MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Tidak semua bentuk perdagangan internasional akan selalu berhasil atau tanpa masalah. Dalam perdagangan internasional biasanya sering terjadi hambatan ataupun masalah-masalah yang dapat menjadi faktor penghalang bagi terciptanya perdagangan internasional dari suatu negara ke negara lain. Hal ini sebenarnya wajar mengingat kompleksnya perdagangan internasional, dari mulai wilayah yang berbeda, hukum dan aturan yang berbeda, budaya yang berbeda, mata uang yang berbeda dan lain sebagainya.

{|CATATAN| Untuk lebih jauh memahami pembahasan ini ada baiknya Anda juga membaca 4 artikel berikut: Pengertian Perdagangan InternasionalManfaat Perdagangan Internasional21 Pelaku Perdagangan Internasional, dan 3 Teori Perdagangan Internasional}

Secara umum, masalah perdagangan internasional terbagi atas dua faktor. Yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

A.     Faktor Eksternal

Masalah perdagangan internasional yang berkaitan dengan faktor eksternal yaitu:

Masalah Perdagangan Internasional

1.      Kepercayaan

Kepercayaan sangat penting dalam menjamin telaksananya transaksi ekspor dan impor. Biasanya masalah yang sering timbul dalam perdagangan internasional adalah masalah kepercayaan. Hal ini terjadi akibat dari kedua belah pihak antara eksportir dan importir belum saling bertemu dan mengenal satu sama lain karena tempat yang saling berjauhan satu sama lain. Kepercayaan ini dibutuhkan pada saat pengiriman barang, seperti maisalnya apakah eksportir atau importir yang terlebih dahulu mengirim barangnya sebelum pembayaran atau setelah pembayaran. Untuk menentukan hal-hal tersebut perlu adanya kepercayaan satu sama lain. Jika eksportir dan imprtir tidak saling percaya, maka perdagangan internasional tidak akan berjalan dengan lancar.

2.      Pemasaran

Pemasaran sangatlah penting dalam perdagangan internasional bagi eksportir dan importir. Pemasaran diperlukan untuk memperkenalkan barang ke luar negeri untuk mendapatkan penawaran barang dengan harga yang sangat menguntungkan. Selain itu pemasaran juga akan mempermudah dalam para eksportir dan importir dalam mengetahui lokasi tujuan ekspor maupun impor. Masalah pemasaran yang sering dihadapi eksportir dan importir dalam perdagangan internasional adalah banyaknya persaingan.

3.      Kebijakan Ekspor

Kebijakan perdagangan internasional negara yang satu dengan negara lainnya akan berpengaruh terhadap eksportir dan importir. Pengaruh tersebut sangat penting dalam keberlangsungan pemeliharaan dan peningkatan hubungan dagang. Adanya kebijakan ekspor pembatasan seperti kuota barang dan kuota negara, akan menyebabkan peningkatan transaksi perdagangan internasional tidak sepenuhnya dapat terlaksanakan.

4.      Keanggotaan Organisasi Internasional

Adanya organisasi internasional adalah untuk mengatur stabilitas harga barang di pasar internasional. Namun terlepas dari manfaatnya, keanggotaan organisasi tersebut juga dapat menjadi kendala dalam melakukan tindakan transaksi jual beli. Hal ini karena adanya batasan bagi anggota organisasi perdagangan internasioanl tersebut dalam berinteraksi atau melakukan ekspor impor.

5.      Kurangnya Pemahaman

Banyaknya kemudahan internasional yang menyediakan kemudahan syarat sangat berguna bagi pengembangan perdagangan internasional antar negara. Namun hal ini jarang diketahui negara-negara berkembang. Adanya ketidaktahuan tersebut akan menyebabkan kurangnya pemahaman dan menjadi faktor penghambat dalam kegiatan perdagangan internasional.

B.     Faktor Internal

Jika dilihat dari faktor internal, masalah perdagangan internasional adalah:

1.      Persiapan

Persiapan teknis mencakup persyaratan dasar untuk pelaksanaan transaksi perdagangan internasioanl. Dari sisi eksportir masalah yang timbul adalah kemampuan dalam menyiapkan dokumen-dokumen pengiriman barang. Sementara pada sisi importir, harus adanya pencitraan nama baik perusahaan serta menjamin kelangsungan izin usahanya dan aktivitas transaksi harus terus berlanjut dan ditingkatkan.

2.      Kemampuan dan Pemahaman Transaksi

Keberhasilan perdagangan luar negeri didukung oleh kemampuan dan pengetahuan eksportir dan importir. Pemahaman tersebut terutama dalam menyangkut dasar-dasar, pengisian dokumen, tata cara pelaksanaan serta peraturan-peraturan yang berlaku di dalam dan di luar negeri. Tanpa adanya kemampuan dan pemahaman transaksi internasional yang baik akan sangat menghambat terjadinya perdagangan internasional.

3.      Pembiayaan

Masalah pembiayaan sering dihadapi oleh eksportir dan importir dalam perdagangan internasional. Hal ini merupakan masalah bagaimana eksportir dan importir melakukan pembayaran internasional. Masalah pembiayaan dalam perdagangan internasional adalah keterbatasan dana dan fasilitas pendanaan. Di sini pengusaha atau negara harus mempu mengatur keuangannya secara bijak serta menggunakan fasilitas-fasilitas pembiayaan dengan mempelajari terlebih dahulu manfaatnya.

4.      Ketidaksempurnaan Barang

Adanya ketidaksempurnaan dalam barang merupakan masalah yang terjadi pada eksportir. Hal ini terjadi pada saat eksportir tidak mampu mempersiapkan barang yang akan ia jual dengan baik. Ketidaksiapan ini dapat menimbulkan akibat buruk bagi keberlangsungan hubungan transaksi internasional negara dengan negara lain. Oleh karena itu diperlukan pengawasan terlebih dahulu terhadap kualitas barang yang akan dikirimkan.

5.      Kebijakan Impor

Aturan-aturan yang mendasari impor sangat mempengaruhi pelaksanaan perdagangan internasioanl. Aturan yang sering berubah dapat membingungkan dan menimbulkan kekeliruan berbagai pihak. Peraturan impor seperti pembatasan-pembatasan akan menghambat dan mengurangi ketersediaan barang di dalam negeri dan mengurangi pendapatan bagi negara yang mengirimkan barangnya.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 1.10.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...