suatu mekanisme perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi dan interaksinya dengan stakeholder, yang melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

Secara sederhana Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep serta tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap social serta lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berdiri. Seperti melaksanakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, menjaga lingkungan sekitar, membangun fasilitas umum, memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu, dan memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat banyak pada umumnya dan masyarakat sekitar perusahaan pada khususnya.

{|CATATAN| Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam, kami sarankan Anda membaca artikel berikut: Pengertian MDGs (Millennium Development) dan Pengertian SDGs (Sustainable Development Goals)}

Pada dasarnya CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder atau pemangku kepentingan, dimana lebih jauh dari pada itu para ahli menyatakan bahwa CSR memiliki 3 definisi yaitu:
1.      Melakukan tindakan sosial, termasuk didalamnya adalah kepedulian terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batas-batas yang dituntut atau diharuskan dalam peraturan perundang-undangan.
2.      Komitmen usaha yang dilakukan secara etis, beroperasi secara legal, serta berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi yang diiringi dengan peningkatan kualitas hidup karyawan termasuk keluarganya, komunitas lokal, serta masyarakat banyak.
3.      Komitmen bisnis untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan, komunitas setempat, serta masyarakat umum secara keseluruhan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

CSR (Corporate Social Resposibility) sangat erat kaitannya dengan Sustainable development (Pembangunan Berkelanjutan) dimana suatu perusahaan dalam melakukan kegiatannya harus berdasar pada keputusan yang tidak semata-mata terorientasi pada aspek ekonomi (keuntungan) melainkan juga harus memikirkan dampak sosial dan lingkungan yang mungkin ditimbul dari keputusannya tersebut.

{|CATATAN| Baca penjelasan lengkap mengenai Sustainable Development dalam artikel berikut: Pengertian Sustainable Development}


MANFAAT & FUNGSI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)


Pengertian CSR, Manfaat CSR, Fungsi CSR, Contoh CSR Perusahaan

Secara umum fungsi dari CSR adalah sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap berbagai pihak yang terlibat maupun terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung atas aktivitas perusahaan dengan memberi perhatian yang lebih kepada pihak-pihak tersebut. Sementara jika dijabarkan lebih lanjut, CSR memiliki manfaat atau fungsi bagi perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Sosial Licence to Operate (Izin Sosial untuk Beroprasi)

Bagi perusahaan, masyarakat adalah salah satu faktor yang membuat perusahaan bergerak atau malah sebaliknya. Dengan adanya CSR, masyarakat sekitar akan mendapatkan manfaat dari adanya perusahaan dilingkungan mereka maka dengan sendirinya masyarakat akan merasa diuntungkan dan lama kelamaan akan merasa memiliki perusahaan. Jika sudah seperti itu perusahaan akan lebih leluasa untuk menjalankan kegiatan usahanya di daerah tersebut.

2.      Mereduksi Risiko Bisnis Perusahaan

CSR akan membuat hubungan antara perusahaan dengan pihak-pihak yang terlibat menjadi semakin baik, sehingga risiko-risiko bisnis seperti adanya kerusuhan menentang berdirinya perusahaan dapat berkurang. Jika seperti itu maka biaya-biaya pengalihan risiko dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat bagi perusahaan maupun masyarakat.

3.      Melebarkan Akses Sumber Daya

Corporate Social Responsibility (CSR) jika dikelola dengan baik akan menjadi sebuah keunggulan bersaing bagi perusahaan yang nantinya dapat membantu perusahaan dalam memuluskan jalan untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan perusahaan.

4.      Melebarkan Akses Menuju Market

Seluruh investasi serta biaya yang dikeluarkan untuk program CSR sebenarnya dapat menjadi sebuah peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan market yang lebih besar. Termasuk juga di dalamnya dapat membangun loyalitas konsumen serta menembus pangsa pasar baru. Hal ini dikarnakan program CSR dapat membuat nama perusahaan menjadi lebih terkenal dan dikagumi oleh masyarakat.

5.      Mereduksi Biaya

Program CSR juga dapat menghemat biaya perusahaan seperti misalnya melakukan program CSR yang berkaitan dengan lingkungan dengan menerapkan konsep daur ulang dalam perusahaan, sehingga limah perusahaan akan berkurang dan biaya untuk produksi juga akan lebih berkurang.

6.      Memperbaiki Hubungan dengan Stakehoder

Pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) dapat membantu komunikasi dengan stakeholder menjadi lebih sering dan erat, dimana hal tersebut akan menambah kepercayaan stakeholders kepada perusahaan.

7.      Memperbaiki Hubungan dengan Regulator

Perusahaan yang melakukan Corporate Social Responsibility pada umumnya akan turut meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Dimana pemerintahlah yang sebenarnya mampunyai bertanggung jawab yang besar terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakatnya.

8.      Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan

Reputasi perusahaan yang baik dan kontribusi besar yang diberikan perusahaan kepada stakeholders, masyarakat dan lingkungan, akan menambah kebanggan tersendiri bagi karyawan yang bekerja di perusahaan dimana hal tersebut dapat berdampak pada peningkatkan motivasi dan produktivitas kerja karyawan.

9.      Peluang Mendapatkan Penghargaan

Perusahaan yang memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat dan lingkungan melalui program corporate social responsibility akan berpeluang untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan penghargaan. Tentu sebuah penghargaan akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi perusahaan.


CONTOH CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PERUSAHAAN

CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan program yang sangat berguna bagi masyarakat maupun bagi perusahaan itu sendiri. Dimana bagi masyarakat pogram CSR ini akan membantu kesulitan-kesulitan yang mereka alami. Sedangkan bagi perusahaan, program CSR akan memberikan image perusahaan yang baik dimata konsumen dan masyarakat. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang memberikan perhatiannya terhadap lingkungan dan melakukan program CSR, seperti perusahaan-perusahaan dibawah ini:

1.      Danone (Air Mineral Aqua)

Danone melakukan program CSR disebut WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera dan berkontribusi secara aktif serta berkelanjutan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan penyediaan air bersih di Indonesia. Program ini kita kenal dengan “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”.

2.      PT Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

PT Sinde Budi Sentosa melakukan program CSR dengan cara melestarikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Program ini atas kerjasama antara Sinde dan WWF Indonesia, dimana Sinde mendonasikan dana dari hasil penjualan produknya untuk program pelestarian Badak Jawa.

3.      Pertamina

Pertamina berkomitmen dalam program CSR-nya dengan membantu pemerintah Indonesia dalam memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia melalui pelaksanaan program-program yang membantu tercapainya target pembangunan, dan membangun hubungan harmonis serta kondusif dengan semua pihak stakeholder (pemangku kepentingan) untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan terutama dalam membangun reputasi perusahaan.

4 komentar untuk "PENGERTIAN CSR, MANFAAT & FUNGSI CSR, SERTA CONTOH CSR PERUSAHAAN"

  1. kok ga bsa di copy, pelit bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu aja yang terlalu malas ngetik

      Hapus
    2. tinggal ketik ulang aja apa susahnya? jgn males2 bang

      Hapus
  2. Bermanfaat sekalii bang buat refrensi tugas kuliah saya

    BalasHapus