PERTUMBUHAN EKONOMI: PENGERTIAN DAN RUMUS PERTUMBUHAN EKONOMI

PENGERTIAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Pada dasarnya setiap negara mengalami perubahan terhadap keadaan ekonominya. Ada negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi dan adapula negara yang malah mengalami kemunduran ekonomi, hal tersebut tergantung pada kegiatan perekonomian dalam negara tersebut. Setiap negara memiliki ritme pertumbuhan ekonomi yang berbeda. Contohnya pada negara berkembang, pada negara-negara berkembang ritme pertumbuhan ekonominya cenderung fluktuatif atau berubah-ubah, namun sebaliknya pada negara-negara maju, ritme pertumbuhan ekonominya cenderung setabil pada keadaan perekonomian maju.

Pertumbuahan ekonomi adalah suatu keadaan dimana terjadi kenaikan pendapatan nasional (PDB atau PNB) tanpa memandang kenaikan pendapatan nasional tersebut melebihi pertumbuhan penduduk. Dalam hal ini suatu negara bisa dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila jumlah produksi barang dan jasanya terus meningkat.

Setidaknya terdapat tiga hal penting yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Perwujudan pertumbuhan ekonomi, yaitu kenaikan output secara berkesinambungan.
2.      Dasar keberlangsungan pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan merupakan perkembangan teknologi.
3.      Diperlukan adanya penyesuaian sikap, kelembagaan dan ideologi agar pertumbuhan ekonomi berjalan dengan bak.

Pertumbuhan ekonomi pada dasarnya menjelaskan tentang kemajuan ekonomi, perkembangan ekonomi, kesejahteraan ekonomi, serta perubahan fundamental perekonomian suatu negara dalam jangka waktu relatif panjang.

Pertumbuhan ekonomi (econemic growth) adalah pertambahan pendapatan nasional atau pertambahan output dalam periode tertentu, bisa itu pertriwulan ataupun satu tahun. Pertumbuhan ekonomi menggambarkan adanya peningkatan kapasitas produksi atas barang maupun jasa secara fisik dalam periode waktu tertentu.

Setiap negara menginginkan perekonomian dalam negaranya berada pada keadaan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat. Tidak hanya peningkatan pendapatan nasionalnya saja, tetapi seluruh perekonomiannya. Hal ini karena petumbuhan ekonomi menggambarkan adanya peningkatan pendapatan nasional yang mengindikasikan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat ini disebut sebagai pembangunan ekonomi.


PERHITUNGAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Secara sederhana, pertumbuhan ekonomi dapat dihitung dengan cara membandingkan perhitungan nasional pada periode tertentu dengan periode sebelumnya. Misalnya dengan membandingkan Gross National Product (GNP) tahun tertentu dengan tahun sebelumnya, sehingga dapat diketahui berapa pertumbuhannya.

Perhitungan pertumbuhan ekonomi dapat dihitung dengan nilai Produk Domestik Bruto (PDB), yaitu PDB berdasarkan harga konstan, karena pengaruh perubahan harga atau inflasi dihilangkan. Perhitungan pertumbuhan ekonomi tidak dapat dilakukan setiap saat, hal ini disebabkan karena untuk mengumpulkan data PDB cukup sulit dan membutuhkan waktu sehingga perhitungan pertumbuhan ekonomi dilakukan dalam kurun waktu triwulan atau tahunan. Beriktu rumus perhitungan pertumbuhan ekonomi:

Rumus Pertumbuhan Ekonomi

Keterangan:
Gt  = Pertumbuhan ekonomi periode t (triwulan atau tahunan)
PDB(t) = Produk domestik bruto periode t (berdasarkan harga konstan)
PDB(t-1) = Produk domestik bruto periode sebelumnya

Jika interval waktunya lebih dari satu periode, maka perhitungan pertumbuhan ekonominya menjadi sebagai berikut:

Rumus Pertumbuhan Ekonomi

Keterangan:
PDB(t) = Produk domestik bruto periode t
PDB(o) = Produk domestik bruto periode awal
r  = Tingkat pertumbuhan
t  = Jarak periode

{|CATATAN| Pertumbuhan ekonomi suatu negara dipengaruhi beberapa faktor.  Simak penjelasannya pada artikel berikut: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi}
Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 13.9.16

0 komentar

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

TIPE-TIPE PEMBELI

TIPE-TIPE PEMBELI Taukah anda bahwa pembeli ternyata memiliki beberapa tipe. Hal ini dilihat dari bagaimana karakteristik seorang pembeli...