PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN MENURUT PARA AHLI

Kewirausahaan yang berasal dari kata dasar wirausaha atau wiraswasta berasal dari kata wira yang berarti berani dan swasta yang berarti berdiri atas dasar kekuatan sendiri. Jika ditarik kesimpulan maka pengertian wiraswasta adalah keberanian untuk mewujudkan aspirasi kehidupan yang mandiri dengan melandaskan pada keyakinan serta watak yang luhur. 

{|CATATAN| Mengkin Anda tertarik dengan artikel berikut: Langkah-Langkah Menjadi Wirausaha Sukses}

Wirausaha dikenal juga dengan istilah entrepreneur yang pertama kali diperkenalkan di Prancis oleh Richard Cantillon dalam bukunya yang berjudul Essai sur la nature du Commerceen, pada tahun 1755.

Wirausaha merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang dimana orang tersebut adalah seorang pembuat keputusan yang membantu terciptanya sebuah sistem ekonomi lembaga yang berdiri sendiri bebas dari kererkaitan lembaga lain. Seorang wirausaha adalah pendorong perubahan, inovasi serta kemajuan ekonomi, mereka adalah orang yang berani mengambil risiko demi terciptanya kemajuan ekonomi. 

{|CATATAN| Simak selengkapnya mengenai peran wirausaha dalam artikel berikut: Peran Wirausaha dalam Perekonomian Nasional}

Ada beberapa pendapat menurut para ahli mengenai pengertian wirausaha, yaitu sebagai berikut:

1.      J.A. Schumpeter
Menurut J.A. Schumpeter wirausaha adalah orang yang melakukan kombinasi baru pada teknik dan komersial lalu menerapkannya dalam bentuk praktik. Initi dari fungsi wirausaha merupakan pengenalan serta pelaksanaan kemungkinan-kemungkinan baru pada bidang ekonomi. Kemunginan tersebut adalah memperkenalkan produk baru maupun kualitas baru pada suatu barang yang belum pernah dikenal oleh konsumen, pelaksanaan metode produksi baru dengan cara-cara yang baru, membuka pemasaran baru, membuka sumber-sumber dasar baru, dan pelaksanaan organisasi beru.

2.      John J. Kao
Wirausaha adalah seorang yang mampu menggerakkan, mempengaruhi, mengerahkan kreativitas guna menciptakan sesuatu yang baru serta mempunyai semangat yang tinggi untuk merealisasikannya. Jadi, wirausaha adalah mereka yang kreatif dan inovatif.

3.      Filion
Wirausaha merupakan orang yang sangat imajinatif, hal ini ditandai oleh kemampuan seorang wirausaha dalam menetapkan sasaran dan dapat mencapai sasaran tersebut. Selain itu dia juga mempunyai kesadaran yang tinggi dalam menemukan pelung baru dan membuat keputusan dengan menerapkan inovasi yang mempunyai risiko moderat.

4.      David Mc Clelland
Menurut David Mc Clelland wirausaha adalah orang yang berani berusaha, memiliki kemampuan untuk memperoleh peluang usaha dalam memperkenalkan teknik baru, produk baru, sumber pemasukan baru, serta merancang pabrik, manajemen, peralatan dan tenaga kerja yang diperlukan lalu mengorganisasikannya ke dalam teknik pengoperasian perusahaan yang dikelolanya.

5.      Jose Carlos Jarillo Mossi
Wirausaha merupakan seseorang yang mampu merasakan keberadaan peluang, mengejar peluang-peluang yang sesuai dengan situasi yang dimilikinya dan percaya bahwa kesuksesan adalah suatu hal yang bisa dicapai.

6.      Syis
Wirausaha adalah sebuah kepribadian unggul yang dimiliki oleh seseorang yang mencerminkan budi pekerti luhur serta sifat yang patut diteladani karena atas dasar kemampuan sendiri namun dapat melahirkan sumbangan karya untuk kemajuan manusia yang dilandasi kebenaran.


SIFAT-SIFAT YANG HARUS DIMILIKI WIRAUSAHA


Subanar adalah seorang ekonom yang mengungkapkan pendapatnya mengenai karakteristik sifat yang harus dimiliki seorang wirausaha, yaitu sebagai berikut:
1.      Mempunyai tanggung jawab pribadi.
2.      Memiliki sikap optimis terhadap suatu peluang.
3.      Dinamis serta mampu memimpin.
4.      Mampu mengambil dan mengantisipasi risiko.
5.      Enerjik dan cerdas.
6.      Ulet dan gigih.
7.      Mempu melihat peluang.
8.      Kreatif dan inovatif.
9.      Kebutuhan untuk berprestasi.
10.  Mampu mempengaruhi orang lain.
11.  Berinisiatif untuk maju.
12.  Tidak tergantung pada orang lain.
13.  Bersikap positif terhadap setiap perubahan.
14.  Selalu mengarahkan orientasinya pada masa depan.
15.  Terbuka atas saran serta kritik yang membangun.
16.  Cepat dan tangkas dalam menangkap peluang.

{|CATATAN| Selain sifat, wirausaha juga memiliki karakteristik. Apa saja karakteristik tersebut? simak dalam artikel berikut: Karakteristik Wirausaha}


CIRI DAN WATAK WIRAUSAHA


Seorang wirausaha harus mempunyai potensi dan motivasi yang besar untuk berhasil dalam kondisi apapun. Wirausaha mampu menolong dirinya sendiri dari berbagai permasalahan dengan kekuatan dan kemampuan dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Selain itu seorang wirausaha mampu bertahan dari tekanan-tekanan yang menghampiri dirinya.

Menurut Geoffry G. Meredith, seorang wirausaha memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Mempunyai sikap mental wirausaha, yaitu: berkemauan keruas, tekun dan ulet dalam bekerja, berkeyakinan kuat atas kekuatan pribadi, berpikir konstruksif dan kreatif, ketahanan mental dan fisik, serta kejujuran dan tanggung jawab.
2.      Mempunyai moral yang tinggi, yaitu: ketakwaan kepada Tuhan, keutamaan, kemerdekaan batin, kasih sayang terhadap sesama, keadilan dan loyalitas hukum.
3.      Mempunyai kepekaan lingkungan, yaitu: rasa syukur terhadap apa yang diperolah dan dimiliki, pengenalan terhadap arti lingkungan, kepandaian dalam menghargai waktu, serta keingian besar untuk menggali dan mendayagunakan segala sumber ekonomi dilingkungan setempat.
4.      Mempunyai keterampilan wirausaha, yaitu: keterampilan dalam membuat keputusan, berpikir kreatif, manajerial, kepemimpinan, dan keterampilan dalam bergaul antar manusia.
5.      Mempunyai etos kerja, yaitu: percaya diri, mengutamakan prestasi, berani mengambil risiko, tidak mudah menyerah, dan berorientasi pada masa depan.


SYARAT-SYARAT MENJADI WIRAUSAHA


Jika seseorang ingin menjadi wirausaha maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

1.      Semangat Kerja
Berhasil atau tidaknya suatu usaha dalam bidang apapun itu tergantung pada semangat kerja seseorang, ketelitian, kemauan serta ketekunannya.

2.      Pengetahuan
Pada dasarnya keberhasilan ditentukan oleh nilai-nilai yang diperoleh dari pendidikan sejak dini hingga dewasa, baik itu dari pendidikan formal maupun non formal. Mempunyai pengalaman yang baik yang berasal dari hasil belajar sendiri maupun turun-temurun merupakan modal yang sangat penting bagi seorang wirausaha.

3.      Kemampuan dan Keahlian
Seorang wirausaha perlu memiliki sebuah keahlian/kemampuan yang baik untuk mendapatkan gagasan-gagasan yang orisinil ataupun untuk memilih orang yang tepat untuk dalam bidangnya.

4.      Kesempatan
Sebuah keinginan, gagasan maupun kemampuan tidak akan berguna jika tidak mendapatkan kesempatan. Kesempatan bisa dicipatakan sendiri maupun diberikan oleh orang lain.

5.      Disiplin
Disiplin merupakan salah satu faktor yang bisa membentuk seseorang menjadi pribadi yang tangguh. Dengan kedisiplinan, efisiendi serta produktivitas kerja dapat meningkat.

6.      Keberanian
Keberanian adalah mempunyai hati yang mantap untuk menghadapi tantangan, membuka gagasan baru serta mengambil keputusan yang tepat dalam situasi apapun.

7.      Merdeka Lahir Batin
Maksudnya adalah mampu untuk mandiri dan tidak menggantungkan nasibnya pada siapapun.

8.      Inovatif dan Kreatif
Kratif dan inovatif merupakan sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Seorang yang mempunyai sifat kreatif selalu mempunyai dan menerapkan gagasan-gagasan baru sehingga mereka terus berkembang.

9.      Modal
Pada dasarnya modal merupakan faktor pelengkap dalam kegiatan usaha. Walaupun modal merupakan hal yang penting namun bukan merupakan syarat nomor satu. Modal sendiri dapat diperoleh dari kepemilikan pribadi maupun dari orang lain.

Ilmu Ekonomi ID
Ilmu Ekonomi ID Updated at: 25.8.16

1 komentar:

Berkomentarlah sesuai topik pembahasan artikel, dan jangan ragu untuk menegur kami apabila ada kesalahan dalam artikel. Terima kasih.

Recommended

Apa Itu Kombinasi Harga (Price Mix)?

Kombinasi Harga (Price Mix) Setiap perusahaan harus bisa menetapkan price mix (kombinasi harga) dalam rangka untuk memajukan promosi pen...