Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Bubur Kacang Hijau, Bagaimana Peluangnya?

Bagaimana Peluang Bisnis Bubur Kacang Hijau?

Apakah bisnis bubur kacang hijau memiliki peluang yang bagus? Mungkin seperti itulah pertanyaan yang ada dibenak Anda saat Anda membaca artikel ini. Sangat menarik jika kita membahas bisnis ini, dimana makanan ini sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Berbahan dasar kacang hijau, ketan merah, dan air santan, serta memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih membuat makanan ini sangat disukai oleh masyarakat luas, baik anak-anak maupun orang dewasa tak terkecuali.

Menariknya adalah bisnis bubur kacang hijau dapat bertahan dari dulu sampai sekerang. Tentu ini bukanlah bualan belaka karena didaerah saya tinggal ada seorang penjual bubur kacang hijau dimana dia sudah berjualan dari tahun 90’an sampai sekarang, dari yang dulu harganya Rp250,00 sampai dengan sekarang harganya Rp3.000,00, bukankah ini sangat mengagumkan?

Apakah Anda pernah dengar kalimat: “Jika suatu bisnis dapat bertahan selama 5 tahun, maka bisnis itu disukai konsumen”? Dari kisah penjual bubur tersebut kita bisa menarik beberapa kesimpulan. Pertama, bisnis bubur kacang hijau sangat menjanjikan. Kedua, bubur kacang hijau disukai oleh masyarakat. Ketiga, bisnis kacang hijau kemungkinan besar akan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dari kesimpulan tersebut kita bisa dengan yakin mengatakan bahwa peluang bisnis bubur ayam cukup menjanjikan, tinggal bagamana kita bisa mengeksekusi pelung ini dengan baik.


Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Bubur Kacang Hijau

Setiap bisnis dalam bidang apapun itu pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, bisnis bubur kacang hijau juga tidak terkecuali. Berikut kelebihan dan kelemahan bisnis bubur kacang hijau :


1)    Kelebihan

a.    Sudah dikenal luas masyarakat, sehingga Anda tidak perlu lagi mengedukasi masyarakat mengenai produk ini.

b.    Bahan baku murah dan mudah didapatkan, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencarinya.

c.    Disukai masyarakat, bubur kacang hijau sudah sangat dikenal dan disukai oleh masyarakat sejak dulu sampai sekerang.

d.    Tidak perlu modal yang besar. Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjalankan bisnis bubur kacang hijau ini karena perlengkapan dan bahannyapun relatif murah.


2)    Kekurangan

a.    Cepat basi. Bubur kacang hijau cenderung cepat basi, apalagi santannya. Oleh karena itu Anda harus memperkirakan berapa porsi bubur kacang hijau yang harus Anda buat dan bisa Anda jual.

b.    Banyak pesaing. Bisnis bubur kacang hijau sudah ada sejak dulu, oleh karena itu banyak orang yang sudah lebih dahulu menjalankan bisnis ini. Dalam hal ini Anda dituntut untuk bisa bersaing dengan pemain lama dan pemain baru yang mungkin akan muncul.

c.    Ada kemungkinan masyarakat bosan. Seperti disinggung sebelumnya, makanan ini sudah ada sejak dulu oleh karena itu ada kemungkinan masyarakat mulai bosan dengan makanan ini. Disini Anda dituntut untuk meningkatkan citarasa bubur kacang hijau yang Anda buat dan membuat inovasi baru dalam makanan ini.


Bisnis Bubur Kacang Hijau


Rencana Bisnis Bubur Kacang Hijau

Jika Anda berniat ingin menjalankan bisnis bubur kacang hijau maka Anda membutuhkan sebuah rencana, dalam hal ini rencana bisnis. Sebuah rencana bisnis akan membantu Anda memperhitungkan segala hal yang diperlukan untuk mengambil sebuah keputusan bisnis yang baik.

 

1)    Buatlah Bubur Kacang Hijau yang Enak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat atau menciptakan bubur kacang hijau yang enak. Ini adalah hal yang sangat krusial dan merupakan inti dari bisnis bubur kacang hijau. Sebagus apapun rencana bisnis yang Anda buat akan percuma jika produk yang Anda jual tidak bagus untuk dijual.

Oleh karena itu sebelum Anda terjun ke dunia bisnis bubur kacang hijau, Anda harus bisa menciptakan bubur kacang hijau yang enak. Dalam hal ini Anda bisa mencari resep yang menghasilkan bubur kacang yang enak ataupun bereksperimen dengan keahlian Anda sendiri. Berinovasilah, ciptakan bubur kacang hijau yang enak dengan berbagai varian yang memungkinkan. Setelah itu mintalah pendapat orang terdekat Anda mengenai bubur kacang hijau yang Anda buat, Anda tidak boleh memulai bisnis ini sebelum Anda memuaskan mereka.

 

2)    Cari Tempat yang Strategis

Setelah Anda menciptakan bubur kacang hijau yang enak, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mencari tempat yang strategis. Kenapa langkah ini ditempatkan pada langkah kedua? Karena bisnis ini cukup banyak pesaing, oleh karena itu Anda membutuhkan tempat yang strategis agar bisnis Anda bisa bertahan dan berkembang.

Carilah tempat yang dilalui oleh banyak orang setiap harinya, seperti misalnya tempat yang dekat dengan perkantoran, sekoleh, kampus, rumah sakit, perumahan, tempat nongkrong dan sebagainya yang menurut Anda akan berpeluang besar meningkatkan penjualan bubur kacang hijau Anda.

 

3)    Mulailah Membeli Peralatan dan Perlengkapan

Katakanlah Anda sudah mendapatkan lokasi yang strategis tempat Anda berjualan. Maka dalam hal ini mulailah untuk membeli peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika Anda menyewa sebuah kios, maka Anda membutuhkan sebuah etalase. Sedangkan jika Anda tidak menyewanya dan akan berjualan dengan gerobak maka Anda membutuhkan sebuah gerobak.

Selain itu peralatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan diantaranya yaitu peralatan masak, kompor gas, mangkuk, sendok, gelas, meja, kursi, ataupun tikar jika ingin lesehan, dan sebagainya. Lengkapilah semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini.

 

4)    Belilah Bahan Baku yang Baik

Bahan baku yang dipilih akan berpengaruh terhadap hasil akhir produk yang Anda sajikan kepada konsumen, oleh karena itu belilah produk yang berkualitas baik agar produk bubur kacang hijau yang dihasilkan nantinya juga akan berkualitas baik. Selain akan berpengaruh terhadap hasil akhir produk, bahan baku yang dipilih juga akan berpengaruh pada harga bahan baku.

Semakin berkualitas bahan baku maka harganya juga akan semakin mahal. Dalam konteks ini Anda dituntut untuk mencari bahan baku yang berkualitas baik dengan harga yang wajar, jika Anda mendapatkan yang murah tentu itu lebih bagus. Keahlian Anda dalam memilih bahan baku akan berpengaruh terhadap kualitas dan harga bubur kacang hijau Anda nantinya.

 

5)    Tetapkan Harga Jual yang Bersaing

Secara alami penjual selalu ingin menjual suatu produk dengan harga setinggi mungkin, sedangkan pembeli selalu ingin membeli suatu produk dengan harga serendah mungkin. Tetapi kedua kelompok ini tidak akan pernah mendapatkan apa yang mereka inginkan jika terus bersikeras mempertahankan ego masing-masing, karenanya kedua kelompok ini harus menentukan sejumlah harga yang disetujui kedua belah pihak.

Dalam hal ini Anda sebagai penjual harus menentukan harga dari produk yang Anda jual (bubur kacang hijau). Carilah harga yang menguntungkan Anda tetapi tidak memberatkan pembeli Anda, itulah harga yang ideal. Jika Anda terlalu tinggi menetapkan harga, bubur kacang hijau Anda tidak akan laku dan konsumen akan beralih ke penjual bubur kacang hijau lain yang menawarkan harga lebih murah. Sedangkan jika Anda menentapkan harga terlalu renda, bubur kacang hijau Anda akan habis terjual tetapi Anda akan rugi dan tidak akan pernah menjadi kaya. Oleh karena itu tetapkanlah harga jual dengan bijak.

 

6)    Jaga Kualitas dan Kebersihan

Ada penjual yang setelah beberapa waktu produknya terlihat sangat laku, dia terbuai, dan tidak sadar bahwa kualitas produknya makin lama makin menurun sehingga akhirnya konsumen mulai beralih pada penjual lain. Hal semacam ini seringkali terjadi dan dialami banyak penjual, tetapi hal ini sebetulnya merupakan kesalahan yang sangat fatal untuk keberlangsungan bisnis tersebut. Oleh karena itu jagalah selalu kualitas produk Anda minimal tetap sama, atau lebih bagus lebih baik.

Selain itu menjaga kebersihan juga sangat penting apalagi dalam bidang bisnis makanan. Entah itu kebersihan peralatan makan seperti sendok, mangkuk, dan sebagainya. Tempat makan seperti meja dan kursi, serta lingkungan dimana Anda berjualan. Cek selalu kebersihan hal tersebut, dan jagalah agar selalu tetap bersih.


Strategi Pemasaran Bubur Kacang Hijau

Sebuah rencana bisnis akan membantu Anda memperhitungkan segala hal yang diperlukan untuk mengambil sebuah keputusan bisnis yang baik. Sedangkan strategi pemasaran akan membantu Anda menjual lebih banyak produk yang Anda jual. Kedua hal ini sangat penting dalam kelancaran sebuah bisnis.

Dalam konteks bisnis bubur kacang hijau, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan bubur kacang hijau yang Anda jual, antara lain yaitu :


1)    Cari Tempat Strategis

Sebenarnya ini sudah disinggung dalam rencana bisnis di atas namun mencari tempat yang strategis juga bagian dari strategi pemasaran. Tempat yang strategis akan memudahkan konsumen menemukan, mencari, dan menjangkau bisnis bubur kacang hijau Anda. Sebagus apapun produk yang dijual, jika konsumen kesulitan untuk menemukan, mencari, dan menjangkaunya itu akan menjadi sia-sia. Jadi usahakan Anda berada ditempat berjualan yang strategis.


2)    Buat Etalase yang Menarik

Etalase merupakan “wajah” bisnis makanan. Seperti halnya wajah, akan enak dipandang apabila wajah tersebut sangat menarik. Dalam hal ini konsumen akan lebih tertarik untuk mencoba makanan yang Anda jual ketika mereka melihat etalase bisnis Anda yang menerik perhatian mereka.

Selain itu etalase yang menarik akan sangat bagus untuk dipotret dan divideo untuk jadi bahan konten media sosial sebagai media promosi. Oleh karena itu sebisa mungkin buatlah etalase yang menarik.


3)    Buat Spanduk / Banner yang Menarik

Spanduk ataupun Banner merupakan salah satu media pemasaran. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi mengenai suatu hal, dalam hal ini kita berbicara dalam konteks bisnis. Spanduk atau banner ini akan membentu Anda menginformasikan bisnis Anda kepada konsumen, oleh karena itu Anda harus bisa membuat spanduk ataupun banner yang bisa menarik orang lain agar penasaran dan memproses informasi (informasi bisnis Anda) yang ada dispanduk atau banner tersebut dan menkonpersinya menjadi sebuah tindakan nyata (membeli produk yang Anda jual).


4)    Promosi Melalui Sosial Media

Sosial media sekarang ini tidak hanya sebagai tempat hiburan saja melainkan juga sebagai tempat untuk mencari peluang bisnis. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial yang kita punya. Dalam hal ini Anda bisa membuat sebuah konten gambar ataupun video yang menarik yang menurut Anda akan mengundang orang untuk melihat konten tersebut, lalu menguploadnya di sosial media yang Anda punya.


5)    Jual Produk Anda Secara Gratis

Jual bubur kacang hijau Anda secara gratis. Ya, Anda tidak salah baca. Jika Anda punya keberanian dan dana yang lebih cara ini bisa dilakukan. Tujuannya adalah mengenalkan bubur kacang hijau Anda kepada banyak orang yang belum pernah mencobanya. Jika bubur kacang hijau Anda memang memiliki rasa yang enak, mereka akan senang hati memberikan uangnya untuk membeli bubur kacang Anda dilain waktu. Sehingga suatu saat biaya untuk membagikan bubur kacang hijau secara gratis akan terganti dengan keuntungan yang Anda dapat.

Posting Komentar untuk "Bisnis Bubur Kacang Hijau, Bagaimana Peluangnya?"

Baca Juga :
✔ 17 Usaha Kecil-Kecilan untuk Ramaja yang Menguntungkan