Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Peranan Komunikasi Dalam Dunia Bisnis

Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis - Di era ini pengusaha harus berusaha untuk memperkecil jarak yang terbentang antara produsen dengan konsumen selaku pembeli atau pengguna barang dan jasa yang mereka jual. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab selaku pengusaha untuk selalu mempengaruhi besarnya permintaan akan barang produksinya, selalu berusaha untuk mencari pembeli potensial.

Lebih jauh sebagai pengusaha, ia harus memberitakan apa saja penyempurnaan produksi yang telah dicapinya, dimana barang yang telah dihasilkan bisa didapatkan oleh masyarakat konsumen secara umum. Setiap pengusaha harus selalu memelihara hubungan konsumen dengan pasar.


Melakukan komunikasi dengan pasar adalah syarat mutlak yang harus dilakukan bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara besar-basaran yang ditunjukan kepada setiap konsumen yang tidak dikenalnya. Selain itu, penyelenggaraan komunikasi dengan pasar merupakan suatu syarat mutlak bagi pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus berkembang maju.

Di lingkungan bisnis terdapat aneka sarana komunikasi perdagangan yang bisa digunakan oleh pengusaha untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen. Berbagai sarana komunikasi perdagangan yang tersedia diantaranya melalui pengirimin surat, percakapan telepon, pengiriman pesan elektronik, kunjungan pribadi dan sebagainya. Jenis-jenis sarana komunikasi perdagangan ini hanya akan sesuai jika digunakan dalam lingkup pemasaran barang dan jasa yang ruang lingkupnya terbatas.

Sementara untuk berkomunikasi dalam lingkup pemasaran yang sangat luas, dimana calon konsumen jumlahnya banyak bahkan mungkin mencapai jutaan, maka kita membutuhkan sarana komunikasi yang khusus seperti periklanan. Hal ini karena periklanan merupakan suatu alat pemasaran yang bidang geraknya justru bergerak dalam komunikasi masa.


Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Komunikasi adalah aktivitas dasar manusia. Komunikasi merupakan salah satu cara agar manusia bisa saling terhubung satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di pasar, di tempat pekerjaan, dan di dalam masyarakat secara umum.

Bisa dikatakan bahwa tidak ada manusia yang tidak terlibat dalam komunikasi. Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah bisa dipungkiri juga begitu penting bagi suatu organisasi. Adanya komunikasi yang baik dapat membuat suatu organisasi berjalan dengan lancar dan berhasil. Begitupun sebaliknya, kurang ataupun tidak adanya komunikasi akan memungkinkan organisasi menjadi macet dan berantakan.

Contohnya, katakanlah bahwa suatu kampus tidak memberi informasi kepada dosen atau mahasiswanya tentang kapan pembelajaran kampus dimulai sesudah libur semester, maka pasti tidak akan ada dosen ataupun mahasiswa yang datang ke kampus. Hal ini akan membuat kampus tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Dari contoh tersebut, kita bisa mengetahui bahwa tidak adanya informasi yang disampaikan akan memberi efek yang besar dalam hal ini kampus. Oleh karena itu, pentingnya komunikasi dalam sebuah organisasi perlu menjadi perhatian yang serius.

Komunikasi yang efektif sangat penting bagi semua organisasi, tanpa terkecuali. Oleh sebab itu, para pemimpin organisasi dan para komunikator dalam organisasi khususnya perlu memahami serta menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka.


Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis


Pengertian Komunikasi Bisnis

Pernah berpikir apa jadinya jika kemampuan komunikasi digabungkan dengan kemampuan bisnis? Itu pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa bukan, terlebih lagi jika kita berhasil menguasai penyatuan kedua kemampuan ini. Sebelum kita berbicara mengenai penguasaan komunikasi bisnis, maka untuk langkah awal adalah mengetahui pengertian komunikasi bisnis itu sendiri.

Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang dipergunakan dalam dunia bisnis yang meliputi berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis. Untuk memahami lebih dalam mengenai pengertian komunikasi bisnis, berikut adalah beberapa pengertian komunikasi bisnis yang bisa menjadi bahan referensi, antara lain yaitu:

1)   Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang dipergunakan dalam dunia bisnis yang meliputi berbagai macam bentuk komunikasi baik itu komunikasi verbal ataupun non verbal.

2)   Komunikasi Bisnis adalah setiap komunikasi yang dilakukan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, dan untuk mempromosikan satu gagasan, suatu produk; sebuah jasa, atau suatu organisasi, dengan tujuan untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.

Komunikasi bisnis mencakup pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis yang bersangkutan. Dalam hal ini, komunikasi internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), rencana, strategi, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai, gagasan, motivasi karyawan, prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, dan sebagainya.

Sementara itu, komunikasi eksternal termasuk merek, iklan, pemasaran, hubungan pelanggan, humas, negosiasi bisnis, hubungan-hubungan media, dan sebagainya. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut mempunyai tujuan yang sama, yakni menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).

3)   Komunikasi Bisnis merupakan proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai sebuah efektivitas dan efisiensi produk kerja didalam struktur serta sistem organisasi. Dalam hal ini, dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan yang akan disampaikan hendaknya tidak hanya sekedar informatif akan tetapi juga haruslah persuasif, agar pihak lain (penerima pesan) bersedia menerima suatu paham, keyakinan ataupun mau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan tertentu (membeli).

 

Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi ataupun komunikasi lintas budaya. Dalam hal ini, komunikasi antar pribadi (interpersonal communications) adalah bentuk komunikasi yang lazim ditemukan dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara komunikasi lintas budaya (intercultural communication) adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang masing-masing mempunyai budaya yang berbeda.

Oleh karena komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis, maka seseorang tidak boleh melanggar norma-norma yang ditetapkan dalam dunia bisnis itu sendiri ketika sedang melakukan sebuah komunikasi.


Posting Komentar untuk "Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis"