Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja

Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja

Saat ini menjalankan sebuah usaha kecil-kecilan tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, para remaja juga bisa melakukannya. Tentunya menjalankan sebuah usaha saat remaja akan memberi pengalaman yang bagus dan akan memberi pelajaran yang bagus untuk masa depan. Selain itu Anda juga mempunyai kesempatan untuk memperoleh penghasilan, entah itu untuk bersenang-senang atau untuk membantu meringankan beban kedua orang tua.

Berwirausaha atau berbisnis tidak mengenal usia, siapapun dan berapapun usia seseorang mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Namun tentunya dalam setiap jenjang umur seseorang pasti memiliki keterbatasan kemampuan, entah itu dalam hal ilmu, keuangan, mental, dan sebagainya termasuk juga pada remaja.

Oleh karena itu para remaja membutuhkan jenis usaha yang paling sesuai dengan kemampuan mereka, jenis usaha apa itu? yaitu jenis usaha kecil-kecilan. Usaha kecil-kecilan ini sendiri memiliki banyak kategori seperti misalnya dalam kategori minuman, makanan, jasa, peliharaan, dan sebagainya. Dalam hal ini tugas Anda sebagai seorang remaja adalah mencari jenis usaha kecil-kecilan yang paling cocok untuk Anda.


Contoh Ide Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja

Seperti yang sudah disinggung di atas, Anda sebagai sorang remaja dan ingin menjalankan sebuah usaha dituntut untuk mencari sebuah kategori usaha kecil-kecilan yang paling cocok untuk Anda jalankan. Bagi Anda yang sudah memiliki ide mungkin Anda hanya tinggal merealisasikannya saja, sementara bagi Anda yang masih bingung dan masih mencari ide usaha kecil-kecilan yang cocok bagi Anda sebagai seorang remaja, mungkin beberapa ide usaha ini bisa menjadi referensi untuk Anda :


1)    Usaha Pulsa, Vocher Kuota dan Listrik

Usaha kecil-kecilan yang cocok untuk remaja yang pertama adalah berjualan pulsa, kuota, dan vocher listrik, alasannya salah satunya adalah karena usaha ini mudah untuk dijalankan, selain itu usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sehingga tidak akan memberatkan Anda sebagai seorang remaja.

Anda bisa memulai usaha ini dengan modal beberapa ratus ribu rupiah saja, cobalah berjualan kepada teman sekolah Anda terlebih dahulu, lihatlah bagaimana penjualan Anda dan jika penjualan Anda bagus Anda bisa melebarkan usaha Anda.


2)    Menjadi Reseller Pakaian

Menjadi reseller pakaian juga merupakan usaha yang cukup menjanjikan. Anda bisa membeli beberapa baju dengan harga grosir lalu menjualnya secara eceran kepada teman-taman Anda. Tentunya pakaian yang dijual disesuaikan dengan selera teman-taman Anda, bisa itu T-shirt, jaket, celana, kemeja, ataupun hijab. Perhatikanlah bagaimana gaya berpakaian teman-taman Anda, dan jual apa yang mereka sukai.


3)    Usaha Makanan Ringan

Salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar adalah usaha makanan ringan. Selain itu usaha ini sangat cocok dijalankan oleh Anda sebagai seorang remaja dimana banyak sekali remaja yang menyukai makanan ringan, termasuk Anda sendiri bukan?

Dalam hal ini Anda tinggal menentukan makanan ringan apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen, seperti contohnya misalnya keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, keripik tempe, mie lidi, cimol, macaroni goreng, dan sebagainya. Pilihlah jenis makanan yang bisa Anda buat dengan baik dan disukai oleh terget konsumen Anda.


4)    Usaha Minuman Kekinian

Salah satu usaha yang sedang nge-trand saat ini dan diminati banyak orang adalah minuman kekinian. Minuman kekinian ini mencakup berbagai jenis minuman yang terbuat dari berbagai bahan dasar seperti teh, susu, kopi, soda dan sebagainya. Semua bahan-bahan tersebut dicampur dan dipadupadankan sehingga menciptakan minuman yang enak dan “kekinian”.

Tentunya Anda sendiri mengetahui berbagai macam jenis minuman kekinian ini dan mungkin sudah pernah mencoba salah satunya. Bagaimana? Banyak peminatnya bukan? Maka tidak salah kalau kami merekomendasikan usaha ini untuk Anda. Anda mungkin harus mengeluarkan modal untuk membeli sebuah booth dan peralatan lainnya untuk berjualan, namun modal tersebut terbilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah usaha yang menjanjikan.


5)    Usaha Ikan Cupang

Setelah Indonesia dilanda pandemi akhir-akhir ini ikan cupang menjadi sangat populer dimasyarakat mungkin karena masyarakat diharuskan beraktivitas dirumah mereka membutuhkan hiburan baru dan salah satunya adalah memelihara ikan cupang.

Ikan cupang sendiri adalah jenis ikan hias air tawar yang memiliki bentuk dan warna yang indah, bentuk siripnya ada yang pendek dan ada yang panjang, selain itu warnanya juga sangat beragam, merah, kuning, biru, putih, hitam, dan banyak sekali warna lainnya yang memanjakan mata.

Bagi Anda yang seorang remaja, menjalankan bisnis ini akan sangat menjanjikan. Banyak sekali tutorial di Youtube mengenai cara memelihara ikan cupang, memilih indukan, memijahkan ikan cupang, mengurus burayak ikan cupang, dan menjalankan usaha ikan cupang secara umum, sehingga Anda tidak akan susuh-susah mempelajari bisnis ikan cupang.  Selain itu berbisnis ikan cupang juga tidak memerlukan modal yang besar.


6)    Membeli Sebuah Franchise / Waralaba

Bagi Anda yang bingung memulai sebuah usaha tetapi ingin memiliki sebuah usaha, maka membeli franchise atau waralaba adalah solusinya. Franchise atau waralaba adalah sebuah sistem usaha dimana sebuah badan usaha bisa menjual konsep dan merek usahanya kepada mereka yang ingin menjalankan usaha tersebut.

Dengan membeli franchise sebuah usaha Anda berhak memakai konsep dan merek usaha tersebut sehingga Anda bisa langsung menjalankan usaha tanpa bingung harus memulai dan membesarkan usaha dari nol. Dengan begitu Anda hanya tinggal berkonsentrasi menjual produk sebanyak-banyaknya kepada konsumen.

Dalam hal ini tugas Anda adalah memilih dan mencari badan usaha yang menjual franchise usahanya. Pilihlah franchise yang sudah sangat terkenal oleh konsumen sehingga itu akan mempermudah Anda menjalankan usahanya. Ada banyak sekali produk franchise yang dijual dipasaran, mulai dari harga yang murah sampai dengan yang mahal, mulai dari makanan sampai minuman, dan mulai dari produk berbentuk barang sampai dengan jasa, semuanya ada, Anda tinggal memilih mana yang cocok untuk Anda. Salah satu contoh usaha franchise diantaranya seperti indomart, alfamart, JNE, dan sebagainya.


7)    Usaha Dropshiper

Usaha apa yang tidak perlu modal, tidak perlu memproduksi barang, dan tidak perlu mengirimkannya kepada konsumen? Jawabannya adalah dropship. Secara umum dropship adalah sistem kerja sama pemasaran antara produsen dengan pelaku dropship (dropshiper) dimana dropshiper akan membantu menjualkan produk produsen dan ketika produk tersebut terjual, produknya akan dikirimkan oleh produsen sendiri kepada konsumen dengan nama dropshiper sebagai penjualnya, nantinya dropshiper akan memperoleh keuntungan dari selisih penjualan ataupun bonus dari produsen.

Jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis ini yang harus Anda lakukan adalah mencari produsen yang menawarkan sistem dorpship, setelah itu hubungi produsen tersebut dan daftarlah menjadi dropshiper. Tidak perlu khawatir Anda akan kesulitan karena banyak sekali produsen yang menawarkan sistem dropship, mulai dari produsen pakaian, makanan, asuransi, jam tangan, peralatan masak, dan sebagainya, pilihlah produk yang dirasa bisa Anda jual.


8)    Menjadi Youtuber

Menjadi youtuber bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda yang seorang remaja, dimana sebagai seorang remaja Anda pasti memiliki kreatifitas dan teman sosmed yang banyak sehingga hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk meraih penghasilan dari Youtube.

Jika mungkin Anda berpikir bahwa menjadi youtuber membutuhkan modal yang banyak Anda salah besar, cukup gunakan smartphone yang Anda miliki maka Anda bisa menjadi seorang youtuber. Smartphone yang murah sekalipun sekarang sudah memiliki kamera yang cukup bagus, selain itu Anda juga bisa mengedit video yang Anda buat dengan bantuan aplikasi smartphone yang tersedia. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukannya, cukup gunakan smartphone Anda dan berkreasilah.


9)    Menjadi Blogger

Bukan hanya Youtube saja yang bisa menghasilkan uang dari Adsense, Blogger juga bisa. Bagi Anda yang tidak merasa jago membuat video namun Anda jago membuat sebuah artikel atau tulisan, maka menjadi blogger adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Cukup buat sebuah Blog, isi dengan tulisan Anda dan bagikanlah tulisan Anda kepada siapapun yang Anda rasa ingin membacanya. Ketika Blog Anda memiliki pembaca yang banyak maka Anda bisa memonetasinya, entah itu menawarkan produk Anda kepada para pembaca tersebut, atau menyediakan space iklan bagi mereka yang ingin beriklan di blog Anda. Mudah bukan?

Selain itu menjadi blogger tidak membutuhkan biaya yang banyak, mungkin akan sangat berguna jika Anda memiliki laptop atau komputer, tetapi jika tidak Anda bisa menggunakan smartphone Anda ataupun pergi ke warnet. Ditambah lagi saat ini sudah banyak tutorial mengenai cara membuat sebuah blog di internet, sehingga ini akan memudahkan Anda mempelajarinya.


10) Menjadi Selebgram

Jika Anda berpikir bahwa menjadi seorang selebgram Anda harus tampan, cantik ataupun kaya maka Anda salah besar. Modal terbesar menjadi seorang selebgram adalah kreatifitas, jika Anda kreatif dalam membuat konten dan disukai banyak orang maka Anda pasti bisa menjadi seorang selebgram.

Apa sih keuntungan menjadi selebgram? Ada banyak keuntungan menjadi seorang selebgram, diantaranya Anda memiliki follower yang banyak, Anda akan terkenal, banyak produk yang ingin menjalin kerja sama bisnis bersama Anda, Anda akan memiliki penghasilan dari sana. Tentunya Anda juga sudah melihat sendiri bagaimana seorang selebgram bekarja lewat sosial media yang Anda ikuti.


Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja


Usaha Makanan Kecil-Kecilan untuk Remaja

Usaha makanan sangat diminati banyak orang, tidak hanya orang dewasa namun juga diminati oleh para remaja yang berniat untuk memulai sebuah usaha. Tak heran jika usaha makanan banyak diminati termasuk juga oleh para remaja karena bisnis makanan ini sangat menjanjikan, selain karena memang makanan adalah kebutuhan manusia yang tentu banyak peminatnya, juga karena banyak varian makanan yang bisa ditawarkan kepada konsumen.

Namun karena kita berbicara dalam konteks usaha makanan kecil-kecilan untuk remaja maka kita akan mempersempit pembahasan yang hanya akan berfokus pada usaha makanan yang cocok dijalankan oleh seorang remaja. Tetapi tetap saja jangan remehkan usaha makanan kecil-kecilan, karena jika usaha ini berkembang maka akan menjadi usaha yang besar juga.

Lalu usaha makanan apa yang cocok dijalankan oleh remaja? Pasti Anda sebagai seorang remaja pasti memiliki pertanyaan seperti itu dalam benak Anda bukan? Tenang, kita akan membahasnya. Berikut contoh usaha makanan kecil-kecilan untuk remaja :


1)    Usaha Keripik Singkong

Meski kelihatannya remeh tetapi usaha keripik singkong bisa sangat menjanjikan. Pernah dengar kisah keripik singkong Maichi? Keripik singkong Maichi adalah salah satu contoh usaha keripik singkong yang sukses, terjual ribuan pcs perhari atau bahkan lebih. Bahkan owner dari keripik singkong Maichi ini sudah bisa membeli mobil mewah hasil dari penjualan keripik Maichi, luar biasa bukan? Dalam hal ini yang perlu digaris bawahi adalah usaha kecil juga bisa sangat menjanjikan.

Siapa yang tak kenal keripik singkong, hampir semua orang pasti pernah mencicipinya. Memiliki tekstur yang renyah dengan banyak varian rasa, ada yang asin, gurih, manis, dan juga pedas, menjadikan makanan ini disukai banyak orang. Maka tidak diragukan lagi bahwa bisnis keripik singkong sangat menjanjikan dan sangat cocok dijalankan oleh seorang remaja seperti Anda.


2)    Usaha Keripik Pisang

Selain keripik singkong, keripik pisang juga sangat menjanjikan dan sangat cocok dijalankan oleh seorang remaja. Selain kerana modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini tidak terlalu besar dan banyak sekali peminatnya juga selain itu untuk membuat keripik pisang ini tidak terlalu sulit sehingga tidak akan menyulitkan Anda nantinya.

Tantangan terbesar Anda mungkin terletak pada bagaimana caranya membuat rasa keripik pisang yang enak dan berbeda dari pesaing Anda. Karena dengan cara ini produk keripik pisang Anda akan memiliki ciri khas, sehingga mudah dibedakan dan dikenal oleh konsumen.


3)    Usaha Makaroni Goreng

Apakah Anda tahu produk Makaroni Ngehe? Salah satu produk makaroni goreng yang sudah sangat terkenal, bahkan omsetnya sudah mencapai miliaran rupiah. Pemiliknya bersal dari Tasikmalaya dan memang makaroni goreng ini adalah jajanan khas dari Tasikmalaya.

Bagi Anda yang seorang remaja, menjalankan bisnis makaroni goreng akan sangat cocok karena menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, rasanya enak, disukai banyak orang khususnya remaja, dan mudah untuk dibuat. Anda hanya tinggal membeli bahan makaroni goreng yang masih mentah dan beberapa varian bumbu yang disukai, menggorengnya, mengemas, lalu menjualnya, sangat mudah bukan? Maka tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak menjalankan bisnis ini.


4)    Usaha Seblak

Seblak adalah jajanan khas yang berasal dari tanah Sunda Jawa Barat. Makanan ini sekarang tidak hanya dikenal di Jawa Barat saja, melainkan juga seluruh Indonesia pasti pernah mendengar makanan ini. Tidak mengherankan jika seblak sangat terkenal, karena memang makanan ini sangat enak dan disukai banyak orang khususnya anak muda.

Rasanya yang gurih dengan level kepedasan yang bisa disesuaikan menjadikan makanan ini favorit bagi banyak orang. Maka tak pelak jika kami merekomendasikan usaha seblak ini kepada Anda sebagai seorang remaja. Tidak hanya disukai banyak orang, menjalankan usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar sehingga tidak akan memberatkan Anda. Tugas Anda adalah bagaimana caranya menciptakan seblak yang enak sehingga disukai dan dibeli oleh banyak orang.


5)    Usaha Telur Gulung

Baru-baru ini makanan ini sangat terkenal dan disukai banyak orang. Namun sebenarnya makanan ini sudah ada sedari dulu, namun entah kenapa makanan ini kembali populer saat ini. Telur gulung adalah telur goreng yang disajikan dengan cara digulung dalam sebuah gagang kayu lalu diberi saus.

Telur gulung biasanya banyak dijual dilingkungan sekolah ataupun kampus, karena makanan ini memang menjadi salah satu jajanan favorit para pelajar. Menjalankan usaha telur gulung bisa dibilang sangat menjanjikan, hal ini bisa dilihat dari mereka yang sudah menjalankan usaha ini dari dulu. Mereka bisa menghasilkan keuntungan ratusan ribu perhari hanya dari menjalankan usaha terlur gulung, sangat menjanjikan bukan?


6)    Usaha Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Makanan ini adalah jajanan khas dari Jawa Barat dan sudah sangat terkenal dari dulu. Jika dahulu cireng hanya ada satu varian saja, sekarang ini varian cireng sudah sangat beragam, mulai dari cireng original tanpa isi, cireng isi sosis, cireng isi keju, cireng isi daging, cireng isi usus, dan sebagainya, oleh karena itu makanan ini kian digemari oleh konsumen. Menjalankan usaha ini patut untuk Anda perhitungkan, bermodal rendah, disukai banyak orang, dan minim resiko.


7)    Usaha Mie Lidi

Tahu mie lidi? Jajanan ketika SD yang sekarang populer kembali. Makanan ini sudah ada sejak dulu dan sangat disukai oleh anak sekolahan. Makanan ini biasanya dijual kantin sekolah ataupun dipedagang sekitaran sekolah. Jika Anda adalah seorang siswa maka bisnis ini patut Anda perhitungkan untuk Anda jalankan, karena taman-taman Anda pasti sangat menyukai makanan ini. Selain itu modal untuk menjalankan usaha ini juga tidak terlalu besar sehingga usaha ini cocok untuk Anda.


Itulah beberapa contoh beberapa usaha makanan kecil-kecilan yang cocok dijalankan oleh remaja. Menjadi seorang remaja bukan alasan untuk tidak berani menjalankan usaha, justru ketika Anda memulai sebuah usaha sedari remaja Anda akan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk bekal nanti saat dewasa. Tidak perlu takut memulai sebuah usaha, Anda masih muda, penuh energi, penuh kreatifitas, banyak waktu luang, dan tidak memiliki tanggung jawab apapun, jika gagal coba lagi, jika jatuh 1000 kali Anda harus bangkit 2000 kali, teruslah berusaha sampai kesuksesan berpihak pada Anda.


Posting Komentar untuk "17 Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja"