Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Kreatif di Dunia

Ide Bisnis Kreatif Dunia

Kreatifitas memang tidak pernah ada batasnya, dalam hal apapun bahkan dalam dunia bisnis sekalipun. Kreatifitas dalam dunia bisnis akan membantu para pengusaha untuk menciptakan sebuah bisnis yang tidak hanya unik tetapi juga cerdas dan menarik minat konsumen. Bisnis tanpa kreatifitas layaknya ikan tanpa air, yang lama-kelamaan akan mati.

Ada orang yang menyebutkan bahwa kreatifitas adalah awal dari peradaban manusia. Hal ini mungkin ada benarnya, karena mungkin tanpa kreatifitas manusia jaman dahulu tidak akan pernah bisa membuat pisau dari batu dan berbagai alat lainnya. Jadi kita juga bisa menyipulkan bahwa kreatifitas bisa membantu manusia untuk berkembang dan bertahan hidup, termasuk dalam hal ini adalah dalam dunia bisnis.


Kreatifitas dalam dunia bisnis terletak pada bagaimana seorang pengusaha menciptakan sebuah ide bisnis yang kreatif, yang dapat mengatasi suatu masalah dengan sumber daya yang ada dan membuat konsumen merasa puas. Ada banyak sekali ide bisnis kreatif di dunia ini, bahkan saking banyaknya kita tidak bisa membahas semuanya pada artikel ini. Oleh karena itu kali ini kita hanya akan membahas beberapa ide bisnis kreatif di dunia yang dianggap paling unik dan kreatif. Apa saja ide bisnis tersebut, berikut beberapa diantaranya :



1)   Pet Rock (Batu Peliharaan)

Tidak ada yang lebih kreatif (“cenderung gila”) dari Gary Ross Dahl yang menjual batu sebagai seekor peliharaan. Gary Dahl adalah seorang copy writer di sebuah perusahaan iklan yang menjadi miliarder setelah menemukan ide “Pet Rock”, dimana Pet Rock ini berhasil terjual hingga 1,5 juta batu hanya dalam beberapa bulan saja, luar biasa bukan?

Gary Dahl menemukan ide ini ketika sedang berkumpul dengan teman-tamannya yang membicarakan tentang peliharaan dan begitu banyak waktu yang dibutuhkan untuk merawat dan memeliharanya. Dahl pun mengatakan bahwa peliharaan yang paling sempurna adalah batu. Ia pun kemudian memutuskan membungkus sebuah batu berbentuk oval dan menjualnya. Tak disangka ide ini mendapat respon positif dari masyarakat Amerika Serikat dan dipandang dapat mewakili semangat kebebasan atau kegilaan pada saat itu.

Pet Rock ini sendiri dijual dengan dibungkus dalam sebuah kotak kardus dengan lubang udara dan ditempatkan dalam sarang jerami serta diberikan sebuah buku petunjuk bagaimana cara merawat, memberi makan, dan berbagai petunjuk lainnya yang sangat “kreatif”.  Pet Rock ini dijual dengan harga US$ 3,95 perbungkusnya.


2)   Anger Room (Tempat Melampiaskan Kemarahan)

Pernahkah Anda merasa sangat marah sampai pada tahap ingin menghancurkan sesuatu? Tapi Anda terhalang oleh norma atau anggapan orang lain terhadap Anda, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Dimana ditempat ini Anda bisa menghancurkan benda apapun yang Anda inginkan tanpa mempedulikan norma ataupun penilaian orang lain terhadap Anda, tempat ini disebut Anger Room.

Bisnis ini sangat kreatif dan solutif dimana bisnis ini memanfaatkan kemarahan, kesedihan, stres, dan depresi orang lain menjadi sebuah keuntungan bisnis dengan memfasilitasi orang lain untuk melampiaskan perasaan mereka. Bisnis ini sendiri muncul di Jepang pada tahun 2008 dan sejak saat ini bisnis ini menjadi penomena global dan menyebar ke beberapa negara.


3)   Layanan Curhat

Beberapa tahun terakhir di Jepang terdapat sebuah bisnis yang menarik dan sangat kreatif, yaitu sebuah layanan curhat (konseling) bagi orang-orang yang ingin bercerita tentang apapun tetapi tidak memiliki orang yang dirasa tepat mendengarkan cerita mereka.

Di jepang sendiri terdapat bisnis “jasa curhat” yang cukup beragam, tetap yang paling terkenal adalah Ossan Rental. Kata “Ossan” sendiri dapat diartikan sebagai “paman”. Jadi Ossan Rental adalah sebuah layanan curhat kepada lelaki paruh baya (om-om / paman). Bisnis ini dikelola oleh pria paruh baya bernama Takanobu Nishimoto, seorang konsultan fashion yang berusia 50 tahun pada 2012 lalu.

Cara kerja dari Ossan Rental sangat sederhana yaitu seorang Ossan / paman akan mendengarkan setiap keluhan, memberikan sebuah saran, menemani ke tampat konser, membantu melakukan pekerjaan rumah, atau apapun itu yang tidak ilegal dan bertentangan dengan hukum dan sopan santun. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa ini adalah sekitar Rp. 134.000,00 perjam.

Hal yang unik adalah di Jepang kata Ossan atau om-om sering memiliki stereotip kurang baik, dimana mereka digambarkan seperti seorang bapak-bapak yang memiliki perut yang buncit, berkepala botak, dan jorok. Maka karena alasan inilah Nishimoto ingin merubah stereotip tersebut dengan menciptakan layanan curhat. Nishimoto percara bahwa pria paruh baya memiliki banyak pengalaman hidup untuk dibagikan dan dapat berguna untuk membantu orang lain.


4)   Kacamata Khusus Anjing

Pernah berpikir untuk memakaikan anjing Anda sebuah kacamata? Jika pernah maka Anda membutuhkan Doggles, yaitu sebuah kacamata yang dibuat khusus untuk anjing. Ini mungkin terkesan mengad-ngada tapi bisnis ini benar-benar ada. Sejak pertama kali muncul, produk ini telah menarik perhatian dari masyarakat. Ide bisnis ini sendiri adalah hasil karya dari Veronica DiLullo, yang kini menjabat sebagai pendiri dan CEO Doggles.

Pada awalnya gagasan dari bisnis ini muncul secara tidak disengaja, dimana pada suatu hari Veronica DILullo bersama sang suami mengajak anjingnya berjalan-jalan disebuah taman. Pada saat itu anjingnya mengejar sebuah serangga dan hilang direrumputan, dan tidak sengaja Veronica melihat anjingnya tersbut memecingkan mata dan terlihat sensiif terhadap cahaya matahari, sambil bercanda Veronica pun memasangkan kacamata hitam pada anjingnya. Saat itulah orang-orang yang berada di taman dan melihat anjingnya tersebut merasa geli dan tertarik melihat anjingnya memakai kacamata hitam.


5)   Jasa Penghapus Air Mata

Ketika kita sedang menangis, tindakan apa yang paling hangat yang bisa mengurangi kesedihan yang kita rasakan? Salah satunya mungkin adalah ketika ada seseorang yang menghapus air mata kita dengan lembut, tindakan seperti ini pasti akan membantu meredakan kesedihan kita dan membuatnya terasa lebih baik.

Ternyata ditangan seorang pengusaha bernama Hiroki Terai, tindakan hangat seperti ini ia jadikan sebagai peluang bisnis dimana ia membuat bisnis jasa menghapus air mata bernama Ikemeso. Ikemeso sendiri terdiri dari dua kata yaitu Ikemen (pria tampan) dan mesomeso (menangis). Jadi dalam bisnis ini seorang pria tampan akan menghapus setiap air mata yang jatuh dari para pelanggannya. Menarik bukan?

Target dari bisnis ini sendiri adalah para wanita karier, dimana biasanya mereka memiliki tekanan dan tanggung jawab yang berat, baik pada pekerjaan, diri sendiri, dan dan kehidupan peribadi yang sepi akan pasangan. Di Jepang ternyata banyak wanita karier yang hidup sendiri tanpa memiliki pacar atau pasangan karena mereka tidak memiliki waktu dan terlalu sibuk pada pekerjaan.


6)   Bisnis Sewa Ayam

Bagi sebagian orang memelihara atau beternak ayam mungkin dipandang sebagai pekerjaan yang sulit, terutama bagi mereka yang memang belum pernah memeliharanya. Mereka kadang takut jika memelihara ayam nanti ayam tersebut akan mati, terkena penyakit, dan akhirnya mengalami kerugian.

Atas dasar itulah Leslie Suitor, seorang warga Amerika yang mendapat keluhan tersebut dari sahabat dan tetangganya mencoba untuk menyewakan ayam peliharaannya kepada siapa saja yang ingin mencoba beternak ayam. Tak disangka ide untuk menyewakan ayam peliharaannya ternyata disambut baik, bukan saja oleh tetangganya tetapi juga sampai ke daerah lain. Sejak saat itu bisnis sewa ayam Leslie berkembang dengan pesat, bahkan sampai ke 17 negara bagian di Amerika. Sungguh ide bisnis yang sangat kreatif bukan?

Dari contoh beberapa bisnis kreatif di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ide bisnis bisa datang dari mana dan kapan saja, tidak mengenal tempat dan waktu. Selama kita peka terhadap peluang yang ada, dan mengemas peluang tersebut dengan kreatifitas yang dimiliki maka ide bisnis kreatif yang menjanjikan akan lahir. Tidak peduli sudah seberapa banyak bisnis di dunia ini, dengan kreatifitas bisnis baru akan selalu lahir kembali.

1 komentar untuk "Ide Bisnis Kreatif di Dunia"

  1. keren sih idenya, tapi ide yg buat aku tertari itu anger room. itu bener2 memanfaatkan perasaan emosional sipelanggan dan menurutku cocok di era modern saat ini.

    BalasHapus
Baca Juga :
✔ 50+ Ide Bisnis Makanan Paling Laku dan Pasti Menguntungkan